Cara Bayar Tagihan PDAM Melalui ATM BCA & KlikBCA

Air memiliki peran besar dalam kehidupan, karena memiliki banyak kegunaan seperti minum, memasak, menyuci, hingga mandi. Maka dari itu, ketersediaan air untuk keperluan sehari-hari sangat penting. Tapi tidak sembarang air bisa dikonsumsi, diperlukan air bersih yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak tercemar.

Untuk di Indonesia, salah satu perusahaan air minum yang tersedia adalah PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) yaitu unit usaha yang melayani distribusi air bersih bagi masyarakat umum.

Bagi masyarakat yang menikmati layanan ini, mereka diwajibkan membayar tagihan setiap bulannya sesuai dengan pemakaian. Untuk beberapa daerah, pembayaran PDAM bisa melalui ATM. Contohnya pembayaran PDAM Kota Depok melalui ATM BCA di bawah ini:

Pembayaran tagihan PDAM dengan menggunakan ATM BCA

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN pada mesin ATM
  2. Pilih menu “Transaksi lainnya”
  3. Pilih menu “Pembayaran”
  4. Pilih produk “PAM/Gas”
  5. Masukkan ID Pelanggan
  6. Cek kembali informasi transaksi, seperti nama pemilik dan jumlah tagihan
  7. Jika sudah yakin, klik “Benar” untuk memproses transaksi
  8. Transaksi selesai dan struk bukti transaksi akan keluar

Selain cara di atas, Anda juga bisa melakukan pembayaran PDAM di ATM BCA dengan melalui Virtual Account. Menu ini bisa Anda pilih dengan cara seperti saat melakukan transfer dana, berikut langkah-langkahnya:

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN pada mesin ATM
  2. Pilih menu “Transaksi lainnya”
  3. Pilih menu “Transfer”
  4. Pilih menu “Ke Rek BCA Virtual Account”
  5. Masukkan kode prefix dan diikuti dengan ID Pelanggan
  6. Cek kembali informasi transaksi, seperti nama pemilik dan jumlah tagihan
  7. Jika sudah yakin, klik “Benar” untuk memproses transaksi
  8. Transaksi selesai dan struk bukti transaksi akan keluar

Perlu diketahui, setiap daerah memiliki kode prefixnya masing-masing, daftar kodenya bisa dicek di sini. Jadi pastikan Anda sudah mengetahui kode prefix perusahaan air minum di daerah Anda, sebelum bertransaksi menggunakan cara Virtual Account.

Namun untuk pembayaran melalui KlikBCA, cara Virtual Account tidak dapat dilakukan, hanya ada pada menu Pembayaran seperti di bawah ini:

Pembayaran air PDAM dengan menggunakan KlikBCA

  1. Setelah Login dan masuk ke Menu Utama
  2. Pilih menu “Pembayaran”
  3. Pilih produk “Air/PAM”
  4. Masukkan ID Pelanggan PDAM
  5. Pilih sumber dana
  6. Klik tombol “Lanjutkan”
  7. Cek kembali informasi transaksi
  8. Masukkan respon KeyBCA dan klik “Kirim”
  9. Transaksi selesai dan akan terlampiran bukti transfer yang telah berhasil

Baik melalui ATM maupun KlikBCA, BCA membebankan biaya administrasi sebesar Rp2.500 untuk setiap transaksi. Biaya ini masih relatif sama dengan metode pembayaran lainnya, namun terkadang ada biaya lainnya seperti denda, bila bulan lalu Anda melakukan keterlambatan dalam pembayaran yang melebihi tanggal jatuh tempo, nilainya mulai dari Rp15.000.

Meskipun BCA memiliki fasilitas pembayaran yang lengkap dengan memiliki jumlah mesin ATM terbesar di Indonesia, tetapi Bapak Arafat lebih menyukai melakukan pembayaran PDAM melalui AlphaPay. Kenapa?

Bapak Arafat sudah bergabung dengan AlphaPay sejak 2 bulan yang lalu telah menjadi agen premium dengan keuntungan Reward Points untuk setiap transaksi yang dilakukannya.

Semakin tinggi transaksi, semakin banyak point yang dikumpulkan agar bisa ditukarkan dengan hadiah menarik. Selain untuk tagihan rumahnya sendiri, ia juga membuka jasa pembayaran PPOB lainnya seperti tagihan listrik, angsuran multifinance, iuran BPJS Kesehatan sampai dengan pulsa prabayar.

Bergabung di AlphaPay GRATIS, dengan deposit Rp100.000 bisa langsung bertransaksi. Buktikan keunggulannya sekarang juga!

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *