Cara Blokir dan Buat Baru ATM BNI Paling Gampang

Salah satu problematika manusia zaman modern saat ini adalah kehilangan kartu debit, tidak terkecuali para nasabah bank BNI. Kehilangan kartu debit BNI bisa sangat menyulitkan, apalagi kalau terjadi di pagi hari saat Anda belum memegang uang sepeserpun.

Berbagai macam transaksi yang menanti sepanjang hari terancam gagal dilaksanakan. Terlebih lagi Anda pasti harus mengurus kehilangan kartu debit tersebut dengan proses yang panjang dan berbelit-belit.

Tapi sebelum Anda mengandai-andai terlalu jauh, perlu diketahui bahwa cara blokir dan buat baru kartu ATM BNI saat ini sudah tidak semudah beberapa tahun ke belakang. Terima kasih, berkat inovasi dan perbaikan sistem yang terus menerus dilakukan bank BNI sehingga proses ini kini menjadi mudah.

Tanpa berlama-lama yuk dibaca saja cara blokir dan buat baru kartu ATM BNI yang paling mudah di tahun 2019 ini!

Baca Juga Cara Tarik Tunai ATM BNI

Cara Blokir Kartu ATM BNI yang Hilang atau Tertelan

mesin atm bni

Sebagaimana yang kami tuliskan di atas bahwa kartu debit BNI Anda bisa saja hilang ataupun tertelan. Tidak jadi masalah bagi Anda yang mengalami kartu tertelan, karena sudah jelas dimana letak kartu Anda.

Nah bagi Anda yang merasa kehilangan kartu debit BNI Anda, kami sarankan Anda untuk tetap tenang dan terlebih dahulu mencari kartu debitmu tersebut. Khawatirnya setelah diblokir, ternyata kartu debit Anda hanya terselip.

Karena meski tidak ribet, proses penggantian kartu debit BNI membutuhkan waktu dan energi bagi Anda untuk datang ke kantor cabang. Jika waktu Anda mepet, wah wah bisa-bisa Anda malah menyesal karena terburu-buru memblokir kartu debit Anda.

Bila Anda sudah yakin bahwa kartu debit Anda memang hilang, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan blokir kartu BNI:

  1. Untuk melakukan pemblokiran kartu debit BNI, Anda bisa langsung menelpon call center bank BNI di nomor 1500046. Anda bisa menghubungi nomor ini dengan kartu provider apapun, dengan biaya telpon reguler. Jadi pastikan ya Anda sudah mengisi pulsa sebelum menelpon CS BNI.
  2. Sebelum menelpon 1500046 pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa data diri khusus untuk proses verifikasi data. Adapun beberapa data diri yang perlu Anda siapkan adalah nama lengkap sesuai KTP, nomor induk kependudukan yang sesuai dengan KTP, nama ibu kandung, hingga kronologi kehilangan dan sisa tabungan ataupun transaksi terakhir Anda.
  3. Setelah itu Anda bisa langsung telpon nomor tersebut, lakukan verifikasi data, dan mengajukan permohonan pemblokiran kartu debit BNI. Bila data Anda sudah terverifikasi dengan benar, dalam waktu singkat CS BNI tersebut pasti akan langsung melakukan pemblokiran kartu Anda.

Proses pemblokiran kartu menurut kami merupakan langkah vital. Setelah Anda yakin kamu kehilangan kartu debit kami sarankan Anda langsung melakukan blokir kartu, bahkan sebelum Anda membuat surat kehilangan ke polisi.

Khawatirnya, bila Anda terlalu lama maka sebelum diblokir kartu debit BNI Anda sudah digunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab bila kartu debit BNI Anda benar-benar hilang karena dicuri orang.

Lanjut!

Cara Mengurus Surat Keterangan Hilang Kartu ATM di Polisi

surat keterangan hilang polisi

Sebagai salah satu persyaratan dalam pembuatan kartu debit BNI baru setelah pemblokiran, surat keterangan hilang wajib hukumnya Anda buat. Apalagi kalau kartu Anda memang hilang dan bukan tertelan.

Karena dalam beberapa kasus tertelannya kartu, Anda bisa menyampaikan kepada petugas bank lokasi kartu Anda tertelan. Beruntungnya bila kartu Anda tertelan di ATM BNI Kantor Cabang tertentu, seringkali kartu Anda akan diambilkan dan dikembalikan!

Adapun Anda yang butuh membuat surat keterangan hilang, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama buatlah surat pengantar dari kelurahan dimana Anda mengalami kehilangan ATM milik Anda. Sekali lagi, surat pengantar bukan dari keluarahan tempat tinggal, melainkan tempat Anda kehilangan ATM. Perlu diingat pula, polsek tempat Anda melapor tentu saja harus sesuai dengan lokasi surat pengantar kelurahan yang bersesuaian.
  2. Setelah itu Anda bisa mencatat barang-barang lain yang hilang bersama kartu debit Anda, terutama bila Anda memang kehilangan dompet atau tas Anda.
  3. Bawalah beberapa dokumen di bawah ini sebelum datang ke kantor polisi terdekat:
    • Kartu tanda penduduk yang asli serta fotokopinya, apabila KTP Anda tidak turut serta hilang.
    • Kartu tabungan yang asli beserta fotokopinya.
  4. Datanglah ke kantor polisi tempat Anda kehilangan kartu debit BNI. Agar tidak ribet, Anda sebenarnya bisa saja datang ke kantor polisi terdekat di rumah Anda dan cukup bilang Anda mengalami kehilangan kartu debit di sekitar rumah Anda dengan catatan membuat surat pengantar kelurahan dari kelurahan tempat tinggal Anda. Setelah mengantre dan dipanggil oleh petugas, setidaknya ada beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab kepada polisi nantinya. Pertanyaan tersebut adalah:
    • Nama lengkap yang sesuai dengan KTP yang Anda punya.
    • Alamat tempat tinggal Anda sesuai dengan KTP yang Anda punya.
    • Jenis pelaporan, tentu merupakan pelaporan kehilangan.
    • Kronologis kejadian secara lengkap.
    • Beberapa pertanyaan tambahan yang mungkin diajukan, sesuai dengan jawaban Anda nantinya.
  5. Kemudian Anda akan diberikan surat kehilangan dari kantor polisi, jangan lupa untuk membuat fotokopi surat kehilangan serta mintalah kepada bapak ibu polisi yang bertugas untuk melegalisir fotokopi tersebut. Lebih baik lagi bila Anda membuat fotokopi surat kehilangan tersebut lebih dari satu buah.
  6. Selesai!

Setelah selesai membuat surat keterangan kehilangan kartu ATM BNI yang Anda punya, kami sarankan Anda untuk langsung datang ke kantor cabang BNI terdekat untuk melakukan penggantian kartu baru.

Penggantian kartu baru ini harus dibuat secepatnya dan maksimal 14 hari setelah surat kehilangan dikeluarkan oleh kepolisian. Karena usia surat kehilangan tersebut hanyalah 14 hari, dan setelah itu langsung kadaluarsa. Nah!

Cara Buat Baru Kartu ATM BNI yang Hilang atau Tertelan

kantor cabang BNI

Untuk melakukan pembuatan kartu ATM BNI yang hilang dan tertelan Anda bisa langsung mendatangi kantor cabang BNI yang paling dekat dengan rumah Anda. Namun seperti biasa ada beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi, yakni:

  1. Buku rekening tabungan BNI yang asli.
  2. Kartu identitas alias KTP atau passport. Bagi warga negara asing diperbolehkan untuk menyertakan KITAP ataupun KITAS.
  3. Surat keterangan hilang dari kepolisian yang telah Anda buat sebelumnya.

Setelah itu Anda bisa langsung datang ke kantor cabang BNI terdekat dengan rumah Anda dan ambil nomor antrean. Tunggu hingga dipanggil, dan bila sudah dipanggil Anda bisa langsung datang ke loket yang sesuai.

Sampaikanlah maksud Anda kepada customer service yang sedang bertugas bahwa Anda ingin melakukan penggantian kartu debit BNI karena hilang ataupun tertelan ATM. Jangan lupa serahkan persyaratan dokumen yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

Setelah itu customer service akan melakukan verifikasi data selama beberapa saat. Bila data sudah benar, proses penggantian kartu akan segera dilakukan dan dalam waktu beberapa menit saja Anda sudah bisa mendapatkan kartu debit BNI Anda yang baru.

Hal yang Perlu Diingat dan Dilakukan Bila kartu ATM Hilang

Nah selain melakukan pemblokiran kartu debit, pembuatan surat kehilangan, dan (tentu saja) pembuatan kartu debit yang baru, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan apabila Anda mengalami kehilangan kartu debit BNI Anda.

Tips yang pertama adalah tetap tenang dan jangan panik, karena selalu ada kemungkinan kartu debit BNI Anda hanya terselip dan bukan hilang diambil orang.

Selain itu bila Anda menunjukkan kepanikan Anda di ATM, tentu saja Anda bisa menjadi sasaran empuk bagi para penjahat. Tetap tenang, selalu berhati-hati, dan tetap waspada ya di dalam kondisi seperti ini.

Tips kedua adalah dengan selalu memantau nominal tabungan yang ada di dalam rekening Anda. Tentu saja hal ini hanya dapat dilakukan bagi Anda yang sudah memiliki fitur mobile banking pada rekeningnya.

Bagi Anda yang belum mengaktivasi fitur mobile banking ini, kami sarankan Anda untuk melakukan aktivasi fitur ke kantor cabang terdekat. Karena kita tidak tahu toh kapan kita benar-benar membutuhkan fitur yang bermanfaat ini.

Apabila sudah, dan Anda masih tetap was was maka Anda bisa langsung memindahkan seluruh uang yang ada di dalam rekening Anda. Tentu saja lagi-lagi Anda hanya bisa melakukan hal ini dengan menggunakan mobil banking.

Selain itu perhatikan pula batas transfer harian yang dimiliki oleh bank tempat Anda menyimpan uang. Karena tentu saja bila tabungan Anda terlalu banyak, Anda tidak akan bisa memindahkan seluruh uang Anda ke rekening Anda yang lain.

Sekali lagi, berhati-hatilah dalam menggunakan kartu debit BNI Anda ya! Selalu waspada dan jangan lengah, karena bila sudah hilang tentu saja Anda sendiri yang akan kerepotan. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *