Cara Bayar Listrik Lewat M-Banking Semua Bank

Saat ini pergerakan manusia sudah sangat cepat, bahkan jarak dan waktu terasa enggak ada batasnya. Hal itu semata-mata di awali dengan penemuan internet yang seolah memangkas jarak dan waktu hingga gak terbatas kayak sekarang ini.

Internet yang dulunya digunakan sebagai media transfer data saat ini sudah digunakan untuk memudahkan banyak orang dalam bertransaksi. Salah satunya adalah dalam pembayaran tagihan rumah tangga seperti PDAM, Telkom, Internet, hingga Listrik rumah kita.

Lebih spesifik lagi kita saat ini bisa memanfaatkan layanan M-Banking yang dikeluarkan oleh banyak bank untuk membayar listrik, udah pada tau dong? Nah nah kalau kamu gak tau mending lanjut aja baca artikelnya ya.

Kami akan coba bahas beberapa cara bayar listrik lewat m-banking yang kami rasa cukup banyak ya pemakainya. Dalam artikel ini khususnya antara lain akan kami bahas M-Banking BCA, M-Banking BNI, M-Banking Mandiri, dan tentu saja M-Banking BRI.

Yuk langsung baca aja!


1. Cara Bayar Listrik Lewat M-Banking BCA

bayar listrik lewat m banking bca

Pertama-tama lakukan pengunduhan aplikasi M-Banking BCA, dan jangan lupa kamu harus mendaftarkan rekening kamu ke dalam sana. Untuk pendaftaran kamu bisa melakukannya dengan datang langsung ke kantor cabang ya.

Kalau udah daftar gampang deh, pertama-tama buka aplikasi m-banking BCA, dan klik menu m-BCA lalu klik kembali menu m-Payment. Setelah itu kamu bisa melanjutkan dengan klik menu Lainnya dan tekan OK.

Di sana kamu akan diminta untuk memasukkan Kode Nama Perusahaan dan pilihlah PLN. Setelah itu masukkan No. Pelanggan PLN kamu dan tekan OK. Setelah itu kamu akan diperlihatkan tagihan listrik yang harus kamu bayarkan.

Konfirmasi tagihan tersebut dan masukkan PIN m-BCA mu, jangan lupa masukkan jumlah pembayaran listrikmu. Nah nanti kamu akan dimintai konfirmasi pembayaran. Kalau sudah benar silahkan klik OK.

Masukkan kembali PIN m-BCA mu dan kembali tekan OK. Terakhir kamu akan menerima pesan konfirmasi kalau kamu telah berhasil membayar tagihan listrik lewat M-Banking BCA ini. Beres deh jadi gak perlu repot-repot jalan ke luar rumah.


2. Cara Bayar Listrik Lewat M-Banking BNI

Sama seperti aplikasi M-Banking BCA, kamu tentu saja harus mengunduh aplikasi M-Banking BNI terlebih dahulu. Setelah itu lakukan registrasi rekening BNI yang kamu punya dengan cara mendatangi langsung kantor cabang BNI terdekat dari rumah mu.

Setelah terdaftar bukalah aplikasi M-Banking BNI yang kamu punya (tentu saja), dan masukkan user id serta MPIN dan klik tombol Login. Setelah masuk ke dalam aplikasi, kamu bisa langsung memilih menu pembayaran.

Kemudian di dalam menu Pembayaran pilihlah menu Listrik. Kemudian di dalam menu listrik, isilah rekening debet dari rekening yang ingin kamu pakai untuk membayar tagihan listrikmu apabila kamu punya lebih dari 1 rekening BNI.

Di kolom Jenis Layanan pilihlah Pembayaran Tagihan Listrik PLN, Klik Input Baru (kalau baru pertama kali melakukan pembayaran). Setelah itu masukkan ID Pelangganmu di kolom IDPEL, centang kotak Simpan ke Daftar Favorite dan isilah Nama Singkat dengan bebas.

Dengan menyimpan ke daftar favorite, besok-besok kamu gak perlu lagi repot-repot masukkin ID Pelanggan kamu kalau mau bayar tagihan listrik kamu. Setelah itu klik Lanjut, dan kamu akan memasuki halaman konfirmasi.

halaman konfirmasi m banking BNI

Di halaman konfirmasi tersebut pastikan nomor rekening, ID Pelanggan, dan Nama sudah terisi dengan benar. Di sana akan terlihat jumlah tagihan listrikmu. Setelah kamu pastikan semua terisi dengan benar isilah Password Transaksi dan klik Lanjut. Udah deh!


3. Cara Bayar Listrik Lewat M-Banking Mandiri

bayar listrik lewat m banking BRI

Pertama-tama sama seperti layanan M-Banking bank lainnya, tentu saja kamu harus mengunduh aplikasi M-banking Mandiri serta mendaftarkan rekeningmu. Caranya juga sama kok, kamu tinggal datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat supaya rekeningmu bisa diaktivasi M-Bankingnya.

Kalau udah teraktivasi kamu bisa membuka aplikasi Mandiri Mobile yang ada di ponsel kamu, dan kemudian log in deh menggunakan username dan password yang kamu telah buat sebelumnya.

Setelah itu di layar utama kamu bisa segera klik pilihan menu Bayar dan pilihlah menu Listrik. Setelah itu di dalam menu penyedia layanan kamu bisa langsung pilih PLN, jangan sampai kamu pilih PLN PRABAYAR yak arena nanti kamu malah membeli token listrik.

Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan ID Pelanggan dan klik tombol Lanjut. Kalau kamu memasukkan ID Pelanggan tersebut dengan benar kamu akan langsung masuk menuju menu yang berjudul bayar listrik.

Di dalam sana akan muncul pembayaran dari rekeningmu (cek nomor rekeningnya, sudah benar atau belum), dengan nomor dan nama pelanggan serta jumlah tagihan. Kalau semua data sudah benar, kamu bisa langsung mengisi Pin M Banking dan klik OK.

Setelah itu selesai deh kamu akan langsung menerima bukti pembayaran listrik dari pihak Bank Mandiri. Jangan lupa simpan selalu bukti pembayaran tersebut. Kamu juga bisa loh mengirimkan bukti bayar tersebut ke email yang kamu punya.


4. Cara Bayar Listrik Lewat M-Banking BRI

Sebagai salah satu bank rakyat terbesar di Indonesia, BRI juga udah mengeluarkan layanan mobile banking nya sendiri loh. Layanannya juga udah luas dan termasuk ini nih: Bayar listrik lewat M-Banking BRI!

Pertama-tama sama seperti layanan m-banking bank lainnya, tentu saja kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu, dan jangan lupa untuk mengunduh aplikasi m-banking BRI ke dalam ponsel cerdasmu.

Setelah itu buka aplikasi m-banking BRI yang telah kamu unduh dan pilihlah menu Internet Banking BRI, dan lakukan login menggunakan User ID dan Password internet banking BRI yang udah kamu bikin dan aktivasi sebelumnya.

Setelah itu kamu bisa pilih menu Pembayaran dan di dalam menu pembayaran pilihlah pilihan Listrik. Sama seperti layanan m-banking lainnya, nanti kamu akan diminta untuk mengisi Rekening Listrik ataupun ID Pelanggan PLN yang kamu gunakan.

Setelah itu klik Kirim dan akan langsung muncul konfirmasi tagihan listrik yang harus kamu bayarkan. Di dalam sana akan tertulis rekeningmu, nama pelanggan, hingga jumlah tagihan total yang harus dibayarkan.

Pastikan seluruh informasi yang tertulis di dalam halaman konfirmasi tersebut sudah benar, silahkan langsung masukkan password internet banking dan langsung deh klik Kirim. Setelah itu sama seperti layanan lainnya, kamu akan menerima bukti pembayaran.

Jangan lupa selalu simpan bukti pembayaran di tempat yang mudah kamu ingat ya. Sehingga kalau sewaktu-waktu kamu butuh kamu bisa segera mencarinya tanpa harus repot-repot mengingatnya.


Penutup

Nah itulah tadi beberapa informasi mengenai cara bayar listrik lewat m-banking BCA, BNI, Mandiri, dan BRI. Kami mohon maaf ya untuk kamu yang menggunakan bank di luar artikel ini karena masih belum tercakup.

Yang jelas dengan tersedianya layanan pembayaran listrik lewat M-Banking ini, nasabah saat ini mendapatkan kemudahan yang luar biasa. Karena gak seperti dulu yang harus datang ke loket pembayaran setiap kali sudah jatuh tempo pembayaran. Kan capek ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *