fbpx

Cara Blokir dan Buat Baru ATM CIMB Niaga Paling Gampang

Meski belum setenar bank-bank nasional seperti BNI, Mandiri, ataupun Bank BRI, bank Niaga boleh jadi merupakan salah satu bank swasta di Indonesia yang memiliki nasabah cukup banyak. Bahkan salah satu yang terbanyak.

Tercatat di tahun 2018 jumlah nasabah bank CIMB niaga adalah 6,5 juta orang dan berkembang hingga 8 juta nasabah di awal tahun 2019. Bahkan dalam beberapa kesempatan direksi bank CIMB Niaga berani menargetkan jumlah nasabah hingga belasan juta di tahun berikutnya.

Jumlah nasabah yang demikian besarnya berarti peningkatan jumlah transaksi yang besar pula. Peningkatan jumlah transaksi memang meningkatkan value alias nilai dari bank CIMB Niaga itu sendiri.

Akan tetapi perlu diingat juga bahwa peningkatan jumlah nasabah yang sedemikian rupa berarti peningkatan kemungkinan masalah yang dialami oleh nasabah, yang tentu jumlahnya bila diakumulasikan akan semakin banyak.

Nah, salah satu masalah “sehari-hari” dari nasabah bank CIMB Niaga adalah persoalan kehilangan kartu debit dan kartu debit tertelan. Barangkali masalah macam ini merupakan salah satu yang sering ditemui para customer service.

Meski sehari-hari, masih banyak nasabah yang bingung apabila mengalami kehilangan kartu debit CIMB Niaga milik mereka. Tapi tenang saja karena kami punya cara blokir dan buat baru ATM CIMB Niaga terbaru, dan tentu saja paling mudah!

Baca juga Cara Tarik Tunai ATM CIMB Niaga

Lakukan Pemblokiran Kartu debit CIMB Niaga yang Kamu Punya

Pemblokiran kartu debit CIMB Niaga merupakan salah satu langkah yang paling penting untuk dilakukan apabila kamu mengalami kehilangan kartu debit CIMB Niagamu. Apalagi kalau kamu kecurian (tas, atau dompet) karena jelas-jelas kartu debitmu berada di tangan orang tak bertanggung jawab.

Nah tapi lain cerita bagi kamu yang sebenarnya tidak kehilangan, namun kartunya hanya terselip. Oleh karena itulah kami ingatkan kepada kamu untuk tetap tenang bila kehilangan kartu debit CIMB Niaga mu, dan carilah secara lebih teliti supaya ketemu.

Hal ini tentu saja akan memudahkan kamu, apalagi kalau ternyata kamu memang tidak mengalami kehilangan kartu debit. Karena walaupun proses pemblokiran, pembuatan surat kehilangan, dan pembuatan kartu baru tidak memakan waktu lama, tetap saja setidaknya kamu butuh sehari penuh untuk memproses ini semua.

Kebayang dong kalau di hari tersebut kamu ternyata membutuhkan kartu debit CIMB Niagamu untuk melakukan transaksi tertentu. Alih-alih kamu malah harus repot-repot mengurus proses kehilangan kartumu.

Nah tapi bila kamu memang sudah yakin bahwa kamu memang mengalami kehilangan kartu debit CIMB Niagamu, tentu saja kamu bisa langsung melakukan pemblokiran kartu debit CIMB Niagamu.

Langkah-langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pemblokiran kartu debit CIMB Niagamu adalah sebagai berikut:

  1. Pemblokiran kartu debit CIMB Niaga saat ini bisa kamu lakukan secara langsung via telepon ke call center CIMB Niaga di nomor 14041. Nah tapi perlu diingat bahwa kamu yang menelpon call center tersebut menggunakan ponsel tentu harus mengisi ponselmu terlebih dahulu. Karena biaya yang diterapkan oleh operator biasanya merupakan biaya flat per menit, yang harganya cukup mahal!
  2. Adapun beberapa hal yang mesti kamu siapkan sebelum menghubungi call center adalah sebagai berikut:
    • Siapkan identitas diri berupa nama lengkap, alamat sesuai domisili, hingga nomor induk kependudukan yang tentu harus sesuai dengan KTP atau kartu identitas lain yang kamu gunakan ketika membuka rekening di bank CIMB Niaga.
    • Kemudian siapkan nama ibu kandung yang kamu gunakan pula untuk membuka rekening di bank CIMB Niaga.
    • Siapkan kronologi cerita secara lengkap apa yang terjadi kepada kartu debitmu, serta tujuanmu menelpon yakni untuk melakukan pemblokiran kartu debit CIMB Niaga yang hilang.
    • Terakhir siapkan data tambahan yang mungkin akan ditanyakan oleh petugas customer service sebagai salah satu cara verifikasi data. Data tambahan yang mungkin berguna misalnya adalah transaksi terakhir yang kamu lakukan, hingga rata-rata saldo yang tersisa di dalam rekening dalam beberapa hari terakhir.
  3. Setelah menelpon ke 14041 kamu bisa langsung meminta untuk dihubungkan dengan customer service.
  4. Setelah kamu terhubung dengan customer service bank CIMB Niaga, maka kamu bisa langsung menyampaikan permasalahan yang kamu alami serta menyampaikan pula maksudmu yakni untuk melakukan pemblokiran kartu debit CIMB Niaga yang kamu punya.
  5. Bila sudah, biasanya petugas customer service akan melakukan verifikasi data. Mereka akan bertanya beberapa data yang biasanya terdiri dari poin-poin di atas. Bila kamu sudah memberikan data diri dengan benar, petugas biasanya akan langsung memproses permohonanmu.

Langkah di atas merupakan langkah yang mudah dan tentu saja cepat. Dalam waktu kurang dari 5 menit saja seharusnya kamu telah sukses melakukan blokir kartu ATM CIMB Niaga yang kamu punya.

Nah, karena langkah-langkah di atas merupakan langkah yang amat mudah tentu saja kami sarankan kamu untuk langsung melakukan pemblokiran sesaat setelah kamu benar-benar menyadari kalau kartu debit CIMB Niagamu hilang.

Alasannya tentu saja terkait dengan keamanan uang yang kamu simpan di dalam rekening CIMB Niaga tersebut. Adapun langkah selanjutnya setelah melakukan pemblokiran adalah membuat surat keterangan kehilangan langsung di polsek tempatmu kehilangan kartu debit CIMB Niaga.

Cara Mengurus Surat Kehilangan Kartu ATM CIMB Niaga di Polisi

surat keterangan hilang polisi

Proses pembuatan surat keterangan kehilangan kartu debit CIMB Niaga merupakan proses yang cukup menyita waktu. Meski demikian proses ini merupakan proses yang harus kalian lakukan, karena biasanya bank akan meminta surat ini untuk membuatkan kartu debitmu yang baru.

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengurus surat keterangan kehilangan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama lengkapilah surat pengantar yang dibuat di keluarahan ataupun desa tempat kamu mengalami kehilangan kartu debit. Apabila proses ini ribet, apalagi kalau lokasi kehilanganmu jauh dari rumah, kami punya tips untuk kamu. Kamu bisa mebuat surat pengantar langsung di kelurahan dan desa tempatmu tinggal, namun kemudian kamu bisa mengaku kepada polisi bahwa kamu mengalami kehilangan kartu debit CIMB Niaga mu di sekitaran rumahmu, mudah ya!
  2. Kemudian kami juga menyarankanmu untuk mencatat barang-barang lain yang juga mengalami kehilangan apabila ada. Langkah ini biasa dilakukan bagi kamu yang mengalami kecopetan atau kecurian tas, dompet, dan tas jinjing kecil yang berisi kartu debit CIMB Niagamu beserta barang-barang lainnya.
  3. Sertakan pula dokumen identitas resmi seperti
    • KTP ataupun passport yang asli bagi warga negara indonesia.
    • KITAP atau KITAS yang asli bila kamu merupakan warga negara asing.
    • Selain itu bawa pula buku tabungan yang memiliki nama pemilik sama dengan dokumen identitas di atas.
  4. Setelah itu kamu bisa langsung datang ke kantor polsek, ambil nomor antrean, dan tunggu lah hingga nomor antreanmu dipanggil oleh petugas loket yang sesuai. Bila sudah kamu bisa langsung datang ke petugas tersebut.
  5. Biasanya sih di loket, petugas akan bertanya beberapa hal yang bertujuan untuk melakukan konfirmasi dan verifikasi data. Kamu tidak akan ditanya hal yang aneh-aneh kok, selama kamu kooperatif dan tidak menunjukkan gelagat-gelagat yang mencurigakan selama proses pembuatan surat keterangan kehilangan ini. Adapun pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh pihak polisi adalah sebagai berikut:
    • Identitas diri yang tentunya akan dicocokkan dengan dokumen identitas yang kamu bawa.
    • Jenis pelaporan yang mencakup pelaporan kehilangan kartu debit CIMB Niagamu.
    • Kronologi kejadian secara lengkap dan rinci.
    • Beberapa pertanyaan tambahan yang mungkin ditanyakan bila petugas masih belum ‘puas’ dengan jawaban yang kamu berikan saat itu.
  6. Setelah menjawab beberapa pertanyaan tersebut, biasanya petugas akan langsung memproses pembuatan surat keterangan kehilangan yang kamu minta. Jangan lupa untuk meminta salinan surat ketrangan kehilangan tesebut sejumlah beberapa lembar. Jangan lupa pula mintalah kepada petugas untuk melegalisir salinan surat tersebut.

Kamu perlu ingat bahwa surat keterangan kehilangan yang kamu buat ini hanya memiliki masa berlaku selama 14 hari saja. Oleh karena itulah kamu seharusnya langsung mendatangi kantor cabang CIMB Niaga untuk membuat kartu debit barumu setelah membuat surat keterangan ini.

Nah, tapi apa yang harus dilakukan di kantor cabang CIMB Niaga untuk membuat kartu debit barumu?

Cara Membuat Kartu ATM CIMB Niaga yang Baru

teller niaga

Proses pembuatan kartu debit CIMB Niaga ini juga penting loh, berhubung kamu telah memblokir kartu lamamu dan tentu saja agar kamu bisa memiliki kartu debit yang baru setelah kehilangan kartumu,

Untuk melakukan penggantian atau pembuatan kartu ATM CIMB Niaga yang baru kamu perlu mempersiapkan beberapa persyaratan dokumen. Beberapa persyaratan dokumen tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bawalah buku rekening CIMB Niaga mu yang masih berlaku saat ini.
  2. Bawa pula kartu identitas yang sah
    • KTP ataupun passport bagi kamu yang merupakan warga negara Indonesia.
    • KITAP ataupun KITAS bagi kamu yang merupakan warga negara asing.
  3. Jangan lupa bawa surat keterangan kehilangan yang telah kamu buat di kantor polisi sebelumnya ya!

Setelah itu kamu bisa langsung mengambil nomor antrean, dan tunggulah hingga nomor antreanmu dipanggil menuju petugas loket yang sesuai.

Bila sudah dipanggil oleh petugas, kamu bisa langsung menyampaikan masalahmu yang kehilangan atau tertelan kartu debitnya, dan tentu saja menyampaikan maksud kedatanganmu untuk membuat kartu debit CIMB Niaga yang baru.

Setelah itu petugas biasanya akan melakukan konfirmasi data dan verifikasi berdasarkan seluruh dokumen yang telah kamu bawa. Bila seluruh data telah terkonfirmasi, maka proses penggantian kartu akan langsung dilakukan oleh petugas tersebut. Umumnya proses ini memakan waktu kurang dari 15 menit saja!

Selesai! Mudah ya!

Tunggu Dulu, ada Hal Lain yang Perlu Kamu Lakukan Bila Kehilangan Kartu Debit CIMB Niagamu

atm cimb niaga

Ketiga langkah di atas barangkali merupakan langkah yang wajib kamu lakukan apabila kamu mengalami kehilangan kartu debit CIMB Niagamu. Tapi selain itu kami punya beberapa tips tambahan yangbarangkali berguna untuk kamu.

Tips pertama adalah kami sarankan kamu untuk tetap tenang apabila mengalami kehilangan kartu debit CIMB Niagamu. Meski terdengar sepele dan terkesan mengada-ngada, tapi tetap tenang dalam situasi ini adalah hal yang penting.

Alasannya adalah karena kamu yang masih berada di sekitar lokasi ATM, dan dalam kondisi terlihat panik akan menjadi sasaran empuk bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab loh. Bisa-bisa kerugian yang kamu dapatkan malah lebih besar dari sekadar kehilangan kartu ATM.

Tips selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur mobile banking yang sudah dimiliki oleh bank CIMB Niaga. Kamu yang sudah memanfaatkan fitur ini, bisa langsung melakukan pemantauan saldo secara kontinyu via m banking CIMB Niaga.

Selain itu apabila memungkinkan, kami sarankan kamu untuk melakukan transfer sejumlah saldo yang ada di dalam rekening CIMB Niagamu ke rekeningmu yang lain dengan alasan kemanan tentu saja.

Semoga sih dengan beberapa tips tambahan ini, setidaknya bisa memberikan rasa tenang kepadamu di tengah-tengah masalah ini. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *