10 Peluang Usaha dan Bisnis Modal Kecil Menjanjikan di Tahun 2019

Tahun 2019 sudah berjalan sekitar 10 hari. Awal tahun biasanya kerap dijadikan waktu untuk memulai resolusi tahunan yang baru. Selain bisa membuat hidup sepanjang tahun jadi lebih terarah, punya daftar resolusi bisa membantu Anda mencapai banyak tujuan dan juga impian. Misalnya, ingin punya kondisi finansial yang semakin membaik dan stabil sepanjang tahun. Apakah Anda salah satunya?

Nah, namun tentunya, untuk mewujudkan daftar resolusi tersebut, ada usaha-usaha yang perlu Anda lakukan. Kalau mau punya kondisi finansial yang grafiknya semakin naik, maka idealnya, Anda perlu bekerja lebih keras, giat mencari kerja sampingan, ataupun memulai usaha dan bisnis Anda sendiri. Hal yang sering menghambat terwujudnya resolusi tahunan adalah rasa pesimis. Jadi, kalau saat ini Anda sedang berpikir untuk membuat usaha dan bisnis sampingan, sebaiknya segera rencanakan dan wujudkan!

Nggak harus punya modal juta-jutaan. Sekarang ini, banyak lho ide peluang usaha dan bisnis modal kecil yang bisa Anda pilih sebagai cara mendapat penghasilan tambahan. Apa aja sih peluang usaha dan bisnis modal kecil yang menjanjikan di tahun 2019? Nah, berikut ini, AlphaPay akan mengulasnya khusus untuk Anda.

1. Bisnis Agen Pulsa, Token Listrik, dan Transaksi PPOB

Mengapa bisnis agen pulsa, token listrik, dan transaksi PPOB bisa jadi salah satu peluang usaha dan bisnis modal kecil yang menjanjikan?

Salah satunya adalah karena pangsa pasarnya sudah jelas, stabil, besar, dan produknya termasuk dalam kebutuhan primer semua orang di era digital seperti sekarang. Bisa dibilang, kebutuhan orang akan pulsa, token listrik, dan kemudahan pembayaran transaksi PPOB seperti BPJS dan PDAM, nggak akan pernah berkurang atau habis.

Selain itu, bisnis jual pulsa, paket data, token listrik, dan transaksi PPOB sekarang sudah nggak perlu lagi menggunakan cara manual, dengan chip, atau registrasi agen. Cukup andalkan aplikasi online khusus keagenan seperti AlphaPay, Anda sudah bisa berjualan dan jadi agen pulsa hanya dengan modal smartphone dan kuota internet. Download aplikasi AlphaPay di Google Play Store, kemudian daftar akun secara gratis! Selanjutnya, Anda bisa mengisi saldo deposit sebagai modal jualan dengan minimal pengisian hanya sebesar Rp100.000.

2. Bisnis Kopi Susu

Kalau Anda tinggal di wilayah kota-kota besar seperti Jakarta, coba perhatikan sekeliling Anda, terutama di wilayah perkantoran, kampus, atau tempat hiburan. Anda pasti akan banyak menemukan kedai-kedai mini yang menjual kopi susu dengan harga jual mulai Rp12.000 sampai Rp20.000. Iya, segelas kopi susu yang komposisinya rata-rata terdiri atas gula aren, kopi, susu cair, dan krimer.

Menjamurnya bisnis kopi susu sekarang ini menjadi tanda bahwa kopi susu adalah salah satu jenis minuman yang bisa dinikmati semua kalangan. Nggak hanya saat pagi hari, kopi susu juga biasanya laku terjual pada waktu sehabis makan siang, dan bahkan malam hari. Apabila Anda memiliki ketertarikan dan keahlian dalam meracik kopi, Anda bisa membuat rencana bisnis kopi susu sederhana. Jangan lupa juga untuk mencari lokasi yang strategis, seperti di kantin kampus atau daerah perkantoran.

3. Bisnis Snack dengan Cita Rasa Kekinian

Mulai dari rasa telur asin, green tea, keju, hingga aneka level pedas, snack atau makanan ringan yang biasa-biasa saja bisa jadi luar biasa dan laku keras ketika ditambah bumbu atau rasa-rasa kekinian. Sebut saja snack kekinian seperti kulit ayam telur asin, keripik kentang telur asin, keripik pisang green tea, makaroni pedas, hingga lidi-lidian. Peluang bisnis snack dengan cita rasa kekinian bisa menjadi salah satu bisnis modal kecil yang menjanjikan di tahun 2019 karena peminatnya yang cukup banyak.

Kalau punya hobi dan keahlian memasak, Anda bisa meracik dan menciptakan sendiri snack dengan cita rasa atau bumbu yang sesuai selera. Kalau nggak, jangan pesimis. Anda bisa mencoba untuk jadi reseller atau dropshipper dari aneka snack kekinian yang sudah booming namanya. Caranya gampang, cukup cari informasi dan peluangnya lewat situs-situs belanja online ataupun online shop di Instagram. Modal menjadi reseller atau dropshipper snack yang sudah jadi juga lebih kecil dibandingkan jika Anda memproduksi sendiri snack-nya.

4. Bisnis Digital: Jasa Desain Situs, Desain Grafis, Konten Tulisan

Peluang bisnis yang satu ini diperuntukkan khusus bagi Anda yang punya keahlian desain website, desain grafis, hingga menulis atau blogging. Jasa desain situs biasanya banyak dibutuhkan oleh orang-orang yang mau membuat website, misalnya untuk jualan ataupun kebutuhan pribadi. Sementara jasa desain grafis, biasanya banyak dibutuhkan untuk berbagai tujuan mulai dari desain undangan pernikahan digital, desain kaos, aksesori, kado, banner promo, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Begitu juga dengan konten tulisan. Di era peralihan gaya belanja dari tradisional ke online atau digital, secara otomatis, cara promosi atau channel marketingnya juga berubah. Untuk mempromosikan sebuah produk secara online, dibutuhkan konten tulisan baik berupa artikel blog, artikel SEO, hingga konten untuk banner yang semuanya akan dipublish dalam website ataupun channel online. Jenis bisnis ini bisa dibilang benar-benar bertumpu pada keahlian bukan modal.

Selanjutnya, tinggal bergantung pada bagaimana cara Anda “memasarkan” keahlian Anda ini kepada orang-orang yang tepat atau membutuhkan. Anda mungkin bisa coba memulainya dari kerabat atau teman dekat.

5. Bisnis Percetakan: Tahun Politik 2019

Sejak pertengahan tahun 2018, gaung pemilu 2019 sudah sangat kencang terdengar, terutama di media sosial. Ya, tahun 2019 adalah tahunnya politik. Jadi, aneka pamflet, brosur, banner, spanduk, kaos, dan aneka barang keperluan kampanye, bakal makin tinggi kebutuhan dan permintaannya di tahun ini. Bisnis percetakan adalah salah satu bisnis yang diprediksi akan cemerlang di tahun ini. Sebab, untuk keperluan kampanye, semua materialnya perlu didesain dan dicetak dalam jumlah yang sangat besar untuk persiapan pemilu 2019.

Tapi, jenis bisnis ini bukan termasuk yang mudah untuk dijalankan. Selain modalnya lumayan besar, Anda juga perlu merekrut SDM untuk mengerjakan aneka pesanan.

6. Bisnis Laundry

Sama dengan bisnis percetakan, bisnis laundry juga termasuk yang butuh modal besar terutama untuk alat-alatnya. Bisnis laundry cocok dijalankan oleh Anda yang tinggal di wilayah yang banyak kos-kosan dan mahasiswa. Untuk satu paket usaha laundry lengkap, beberapa vendor memiliki kisaran harga mulai Rp 14 juta hingga Rp 20 jutaan. Jumlah tersebut biasanya berlaku untuk satu perangkat mesin cuci, dan sepaket produk deterjen, pewangi, serta pembersih. Meski modalnya besar, keuntungan yang didapat dari bisnis laundry apabila Anda berada di lokasi yang tepat juga bisa jadi berkali-kali lipat, lho! Tapi, Anda juga perlu menyiapkan SDM atau tenaga tambahan, ya.

7. Bisnis Makanan atau Minuman Franchise

Kalau Anda pernah lihat banyaknya pedagang Thai Tea, minuman coklat atau aneka rasa, penjual sosis bakar, dan sejenisnya yang satu merek tapi tersebar di banyak wilayah, itulah salah satu tipe bisnis franchise. Singkatnya, Anda hanya perlu keluar modal untuk beli royalti dan bahan baku dagang dari pemilik franchise untuk kemudian menjualnya di lokasi yang sudah Anda tentukan. Dari modal yang Anda keluarkan untuk bisnis franchise, Anda akan mendapat satu paket bahan baku, alat masak, serta booth/stand untuk dagang. Untuk bisnis franchise berupa makanan atau minuman ringan, biasanya modalnya berkisar mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 4 jutaan.

8. Bisnis Sambal Botolan

Bagi sebagian besar orang, belum disebut makan namanya kalau nggak ada nasi dan sambal. Sama dengan makan, pilihan sambal juga terkait erat dengan selera setiap orang. Mulai dari sambal teri, sambal terasi, sambal cumi, hingga sambal petai, dan masih banyak lagi jenis sambal lainnya. Kalau Anda punya keahlian masak yang mumpuni, nggak ada salahnya untuk coba-coba meracik sambal buatan Anda sendiri. Kemudian, Anda bisa melakukan “tes pasar” hasil sambal buatan Anda ke teman-teman dekat untuk penilaian rasa dan layak tidaknya sambal tersebut untuk dikemas dan dijual. Bisnis jual sambal racik botolan sekarang termasuk bisnis yang sedang booming di pasaran karena permintaan dan peminatnya cukup banyak.

9. Bisnis Pakaian atau Aksesoris Simple: Hijab, Scarf, Outerwear

Selain bisnis makanan, bisnis fashion berupa pakaian jadi dan aksesoris sehari-hari juga memiliki pangsa pasar yang luas. Misalnya saja jenis dan aneka model hijab, scarf, hingga outerwear atau kardigan yang banyak dipakai oleh perempuan.

Untuk jenis bisnis ini, ada tiga cara yang bisa Anda pilih: menjadi reseller atau dropshipper dari supplier tertentu, menjahit dan mendesain sendiri pakaiannya, atau memilih dan membeli pakaian secara grosiran di pasar seperti Tanah Abang. Kalau mendesain dan menjahit sendiri sesuai selera dan rencana bisnis Anda, tentu modal usaha yang dibutuhkan akan lebih banyak. Mulai dari untuk beli kain, beli mesin jahit, dan sebagainya.

Apabila modal kecil dan terbatas, Anda bisa memilih menjadi reseller atau dropshipper dari supplier fashion yang sudah banyak peminatnya. Anda juga bisa pergi ke pasar grosir dan memilih aneka produk pakaian jadi yang sesuai dengan konsep bisnis atau target pasar Anda. Misalnya, di sekeliling Anda banyak perempuan berhijab, maka menjual hijab dengan aneka model dan warna bisa jadi peluang usaha sampingan yang cocok. Harga di pasar grosir tentunya akan lebih murah, terutama kalau Anda membeli dalam jumlah banyak. Sehingga, Anda akan lebih leluasa mengatur harga jualnya.

Untuk media dagangnya, Anda bisa juga mengandalkan situs belanja online gratis seperti Tokopedia atau Bukalapak. Daftar sebagai penjual, lalu daftarkan/masukkan juga aneka foto dari produk pakaian yang Anda jual.

10. Bisnis Jajanan Jadul

Modal yang Anda punya benar-benar terbatas? Jangan khawatir, Anda bisa coba membuka usaha sampingan aneka jajanan jadul di rumah, misalnya telur gulung. Selain peminatnya saat ini banyak, mulai dari anak-anak hingga dewasa, membuat telur gulung juga nggak perlu resep khusus. Hanya perlu ketelatenan dan kecermatan dalam menggulung telur di minyak panas. Sambil berjalan, Anda juga bisa menambah jual jajanan lainnya yang diminati pembeli atau target pasar Anda, misalnya cilok, batagor, minuman dingin, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *