fbpx

Cara Bayar Cicilan Mobil dan Motor Online

Mobil dan motor pribadi saat ini merupakan salah satu moda transportasi yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir laju pertumbuhan mobil dan motor pribadi pun sangat pesat, cenderung liar.

Meski demikian barangkali hal ini menunjukkan kemampuan ekonomi orang Indonesia yang semakin lama semakin baik. Hal ini pula yang kemudian memunculkan banyak lembaga-lembaga perkreditan mobil dan motor menjamur.

Lebih lagi, fenomena hijrah yang mulai tren di Indonesia saat ini mengakibatkan munculnya lembaga-lembaga perkreditan syariah bebas riba yang tentu dapat dimanfaatkan oleh orang-orang muslim di Indonesia.

Nah peningkatan lembaga perkreditan tersebut pula lah yang kemudian meningkatkan banyaknya teknologi pembayaran cicilan. Salah satu yang cukup diminati tentu saja cara bayar cicilan mobil dan motor online karena kemudahannya.

Dengan kemudahan bayar cicilan kendaraan secara online, saat ini kamu tidak perlu lagi repot-repot pergi ke ATM ataupun ke bank tempatmu menaruh uang, apalagi ke lembaga perkreditan bersangkutan hanya untuk membayar cicilan kendaraanmu.

Meski demikian tujuan artikel ini tentu saja bukan untuk memotivasimu melakukan kredit kendaraan bermotor. Melainkan ditujukan bagi kamu yang sudah terlanjur kredit, baik konvensional ataupun syariah dan sedang mencari cara mudah untuk membayar cicilan.

Lebih lengkap yuk lanjut aja baca cara bayar cicilan mobil dan motor bagi kamu yang sedang dalam proses mencicil kendaraan!

Cara Bayar Cicilan Mobil dan Motor via Pihak Ketiga

Cara pertama yang ingin kami bagikan kepadamu adalah cara pembayaran cicilan kendaraan online melalui start up pihak ketiga. Beberapa start up yang melayani pembayaran cicilan kendaraan misalnya AlphaPay, Sepulsa, hingga start up raksasa seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Pada dasarnya untuk melakukan pembayaran via aplikasi pihak ketiga ini caranya cukup mirip, namun tidak ada salahnya kan kita jabarkan satu-satu. Tentu saja agar kamu bisa lebih mengerti dalam pembayaran online ini.

Pertama-tama bagi kamu yang ingin melakukan pembayaran cicilan mobil dan motor menggunakan AlphaPay, yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama-tama kamu bisa mengunduh dan masuk ke dalam aplikasi Alphapay.
  2. Setelah itu kamu bisa langsung login ke dalam aplikasi tersebut menggunakan ID dan password yang telah kamu daftarkan sebelumnya.
  3. Pilihlah lembaga multifinansial.
  4. Masukkan nomor pelanggan yang kamu punya.
  5. Tekan tombol tampilkan info tagihan. Pastikan info yang tertera di dalam aplikasi sudah sesuai dengan data yang kamu punya sehingga kamu tidak salah dalam membayarkan cicilan.
  6. Jangan lupa pastikan saldo depositmu sudah cukup.
  7. Apabila saldo depositmu cukup untuk membayarkan nominal tagihan yang tertera, kamu cukup melanjutkan dan menyelesaikan transaksi yang sedang berlangsung. Jangan lupa masukkan PIN yang kamu punya untuk konfirmasi transaksi.

Memang sih dengan proses pengunduhan aplikasi, cara pertama ini tampak rumit. Namun menurut kami cara yang pertama ini justru memudahkan loh. Apalagi dengan tersedianya fitur penyimpanan alias deposit saldo.

Dengan fitur deposit saldo ini, ketika kamu harus membayar cicilan yang sedang berlangsung kamu tidak perlu repot-repot kemudian untuk menyelesaikan transaksi via m-banking ataupun internet banking dan ATM, nah!

tampilan tokopedia

Meski demikian bagi kamu yang belum terbiasa dengan aplikasi pihak ketiga, kamu bisa mencoba beberapa start up raksasa yang menyediakan layanan semacam ini. Contohnya adalah Tokopedia, dan berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Kamu bisa membuka laman website resmi Tokopedia.
  2. Setelah itu kamu bisa langsung klik pilihan Angsuran Kredit yang terletak di bagian atas layar atau pojok atas layar bagi kamu yang menggunakan ponsel cerdasmu.
  3. Pilihan tersebut pada dasarnya merupakan pilihan pembayaran angsuran dari berbagai macam penyedia pinjaman. Sehingga setelah itu kamu harus memilih lembaga penyedia pinjaman yang kamu gunakan jasanya.
  4. Setelah itu kamu bisa langsung memasukkan Nomor Kontrak di kolom yang tersedia dan langsung klik tombol Bayar.
  5. Setelah itu lanjutkan transaksi dengan cara pembayaran tagihan via ATM, Internet Banking, ataupun m-banking.

tampilan bukalapak

Selain Tokopedia, raksasa start up di Indonesia lainnya yang juga memberikan layanan pembayaran cicilan mobil dan motor adalah Bukalapak. Barangkali kamu penasaran, kami juga punya loh langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama tentu saja kamu harus membuka laman website resmi yang dimiliki oleh Bukalapak.
  2. Sama seperti cara di atas, kamu cukup klik pilihan Angsuran Kredit yang terletak di kolom bagian atas, di sebelah pilihan Air PDAM dan Event.
  3. Setelah itu pilihlah Penyedia Jasa sesuai dengan lembaga kredit yang kamu manfaatkan jasanya.
  4. Di sampingnya terdapat kolom Nomor Pelanggan yang harus kamu isi sesuai dengan nomor kontrak yang kamu punya.
  5. Setelah memasukkan nomor kontrak yang kamu punya, klik tombol
  6. Lanjutkan transaksi dengan cara pembayaran tagihan sesuai dengan nominal yang tertera di Bukalapak. Kamu bisa melakukan pembayaran langsung, menggunakan m-banking, ATM, hingga SMS Banking dan internet banking.

Meski pembayaran via Tokopedia dan Bukalapak dilakukan melalui Website, kamu sebenarnya bisa juga melakukan pembayaran di sana menggunakan aplikasi bawaan masing-masing. Pada akhirnya sama saja toh?

Hal yang bisa jadi membedakan satu sama lain barangkali adalah, apakah lembaga perkreditan yang kamu gunakan sudah bekerja sama baik dengan AlphaPay, Tokopedia, ataupun Bukalapak? Karena bila belum, tentu saja kamu tidak bisa melakukan pembayaran secara online disana.

Cara Bayar Cicilan Mobil dan Motor via Internet Banking

token m banking

Salah satu fitur yang paling banyak dimanfaatkan oleh nasabah bank di zaman sekarang adalah fitur internet banking. Fitur inipun kami rasa sudah dimiliki oleh banyak bank di Indonesia, mulai dari bank negeri hingga bank-bank swasta.

Mengingat banyaknya lembaga peminjaman dana untuk kredit motor dan mobil, kami ingin memberitahu kamu beberapa cara bayar cicilan mobil dan motor via fitur-fitur internet banking. Beberapa cara tersebut secara umum adalah menggunakan menu transaksi (manual), hingga menggunakan nomor virtual account. Yuk kita bahas satu persatu!

Pertama-tama kami ingin membahas cara bayar cicilan mobil dan motor via internet banking dengan memanfaatkan menu transaksi alias pembayaran secara manual.

Perlu diingat pula, mengingat banyaknya provider bank yang memiliki fitur ini, bagi kamu yang nasabah bank tertentu barangkali bisa mengikuti beberapa langkah serupa yang akan kami tulis di bawah ini. Selebihnya kemungkinan hanya ada perbedaan istilah saja satu sama lain.

Sebagai panduan utama, kami memberikan contoh pembayaran cicilan mobil dan motor via internet banking Bank Mandiri. Berikut ini adalah langkah-langkahnya secara spesifik:

  1. Pertama-tama kamu bisa langsung membuka bankmandiri.co.id untuk langsung login ke dalam akun yang telah kamu buat sebelumnya.
  2. Masukkan user ID serta password internet banking yang telah kamu buat sebelumnya.
  3. Setelah itu kamu bisa mencari pilihan menu pembayaran di menu utama. Di dalam menu pembayaran kamu bisa kembali mencari pilihan menu multi payment, pilihlah pilihan tersebut.
  4. Di dalam menu pultipayment kamu harus memasukkan pilihan rekening pembayaran serta kode penyedia jasa. Sebagai contoh bagi kamu yang menggunakan jasa “ABC Credit Companies” dan memiliki kode 012345, maka kamu bisa memasukkan 012345(16 digit nomor kontrakmu) tanpa spasi.
  5. Bila sudah memasukkan nomor kontrak dengan benar, kamu bisa langsung klik lanjutkan untuk melanjutkan transaksi.
  6. Bila benar selanjutkan laman website secara otomatis akan menampilkan jumlah angsuran yang harus kamu bayarkan via bank mandiri. Selain itu di sana juga akan muncul beberapa detil data yang harus kamu baca dengan teliti. Pastikan seluruh data yang dicantumkan di dalam laman website tersebut sudah sesuai dengan data yang kamu punya. Bila sudah sesuai klik lanjutkan.
  7. Setelah itu kamu akan masuk ke dalam laman konfirmasi pembayaran, masukkan PIN internet banking Mandiri yang kamu punya via token, dan klik Kirim.
  8. Setelah itu bila konfirmasi sudah selesai dengan benar, laman website akan secara otomatis menampilkan hasil proses transaksi. Cetaklah hasil proses transaksi tersebut sebagai tanda bukti pembayaran angsuran yang sah.

Cara di atas merupakan cara yang bisa kamu lakukan apabila kamu sudah terbiasa menggunakan internet banking. Cara selanjutnya yang akan kami bagikan adalah cara pembayaran cicilan dengan memanfaatkan SMS Banking.

Perlu diingat pula bahwa dibandingkan internet banking, barangkali lebih sedikit bank nasional yang memiliki fitur SMS banking. Tapi tidak ada salahnya toh kami bagikan cara ini, dan sebagai contoh kami akan berikan langkah pembayaran menggunakan SMS Banking:

  1. Pertama-tama tentu saja kamu harus membuka ponselmu dan langsung masuk ke dalam menu pengiriman SMS pada umumnya.
  2. Setelah itu kamu bisa langsung ketikkan:
    • Bagi nasabah Bank Mandiri BYR (SPASI) ACC (SPASI) (REKENING) (SPASI) (NOMOR KONTRAK) (SPASI) (PIN SMS BANKING) dan langsung kirimkan ke nomor 3355.
    • Bagi nasabah Bank Permata PAY (SPASI) (LEMBAGA KREDIT)(NOMOR KONTRAK) (SPASI) (REKENING) dan langsung kirimkan ke nomor 3399. Jangan lupa membalas SMS tersebut dengan kirim TIN digit ke-3 serta digit ke-2 (misalnya) sebagai permintaan konfirmasi, dan kirimkan kembali.
  3. Setelah itu kamu cukup menunggu sms balasan yang biasanya akan masuk beberapa saat setelah pesan terkirim.

Selain internet banking dan SMS Banking, tentu salah satu fitur online banking yang tidak boleh terlewatkan adalah mobile banking, dan berikut ini adalah cara pembayaran cicilan mobil dan motor menggunakan fitur mobile banking.

Berhubung istilah yang ada antara satu bank dengan bank yang lain tidak banyak berbeda, maka di bawah ini merupakan langkah-langkah pembayaran menggunakan m-banking dengan bank nasional secara umum (tidak spesifik):

  1. Pertama-tama kamu bisa langsung buka aplikasi m-banking yang kamu punya di ponselmu, dan masukkan ID serta password yang telah kamu buat sebelumnya.
  2. Setelah itu kamu bisa pilih M-Payment, pembayaran, payment, dan istilah serupa tergantung dari bank yang kamu gunakan. Kemudian tekan OK atau Yes.
  3. Setelah itu kamu bisa langsung tekan pilih menu Lainnya, kredit, cicilan, angsuran, ataupun multipayment.
  4. Setelah itu masukkan nama atupun kode perusahaan dan masukkan nomor kontrak yang telah kamu punya. Setelah itu kamu bisa langsung melanjutkan transaksi dengan klik Ok, Lanjut, atau
  5. Setelah itu kamu akan masuk ke laman konfirmasi yang berisi data-data terkait cicilan yang kamu punya dan harus kamu lunasi. Bila laman konfirmasi tersebut sudah sesuai dengan yang kamu punya, tentu saja kamu bisa langsung ke laman pembayaran dan memasukkan PIN yang kamu punya.
  6. Selesai!

Selain dari ketiga cara umum di atas, ada beberapa lembaga perkreditan di Indonesia baik yang konvensional ataupun syariah yang menerapkan sistem pembayaran online dengan menggunakan virtual account customer.

Dengan menu virtual account ini kamu nantinya tidak perlu repot-repot mencari kode perusahaan untuk menginput pembayaran secara online. Kamu cukup memasukkan kode virtual account di dalam menu pembayaran virtual account, baik di m-banking, SMS Banking, hingga internet banking.

Setelah itu kamu bisa melanjutkan transaksi seperti biasa deh. Pada dasarnya sih cara ini tidak banyak berbeda dengan ketiga cara di atas, hanya saja kamu tidak perlu repot-repot menginput bila sudah menyimpan nomor virtual account ini di akun internet banking mu. Mudah ya!

Penutup

Nah itulah tadi beberapa cara bayar cicilan mobil dan motor online yang bisa kamu ikuti. Meski demikian sebagaimana disclaimer kami di awal, artikel ini ditujukan bagi kamu yang sudah terlanjur mencicil dan sedang mencari cara mudah untuk membayar.

Bukan ditujukan bagi kamu yang belum kredit untuk kredit kendaraan bermotor, apalagi bagi kamu yang muslim. Bila memang terpaksa, tentu kami sarankan kamu menggunakan lembaga syariah yang bebas riba.

Intinya sih di zaman sekarang pembayaran cicilan kendaraan bermotor sudah bisa dilakukan dengan mudah yakni via online. Secara umum kamu bisa memanfaatkan layanan pihak ketiga, sms banking, internet banking, dan yang lebih mudah tentu saja mobile banking.

Kamu bisa memilih yang manapun yang paling sesuai dengan kondisimu. Karena tentu tidak semua pemberi kredit bekerja sama dengan lembaga-lembaga pembayaran yang kami sebutkan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *