Cara Bayar Listrik Lewat SMS Banking BRI, Mandiri, & BNI

Pernahkan kamu bayangkan, kalau teknologi informasi tidak berkembang layaknya saat ini. Maka kehidupan-kehidupan yang dijalankan oleh orang tua kamu masih kamu alami sekarang. Gak ada internet, SMS, apalagi internet dan SMS Banking.

Padahal kedua layanan tersebut, dalam hal ini SMS Banking merupakan salah satu layanan yang banyak membantu orang-orang loh. SMS Banking sudah sejak lama diketahui memberikan kemudahan bagi para nasabahnya dalam bertransaksi.

Salah satu kemudahan yang diberikan adalah kemudahan dalam bayar listrik lewat SMS Banking. Bayangkan kalau di zaman dahulu kamu perlu jalan ke loket pembayaran listrik, saat ini hanya dengan ketukan jarimu, kamu sudah bisa membayar tagihan listrik.

Tapi apakah kamu paham cara bayar listrik lewat SMS banking? Tenang aja, kalo kamu gak paham maka artikel ini benar buat kamu, karena kita akan bahas satu-satu!


1. Bayar Listrik Lewat SMS Banking BRI

Pertama-tama jangan lupa melakukan aktivasi SMS Banking terlebih dahulu sebelum bisa memanfaatkan layanan ini. Untuk melakukan aktivasi, silahkan kamu datang ke kantor cabang BRI masing-masing ya.

Nah kalau sudah siap, kamu bisa loh melakukan pengecekan tagihan listrik hingga membayar tagihan listrik lewat SMS Banking BRI. Kalau mau cek tagihan listrik kamu bisa ketik SMS INFO (spasi) PLN (spasi) ID PELANGGAN (spasi) PIN. Kirimkan ke 3300!

Sementara kalau kamu sudah ingin membayar listrik lewat SMS Banking BRI kamu bisa mengetikkan BAYAR (spasi) PLN (spasi) ID PELANGGAN (spasi) PIN dan kirimkan ke nomor 3300. Kalau kamu benar nantinya kamu akan menerima SMS balasan dari BRI yang berisi konfirmasi pembayaran listrik deh!


2. Bayar Listrik Lewat SMS Banking Mandiri

Pertama-tama kamu bisa ketik *141# setelah itu kamu bisa ketikkan nomor 6 untuk memilih Mandiri SMS Banking dan kirim deh. Setelah itu pilihlah menu Bayar atau nomor 4 dan klik kirim kembali.

Setelah itu klik kembali nomor 2 untuk melakukan pembayaran listrik, kirimkan kembali. Nah terakhir pilih nomor 3 untuk membayar listrik pasca bayar.

Kalau sudah sampai sana kamu bisa deh lansgsung masukkin ID Pelanggan mu secara manual dan nanti akan dikirimkan kepadamu jumlah tagihan listrik yang harus kamu bayar. Masukkan PIN SMS Banking mu dan kirim deh. Terakhir pastinya akan ada notifikasi bahwa kamu telah berhasil membayar listrik lewat SMS Banking Mandiri.


3. Bayar Listrik Lewat SMS Banking BNI

Khusus bank BNI, kamu bisa melakukan pembelian token listrik. Jadi yah memang fitur ini di bank BNI khusus diperuntukkan bagi kamu yang menggunakan listrik prabayar alias menggunakan token listrik.

Pertama-tama sama seperti sebelumnya jangan lupa melakukan registrasi terlebih dahulu, dengan mendatangi kantor cabang BNI yang terdekat di rumah kamu. Setelah mendaftarkan diri ke SMS Banking barulah kamu bisa memanfaatkan layanan ini.

Cara beli token listrik lewat SMS Banking BNI adalah dengan mengetikkan TOP (spasi) PLN (spasi) ID PELANGGAN (spasi) NOMINAL dan kirimkan langsung ke nomor 3346. Setelah itu kamu cukup bersabar untuk menunggu balasan.

Setelah mendapat balasan, jangan lupa untuk melakukan input 2 digit PIN SMS Banking kamu, dan kirimkan kembali ke nomor 3346. Setelah itu biasanya kamu akan mendapatkan balasan Transaksi sedang diproses.

Kamu bisa melakukan konfirmasi pembelian token listrik dengan cara mengetikkan CEK (spasi) PLN (spasi) ID PELANGGAN (spasi) NO REFF dan langsung saja kirimkan ke 3346. Gampang banget ya?


Sayang sekali ya, baru segitu aja yang bisa kami share untuk kalian. Karena ternyata belum banyak nih bank-bank besar yang memanfaatkan fitur pembayaran listrik menggunakan SMS Banking. Bahkan saat ini kamu belum menemukan loh cara bayar listrik lewat SMS Banking BCA.

Meski demikian tetap saja menurut kami untuk yang sudah ada, fitur ini amatlah bermanfaat loh. Pada akhirnya kami berharap sih semakin banyak bank yang memanfaatkan fitur ini, dan semoga artikel ini juga bermanfaat untuk kamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *