fbpx

Cara Blokir dan Buat Baru ATM BRI Termudah

BRI yang merupakan salah satu bank milik negara terbesar di Indonesia, bersama dengan Mandiri dan BNI tentu saja memiliki banyak nasabah. Terlebih lagi boleh dibilang BRI merupakan bank nasional dengan sebaran yang amat luas di seluruh Indonesia.

Dengan tingginya jumlah nasabah yang diampu oleh bank BRI, tentu setiap hari bank BRI menerima banyak aduan terkait permasalahan yang dialami oleh para nasabahnya. Salah satu yang barangkali paling sering diadukan adalah terkait kehilangan kartu debit!

Ngomong-ngomong soal kehilangan ataupun kartu debit BRI tertelan, barangkali sebagian dari kamu pun pernah dong mengalami hal ini. Lalu tentu saja hal semacam ini akan membuat hari-harimu menjadi suram seketika.

Tapi tenang, karena BRI sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia tentu sudah memiliki mekanisme yang baik terkait persoalan ini. Hanya dalam satu hari saja kami yakin kok persoalan kartu hilang ini bisa terselesaikan.

Lebih jauh lagi, bagaimana sih sebenarnya cara blokir dan buat kartu debit BRI barumu kembali? Ini dia caranya!

Baca Juga Cara Tarik Tunai ATM BRI

Lakukan Pemblokiran Kartu Debit BRI Segera Setelah Hilang

atm bri

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ketika sadar mengalami kehilangan kartu debit BRI tentu saja dengan melakukan pemblokiran. Apalagi kalau kamu benar-benar tidak tahu dimana kartumu berada.

Meski demikian ada baiknya kami sarankan kamu agar tetap tenang serta bersabar mencari kartu debitmu perlahan-lahan. Karena bukan tidak mungkin kartu debit BRI mu hanya terselip saja, dan bukan hilang diambil orang.

Memang sih proses penggantian kartu debit BRI ini tidak rumit, dan hanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari saja. Tapi tetap saja untuk melakukan proses penggantian kartu debit ini, kamu harus repot-repot berjalan ke kantor cabang BRI.

Namun bila kamu memang sudah yakin bahwa kartu debit BRI mu benar-benar hilang, dan kamu tidak tahu dimana. Tentu kamu wajib dengan segera melakukan pemblokiran kartu BRI, yang caranya bisa kamu lihat di bawah ini:

  1. Proses pemblokiran kartu debit BRI yang kamu punya bisa dilakukan secara langsung dengan menghubungi nomor call center BRI di 14017 ataupun 021 150017, silahkan pilih yang paling mudah. Kami ingatkan pula dalam menelpon call center ini kamu akan dikenai tarif telpon reguler, sehingga bila menggunakan ponsel jangan lupa untuk mengisi pulsamu terlebih dahulu ya.
  2. Persiapkanlah beberapa hal di bawah ini sebelum menghubungi call center BRI terkait verifikasi data:
    • Siapkan data diri sesuai dengan KTP yang mencakup nama lengkap hingga nomor induk kependudukan (NIK).
    • Selain itu jangan lupa siapkan nama ibu kandung yang sesuai dengan yang kamu daftarkan ketika pertama kali membuka rekening di bank BRI.
    • Siapkan pula kronologi kehilangan kartu secara jelas.
    • Terakhir siapkan beberapa data tambahan yang mungkin ditanyakan seperti sisa saldo tabungan BRI mu atau bahkan transaksi terakhir yang masih kamu ingat menggunakan kartu debit BRI mu.
  3. Setelah siap, kamu bisa langsung menelpon call center BRI dan mintalah untuk menghubungi bagian customer service. Sampaikan permasalahanmu dan lakukan verifikasi data dengan benar.
  4. Bila verifikasi data sudah dilakukan, kamu bisa langsung menyampaikan maksudmu untuk melakukan pemblokiran kartu debit BRI yang kamu miliki. Biasanya hanya dalam waktu kurang dari 2 menit saja, kartu debit BRI mu sudah akan langsung diblokir oleh customer service.

Hanya dengan 4 langkah di atas saja kamu sudah bisa melakukan pemblokiran kartu debit BRI mu. Perlu kami ingatkan bahwa proses ini merupakan proses yang wajib dilakukan segera setelah kamu sadar kamu kehilangan kartu debitmu.

Tentu saja hal ini berkaitan dengan keamanan kartumu. Khawatirnya kartumu hilang karena memang dicuri seseorang yang tidak bertanggung jawab, dan tentu saja bila demikian kamu memiliki risiko kehilangan uang di dalam rekeningmu.

Setelah melakukan pemblokiran barulah kamu bisa langsung datang ke kantor polisi terdekat untuk mengurus surat keterangan hilang.

Cara Mengurus Surat Keterangan Hilang Kartu ATM BRI di Polisi

surat keterangan hilang polisi

Setelah melakukan pemblokiran dengan benar, saatnya kamu membuat surat keterangan hilang kartu ATM di kantor polisi. Hal ini wajib hukumnya, karena untuk membuat kartu debit yang baru salah satu persyaratan dokumen yang harus dilengkapi adalah surat keterangan hilang dari kepolisian.

Namun perlu diingat, apabila kartu debitmu tertelan di kantor cabang BRI, kamu bisa langsung lapor kepada petugas supaya diproses. Dalam hal ini kamu tidak perlu mengurus surat keterangan hilang ke kepolisian.

Adapun kamu yang mengalami kehilangan kartu ATM, tentu membutuhkan surat keterangan hilang ini. Nah berikut ini adalah cara untuk mengurus surat keterangan kehilangan dari kepolisian:

  1. Lengkapi persyaratan dokumen berupa surat pengantar kelurahan atau desa. Kamu bisa langsung membuat surat pengantar kelurahan di tempat kamu mengalami kehilangan kartu debit. Akan tetapi ada cara lain yang bisa kamu tempuh bila tidak ingin repot, yakni dengan membuat surat pengantar dari kelurahan tempatmu tinggal. Tujuannya agar nantinya kamu bisa melapor ke polsek di tempatmu tinggal juga. Hal ini cukup penting, karena kamu perlu memahami bahwa surat keterangan hilang sebenarnya dibuat bersesuaian di polsek tempat kamu kehilangan kartu ATM BRI mu.
  2. Setelah itu kamu bisa mengingat dan mencatat barang-barang lain yang hilang bersama kartu debit BRI mu bila memang ada.
  3. Kemudian bawalah dokumen penunjang di bawah ini:
    • Kartu identitas yang legal seperti KTP bagi warga negara indonesia, ataupun KITAS dan KITAP bagi warga negara asing.
    • Selain itu sertakan pula buku tabungan BRI mu yang masih berlaku saat itu.
  4. Setelah itu kamu bisa langsung datang ke kantor polisi dan tentu mengambil antrean, serta menunggu hingga kamu dipanggil. Setelah dipanggil oleh polisi yang bertugas kamu akan diberikan beberapa pertanyaan, yakni:
    • Nama lengkap yang tentu harus sesuai dengan kartu identitas yang kamu bawa.
    • Alamat tempat tinggal yang juga harus sesuai dengan kartu identitas yang kamu bawa saat itu.
    • Jenis pelaporan, berupa pelaporan kehilangan kartu debit BRI.
    • Kronologi kejadian kehilangan kartu debit secara lengkap.
    • Beberapa pertanyaan tambahan yang biasanya ditanyakan oleh petugas bila ada beberapa informasi yang belum jelas. Hal ini biasanya disesuaikan dengan jawaban-jawabanmu sebelumnya.
  5. Setelah itu proses pembuatan surat kehilangan akan langsung diproses oleh petugas polisi. Jangan lupa untuk selalu minta copy surat keterangan kehilangan tersebut sejumlah beberapa lembar, dan legalisisrnya. Tentu hal ini kamu perlu lakukan untuk berjaga-jaga.
  6. Selesai!

Setelah kamu selesai melakukan seluruh proses pembuatan surat keterangan hilang dari kepolisian ini, kamu harus langsung datang ke kantor cabang BRI ya. Karena surat keterangan hilang ini hanya berlaku selama 14 hari saja.

Tujuan kedatanganmu ke kantor cabang BRI tentu saja untuk membuat kartu debitmu yang baru, menggantikan kartu debit lamamu yang telah kamu blokir.

Cara Buat Baru Kartu ATM BRI yang Hilang atau Tertelan

teller bri

Sebelum datang ke kantor cabang BRI dekat rumahmu, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu siapkan sebelumnya:

  1. Bawalah buku rekening tabungan BRI mu yang asli dan masih berlaku saat ini.
  2. Kemudian sertakan pula kartu identitas yang sah berupa KTP ataupun passport bagi warga negara Indonesia ataupun KITAP dan KITAS bagi warga negara asing yang ingin mengurus pembuatan kartu debit BRI baru.
  3. Terakhir jangan lupa sertakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian yang asli maupun fotokopinya yang telah dilegalisir sebelumnya.

Setelah mendatangi kantor cabang BRI, kamu bisa langsung mengambil nomor antrean dan tunggu hingga dipanggil. Nah bila sudah dipanggil kamu bisa langsung datang ke loket yang bersesuaian deh.

Di loket tersebut kamu bisa langsung menyampaikan kepada customer service yang sedang bertugas mengenai maksud kedatanganmu untuk membuat kartu debit BRI yang baru. Serahkan pula beberapa persyaratan yang telah kamu siapkan sebelumnya.

Biasanya sih hanya dalam waktu kurang dari 5 menit saja, customer service akan langsung memproses permohonanmu dan kartu barumu sudah selesai!

Hal Penting Lainnya yang Perlu Dilakukan Bila Kehilangan Kartu ATM

Selain melakukan pemblokiran, pelaporan kepada polisi, hingga pembuatan kartu pengganti, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan apabila kamu mengalami kehilangan kartu debit BRI yang kamu punya.

Tips yang pertama adalah kamu harus tenang dan tidak panik sesaat setelah kamu menyadari kehilangan kartu debitmu. Kamu yang dalam kondisi panik dan tidak tenang bisa menjadi sasaran empuk bagi orang yang memiliki niat jahat, jadi berhati-hati ya!

Kemudian jangan lupa untuk selalu memantau sisa saldo yang masih ada di dalam rekeningmu dengan menggunakan mobile banking. Tentu saja hal ini hanya bisa dilakukan apabila sebelumnya kamu sudah mengaktivasi fitur mobile banking ini.

Terakhir, lagi-lagi hanya bisa dilakukan olehmu yang sudah mengaktivasi fitur mobile banking, yakni dengan memindahkan tabunganmu ke rekening lain yang lebih aman.

Selain hanya bisa dilakukan olehmu yang telah memiliki mobile banking, memindahkan seluruh saldo tabungan bisa jadi sulit dilakukan apabila jumlahnya melebihi batas transfer harianmu. Tapi tidak ada salahnya toh mencoba, karena hal ini berkaitan pula dengan keamanan uangmu.

Penutup

Pada akhirnya untuk mengatasi masalah kehilangan atau kartu tertelan kamu tentu harus memahami cara blokir dan buat baru kartu debit BRI mu. Selain itu jangan lupa pula untuk membuat surat keterangan hilang dari kepolisian.

Terakhir bila memungkinkan kami sarankan kamu untuk tetap tenang, pantau terus saldomu selama belum membuat kartu baru, serta usahakan untuk memindahkan tabunganmu ke rekening lain yang lebih aman.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *