Apa Saja Prospek Kerja Sastra Inggris ?

Di kalangan masyarakat jurusan sastra Inggris barangkali bukanlah jurusan yang terlihat mentereng dan keren. Walhasil banyak orang tua yang tidak merekomendasikan anak-anak mereka untuk melanjutkan pendidikan mereka menjadi seorang sarjana sastra Inggris.

Banyak yang membayangkan dengan belajar sastra Inggris mereka nantinya akan berkutat dengan literatur-literatur berbahasa Inggris yang amat sulit dikuasai. Yah memang pasti kamu nantinya akan berkutat dengan hal itu, tapi disamping itu banyak kok yang diajarkan disana.

Seorang mahasiswa sastra Inggris nantinya banyak diajarkan pula mengenai budaya hingga hal-hal yang berbau filosofis dan perumpamaan yang sedikit dimengerti oleh orang awam.

Bahkan sastra Inggris saat ini merupakan salah satu jurusan sastra yang paling digemari oleh anak-anak yang ingin masuk ke dunia sastra loh. Banyak alasan mengapa remaja-remaja tersebut memilih untuk menjadi seorang sarjana sastra inggris, tapi tahukah kamu prospek kerja sastra Inggris?

james franco si lulusan sastra inggris

Malahan beberapa artis terkenal lulusan sastra Inggris loh, sebut aja Emma Watson, Mariana Renata, hingga si ganteng James Franco!

Yuk kita bahas!


Prospek Kerja Sastra Inggris Secara Umum

Seniman sastra inggris

Secara umum seorang sarjana sastra Inggris boleh dibilang termasuk yang paling beruntung. Karena mereka mempelajari ilmu dasar yang peminatnya relatif kecil, artinya nanti banyak dibutuhkan dan daya serapnya dijamin tinggi.

Mempelajari ilmu dasar berarti membuka selebar-lebarnya terhadap berbagai macam kesempatan yang mungkin nantinya ditemui. Karenanya seorang sarjana sastra Inggris nantinya bisa masuk ke banyak bidang pekerjaan.

Sebut saja kementerian luar negeri, banyak loh anak-anak sastra Inggris yang bekerja di Kemenlu RI dan kedubes. Atau kalau tidak mau terlalu formal, banyak pula anak-anak sastra yang bekerja di Industri media, periklanan, hingga agensi penerjemah.

Sementara bagi kamu yang memiliki jiwa pengabdian, kamu bisa loh menjadi seorang dosen, pengajar, atau malah seorang sastrawan? Di zaman sekarang ini puisi mulai nyeni kok! Bisa jadi peluang besar juga kan bagi anak-anak lulusan sastra Inggris?

JK Rowling penulis Harry Potter

Wanita diatas adalah JK Rowling, penulis buku Harry Potter. Terus prospek kerja sastra Inggris secara lebih detil gimana? Oke lanjut yuk kita bahas beberapa pilihan pekerjaan yang bisa dipilih anak-anak lulusan sastra Inggris!

Lihat: Prospek Kerja Teknik Informatika, Gajinya Bikin Ngiler!

1. Industri Media dan Jurnalisme

Bidang industri media dan jurnalisme merupakan bidang industri yang boleh dikatakan menjadi primadona bagi anak-anak lulusan sastra Inggris. Selain menyenangkan, gaji yang didapatkan disini cukup besar loh!

Orang media

Selain itu setelah terjun ke dalam industri media dan jurnalisme, seorang lulusan sastra Inggris masih diberikan banyak pilihan mengenai jenjang karirnya.

Mereka yang fasih menulis bisa saja menjadi seorang news researcher, script writer, content writer, hingga mengonsep suatu acara. Sementara mereka yang cakap berbicara banyak yang menjadi reporter hingga yang paling hits dong, jadi news anchor!

Pembaca berita alias news anchor

Itu baru bidang jurnalisme doang, kalo di industri media anak-anak sastra Inggris bisa banyak berkontribusi dalam misalnya copywriting, content writing, hingga kalau cukup jago barangkali kamu bisa jadi bos marketing dan content manager suatu start up loh!

Kalo kamu masih asing dengan istilah –ing –ing diatas, copywriter merupakan orang yang bertugas untuk “menghasut” para calon konsumen melalui rangkaian kata yang ia buat dalam iklan. Judul besarnya: Iklan!

Sementara contet writer dan content manager merupakan orang-orang yang bertanggung jawab atas kelangsungan dan kualitas konten di suatu platform media sosial, yang mana merupakan hal krusial di era digital ini.

Tanpa konten yang baik, suatu perusahaan digital bisa jadi tidak akan memiliki konsumen sama sekali.

Oleh karena alasan itulah, gaji yang bisa didapatkan oleh orang-orang ini tergolong besar. Di awal-awal karir mungkin hanya sekitar Rp 3 juta – Rp 5 juta per bulannya, namun kalau memang jagoan bisa saja kamu menerima bayaran belasan juta per bulannya kemudian!

2. Industri Penerbitan dan Translasi

gedung gramedia

Industri ini khusus disediakan bagi lulusan sastra Inggris yang memiliki kemampuan lebih di bidang tulis menulis. Karena jelas pekerjaannya akan banyak berhubungan dengan tulisan, termasuk jasa penerjemahan.

Di bidang penerbitan sendiri seorang lulusan sastra Inggris yang minim pengalaman biasanya akan ditempatkan menjadi seorang staff editor, kalau cukup berprestasi dan cerdas, mungkin bisa naik tingkat ke asisten editor utama.

Tapi terus terang saja nyaris mustahil seorang lulusan sastra Inggris minim pengalaman bisa langsung loncat menjadi editor utama dalam tahun-tahun pertamanya bekerja di dunia penerbitan.

Selain jadi editor di penerbitan, kamu juga bisa menjadi penerjemah suatu buku. Jadi kami tekankan ya bahwa industri penerjemahan disini bukan industri penerjemahan yang bersifat direct, tapi industri penerjemahan buku.

kamus bahasa inggris

Kenapa kami bedakan? Karena dengan membuka jasa penerjemahan langsung pendapatan yang bisa didapatkan kemungkinan akan jauh lebih besar daripada sekadar menjadi seorang penerjemah buku.

Namun di Indonesia sendiri penerjemah langsung mungkin tidak terlalu dibutuhkan mengingat bahasa Inggris saat ini sudah mulai dikuasai oleh banyak orang.

Balik lagi ke topik, pada akhirnya industri penerbitan dan penerjemahan teks menurut kami bukanlah untuk semua orang. Karena nantinya akan banyak berkaitan dengan proses membaca – menulis – menyunting – menulis kembali – menyunting kembali – dan begitu saja sampai selesai.

Kalo kamu gak minat dalam soal tulis menulis mending jauhin deh industri ini, betapapun menggiurkannya uang dalam industri ini.

3. Dunia Start Up dan Entrepreneurship

aplikasi untuk membantu belajar bahasa

Nah dunia inilah yang barangkali sekarang sedang gandrung di anak-anak milenials, menjadi bos di perusahaan sendiri!

Seorang yang lulus sebagai sarjana sastra Inggris berpeluang besar untuk membuat perusahaan rintisan berbasis bahasa serta menjadi influencer di berbagai media sosial, sebut saja Youtube, Instagram, atau malah menjadi artis Podcast.

Vlogger berambut putih sedang merekam video di jalanan

Karena ilmu yang dimiliki oleh seorang sastra Inggris merupakan ilmu yang mahal, dan dibutuhkan oleh banyak orang, kami jamin deh kamu bisa dengan cepat memiliki banyak pendengar dan penggemar setia.

Apalagi kalau kamu berbagi ilmu secara cuma-cuma di berbagai platform kepada masyarakat. Artinya kamu juga berkontribusi besar di dalam kecerdasan anak bangsa loh, walaupun di balik layar kamu mendapatkan sumber dana yang lain.

Tapi toh orang-orang yang menyaksikan kamu tidak bayar kan?

Bisnis lain yang bisa kamu geluti misalnya bisnis biro perjalanan khusus wisatawan asing yang bertamasya ke Indonesia, bisnis penerjemahan pribadi, hingga bisnis agensi periklanan pribadi. Khusus yang terakhir ini, kamu harus bekerjasama dengan bidang lain tapi.

Cewek membawa gitar

Kalau mau lebih hits lagi kamu bisa loh mulai magang-magang di radio dan memperkenalkan diri kamu sebagai MC alias Master of Ceremony. Memang untuk hal ini kamu butuh usaha keras, tapi kalau sudah terkenal wah wah bisa-bisa uang yang ada akan menghampiri kamu!

Banyak kan prospek kerja sastra Inggris yang cukup cerah. Bahkan dalam artikel di atas kami enggak cantumin beberapa pekerjaan yang mainstream dan kamu pasti tahu, seperti guru dan dosen sastra Inggris misalnya.

Dengan kata lain bahkan masih banyak pilihan pekerjaan yang bisa dipilih oleh anak-anak lulusan sastra Inggris di luar sana. Prospeknya? Tentu saja prospek kerja sastra Inggris saat ini masih amat cerah di Indonesia.

Persoalannya apakah mereka mau atau tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *