fbpx

Cara Bayar PDAM di ATM Danamon

Siapa sih manusia yang tidak butuh air? Sejak manusia pertama kali muncul di muka bumi ini hingga zaman modern seperti sekarang, air merupakan salah satu elemen paling penting yang ada di bumi ini.

Air bahkan menjadi salah satu penanda kehidupan ruang angkasa, bagi para peneliti NASA. Nah ngomong-ngomong air sebagai sumber kehidupan, kamu pasti tahu bahwa salah satu penyedia air minum di Indonesia adalah PDAM.

Baca: Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Online biar Praktis

PDAM sendiri sudah berdiri sejak beberapa dekade silam, dan berbeda dengan beberapa BUMN lainnya PDAM sifatnya khusus. Maksudnya setiap daerah pasti memiliki perusahaannya sendiri-sendiri dan tidak terpusat secara nasional.

Implikasinya adalah sistem, dan termasuk tarif dasar air yang sedikit berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Meski demikian ada beberapa kesamaan layanan yang tetap bisa kamu nikmati loh sebagai pelanggan PDAM.

Salah satunya adalah kemudahan dalam pembayaran tagihan PDAM. Lebih spesifik lagi kamu bisa memanfaatkan cara bayar PDAM di ATM Danamon. Dengan ini nantinya kamu tidak perlu repot-repot lagi bila ingin melakukan pembayaran tagihan PDAM.

Cara Bayar PDAM di ATM Danamon

Danamon merupakan salah satu Bank Swasta yang cukup tua di Indonesia. Keberadaannya pun dirasa telah membantu banyak orang, yang bisa dilihat dari jumlah nasabahnya yang tidak kalah dengan bank-bank swasta lainnya di Indonesia.

Baca: Biaya admin dan cara bayar PDAM di Alfamart dan Indomaret

Selain itu untuk menambah daya saingnya tentu Bank Danamon telah berusaha memperluas layanan keuangan bagi para nasabahnya. Salah satunya terkait dengan proses pembayaran tagihan rutin, dalam hal ini tagihan PDAM.

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pembayaran tagihan PDAM di ATM Danamon adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, untuk bisa memanfaatkan layanan ATM Bank Danamon tentu saja kamu harus mencari mesin ATM Danamon yang tersedia dekat dengan rumamu. Nah barangkali hal ini cukup sulit dilakukan, terutama bagi kamu yang tinggal bukan di kota-kota besar. Meski demikian ada beberapa cara lain yang bisa kamu tempuh apabila di kota tempat tinggalmu belum tersedia ATM Bank Danamon. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah:
    • Pertama-tama kamu bisa mencari beberapa ATM yang memiliki satu jaringan dengan Bank Danamon. Dengan cara ini kamu bisa memanfaatkan fitur yang sama layaknya ketika kamu memanfaatkan mesin ATM milik Bank Danamon. Meski demikian cara ini barangkali masih tetap sulit dilakukan sehingga kamu masih perlu melakukan cara kedua.
    • Langkah kedua yang bisa kamu tempuh sebagai alternatif yang pertama adalah dengan mengganti kartu debit Danamon yang kamu punya saat ini menjadi kartu debit Danamon yang berlogo GPN alias Gerbang Pembayaran Nasional. Meski demikian untuk membuat kartu debit dengan logo GPN tentu kamu harus mempersiapkannya beberapa hari sebelum melakukan pembayaran tagihan PDAM ini. Karena proses ini harus dilakukan langsung ke kantor cabang Danamon terdekat dan tentu memerlukan waktu untuk pemrosesannya.
  2. Apabila sudah menemukan mesin ATM yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan, kamu bisa langsung memasukkan kartu debit Danamon yang kamu miliki dan tentukan bahasa di ATM tersebut. Pilihlah bahasa indonesia, dan kemudian masukkanlah PIN dari kartu debit Danamon mu.
  3. Setelah itu kamu bisa langsung mengakses menu pembayaran PDAM. Khusus untuk cara mengakses menu pembayaran PDAM ini, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Hal ini karena dalam pengoperasiannya tentu ada beberapa jenis mesin ATM yang memiliki menu yang berbeda-beda. Cara tersebut antara lain:
    • Kamu bisa langsung mengakses Menu Lain di dalam menu utama dan kemudian carilah pilihan menu Di dalam menu Pembayaran tersebut carilah kembali pilihan submenu Air Minum / PAM. Setelah itu pilih submenu tersebut dan kemudian cari kembali submenu PDAM Lainnya. Nantinya kamu akan diberikan beberapa pilihan PDAM yang tagihannya bisa dibayarkan melalui ATM Danamon. Di sampingnya kamu bisa melihat angka-angka unik yang merupakan kode dari PDAM yang sesuai dengan lokasimu, ingat dan catatlah kode tersebut.
    • Cara yang kedua adalah kamu bisa langsung mengakses menu Pembayaran di dalam menu utama dan kemudian sama seperti cara di atas. Di dalam menu Pembayaran kamu bisa langsung memilih submenu Air Minum / PAM dan kemudian kembali pilihlah submenu PDAM Lainnya. Selebihnya pun sama, tentukan PDAM yang sesuai dengan domisili rumahmu dan catat kode yang tertera di sampingnya.
    • Cara yang lain adalah pertama kamu bisa mengakses menu Pembayaran seperti poin (a) ataupun poin (b), namun kali ini kamu harus mencari submenu Air Pilihlah submenu tersebut, dan kemudian carilah PDAM yang sesuai dengan domisili rumahmu. Misalnya kamu yang bertempat tinggal di Depok bisa langsung memilih submenu PDAM Depok.
  4. Alasan dari mengapa kamu harus mencatat kode unik dari PDAM yang sesuai dengan domisili tempat tinggalmu adalah langkah keempat ini. Kamu bisa memasukkan kode PDAM yang sesuai diikuti ID Pelanggan bila mengikuti poin (a) atau (b) serta langsung memasukkan nomor ID Pelanggan bila kamu mengikuti poin (c).
  5. Terakhir kamu akan langsung masuk ke dalam menu konfirmasi yang berisi:
    • Nomor pelanggan PDAM, pastikanlah bahwa nomor pelanggan yang tertera di dalam mesin tersebut sudah sesuai dengan nomor pelanggan yang tertera di meteran air rumahmu.
    • Nama pelanggan.
    • Periode tagihan yakni periode bulan pembayaran.
    • Jumlah tagihan total yang secara lebih rinci terdiri atas tagihan air, biaya denda, dan biaya administrasi ATM.
  6. Lakukanlah konfirmasi dari seluruh data di atas untuk memastikan bahwa data-data tersebut adalah benar. Bila sudah yakin bahwa data-data tersebut sudah benar dan lengkap, kamu bisa langsung melanjutkan transaksimu dengan menekan pilihan Ya atau
  7. Setelah itu tunggulah selama beberapa saat mesin ATM melakukan pemrosesan pembayaran tagihan PDAM mu. Tunggu hingga mesin ATM mengeluarkan struk bukti pembayaran. Simpanlah struk bukti pembayaran sebagai bukti bila ada permasalah terkait pembayaran tagihan PDAM mu di bulan yang bersesuaian tersebut.
  8. Selesai! Periksa kembali mesin ATM, jangan sampai struk apalagi kartu debit Danamon mu tertinggal di dalam mesin ya!

Dengan delapan langkah mudah ini kamu sudah bisa melakukan pembayaran tagihan PDAM di ATM Danamon. Tentu saja hal in ijauh memudahkanmu dibandingkan bila kamu harus capek-capek mengunjungi loket pembayaran PDAM dekat rumahmu.

Sayangnya fitur ini baru bisa dinikmati beberapa PDAM saja ya, dan utamanya adalah kota-kota besar di seluruh Indonesia. Namun bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan Bank Danamon akan melakukan kerjasama dengan daerah-daerah lainnya bukan?

Kita tunggu saja, karena dengan demikian artinya semakin banyak nasabah dari bank Danamon yang bisa menikmati layanan berupa pembayaran PDAM di ATM yang tentu sangat memudahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *