fbpx

Cara Bayar PDAM di ATM CIMB Niaga

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di Dunia, yakni mencapai 250 juta jiwa. Dengan jumlah penduduk sebesar itu bayangkan besarnya usaha yang harus ditempuh pemerintah untuk mencapai kesejahteraan yang menyeluruh.

Salah satu usaha yang ditempuh adalah dengan pemenuhan air minum dan air bersih ke seluruh tempat di Indonesia, baik di kota-kota besar hingga kota kecil pedesaan dan tempat-tempat terpencil di pulau-pulau terluar di Indonesia.

Untuk mencapai tujuan itulah kemudian pemerintah membentuk perusahaan air minum yang pengelolaannya berada di daerah masing-masing. Sehingga kemudian disebut dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

PDAM ini amat beragam, misalnya PDAM Tirta Bhagassasi milik Pemerintah Kota Bekasi, AETRA dan PAM Jaya milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, hingga PDAM Tirta Pakuan milik Pemerintah Kota Bogor.

Di Indonesia sendiri PDAM yang sudah terbentuk kira-kira berjumlah 436 di tahun 2018 dengan catatan baru 223 PDAM yang memiliki kategori kinerja sehat dimana kategori kinerja ini berkaitan dengan cakupan air di daerah yang disuplai air oleh PDAM tersebut.

Seluruh 436 PDAM ini kemudian dinaungi oleh satu badan besar yang dinamakan Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia atau PERPAMSI.

Meski ada 436 PDAM dengan 223 yang berkategori sehat, tentu ada beberapa PDAM yang memiliki sistem yang amat baik. Salah satu sistem yang patut dimanfaatkan yakni sistem pembayaran tagihan PDAM via ATM, lebih spesifik lagi ATM Bank CIMB Niaga.

Untuk itulah kami akan membahas cara bayar PDAM di ATM CIMB Niaga, yang meski demikian baru bisa dinikmati di beberapa PDAM yang tergolong besar saja. Yuk langsung saja disimak caranya.


Langkah Pembayaran PDAM di ATM CIMB Niaga

Berdiri pada 26 September 1955, Bank yang awalnya memiliki nama Bank Niaga ini sudah malang melintang secara luas di dunia perbankan Indonesia. Tidak heran kalau di kuartal pertama 2018 jumlah nasabah CIMB Niaga sudah tembus di angka 6,5 juta rekening.

Bahkan pada 2017 Bank CIMB Niaga berhasil mencatatakan prestasi ke dalam bank papan atas di Indonesia, boleh dibilang sejak 2017 tersebut bank CIMB Niaga sukses memantapkan diri di posisi 5 besar bank di Indonesia!

Karena itu pula lah CIMB Niaga kemudian memperluas layanannya. Bila dulu kamu hanya bisa sebatas menabung dan melakukan beberapa transaksi, saat ini CIMB Niaga sudah membuka layanannya untuk pembayaran rekening PDAM di beberapa wilayah loh.

Baca: Biaya admin dan cara bayar PDAM di Alfamart dan Indomaret

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pembayaran rekening PDAM di ATM Bank CIMB Niaga. Untuk cara lebih lengkapnya, kamu bisa melihat beberapa langkah di bawah ini:

  1. Untuk bisa memanfaatkan layanan yang dimiliki oleh bank CIMB Niaga, tentu pertama-tama kamu harus mencari mesin ATM CIMB Niaga yang paling dekat dengan rumahmu. Mudahnya sih kamu bisa langsung mencari kantor cabang CIMB Niaga karena di sana pasti ada ATM CIMB Niaga. Nah akan jadi masalah bagi kamu yang tinggal di kota-kota kecil atau malah jauh dari kota, biasanya ATM yang tersedia adalah ATM bank-bank nasional saja. Meski demikian ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan terkait masalah ini.
    • Pertama kamu bisa mencari mesin ATM jejaring yang memiliki logo CIMB Niaga di depannya. Dengan menggunakan mesin ATM yang satu jaringan dengan CIMB Niaga tentu kamu bisa memanfaatkan fitur transaksi secara penuh sehingga bisa tetap membayar tagihan PDAM yang kamu punya.
    • Bila kamu tetap tidak bisa mencari ATM tersebut, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini. Caranya adalah dengan mengganti kartu debit SCIMB Niaga yang kamu punya dengan kartu debit yang sudah memiliki logo GPN alias Gerbang Pembayaran Nasional. Meski demikian, cara ini hanya bisa kamu lakukan dengan persiapan yang cukup panjang. Karena untuk melakukan pergantian kartu kamu perlu datang ke kantor cabang CIMB Niaga terdekat dan tentu saja memerlukan waktu beberapa hari hingga kartu debitmu diganti dengan yang baru.
  2. Bila sudah menemukan mesin ATM yang bisa kamu gunakan maka masukkanlah kartu debit CIMB Niaga yang kamu punya. Setelah itu kamu akan diminta untuk memilih bahasa, pilihlah bahasa Indonesia agar bisa lebih mudah. Kemudian masukanlah pin dari kartu debit CIMB Niagamu tersebut.
  3. Setelah itu barulah kamu bisa langsung mengakses menu pembayaran PDAM. Nah untuk melakukan akses menu pembayaran PDAM sebenarnya ada beberapa cara tergantung dari jenis mesin ATM yang kamu gunakan saat itu. Kami akan coba jelaskan beberapa yang paling umum ya.
    • Pertama-tama kamu tentu bisa langsung menemukan menu Pembayaran di halaman pertama tampilan mesin ATM tersebut, tekan menu tersebut. Di dalam menu pembayaran kamu bisa kembali mencari submenu Air Minum / PAM. Kemudian kamu bisa langsung mencari PDAM yang sesuai dengan lokasi tempat tinggalmu. Setelah menemukan PDAM tempat tinggalmum catatlah nomor unik yang ada di sebelahnya dan langsung masuk ke dalam Menu Entry.
    • Di beberapa mesin ATM sebelum kamu bisa masuk ke dalam menu Pembayaran kamu harus menekan Menu Lainnya terlebih dahulu. Selebihnya sama kok, tinggal mencari submenu Air Minum / PAM, kemudian cari PDAM yang sesuai dengan lokasi tempat tinggalmu dan kemudian kamu bisa langsung menekan Menu Entry.
  4. Di dalam menu entry inilah nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan Kode PDAM yang sebelumnya telah kamu lihat dan kamu catat. Setelah itu tekan Ya atau Benar untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  5. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan ID Pelangganmu yang tentu saja harus sesuai dengan yang terdaftar di PDAM atau yang tercatat di meteran air rumahmu. Jangan sampai salah karena bisa-bisa nomor tersebut invalid atau malah kamu memasukkan nomor ID Pelanggan orang lain.
  6. Kemudian pilih Ya dan kamu akan langsung masuk ke dalam menu konfirmasi, yang berisi
    • Nomor pelanggan yang sesuai dengan nomor yang terdaftar di PDAM bersesuaian.
    • Nama pelanggan yang terdaftar di PDAM yang bersesuaian.
    • Periode tagihan yang sesuai dengan bulan yang ingin kamu bayar tagihannya.
    • Jumlah tagihan total yang harus kamu bayarkan yang terdiri dari tagihan air total, biaya denda bila ada, dan biaya administrasi.
  7. Jangan lupa lakukan konfirmasi dari data-data yang ditampilkan di dalam mesin ATM, jangan sampai ada yang salah. Bila kamu sudah yakin bahwa data-data tersebut adalah benar, maka kamu bisa langsung menekan tombol Ya.
  8. Setelah itu transaksimu akan segera diproses, tunggulah selama beberapa saat. Setelah selesai diproses mesin akan secara otomatis mengeluarkan struk alias bukti pembayaran. Simpanlah bukti pembayaran tersebut untuk berjaga-jaga bila ada masalah terkait pembayaran tagihan tersebut.
  9. Selesai, kamu bisa langsung mengambil kartu debit CIMB Niaga tersebut!

Nah bagaimana? Mudah bukan? Hanya dengan 9 langkah mudah tersebut kamu bisa langsung melakukan pembayaran tagihan PDAM bulanan rumahmu.

Bandingkan dengan zaman dulu dimana kamu harus berlelah-lelah datang ke loket pembayaran dan mengantre yang biasanya panjang. Karena memang zaman dahulu pelayanannya satu pintu. Sementara ATM, tentu saja banyak orang memiliki ATM dari bank berbeda bukan.

Baca: Cara Bayar PDAM di ATM BNI

Semoga dengan 9 langkah ini kamu sekarang tidak kerepotan lagi ya bila harus membayar tagihan PDAM bulanan rumahmu. Semoga artikel yang kami berikan khusus untukmu ini bermanfaat kawan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *