Apa itu Roaming dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Bagi Anda yang sudah memiliki ponsel sejak lebih dari 1 dekade yang lalu, pasti tidak asing dengan istilah Roaming. Hanya saja bagi Anda generasi-generasi yang baru menikmati ponsel tentu bingung dengan istilah roaming.

Apa itu roaming dan bagaimana cara kerja roaming yang sesungguhnya?

Istilah roaming sudah dikenal banyak pengguna ponsel sejak bertahun-tahun lalu. Istilah ini seringkali digunakan ketika seorang pengguna layanan ponsel ingin bepergian ke luar negeri, kemudian melakukan pergantian layanan dari home ke other network.

Pergantian layanan dari home network ke other network itulah yang disebut dengan roaming. Hal ini amat wajar, karena zaman dahulu layanan internet amatlah terbatas. Anda yang menggunakan Simpati misalnya, sangat mungkin tidak bisa menggunakannya di Malaysia.

Dalam kasus ini, agar bisa digunakan di Malaysia maka ponsel Anda akan berusaha untuk mencari jaringan lain. Sehingga Anda bisa tetap berkontak dengan orang-orang menggunakan ponsel yang berisi kartu Simpati.

Apa Perbedaan Roaming Dulu dan Sekarang?

Cewek megang hp

Pada dasarnya tidak ada perbedaan antara roaming di zaman dulu dengan roaming di zaman sekarang. Hanya saja karena dahulu kebanyakan orang menggunakan HP berbasis Java, roaming ini bermanfaat sekaligus butuh ekstra kesabaran.

Dengan semakin berkembangnya sistem operasi, tentu sistem roaming saat ini menjadi jauh lebih mudah. Hanya saja saat ini mungkin jarang orang yang memanfaatkan fitur roaming ketika bepergian ke luar negeri.

Dengan semakin berkembangnya internet tentu orang akan lebih memilih menggunakan internet gratis yang bisa Anda temukan di banyak negara di luar negeri. Apalagi kalau Anda bepergian ke negara-negara maju.

Ditambah dengan kualitas voice call, voice note, hingga video call yang sudah semakin canggih. Rasa-rasanya sih saat ini jarang orang yang memusingkan soal roaming serta biaya roaming yang terkenal bikin kantong cekak.

Bagaimana Cara Kerja Roaming Internasional?

Sebagaimana contoh singkat yang kami tulis di atas, roaming bekerja apabila operator ponsel Anda meminjam jaringan operator di luar negeri sehingga pelanggannya bisa menggunakan jaringan tersebut untuk berkomunikasi.

Misalnya Anda yang menggunakan Telkomsel pergi ke Amerika Serikat, sayangnya disana tidak ada jaringan Telkomsel. Nah andai kata Telkomsel memiliki perjanjian dengan America Telecoms, maka Anda bisa menggunakan jaringan America Telecoms menggunakan kartu sim Telkomsel untuk berkomunikasi.

Bisa dibilang dengan kata lain Anda menggunakan proxy supaya jaringan ponselmu bisa tetap terhubung. Oleh karena itulah biaya roaming internasional amatlah mahal, karena memang operator lokal wajib membuat perjanjian khusus dengan operator terkait di luar negeri.

Bagaimana Cara Mencegah Roaming Internasional?

Salah satu pertanyaan seputar roaming saat ini yang banyak ditanyakan oleh orang-orang kepada kami adalah bagaimana cara mencegah roaming internasional. Mengingat biaya roaming internasional amatlah mahal.

Untuk itu kami telah mengumpulkan beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan untuk mencegah roaming internasional, ini dia caranya:

  1. Untuk mengindari roaming internasional maka Anda bisa menonaktifkan data roaming. Untuk masing-masing ponsel Anda harus membaca manualnya sendiri-sendiri, meski begitu secara umum sih Anda bisa mematikan fungsi ini melalui pengaturan. Cara ini amat baik terutama bagi pengguna kartu pasca bayar, karena seringkali tanpa sadar tagihan Anda membengkak karena roaming ini.
  2. Apabila Anda masih merasa was-was meski sudah mematikan data roaming, Anda bisa mengaktivasi data seluler Anda sekalian. Karena saat ini sudah banyak tersedia jaringan wifi gratis, Anda tidak perlu bingung untuk berkomunikasi via internet.
  3. Cara terakhir adalah dengan memanfaatkan layanan paket data internasional yang biasanya dimiliki oleh banyak operator saat ini. Dengan menggunakan layanan paket data internasional Anda bisa menghemat jauh lebih banyak uang, meski secara relatif memang lebih mahal dari paket data normal.

Apakah ada Alternatif Selain Roaming?

T Hotspot

Pada dasarnya ada beberapa alternatif yang bisa Anda pilih dibandingkan harus melakukan roaming dan dikenai biaya yang amat mahal. Pilihan pertama adalah dengan membeli kartu provider lokal di negara terkait.

Anda bisa membeli kartu sim lokal di negara tempat Anda singgah dengan harga yang berbeda-beda, meski secara keseluruhan boleh dibilang cukup mahal dibandingkan dengan harga kartu sim dan pulsa di Indonesia.

Selain itu ada beberapa negara yang mewajibkan persyaratan kartu identitas secara mendetil apabila ingin membeli kartu sim di negaranya. Hal inilah yang kemudian membuat para turis merasa berat.

Apalagi kalau Anda hanya berencana untuk berlibur kurang dari seminggu misalnya, wah wah bisa-bisa waktu Anda habis hanya untuk mengurus segala persyaratan pembuatan kartu sim baru Anda di luar negeri.

Cara lain adalah dengan membeli kartu sim khusus turis. Meski tidak semua negara di dunia menyediakan kartu sim khusus turis, tapi di beberapa yang menyediakannya bisa Anda manfaatkan layanan ini loh.

Kita ambil contoh cara pembelian kartu sim khusus turis di Jepang ya. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Bukalah website resmi penyedia kartu sim khusus turis ini https://www.klook.com/id/activity/3110-sim-card-japan-osaka/.
  2. Kemudian pilihlah tanggal pemesanan sesuai dengan tanggal kedatangan Anda ke Jepang ya. Pilihlah dengan tepat karena di tanggal ini hingga 6 bulan setelahnya, Anda perlu menukarkan voucher dengan kartu sim pesanan Anda, bila tidak kartu sim tersebut hangus deh.
  3. Anda bisa menukarkan voucher pemesanan kartu sim khusus turis di:
    • Bandara Kansai Osaka di terminal 1 lantai kedatangan internasional loket EASYGO.
    • Osaka City Air Terminal
    • Namba Tourist Information Center
  4. Pilihlah tempat penukaran yang sesuai dengan waktu dan tempat kedatangan Anda.
  5. Selesai!

Salah satu provider yang kami sebutkan di atas menawarkan data 1GB untuk 6 hari seharga Rp135.282,- hingga data 4G Unlimited untuk 8 hari seharga Rp322.099,- Murah bukan? Apalagi kalau kalian bandingkan dengan roaming internasional biasa.

Nah kalau dengan cara ini Anda masih merasa ribet, barangkali cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadi fakir wifi. Anda bisa mencari jaringan-jaringan wifi yang gratis ataupun murah.

Murah? Ya, kalian bisa mencari negara-negara dimana terdapat wifi di tempat umum yang bisa digunakan bermodalkan voucher yang cukup murah.

Meski demikian cara ini cukup berisiko, selain tidak bebas Anda pun tidak bisa sering-sering melakukan cek ponsel. Kalau Anda yang pengangguran sih tidak apa apa, tapi kalau Anda yang dikit-dikit dapat email dari kantor, bisa gawat!

Kalau masih merasa repot juga, kami sarankan kalian untuk melihat harga paket data roaming internasional dari masing-masing provider yang Anda punya deh. Dengan cara ini Anda bisa membuat penggunaan pulsa Anda menjadi lebih hemat loh!

Roaming merupakan salah satu fitur yang cukup tua dan masih dimanfaatkan hingga kini. Fungsinya adalah agar para pengguna jasa provider ponsel bisa menggunakan layanan provider tersebut di luar negeri.

Memang harganya cukup mahal, tapi setidaknya ada beberapa provider yang sudah memberikan kemudahan berupa layanan roaming plan. Nah Anda yang amat butuh jaringan dan harus keluar negeri tentu kami sarankan memanfaatkan layanan ini, dibanding menggunakan free wifi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *