fbpx

5 Pekerjaan Freelance Yang Bisa Dikerjakan Darimanapun

Pernah dengar istilah digital nomads? Seorang digital nomads merupakan orang yang bisa bekerja dari jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi. Disebut nomad karena umumnya mereka tinggal berpindah-pindah.

Ekstremenya bahkan mereka bisa berpindah dari satu negara ke negara lainnya sambil tetap mengerjakan pekerjaan mereka. Salah satu yang terkenal adalah kelompok bule-bule digital nomads yang bekerja di kafe-kafe di Bali, wah what a life!

Sebenarnya kamu juga bisa kok menjadi seorang digital nomads, tentu saja tapi kamu gak bisa langsung serta merta kaya dengan menjadi digital nomads. Karena kamu harus merintis mulai dari nol dengan menjadi freelance!

Nah oleh karena itulah kami membuat artikel mengenai macam-macam pekerjaan freelance yang bisa kamu kerjakan dari rumah ini! Semoga berhasil ya!

1. Penulis Lepas

Penulis lepas

Penulis lepas barangkali merupakan salah satu pekerjaan bebas yang sudah ada sejak jaman dulu sebelum istilah digital nomads ditemukan. Menariknya di zaman sekarang permintaan terhadap penulis lepas bisa dibilang semakin meningkat.

Bisnis-bisnis yang mulai dijalankan di atas dasar online membuat semakin banyak perusahaan yang meminta penulis lepas dengan tulisan-tulisan yang berkualitas. Tapi buat apa aja sih sebenernya?

Penulis lepas ini gak cuma diminta sebagai penulis konten, tapi mereka biasanya juga meminta penulis lepas untuk:

  1. Penulisan copy writing untuk iklan
  2. Tujuan pemasaran
  3. Blogging
  4. Tujuan riset dan informasi produk
  5. Ghostwriting

Nah yuk mari kita bahas satu persatu!

Penulis copy writing agak berbeda dengan penulis konten biasa. Mudahnya sih seorang copywriter dituntut untuk memiliki kemampuan persuasi, jadi dari tulisan yang ia tulis ia harus bisa menarik sebanyak-banyaknnya calon konsumen terhadap suatu produk.

Memang sih copywriting ini merupakan salah satu cabang ilmu komunikasi, tapi ada loh beberapa copywriter terkenal yang belajar ilmu ini secara otodidak dan sukses! Salah satu yang bisa kamu tiru misalnya mas Dewa Eka Prayoga.

Dewa Eka Prayoga

Sementara penulisan untuk tujuan pemasaran sih sebenarnya gak jauh beda dengan copywriting. Tapi biasanya kamu harus memiliki kemampuan desain juga untuk tujuan yang satu ini. Karena seringkali perusahaan rintisan kecil mencari penulis lepas untuk membuat company profile atau katalog produk mereka secara menarik.

Kemudian penulis blogging tentu saja berkaitan erat dengan penulisan konten. Mungkin dari seluruh jenis pekerjaan penulis lepas di atas, menjadi penulis konten merupakan porsi yang terbesar dengan permintaan yang juga tinggi.

Sayangnya dengan permintaan yang tinggi, maka muncul pula penyedia layanan penulisan konten yang tinggi. Peningkatan ini menurut kami seringkali gak dibarengin dengan peningkatan kualitas.

Pada akhirnya saat ini banyak orang-orang yang menjual konten dalam jumlah besar namun harga murah. Hanya sebagian saja yang masih berani memberikan harga tinggi untuk pembuatan masing-masing kontennya.

Jenis pekerjaan penulis lepas selanjutnya adalah terkait riset dan informasi produk. Yah untuk yang satu ini mungkin belum terlalu populer di Indonesia, jadi kami sendiri belum banyak mendengarnya. Karena rata-rata menginginkan profesional untuk pekerjaan macam ini jadi yah mungkin permintaannya gak tinggi untuk kerjaan penulis lepas.

Terakhir adalah pekerjaan ghostwriting, alias penulis bayangan yang memiliki bayaran paling besar diantara pekerjaan penulis lepas lainnya.

Penulis bayangan merupakan penulis yang menulis apapun untuk klienmu, dengan catatan ketika karyamu selesai maka nama yang tercantum adalah nama klienmu. Gak heran bayaran seorang penulis bayangan ini terbilang besar.

Sayangnya pekerjaan penulis bayangan ini termasuk pekerjaan penulis lepas yang paling sulit. Karena selain harus mengubah ide klien menjadi tulisan, seorang penulis bayangan wajib banget hukumnya menulis karya tersebut dalam gaya bahasa si klien.

Salah satu penulis bayangan yang terkenal misalnya mas Anang YB pernah berkata dalam suatu tulisan bahwa jasa penulis bayangan ini biasanya dibutuhkan bukan karena kemalasan si penulis, melainkan karena kesibukan.

anang yb

Misalnya saja politisi-politisi besar menurut mas Anang YB adalah salah satu klien dari penulis bayangan. Rata-rata mereka ingin menuliskan autobiografi mereka namun gak punya waktu luang yang banyak. Sekarang gak heran kan kalau penulis bayangan bisa dapat banyak uang?

2. Desainer Grafis

Desainer grafis

Pekerjaan freelance lainnya yang memiliki permintaan yang cukup tinggi adalah dengan menjadi seorang desainer grafis. Sayangnya menjadi desainer grafis lepasan saat ini merupakan hal yang cukup kontroversial.

Hal ini adalah akibat munculnya tekanan dari desainer grafis profesional yang merasa para desainer grafis lepas ini seringkali menurunkan nilai mereka. Yah sebenarnya kami cukup sependapat sih dengan hal ini.

Seringkali seorang desainer grafis lepasan membuat logo dan menjualnya secara asal-asalan. Nah saran kami kalau kamu ingin menjadi desainer grafis lepasan, maka jadilah desainer grafis yang memiliki nilai yang tinggi.

Asah terus kemampuanmu, karena membuat logo yang kecil saja sebenarnya gak semudah kedengarannya loh. Selain itu kamu juga butuh banyak portofolio untuk mendapatkan banyak uang dari desain grafis ini.

Tapi balik lagi sih karena memang banyak perusahaan rintisan skala kecil bermunculan, di Indonesia dan di dunia bahkan, maka semakin tinggi pula permintaan terhadap grafik desainer berharga murah.

Di satu sisi menjadi seorang desainer grafis lepasan memang bisa jadi sumber penghasilan, tapi di sisi lain kamu juga harus berhati-hati ya jangan sampai menurunkan nilai dari pekerjaan ini.

3. Belajar SEO dan Main Google Ads

seo dan google ads

Salah satu sumber penghasilan yang paling menarik, bisa dilakukan dari jarak jauh, gak butuh ijazah ahli komputer, dan tentu bisa dipelajari secara otodidak adalah dengan ‘bermain’ Google Ads.

Eh apa sih maksudnya? Jadi gini, Google pada dasarnya adalah perusahaan iklan terbesar di dunia. Kalau kamu punya website yang jumlah pengunjungnya ribuan, dan kamu pasang Google Ads, kamu akan dibayar setiap ada orang yang klik iklan mu.

Memang sih per klik gak banyak, dikit banget malah. Makanya untuk main-main iklan ini, sebelumnya kamu harus banget nih banyak-banyak belajar mengenai ilmu search engine optimization (SEO).

Bahas ilmu SEO sebenarnya bakal panjang banget, tapi kami coba singkat dalam satu kalimat ya apa itu SEO. Mudahnya sih SEO adalah teknik yang bisa dipakai seseorang supaya websitenya sering muncul di halaman 1 atau bahkan di atas saat ada pengguna Google mencari kata kunci tertentu.

Nah bayangin kalau kamu jago SEO, dengan macem-macem kata kunci website kamu bisa muncul di halaman pertama Google kan. Otomatis jumlah pengunjung situs mu akan meningkat tajam, dan kalau kamu pasang iklan disana maka akan besar kemungkinan orang-orang akan klik iklan Google tersebut.

Dari satu website dengan pengunjung puluhan ribu, kamu bisa loh mendapatkan seengaknya Rp 20 juta per bulannya! Jadi jangan meremehkan iklan Google ini ya, walaupun biaya per kliknya murah bingits.

4. Freelance Fotografer

stock image

Menjadi fotografer lepasan bukan berarti kamu harus stay di satu tempat loh, jadi masih memenuhi syarat kan buat jadi digital nomad? Lagipula menjadi fotografer lepasan masih memanfaatkan teknologi informasi kok.

Pernah mendengar website-website semacam shutterstock, istockphoto, adobe stock, hingga 123rf? Nama-nama yang kami sebut barusan adalah nama perusahan yang menyediakan jasa penjualan foto bebas.

Untuk melakukan penjualan fotografi hasil karyamu, pertama-tama biasanya mereka akan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Mereka biasanya akan meminta kamu untuk mengirimkan beberapa contoh fotografi hasil karyamu,

Biasanya di langkah-langkah awal inilah para fotografer lepasan ini berguguran, karena seringnya gak lolos verifikasi. Padahal gak ada batasan buat kamu untuk terus mencoba melakukan upload karyamu sampai kamu lolos verifikasi.

Kalau sudah lolos enak deh, kamu cukup menaruh foto-foto hasil karyamu di website-website di atas. Nanti ketika ada orang yang membutuhkan fotomu untuk keperluan tertentu, mereka akan memberikan bayaran kepada mu dan tentu saja tempatmu menaruh hasil karyamu.

Bayarannya mungkin gak terlalu besar kalau dibandingkan dengan fotografer profesional yang menjajakan fotonya secara “profesional”. Mereka sih udah biasa dibayar puluhan juta untuk beberapa rangkaian foto. Hal ini tentu berbeda dengan menjual foto stok macam di atas.

Oleh karena itu kalau kamu mau mendapatkan penghasilan yang cukup dari menjual fotografi, kami sarankan kamu memiliki foto dari banyak tema yang berbeda. Tujuannya tentu saja untuk meliputi semua permintaan foto yang ada di pasaran.

Selain itu buatlah sebanyak-banyaknya fotografi dan asah terus kemampuan fotografimu. Semakin banyak karya yang kamu buat, semakin baik karya yang kamu buat, tentu saja semakin mudah orang-orang nantinya akan menemukanmu.

5. Tutor Online

tutor online

Kalau yang satu ini mungkin gak bisa dipelajari secara otodidak, melainkan kamu harus punya keahlian tertentu. Apalagi kamu yang sudah mengenyam bangku kuliah dan memiliki sertifikasi tertentu, wah bisa banget buka jasa tutor online.

Kalaupun kamu gak punya sertifikasi tertentu kamu juga bisa loh misalnya buka jasa konsultasi pelajaran bagi anak-anak SMA. Cuma pastikan dulu ya sebelum benar-benar membuka jasa konsultasi, kamu memiliki ilmu yang cukup.

Menariknya dari jasa tutor online adalah pasarnya yang sangat luas. Kamu bisa membuka jasa tutor mulai dari anak-anak SMP, SMA, hingga di bangku kuliah. Misalnya kamu yang lulus jurusan arsitektur bisa membuka jasa tutor bagi anak-anak yang masih kuliah di jurusan yang sama, dan seterusnya.

Memang sih jasa tutor online di Indonesia prospeknya belum secerah jasa tutor online di luar negeri. Tapi menurut kami jasa semacam ini sudah mulai berkembang dan akan semakin cerah dalam beberapa tahun ke depan.

Pada akhirnya sih kami tetap menyarankan kamu untuk mencoba membuka jasa tutor online, tapi tentu saja dengan memperhatikan kemampuan dirimu sebelumnya. Karena memang sih gak semua orang cocok jadi guru dan tutor yang baik terlepas dari kecerdasan yang kamu miliki ya.

Penutup

Nah itulah beberapa pekerjaan freelance termudah yang bisa kamu kerjakan dari rumahmu. Walaupun cuma dikit, kami memberikan porsi tulisan penulis lepas paling besar. Karena memang saat ini di Indonesia pekerjaan penulis lepas lah yang memiliki prospek paling baik.

Pekerjaan freelance lain bukan berarti gak punya prospek cerah. Hanya saja tingkat kesulitannya lebih tinggi dan permintaannya gak sebanyak penulis lepas. Tapi gak ada salahnya kok kalau kamu mau mencoba. Selamat berusaha!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *