Cara Bayar PDAM di ATM BRI

Berawal dari hak konsensi pengelolaan air di Surabaya oleh Mouner dan Bernie, PDAM boleh dikatakan merupakan perusahaan daerah yang ada sejak lama dan memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang.

Menariknya, berbeda dengan perusahaan penyedia sumber daya negara lainnya seperti PLN. PDAM justru diberikan pengelolaannya kepada masing-masing daerah, dan bukan terpusat oleh pemerintah nasional.

Oleh karena itulah PDAM saat ini berada tepat di masing-masing provinsi, serta kabupaten kotamadya di seluruh Indonesia. Masing-masing PDAM pun diberikan hak otonomi terkait pengelolaannya.

Meski demikian ada banyak inovasi serta pembaharuan sistem yang terus menerus dilakukan oleh PDAM yang memudahkan dan menyamankan bagi para pelanggannya. Salah satunya adalah sistem pembayaran terpadu yang (tentu) semakin praktis.

Jika dahulu kamu perlu mencatat tagihan air, nomor meteran, dan repot-repot mengantre di loket pembayaran PDAM. Saat ini kamu bisa melakukan pembayaran dengan mudah, salah satunya adalah cara bayar PDAM di ATM BRI ini!

Cara Bayar PDAM di ATM BRI

ATM BRI

Untuk bisa melakukan pembayaran PDAM di ATM BRI kamu bisa melakukan beberapa langkah detil di bawah ini:

  1. Carilah ATM BRI yang paling dekat dengan tempat tinggalmu. Kami rasa hal ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan, mengingat bank BRI merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang memiliki target pasar rakyat kecil hingga menengah. Oleh karena itulah bahkan di kota-kota kecil sekalipun kamu pasti bisa menemukan ATM BRI. Meski demikian bila kamu memang tidak bisa menemukan ATM BRI, kamu bisa melakukan kedua alternatif di bawah ini:
    • Cara pertama adalah dengan mencari ATM bersaya yang bisa digunakan oleh pemilik kartu debit BRI, misalnya ATM bersama dijaringan LINK. Memang hal ini merupakan suatu hal yang penting, karena bila kamu menggunakan mesin ATM dari bank lain seringkali kamu tidak bisa memanfaatkan fitur pembayaran tagihan PDAM di sana.
    • Kalau kamu masih kesulitan untuk menemukan ATM yang bekerja sama dengan bank BRI, kamu bisa juga mengganti kartu debit BRI yang kamu punya dengan kartu debit BRI yang memiliki logo GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional. Meski demikian cara ini bisa kamu lakukan dari jauh-jauh hari dan tidak bisa dilakukan secara mendadak. Karena kamu sebelumnya sudah harus mengganti kartu debit yang kamu punya di kantor cabang BRI yang dekat dengan rumahmu.
  2. Jika kamu sudah menemukan mesin ATM yang bisa digunakan untuk kartu debit BRI mu, kamu boleh langsung memasukkan kartu debit tersebut dan dilanjutkan dengan memasukkan nomor PIN yang kamu punya. Barulah kemudian kamu bisa memilih preferensi bahasa yang ingin digunakan.
  3. Kemudian kamu bisa langsung mengakses menu pembayaran PDAM. Nah untuk langkah ketiga ini cara untuk mengakses menu pembayaran PDAM sangat tergantung dari jenis mesin ATM yang kamu pakai saat itu. Meski demikian ada beberapa langkah umum yang bisa kamu coba:
    • Dari menu utama kamu bisa langsung menekan pilihan menu lain untuk kemudian mencari pilihan menu Pembayaran. Setelah itu kamu bisa langsung mencari submenu Air Minum / PAM untuk kemudian bisa masuk kembali ke dalam submenu PDAM Lainnya. Di dalam submenu PDAM Lainnya kamu bisa melihat bahwa kamu diberikan beberapa pilihan seluruh PDAM yang bekerja sama dengan bank BRI. Masing-masing PDAM tersebut memiliki kode unik yang bisa kamu lihat di sebelahnya. Carilah PDAM yang bersesuaian dengan tempatmu tinggal dan masuklah ke dalam Menu Entry.
    • Selain cara yang cukup panjang tersebut, pada beberapa mesin ATM kamu bisa langsung mengakses menu Pembayaran langsung di menu utama mesin ATM tersebut. Kemudian kamu bisa langsung memilih submenu Air Minum/PDAM dan kemudian pilihlah submenu PDAM Lainnya. Sama seperti poin di atas, carilah PDAM yang bersesuaian dengan lokasi tempat tinggalmu dan kemudian pilihlah Menu Entry bila sudah menemukan kode PLN yang sesuai.
    • Cara terakhir, yang merupakan cara tersingkat adalah kamu bisa langsung mengakses menu Pembayaran langsung di menu utama mesin ATM. Kemudian pilih kembali submenu Air Minum/PDAM. Perbedaan paling jelas dengan poin di atas adalah bahwa di beberapa ATM saat ini sudah terdapat menu entry khusus PDAM Kota Bandung. Dari sanalah kemudian kamu akan langsung masuk ke Menu Entry. Kami sendiri belum memiliki cukup informasi ada berapa mesin ATM yang sudah memiliki fitur semacam ini.
  4. Di dalam Menu Entry kamu harus memasukkan Kode PDAM yang sesuai + Nomor ID Pelanggan yang sesuai dengan meteran air di rumahmu. Sebagai contoh, bagi kamu yang memanfaatkan layanan PDAM Tirtanadi Sumatera Utara (10060) dengan kode pelanggan 123456. Maka kamu harus memasukkan 10060123456.
  5. Bila sudah benar kamu akan diarahkan masuk ke menu konfirmasi yang isinya adalah:
    • Nomor pelanggan. Khusus untuk yang satu ini pastikan bahwa nomor pelanggan yang tertulis di mesin ATM tersebut sesuai dengan nomor pelanggan yang ada di meteran air rumahmu.
    • Nama pelanggan yang pastinya harus sama dengan nama yang terdaftar sebagai pengguna PDAM yang sesuai.
    • Periode tagihan yang bersesuaian dengan bulan tagihannya.
    • Jumlah tagihan total yang harus kamu bayarkan. Tagihan total ini terdiri dari tagihan air, biaya denda, hingga biaya administrasi yang harus kamu bayarkan kepada PDAM.
  6. Konfirmasilah seluruh data yang ditampilkan tersebut dan pastikan bahwa seluruhnya sudah benar. Apabila data yang ditampilkan sudah benar maka kamu bisa langsung melanjutkan transaksi dengan menekan tombol Ya atau Benar.
  7. Setelah itu kamu bisa menunggu selama beberapa saat. Tunggulah hingga mesin ATM selesai melakukan pemrosesan pembayaran PDAM di ATM BNI ini. Kemudian bila sudah selesai, mesin secara otomatis akan mengeluarkan struk atau bukti pembayaran.
  8. Simpanlah struk bukti pembayaran tersebut agar bila sewaktu-waktu dibutuhkan karena kondisi mendesak struk tersebut bisa membantumu.
  9. Selesai! Jangan lupa periksa kembali mesin ATM tersebut dan jangan sampai kamu lupa mengambil kartu debit BNI dari mesin ATM.

Nah dengan sembilan langkah tadi kamu bisa segera melakukan pembayaran tagihan PDAM di ATM BRI loh. Dengan sembilan langkah mudah ini bahkan kamu tidak perlu repot-repot mencatat penggunaan air hingga mendatangi loket pembayaran PDAM yang seringkali dipadati pengantre.

Akan tetapi kami yakin bahwa ada sebagian dari kamu yang merasa bahwa cara di atas masih merepotkan karena menuntutmu untuk pergi keluar rumah dan mencari ATM BRI terdekat dari rumahmu.

Nah kalau kamu masih merasa kerepotan kami punya kok beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan, bahkan hanya dengan bermodalkan sentuhan jari jemarimu di ponsel cerdas saja. Tanpa perlu bepergian.

Kamu bisa dengan mudah memanfaatkan seluruh layanan Mobile Banking hingga Internet Banking dari bank BRI. Saat ini kedua layanan tersebut sudah bisa dimanfaatkan oleh para nasabah untuk melakukan pembayaran PDAM. Tapi jangan lupa untuk mendaftarkan rekeningmu sebelum memanfaatkan layanan tersebut.

Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *