Berapa Sih Gaji Satpol PP di 2019?

Sebelum kita berangkat ke topik utama kita mengenai gaji satpol PP di tahun 2019, Alphapay mau ngebahas sedikit seluk beluk satpol PP nih atau yang punya kepanjangan Satuan Polisi Pamong Praja.

Satpol PP awalnya didirikan di Yogyakarta yang berfungsi untuk wadah ketugasan pemerintah daerah. Mereka dibentuk dalam rangka penegakan peraturan daerah serta penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat daerah.

Intinya mereka merupakan perpanjangan tangan kepala daerah sehingga kondisi daerah yang dipimpin oleh sang kepala tersebut menjadi tenteram, tertib, sera menjadi teratur. Yah kalau kamu sering lihat di TV sih mereka seringnya melakukan penertiban, tapi yang bersifat non-yustisial ya.

Nah saat ini untuk meningkatkan profesionalitas seorang Satpol PP, pemerintah memutuskan untuk membuka sekolah Satpol PP melalui Kementerian Dalam Negeri. Lokasinya di Rokan Hulu Riau. Jadi bagi kamu yang berminat, silahkan mendaftar ke sana ya!

Sebelum bahas gaji satpol PP, Alphapay mau kasih tau kamu beberapa info menarik nih. Ya kira-kira mungkin penjelasan beberapa info diatas secara lebih detil ya.

Baca juga: 


Sekolah Satpol PP

Sekolah Satpol PP

Mulai beroperasi di tahun 2017 sekolah satpol PP didirikan oleh Kementerian Dalam Negeri di Rokan Hulu Provinsi Riau. Hal ini semata-mata dilakukan dalam rangka meningkatkan profesionalitas petugas Satpol PP yang nantinya menjadi perpanjangan tangan pemda.

Selain itu Menteri Dalam Negeri, Bapak Tjahjo Kumolo juga menegaskan bahwa pendirian sekolah satpol PP dilakukan juga sebagai bentuk peningkatan tata kelola hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, intinya agar lebih terhubung katanya.

Nantinya kamu yang berminat untuk berkarir menjadi seorang satpol PP bisa banget loh memilih untuk menjalani pendidikan di sekolah satpol PP ini.


Untuk Apa Satpol PP Dibentuk

Barisan Polisi Wanita Hormat

Sebagai satuan kerja perangkat daerah, satuan polisi pamong praja tentu saja memiliki aturan-aturan mengenai tugas dan wewenangnya. Tujuannya tentu agar di lapangan nantinya apa yang mereka kerjakan tidak akan timpang dengan pekerjaan institusi lainnya.

Berdasarkan peraturan daerah nomor 6 tahun 2010 pasal 5, seorang Satpol PP memiliki beberapa fungsi, yakni:

  1. Menegakkan Peraturan Daerah, Peraturan Kepala Daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat
  2. Penyusunan program dan pelaksanaan penegakan Peraturan Daerah, Peraturan Kepala Daerah, penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.
  3. Pelaksanaan kebijakan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah.
  4. Pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.
  5. Pelaksanaan kebijakan perlindungan masyarakat.
  6. Pelaksanaan koordinasi penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah, penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Penyidik Pegawai Negeri Sipil Daerah, dan/atau aparatur lainnya.
  7. Pengawasan terhadap masyarakat, aparatur atau badan hukum agar mematuhi dan menaati Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah.
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya

Sementara itu wewenang yang dimiliki oleh Satpol PP adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan tindak penertiban nonyustisial terhadap warga masyarakat, aparatur, badan hukum yang melakukan pelanggaran terhadap Perda atau peraturan-peraturan yang telah dibuat oleh kepala daerah.
  2. Meneindak warga masyarakat , apartaur, badan hukum yang terbukti telah mengganggu ketertiban umum dan ketentraman di masyarakat
  3. Fasilitasi dan pemeberdayaan kapasitas penyelenggaraan perlindungan masyarakat.
  4. Melakukan tindakan penyidikan terhadap warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang diduga melakukan pelanggaran atas Perda dan Peraturan Kepala daerah.
  5. Melakukan tindakan administratif kepada warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang diduga melakukan pelanggaran atas Perda dan Peraturan Kepala daerah.

Nah kalau dilihat dari fungsi dan wewenangnya ternyata keberadaan satpol PP di suatu daerah amat penting ya. Jadi kamu jangan salah paham dulu, mentang-mentang kamu lebih sering melihat satpol PP melakukan razia bangunan liar di TV.

Nah terus berapa dong gaji satpol PP di tahun 2019? Lanjut dulu dong bacanya!


Berapa Gaji Satpol PP di 2019 ?

Satpol PP berlari bersama

Satpol PP sendiri saat ini terbagi menjadi 2 golongan, yakni yang tergolong ke dalam PNS serta satpol PP yang masih berstatus sebagai pegawai honorer. Gaji ini berlaku sama loh baik bagi satpol PP pria maupun satpol PP wanita, jadi engga ada tuh perbedaan perlakuan karena gender.

Pertama-tama bagi satpol PP yang sudah berstatus sebagai PNS, tentu mereka akan mendapatkan gaji layaknya seorang PNS. Total take home pay mereka akan diakumulasikan dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan kinerja daerah (bila ada), serta tunjangan jabatan fungsional satpol PP.

Untuk gaji pokok satpol PP, nilainya mengikuti aturan umum gaji pokok PNS yang berlaku di Indonesia. Rincinya, jelas kamu harus lihat dalam tabel di bawah ini ya.

Gaji pokok PNS

Meski tampak kecil tapi sebenarnya ada aturan baru yang Alphapay belum tau nih kapan akan diberlakukannya. Aturan lama (yang diatas), mengatur gaji pokok PNS berdasarkan lama kerja dan juga golongan masuknya.

Sementara di aturan yang baru nilai gaji pokok PNS akan diberikan berdasarkan beban kerja, tanggung jawab, serta risiko pekerjaan yang dimiliki. Kesimpulannya nilai gaji pokok yang kami cantumkan di atas masih bisa banget berubah, dan tepatnya kami tidak tau ya berapa.

Selain itu sebagaimana PNS di institusi pemerintahan lainnya, seorang satpol PP juga berhak mendapatkan tunjangan keluarga yakni bagi seorang istri dan dua orang anak (maksimal). Jika mereka memiliki lebih dari dua orang anak, maka anak ketiga dan seterusnya tidak akan dihitung untuk tunjangan.

Nilai dari tunjangan istri seorang satpol PP adalah 10% dari gaji pokok, sementara tunjangan bagi seorang anak dari satpol PP berkisar 2% dari gaji pokok satpol PP tersebut. Yah walaupun kecil tapi sebenarnya ini lumayan loh!

Selain itu mereka juga bisa mendapatkan tunjangan kinerja daerah yang besarnya bervariasi berdasarkan peringkat jabatan, dan tentu saja domisili daerahnya masing-masing. Nilainya yuk diperiksa di bawah ini!

Provinsi Eselon I Eselon II Eselon III Eselon IV Staff
NAD 17,500,000 12,500,000 7,500,000 4,500,000 4,000,000
Sumatera Utara 25,000,000 6,000,000 2,500,000 1,500,000 1,000,000
Sumatera Barat 5,600,000 4,880,000 2,290,000 1,178,200 750000
Riau 9,400,000 6,900,000 5,700,000 5,400,000 4,400,000
Kepulauan Riau 22,000,000 16,000,000 10,500,000 7,000,000 2,500,000
Jambi 3,000,000 2,500,000 2,000,000 1,800,000 1,120,000
Bengkulu 220,000 220,000 220,000 220,000 220,000
Sumatera Selatan 500,000 500,000 500,000 500,000 500,000
Bangka Belitung 5,000,000 3,000,000 2,000,000 1,750,000 1,250,000
Lampung 5,000,000 3,500,000 2,000,000 1,500,000 1,000,000
DKI Jakarta 50,000,000 28,000,000 10,550,000 6,560,000 5,850,000
Jawa Barat 40,000,000 30,000,000 11,000,000 7,000,000 5,000,000
Banten 50,000,000 11,489,362 4,213,953 2,617,450 950000
Jawa Tengah 6,470,000 3,970,000 1,575,000 1,125,000 825000
DIY 600,000 600,000 600,000 600,000 600,000
Jawa Timur 13,800,000 10,272,000 9,565,200 6,158,000 4,800,000
Kalimantan Barat 1,150,000 856,000 797,100 738,250 600,000
Kalimantan Tengah 3,250,000 2,000,000 1,500,000 1,000,000 500,000
Kalimantan Selatan 12,000,000 8,500,000 5,000,000 3,500,000 1,400,000
Kalimantan Timur 30,000,000 10,000,000 3,600,000 3,325,000 2,350,000
Sulawesi Utara 17,750,000 12,750,000 3,250,000 1,750,000 1,250,000
Gorontalo 15,000,000 7,000,000 3,000,000 1,750,000 1,100,000
Sulawesi Tengah 20,000,000 15,000,000 1,700,000 1,500,000 750000
Sulawesi Selatan 500,000 500,000 500,000 500,000 500,000
Bali 14,000,000 12,000,000 3,000,000 2,000,000 1,150,000
Nusa Tenggara Barat 15,000,000 4,275,000 1,750,000 1,100,000 582.686
Nusa Tenggara Timur 1,020,000 1,020,000 1,020,000 1,020,000 1,020,000
Maluku 895,000 895,000 895,000 895,000 895,000
Maluku Utara 15,000,000 7,500,000
Papua 10,000,000 7,500,000 5,000,000 3,500,000 2,000,000
Papua Barat 9,000,000 7,000,000 4,000,000 3,000,000 2,000,000

Terakhir seorang satpol PP sekarang berhak mendapatkan tunjangan jabatan fungsional. Aturan ini baru saja diteken oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada tahun 2017. Rinciannya adalah sebagai berikut.

No Jabatan Fungsional Tunjangan per Bulan
Jenjang Jabatan Fungsional Keahlian
1 Pol PP Madya 1,260,000
2 Pol PP Muda 960,000
3 Pol PP Pertama 540,000
Jenjang Jabatan Fungsional Keterampilan
1 Pol PP Penyelia 780,000
2 Pol PP Pelaksana Lanjutan 450,000
3 Pol PP Pelaksana 360,000
4 Pol PP Pelaksana Pemula 300,000

Wih kalau dikalkulasi take home pay seorang Satpol PP yang berstatus sebagai PNS besar juga kan? Nah walaupun begitu menurut Alphapay perhatian khusus masih harus diberikan pemerintah terhadap satpol PP honorer nih. Karena nilainya ternyata sesuai dengan UMK ataupun UMP masing-masing daerah.

Kesimpulan

Biar bagaimanapun saat ini pekerjaan satpol PP sudah tidak bisa lagi loh dipandang sebelah mata. Apalagi kalau kalian menganggap penghasilan mereka terlalu kecil. Karena nyatanya seorang satpol PP yang berstatus PNS bisa membawa pulang uang yang lumayan kok setiap bulannya!

Buat kamu yang berminat tapi masih ragu, semoga artikel ini bermanfaat dan meyakinkanmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *