fbpx

Seputar Biaya Admin dan Cara Bayar PDAM di Indomaret dan Alfamart

PDAM yang merupakan singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum adalah perusahaan daerah yang tersebar luas di Indonesia dan berjasa besar dalam mendistribusikan kebutuhan air bersih dan air minum bagi masyarakat.

Dinamakan “Perusahaan Daerah” karena memang berbeda dengan BUMN seperti PLN dan Telkom misalnya. PDAM merupakan perusahaan yang kebijakannya diberikan secara khusus bagi pemerintah-pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Implikasinya kemudian adalah sistem dan manajemen PDAM antar daerah yang seringkali berbeda. Lebih jauh lagi hal ini kemudian akan memengaruhi biaya tagihan air di PDAM antar daerah yang menjadi berbeda-beda.

Baca: Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Online biar Praktis

Meski demikian PDAM di berbagai daerah saat ini sudah melakukan berbagai inovasi dan reformasi birokrasi. Salah satu inovasi yang patut kita berikan apresiasi adalah inovasi di bidang pembayaran tagihan.

Lebih spesifik lagi kami akan membahas seputar biaya admin dan cara bayar PDAM di Indomaret dan Alfamart. Dengan fitur ini, tentu kamu tidak perlu repot-repot lagi mengantre di loket pembayaran PDAM seperti beberapa tahun lalu.

Yuk kita mulai saja!

Cara Bayar PDAM di Indomaret

Cara bayar PDAM di Indomaret sebenarnya amatlah mudah, pertama-tama kamu cukup datang langsung ke Indomaret terdekat dengan rumahmu dan langsung datang ke kasir. Tunggu sebentar apabila terdapat antrean di kasir tersebut.

Setelah sampai di depan kasir, kamu bisa langsung menyampaikan kepada mas-mas atau mbak-mbak kasir bahwa kamu ingin melakukan pembayaran tagihan PDAM rumahmu. Setelah itu tunggu sebentar hingga kasir tersebut memproses permintaanmu.

Setelah itu biasanya kasir akan bertanya nomor pelanggan PDAM yang ingin kamu bayarkan, berikanlah nomor pelangganmu dan jangan sampai salah ya. Karena bila salah, bisa bisa yang muncul malah nomor orang deh!

Setelah itu kasir akan memasukkan nomor pelanggan tersebut ke dalam komputer Indomaret, tunggu sesaat hingga pemrosesan pembayaran tagihan PDAM tersebut selesai. Setelah selesai kasir akan memberitahu kamu berapa nominal tagihan yang harus kamu bayar.

Berikan uang sesuai dengan yang diminta, dan biasanya nominal tersebut sudah mencakup biaya tagihan bulanan serta biaya administrasi. Nah kalau sudah, jangan lupa minta struk bukti pembayaran.

Selain cara manual tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan layanan I-Payment milik Indomaret loh. Sejauh ini Indomaret dengan I-Payment nya telah bekerja sama dengan lebih dari 50 PDAM di seluruh daerah di Indonesia.

Cara menggunakan I-Payment ini mudah kok, kamu tinggal mendatangi mesin-mesin I-Payment di Indomaret terdekat. Oh iya, perlu kami ingatkan ya bahwa tidak semua Indomaret memiliki mesin I-Payment seperti ini.

Bila sudah kamu cukup klik pilihan pembayaran PDAM, dan dilanjutkan dengan lokasi PDAM yang ingin kamu bayarkan tagihannya. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan nomor pelanggan PDAM mu.

Setelah berhasil memasukkan nomor pelanggan PDAM yang kamu punya, mesin secara otomatis akan melakukan pemrosesan pembayaran tagihan, kamu akan ditampilkan layar konfirmasi yang berisi data diri pelanggan hingga jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Setelah itu lanjutkan prosesnya, dan tunggu hingga mesin I-Payment mengeluarkan struk untuk kamu berikan kepada kasir Indomaret. Struk yang kamu berikan kemudian akan diproses oleh kasir, dan bayarlah sesuai dengan yang diminta.

Pada dasarnya sih kamu bisa menggunakan kedua cara di atas, namun kami lebih merekomendasikan kamu menggunakan I-Payment karena jauh lebih praktis. Meski demikian sebagaimana yang telah kami sebutkan sebelumnya bahwa saat ini belum semua Indomaret di Indonesia telah dibekali fitur mesin semacam ini.

Harapannya sih dalam beberapa tahun ke depan, sistem I-Payment atau yang lebih lazim dikenal sebagai sistem I-Kios milik Indomaret ini bisa berkembang ya. Sehingga bisa ditemui bahkan di cabang-cabang Indomaret di tempat terpencil.

Cara Bayar PDAM di Alfamart

Sementara itu kamu yang bukan merupakan fanboy Indomaret tentu sah sah saja bila ingin melakukan pembayaran tagihan PDAM di Alfamart. Cara bayar PDAM di Alfamart pun sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara bayar PDAM di Indomaret loh.

Untuk melakukan pembayaran PDAM di Alfamart, kamu pertama-tama cukup datangi toko Alfamart yang paling dekat dengan rumahmu. Setelah itu kamu bisa langsung mendatangi kasir, dengan mengantre tentu saja bila saat itu ada antrean.

Di kasir kamu bisa langsung menyampaikan maksudmu bahwa kamu ingin melakukan pembayaran tagihan PDAM rumahmu di Alfamart. Setelah itu tunggulah hingga kasir tersebut melakukan pemrosesan terhadap permintaanmu di komputer.

Bila sudah, biasanya kasir akan meminta kamu untuk menyebutkan nomor pelanggan dari PDAM di rumah kamu. Sebutkanlah nomor pelanggan PDAM yang diminta tersebut dengan benar, karena bila tidak bisa-bisa kamu menyebutkan nomor PDAM orang lain!

Nah setelah itu kasir akan kembali memasukkan data tersebut ke dalam komputernya, dan tunggulah beberapa saat hingga komputer selesai memproses data tersebut. Setelah selesai biasanya di komputer akan tertera data pelanggan dan jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Kasir Alfamart setelah itu pasti akan mengonfirmasi data yang tertera di komputer mereka dengan cara bertanya langsung kepada kamu. Pastikan data-data tersebut adalah benar, dan kamu bisa langsung memberikan uang sesuai dengan jumlah tagihan yang diminta.

Setelah itu tunggu kembali hingga kasir selesai memproses pembayaran tagihan bulanan PDAM rumahmu, dan tunggu hingga struk pembayaran selesai tercetak. Bila struk bukti bayar sudah tercetak, jangan lupa untuk selalu meminta struk bukti pembayaran tersebut.

Nah cara lain, yang juga serupa dengan cara pembayaran tagihan PDAM di Indomaret adalah menggunakan mesin kecil yang biasanya terdapat di Alfamart. Bila di Indomaret fitur ini dinamakan I-Payment atau I-Kios, maka di Alfamart fitur ini bernama Albi Kiosk.

Dengan menggunakan Albi Kiosk ini kamu tidak perlu berlama-lama di kasir. Caranya pun mirip dengan I-Kios milik Indomaret. Kamu cukup mendatangi mesin-mesin Albi Kiosk yang berada di Alfamart dekat rumahmu.

Setelah itu kamu bisa langsung masuk ke dalam menu pembayaran PDAM di dalam mesin Albi Kiosk tersebut. Kamu tinggal memilih domisili PDAM yang sesuai dengan rumahmu, dan terakhir sama seperti di atas kamu akan diminta memasukkan nomor ID Pelangganmu.

Masukkan nomor ID Pelanggan PDAM mu dengan benar, dan kemudian mesin akan memproses permintaanmu. Setelah itu kamu akan masuk ke dalam menu konfirmasi yang terdiri atas data diri pelanggan serta jumlah tagihan yang harus kamu bayarkan.

Lanjutkan permintaan dan tunggu hingga mesin mengeluarkan semacam struk untuk melanjutkan transaksi. Bawalah struk tersebut kepada kasir dan kasir akan langsung melakukan scanning barcode yang ada di struk tersebut.

Setelah itu kamu tinggal bayar sejumlah uang yang tertera di layar monitor kasir deh! Mudah bukan? Dengan cara ini kamu tidak perlu berlama-lama di kasir loh, hanya saja memang saat ini belum semua kios Alfamart sudah memiliki Albi Kiosk ini.

Lalu Berapa Biaya Administrasi Pembayaran PDAM di Indomaret dan Alfamart

Daritadi kami selalu menyebutkan bahwa di setiap pembayaran tagihan PDAM bulananmu, pasti kamu akan selalu ditagihkan biaya administrasi tambahan. Baik melakukan pembayaran di Indomaret ataupun Alfamart.

Jumlah dari biaya administrasi tambahan baik di Alfamart dan Indomaret cukup murah kok. Biayanya adalah Rp 3.500,- saja, bila kamu membayarkan dengan dua lembar uang Rp 2.000,- saja kamu masih mendapat kembalian Rp 500,-

Nah bagaimana? Dengan biaya administrasi yang begitu murah, serta berbagai kemudahan pembayaran di Alfamart maupun Indomaret, masa’ sih kamu masih malas membayar tagihan bulanan PDAM mu?

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *