fbpx

Cara Bayar Tagihan Listrik di ATM BRI

Listrik memang bukan barang yang “baru” di dalam peradaban manusia. Namun peranannya yang begitu penting saat ini seakan-akan membuat listrik nampak seperti kebutuhan utama manusia di zaman teknologi seperti ini.

Ponsel, televisi, laptop, kulkas, AC, dan peralatan rumah tangga lainnya, saat ini pastilah membutuhkan listrik supaya bisa menyala. Sayangnya tidak ada listrik yang gratis, dan tentu untuk menikmatinya kamu haruslah membayar tagihan listrikmu setiap bulannya.

Di Indonesia sendiri listrik dipasok oleh salah satu perusahaan negara yang cukup terkenal, yakni PT PLN Persero yang sejak kemunculannya pertama kali sudah melakukan berbagai macam pemutakhiran teknologi dan sistem.

Salah satu sistem yang saat ini cukup berubah dibanding zaman dahulu adalah sistem pembayaran listrik yang jauh lebih mudah. Salah satunya ya dengan cara membayar tagihan listrik di ATM BRI, yang merupakan bank “sejuta umat” di Indonesia!

Mau tahu caranya?

Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar di ATM BRI

Meter listrik PLN

Pertama-tama kami akan membagikan secara cuma-cuma cara bayar tagihan listrik di ATM BRI khusus bagi kamu yang menggunakan listrik prabayar. Ini dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Pertama-tama tentu saja kamu harus mencari ATM BRI yang paling dekat dengan tempat tinggalmu. Untuk langkah pertama ini kami cukup menyarankan kamu mencari ATM yang memang bisa untuk kartu debit BRI yang kamu punya. Kalau tidak kamu bisa mencari ATM Bersama yang digunakan oleh kartu debit BRI, atau kamu bisa mengganti kartu debit BRI yang kamu punya dengan kartu debit berlogo GPN sehingga bisa digunakan di semua mesin ATM Bank Nasional.
  2. Setelah itu sebagaimana langkah transaksi pada umumnya, masukkanlah nomor PIN kartu debit BRI yang kamu punya.
  3. Tergantung dari jenis mesinnya, kamu bisa langsung memilih menu pembayaran, pembelian, atau bahkan langsung masuk ke menu pembayaran PLN.
  4. Kemudian kamu bisa langsung mencari menu PLN, dan lagi-lagi bergantung dari mesin ATM yang kamu gunakan, kamu bisa langsung masuk ke dalam pilihan pembayaran PLN Postpaid atau PLN Pascabayar.
  5. Kalau tidak bisa menemukan menu langsung, di dalam menu PLN kamu pasti bisa menemukan Pembayaran Postpaid atau Pascabayar.
  6. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan 12 digit nomor ID pelanggan yang biasanya tertera di mesin meteran listrik di rumahmu. Cobalah untuk mencatat ke-12 digit nomor ID ini supaya tidak terjadi kekeliruan saat menginputnya.
  7. Terakhir, mesin ATM akan mengeluarkan nilai tagihan listrik bulanan di bulan yang bersesuaian di layar. Konfirmasi nilai tagihan tersebut dan kemudian kamu bisa langsung tekan Ya atau Benar.
  8. Tunggulah selama beberapa saat ATM melakukan pemrosesan pembayaran tagihan listrik pascabayarmu secara otomatis.
  9. Setelah dilakukan pembayaran listrik pascabayar, tunggu sampai resi atau bukti pembayaran dikeluarkan oleh mesin ATM. Bukti pembayaran ini nantinya akan bermanfaat bila kamu memiliki masalah berkaitan dengan pembayaran tagihan listrik rumahmu.
  10. Cabut kartu debit BRI mu!

Itulah sepuluh langkah cara bayar tagihan listrik di ATM BRI khusus bagi kamu pelanggan yang menggunakan listrik pasca bayar. Bagaimana untuk pelanggan listrik prabayar?

Ini dia caranya!

Cara Bayar Tagihan Listrik Prabayar di ATM BRI

Token listrik PLN isi ulang

Sebenarnya di dalam sistem listrik prabayar PLN, tidak dikenal istilah tagihan listrik. Istilah ini lebih dikenal dengan pulsa ataupun token listrik karena memang sistem listrik prabayar PLN memanfaatkan deposit pulsa ini untuk “pembayarannya”.

Oleh karena itulah bagi pelanggan listrik prabayar, biasanya lebih dikenal istilah pembelian token daripada pembayaran tagihan. Berikut ini adalah langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan pembelian token listrik di ATM BRI:

  1. Pertama-tama tentu saja kamu harus mencari ATM BRI yang paling dekat dengan tempat tinggalmu. Sama seperti langkah yang kami sebutkan di atas, kami cukup menyarankan kamu mencari ATM yang memang sesuai untuk kartu debit BRI yang kamu punya.
    • Jika tidak menemukan mesin ATM BRI maka alternatif yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari ATM Bersama yang dapat digunakan oleh kartu debit BRI.
    • Alternatif lainnya adalah kamu bisa mengganti kartu debit BRI yang kamu punya dengan kartu debit berlogo GPN sehingga bisa digunakan di semua mesin ATM Bank Nasional. Untuk langkah ini tentu tidak bisa dilakukan dengan singkat karena kamu harus mengurusnya dulu ke kantor cabang BRI terdekat sebelumnya.
  2. Setelah itu sebagaimana langkah transaksi pada umumnya, masukkanlah nomor PIN kartu debit BRI yang kamu punya.
  3. Kembali lagi bergantung dari jenis mesinnya, kamu bisa langsung memilih menu pembayaran, pembelian, atau bahkan langsung masuk ke menu pembayaran PLN.
  4. Kemudian kamu bisa langsung mencari menu PLN, dan lagi-lagi bergantung dari mesin ATM yang kamu gunakan, kamu bisa langsung masuk ke dalam pilihan pembayaran PLN Prabayar atau Pembelian Token atau Pembelian Pulsa Listrik.
  5. Kalau tidak bisa menemukan menu langsung, di dalam menu PLN kamu pasti bisa menemukan Pembelian Token Listrik atau Pembelian Pulsa Listrik.
  6. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan 12 digit nomor ID pelanggan yang biasanya tertera di mesin meteran listrik di rumahmu. Cobalah untuk mencatat ke-12 digit nomor ID ini supaya tidak terjadi kekeliruan saat menginputnya.
  7. Terakhir, mesin ATM akan mengeluarkan beberapa pilihan pulsa listrik yang bisa kamu beli di ATM BRI. Oh iya, untuk pembelian pulsa listrik ini, kami sarankan kamu untuk bijak-bijak dalam memilih ya! Sesuaikanlah nominal pulsa dengan kebutuhan listrik yang ada di rumahmu. Beberapa pilihan pulsa yang kamu bisa beli adalah:
    • Rp 20.000,-
    • Rp 50.000,-
    • Rp 100.000,-
    • Rp 200.000,-
    • Rp 500.000,-
    • Rp 1.000.000,-
  8. Tunggulah selama beberapa saat ATM melakukan pemrosesan pembelian pulsa listrik yang kamu lakukan. Setelah itu kamu akan diberikan tampilan jumlah pembayaran. Biasanya pembayaran merupakan hasil penambahan pulsa dengan biaya administrasi sebesar Rp 1.500,-
  9. Setelah dilakukan pembelian pulsa maka secara otomatis jumlah uang di dalam rekeningmu akan terpotong. Nah yang paling penting setelah ini adalah untuk selalu menyimpan resi ataupun bukti pembayaran. Karena di dalam bukti pembayaran tersebut kamu bisa menemukan 20 digit unik yang bisa kamu masukkan kemudian ke dalam meteran listrik yang ada di rumahmu. Dengan cara itulah kamu nantinya bisa menambah deposit pulsa listrikmu.
  10. Cabut kartu debit BRI mu! Jangan sampai tertinggal di dalam mesin ATM ya!

Itulah tadi dua cara bayar tagihan listrik di ATM BRI baik untuk kamu yang memanfaatkan layanan pembayaran listrik prabayar ataupun layanan listrik pascabayar. Dengan cara ini kamu tidak perlu repot-repot antre di loket PLN yang biasanya ramai.

Nah meski demikian kadang ada pertanyaan, adakah cara lain yang lebih mudah? Tentu saja, kamu bisa memanfaatkan layanan perbankan BRI online untuk melakukan pembayaran tagihan listrik! Mudah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *