fbpx

Cara Bayar Tagihan Listrik di ATM Mandiri

Listrik merupakan kebutuhan rumah tangga yang boleh jadi “nyaris” menjadi kebutuhan primer. Nyaris seluruh peralatan elektronik membutuhkan listrik sebagai tenaganya. Meski demikian untuk bisa menggunakan listrik, tentu kamu harus rajin membayar tagihan listrik setiap bulannya.

Tagihan listrik bisa menjadi salah satu pengeluaran bulanan yang cukup memberatkan, apabila penggunaannya tidak bijaksana. Tapi terlepas dari banyak atau sedikitnya tagihan listrik, saat ini proses pembayaran tagihan listrik sudah jauh lebih mudah dan praktis.

Bila dahulu kamu harus mendatangi loket-loket PLN setiap kali ingin melakukan pembayaran tagihan listrik, saat ini ada banyak cara yang memungkinkan kamu tidak harus capai-capai mengantri di loket PLN yang (umumnya) panjang!

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pembayaran melalui mesin ATM. Lebih spesifik lagi, salah satu cara bayar tagihan listrik yang bisa kamu lakukan adalah melalui ATM Mandiri.

Nah inilah cara bayar tagihan listrik di ATM Mandiri yang bisa kamu lakukan sendiri!

Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar di ATM Mandiri

saklar listrik PLN

Untuk melakukan pembayaran tagihan listrik pasca bayar di ATM Bank Mandiri, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Carilah mesin ATM Bank Mandiri yang paling dekat dengan tempat tinggalmu. Usahakan cari mesin ATM yang memiliki logo bank Mandiri, ataupun ATM Bersama yang bisa digunakan oleh nasabah bank Mandiri.
    • Alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah, dengan membuat kartu debit yang sudah memiliki logo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) sebelumnya. Dengan cara ini kamu bisa memanfaatkan mesin ATM di seluruh bank Nasional menggunakan kartu debit Mandiri yang kamu punya. Meski demikian karena cara ini memakan waktu, tentu kamu tidak bisa melakukannya apabila kamu sedang dalam kondisi mendesak harus membayar tagihan listrikmu saat itu juga.
  2. Kemudian masukan nomor PIN kartu debit Bank Mandiri yang kamu punya.
  3. Nah setelah itu kamu bisa langsung memilih menu Pembayaran atau Pembelian.
  4. Di dalam menu tersebut kamu bisa menemukan menu PLN, atau langsung masuk ke menu PLN Postpaid / Pascabayar. Tergantung dari jenis mesin ATM yang kamu gunakan saat itu.
  5. Bila kamu masuk ke dalam menu Pembayaran PLN, setelah itu kamu bisa langsung masuk ke dalam menu Pascabayar atau Postpaid.
  6. Di dalam menu pembayaran PLN Pascabayar ini kamu akan diminta nomor ID Pelanggan yang kamu punya. Masukkanlah 12 digit nomor ID Pelanggan yang kamu punya dengan benar. Catatlah nomor ID Pelanggan yang biasanya terdapat di meteran listrik rumahmu.
  7. Setelah itu kamu akan diberikan tampilan tagihan yang harus kamu bayarkan di bulan yang bersesuaian. Jangan lupa konfirmasi dan tekan tombol Ya atau Benar.
  8. Setelah itu transaksimu akan diproses secara otomatis.
  9. Tunggu sampai struk atau resi pembayaran keluar dan ambil lah bukti bayar tersebut. Hal ini penting apabila di masa mendatang ada masalah pada pembayaran tagihan listrikmu, kamu bisa menunjukkan struk pembayaran tersebut.
  10. Jangan lupa cabut kartu debit Bank Mandirimu kembali!

Itulah sepuluh langkah mudah yang bisa kamu lakukan (tentunya) bagi yang menggunakan layanan listrik pasca bayar PLN. Nah sementara itu bagi kamu yang memanfaatkan layanan listrik prabayar PLN, kamu bisa baca bagian selanjutnya!

Cara Beli Token Listrik di ATM Mandiri

token listrik pln

Khusus bagi kamu yang menggunakan listrik prabayar, mungkin tidak akan dikenal istilah pembayaran tagihan. Melainkan pembelian token ataupun pulsa listrik, karena memang sistemnya menggunakan deposit pulsa.

Untuk melakukan pembelian token ataupun pulsa listrik di ATM Bank Mandiri, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Carilah mesin ATM Bank Mandiri yang paling dekat dengan tempat tinggalmu. Usahakan cari mesin ATM yang memiliki logo bank Mandiri, ataupun ATM Bersama yang bisa digunakan oleh nasabah bank Mandiri.
    • Alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah, sama seperti di atas yakni dengan membuat kartu debit yang sudah memiliki logo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) sebelumnya. Dengan cara ini kamu bisa memanfaatkan mesin ATM di seluruh bank Nasional menggunakan kartu debit Mandiri yang kamu punya.
  2. Kemudian masukan nomor PIN kartu debit Bank Mandiri yang kamu punya.
  3. Nah setelah itu kamu bisa langsung memilih menu Pembayaran atau Pembelian.
  4. Di dalam menu tersebut kamu bisa menemukan menu PLN, atau langsung masuk ke menu PLN Prabayar atau Token Listrik. Tergantung dari jenis mesin ATM yang kamu gunakan saat itu.
  5. Bila kamu masuk ke dalam menu Pembayaran PLN, setelah itu kamu bisa langsung masuk ke dalam menu PLN Prabayar ataupun Token Listrik.
  6. Di dalam menu pembelian token listrik PLN ini kamu akan diminta nomor ID Pelanggan yang kamu punya. Masukkanlah 12 digit nomor ID Pelanggan yang kamu punya dengan benar. Catatlah nomor ID Pelanggan yang biasanya terdapat di meteran listrik rumahmu.
  7. Setelah itu kamu akan diberikan tampilan pilihan nilai-nilai pulsa listrik yang kamu beli. Kamu biasanya bisa membeli pulsa listrik sejumlah:
    • Rp 20.000,-
    • Rp 50.000,-
    • Rp 100.000,-
    • Rp 200.000,-
    • Rp 500.000,-
    • Rp 1.000.000,-
  8. Silahkan pilih pulsa yang kamu ingin beli. Sesuaikanlah pembelian pulsa listrik dengan pemakaian listrik di rumahmu, karena dengan cara inilah kemudian nantinya kamu bisa berhemat.
  9. Setelah itu transaksimu akan diproses secara otomatis.
  10. Tunggu sampai struk atau resi pembayaran keluar dan ambil lah bukti bayar tersebut. Di dalam bukti pembayaran tersebut terdapat 20 digit nomor unik yang nantinya harus kamu masukkan ke dalam meteran listrik di rumahmu. Dari sanalah kemudian nantinya pulsa listrikmu akan bertambah secara otomatis.
  11. Jangan lupa cabut kartu debit Bank Mandirimu kembali!

Bagaimana? Untuk membeli token listrik saat ini memang sudah semudah 11 langkah di atas. Jauh berbeda dengan dahulu ketika layanan ini pertama kali diluncurkan oleh PLN. Semoga bermanfaat ya!

Itulah tadi beberapa langkah yang bisa kamu lakukan apabila kamu ingin membayar tagihan ataupun membeli pulsa listrik di rumahmu. Dengan kemudahan yang ada tentu kamu tidak perlu repot-repot antre di loket PLN yang biasanya cukup sesak.

Meski cara ini dirasa mudah, kami yakin pasti ada beberapa pertanyaan di benak anda yang ingin anda tanyakan. Apakah ada cara lain bagi nasabah bank Mandiri untuk membayar listrik dengan lebih mudah?

Jawabannya tentu saja ada! Kamu yang sudah memanfaatkan layanan internet banking bisa dengan mudah melakukan pembayaran tagihan listrik hingga membeli pulsa atau token listrik menggunakan SMS Banking, Internet Banking, dan Mobile Banking.

Dengan ketiga cara ini bahkan kamu tidak perlu repot-repot berjalan jauh untuk mencari ATM Bank Mandiri demi membayar tagihan listrikmu. Kamu bisa melakukannya semudah menggerakkan ibu jarimu di layar ponsel yang kamu punya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *