Cara Bayar PDAM di ATM Mandiri

Sebagaimana fungsinya yang vital, air merupakan salah satu kebutuhan dasar yang patut dipenuhi. Tidak terkecuali bagi seluruh masyarakat yang ada di Indonesia, air pun menjadi kebutuhan yang sangat vital.

Untuk itulah kemudian PDAM hadir di setiap daerah untuk memastikan ketersediaan air di masing-masing daerah tersebut. PDAM yang merupakan singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum memiliki keorganisasiannya di setiap Provinsi dan Kota Kabupaten masing-masing.

Sebut saja PAM JAYA milik Pemerintah Daerah DKI Jakarta atau PDAM Tirta Pakuan milik Pemerintah Kota Bogor. Di bawah Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI), bahkan tercatat ada 436 PDAM yang aktif menyuplai air di seluruh Indonesia.

Usaha mereka semua pun wajib diacungi jempol, pada tahun 2018 tercatat sudah 223 PDAM yang berkategori memiliki kinerja yang sehat. Hal ini tentu bersesuaian dengan target layanan air bersih 100% di tahun ini.

Nah bicara soal layanan, PDAM tentu saja juga melakukan peningkatan layanan dan standar mutu. Salah satunya adalah dengan berbagai kemudahan pembayaran PDAM yang saat ini bisa dinikmati para pelanggannya.

Lebih rinci lagi saat ini bahkan ada cara bayar PDAM di ATM Mandiri. Meski demikian tentu saja saat ini baru sebagian kecil saja dari 436 PDAM yang bisa memanfaatkan layanan ini. Bagaimana caranya? Yuk disimak!

Langkah Pembayaran PDAM di ATM Mandiri

ATM Mandiri

Sebagaimana langkah-langkah yang bisa kamu lakukan bila ingin melakukan transaksi di ATM, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan bila ingin melakukan pembayaran PDAM di ATM Mandiri. Langkah-langkah tersebut adalah:

  1. Pertama-tama tentu saja kamu harus mencari mesin ATM Mandiri di tempat yang paling dekat dengan rumahmu. Sebisa mungkin carilah mesin yang memang bisa digunakan oleh kartu debit Mandiri, karena bila tidak dikhawatirkan nantinya kamu tidak bisa memanfaatkan layanan pembayaran PDAM ini. Meski demikian bila kamu tidak bisa menemukan ATM Mandiri terdekat, kamu bisa mencoba kedua cara ini:
    • Carilah mesin ATM Bersama yang kompatibel untuk kartu debit Mandiri. Ciri-ciri ATM Bersama yang bisa digunakan oleh kartu debit Mandiri biasanya adalah memiliki logo Bank Mandiri pada mesinnya. Salah satu yang cukup terkenal misalnya adalah jaringan ATM Link.
    • Bila kamu masih sulit menemukan mesin ATM Bersama tersebut, kamu masih bisa menggunakan cara yang kedua. Cara yang kedua ini adalah dengan mengganti kartu debit Mandirimu menjadi kartu debit yang memiliki logo GPN alias Gerbang Pembayaran Nasional. Proses penggantian ini harus kamu lakukan di kantor cabang Mandiri terdekat dengan rumahmu. Hanya saja dengan cara ini tentu kamu tidak bisa melakukan pembayaran PDAM dalam waktu mendesak, karena harus mengganti kartu debitmu terlebih dahulu.
  2. Apabila kamu sudah menemukan mesin ATM yang sesuai dengan kartu debit Mandirimu, kamu tentu bisa langsung memasukkan kartu tersebut ke dalam mesin ATM. Setelah itu kamu bisa lanjutkan dengan memasukkan nomor PIN kartu debit Mandirimu, dilanjutkan kembali dengan pemilihan bahasa preferensi.
  3. Setelah itu barulah kamu bisa langsung mengakses menu pembayaran PDAM. Untuk langkah ini sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengakses menu pembayaran. Hal ini tentu bergantung dari jenis mesin ATM yang kamu gunakan saat itu. Namun secara umum kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini kok:
    • Pertama-tama kamu bisa menekan Menu Lainnya pada tampilan menu utama untuk mencari pilihan menu Di dalam menu pembayaran tersebut kamu bisa menekan pilihan submenu Air Minum / PAM. Setelah itu kamu bisa memasukkan 04 untuk pembayaran PAM dan kemudian memasukkan kode perusahaan 30000 untuk PDAM. Nah di dalam submenu tersebut lah kamu akan bisa menemukan beberapa pilihan PDAM yang telah bekerja sama dengan Bank Mandiri. Masing-masing PDAM memiliki kode yang bisa kamu lihat di samping kirinya. Catat atau ingatlah kode PDAM yang sesuai dengan tempat tinggal mu dan kemudian tekan Menu Entry.
    • Di beberapa mesin ATM kamu bisa langsung melakukan akses menu Pembayaran di tampilan menu utama mesin tersebut. Nah lalu kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah persis seperti poin di atas. Masukkan kode 04 untuk melakukan pembayaran PAM dan masukkan kembali kode perusahaan 30000 untuk kode perusahaan PDAM, lalu carilah kode PDAM tempatmu tinggal dan ingatlah kode tersebut. Terakhir kamu bisa langsung menekan pilihan Menu Entry.
    • Cara ketiga merupakan salah satu cara paling cepat. Namun sayangnya tidak semua ATM mendukung cara ini. Cara yang ketiga bisa kamu tempuh dengan memilih menu Pembayaran dan kemudian memilih submenu Air Minum / PAM untuk kemudian langsung memilih menu entry khusus PDAM Kota Bandung. Sebagaimana namanya, cara ini hanya bisa dimanfaatkan bagi kamu yang merupakan warga kota Bandung ya!
  4. Di dalam menu entry kamu akan diminta untuk memasukkan kode PDAM yang sesuai dengan lokasi tempat tinggalmu. Untuk langkah ini kamu bisa melihatnya di menu sebelumnya, oleh karena itulah kami sarankan kamu untuk mencatat atau mengingat kode PDAM yang sesuai tersebut.
  5. Setelah itu masukkanlah nomor ID Pelanggan yang sesuai dengan yang tertera di meteran air rumahmu. Pastikan kamu memasukkan nomor ID pelanggan dengan benar, dan tekan angka 1 untuk memilih tagihan.
  6. Setelah tekan angka 1, kamu akan masuk ke dalam tampilan konfirmasi pembayaran yang berisi:
    • Nomor pelanggan yang sesuai dengan nomor yang kamu punya. Pastikan bahwa nomor ini memang sama persis dengan yang kamu punya tersebut.
    • Nama pelanggan.
    • Periode tagihan yang bersesuaian dengan bulan pembayaran tagihan PDAM mu.
    • Jumlah tagihan total yang harus kamu bayarkan yang terdiri dari tagihan air, biaya denda (bila ada), hingga biaya administrasi.
  7. Sebagaimana namanya, lakukan konfirmasi terhadap data-data yang ditampilkan tersebut hingga kamu yakin seluruhnya sudah benar. Bila data-data yang ditampilkan sudah benar, kamu bisa langsung menekan tombol Ya.
  8. Tunggu beberapa saat untuk mesin ATM melakukan pemrosesan terhadap pembayaran PDAM di ATM Mandiri tersebut. Bila proses transaksi sudah selesai, mesin secara otomatis akan mengeluarkan struk atau bukti pembayaran.
  9. Ambil dan simpanlah struk bukti pembayaran tersebut dengan tujuan berjaga-jaga apabila di kemudian hari kamu memiliki masalah terkait pembayaran tagihan PDAM di bulan yang bersesuaian.
  10. Seluruh langkah transaksi sudah selesai. Jangan lupa ambil kartu debit Mandiri mu ya!

Itulah dia sepuluh langkah yang bisa kamu lakukan untuk bayar PDAM di ATM Mandiri. Cara ini tentu saja jauh lebih mudah bukan, dibandingkan bila kamu harus mencatat penggunaan air hingga mendatangi loket pembayaran PDAM yang umumnya padat antrean.

Terakhir bila kamu masih merasa kerepotan, kamu tentu masih bisa memanfaatkan layanan SMS Banking, Mobile Banking, hingga Internet Banking Mandiri untuk melakukan pembayaran PDAM rumahmu.

Langkah-langkahnya pun secara umum sama seperti sepuluh langkah di atas, sehingga kamu tidak perlu bingung ya! Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *