fbpx

Cara Blokir dan Buat Baru ATM Mandiri Termudah 2019

Bank Mandiri saat ini boleh dibilang merupakan salah satu bank milik negara yang terbesar di Indonesia. Dengan 83,5 juta nasabah serta jumlah transaksi yang mencapai 4.143 per menitnya, tentu saja klaim bank terbesar di Indonesia milik Bank Mandiri sulit digoyahkan.

Dengan jumlah transaksi yang mencapai 4.143 kali per menit, tentu saja ada kemungkinan sebagiannya mengalami permasalahan. Mulai dari kegagalan transaksi, hingga yang paling fatal adalah kehilangan kartu debit mandiri pasca transaksi.

Kehilangan kartu debit Mandiri barangkali sudah jadi persoalan sepele bagi para customer service bank Mandiri, mengingat tingginya aktivitas nasabah bank Mereka. Nah tapi barangkali hal ini menjadi hal besar bila kamu sendiri yang mengalaminya bukan?

Kehilangan kartu debit Mandiri bisa jadi salah satu problem “sepele” yang bisa merusak mood kamu seharian. Tapi tenang, karena kami punya cara blokir dan buat ATM Mandiri terbaru yang bisa menyelesaikan masalahmu!

Di dalam artikel ini setidaknya kamu bisa menemukan cara memblokir kartu debit mandiri, cara melapor dan membuat surat keterangan kehilangan dari kepolisian, hingga cara mengganti kartu debit Mandiri yang baru!

Baca Juga Cara Tarik Tunai ATM Mandiri

Cara Blokir Kartu ATM Mandiri

teller bank mandiri

Blokir kartu debit merupakan salah satu langkah penting yang haram hukumnya untuk dilewatkan apabila kamu mengalami kehilangan kartu debit Mandirimu. Akan tetapi sebelum terburu-buru memblokir kartu debit, ada hal yang perlu kami ingatkan.

Sebaiknya kamu tetap tenang, dan carilah kembali dengan lebih teliti kartu ATM Mandiri yang kamu hilangkan tersebut. Karena biasanya sih kehilangan kartu debit macam itu disebabkan karena kelalaian sendiri, misalnya karena terselip di dalam tas yang berantakan?

Hal ini semata-mata hanya untuk memudahkan kamu saja, apalagi bila di hari tersebut kamu membutuhkan kartu tersebut. Memang sih proses pemblokiran hingga penggantian kartu Mandiri tidak membutuhkan waktu lama, tapi setidaknya kamu harus izin kerja seharian untuk mengurus hal ini!

Bila kamu memang sudah yakin bahwa kamu memang kehilangan kartu debit Mandiri yang kamu punya, apalagi kalau memang kamu kehilangan dompet hingga se-tas-tas yang kamu punya. Tentu langkah penting pertama adalah dengan melakukan pemblokiran kartu debit.

Adapun cara yang bisa kamu ikuti untuk melakukan pemblokiran kartu debit Mandirimu adalah sebagai berikut:

  1. Untuk melakukan pemblokiran, saat ini Bank Mandiri telah memiliki nomor call center nya sendiri yakni di nomor 14000. Namun sayangnya nomot 14000 tersebut baru hanya bisa diakses di Surabaya, Jakarta, Bandung, Medan, Bogor, Palembang, DI Yogyakarta, Balikpapan, Denpasar, Banjarmasin, Semarang, hingga Makassar. Adapun kamu yang berdomisili di luar daerah tersebut, kamu bisa langsung saja menghubungi call center bank Mandiri di nomor (021) 5299 7777. Tarif yang akan dikenakan bila kamu menghubungi call center tersebut relatif sama yakni seharga telpon biasa, akan tetapi bila kamu menghubungi nomor 14000 via ponsel, kamu akan dikenakan tarif flat per menit dengan rata-rata biaya Rp 1.200,- hingga Rp 1.800,- per menitnya bergantung dari operator yang kamu pakai.
  2. Sebelum menghubungi pihak call center kamu bisa mempersiapkan beberapa hal di bawah ini terkait verifikasi data yang akan dilakukan kemudian:
    • Siapkanlah data diri lengkap, sesuai dengan KTP yang digunakan ketika pertama kali kamu mendaftarkan tabungan.
    • Siapkan pula nama ibu kandung yang kemungkinan besar akan ditanya oleh petugas customer service
    • Siapkan cerita alias kronologi mengapa kamu bisa sampai kehilangan kartu debit Mandirimu.
    • Terakhir siapkan data tambahan yang mencakup transaksi terakhir yang kamu lakukan menggunakan kartu debit Mandirimu, hingga saldo rata-rata dalam beberapa hari terakhir. Data ini mungkin akan ditanyakan oleh beberapa customer service, yang lagi-lagi memiliki tujuan untuk verifikasi data.
  3. Telponlah nomor di poin 1 dan kemudian pilihlah pilihan untuk berbicara dengan customer service bank Mandiri.
  4. Setelah itu kamu bisa langsung menyampaikan permasalahanmu, biasanya setelah itu kamu akan ditanyai data-data yang ada di poin 2. Kamu tinggal menyampaikan seluruh data yang ditanyakan untuk dilakukan verifikasi.
  5. Apabila proses verifikasi sudah selesai dilakukan, dan permohonan untuk blokir disampaikan, maka petugas customer service secara otomatis akan melakukan pemblokiran kartu debit Mandirimu. Tenang saja, proses ini memakan waktu bahkan kurang dari 5 menit saja kok!

Berhubung langkah di atas adalah langkah-langkah yang mudah, kami benar-benar menyarankan kamu yang merasa kehilangan kartu debit Mandiri untuk langsung melakukan pembokiran kartu tersebut.

Hal ini semata-mata berkaitan dengan keamananmu dan keamanan tabungan yang kamu punya di dalam rekening bank Mandiri. Karena bukan tidak mungkin kalau kartu debitmu hilang dicuri orang untuk digunakan secara tak bertanggung jawab kan?

Setelah pemblokiran selesai, saatnya kamu bersiap-siap untuk membuat surat keterangan hilang dari Polsek dimana kamu mengalami kehilangan.

Cara Mengurus Surat Kehilangan Kartu ATM Mandiri di Polisi

surat keterangan hilang polisi

Membuat surat keterangan hilang di Polsek setempat, meski ribet, tetap saja merupakan bagian penting dari proses penggantian kartu. Karena salah satu syarat pembuatan atau penggantian kartu debit Mandiri yang hilang adalah surat keterangan hilang.

Nah jangan sampai kamu tidak bisa mengganti kartumu yang hilang dengan kartu debit Bank Mandirimu yang baru hanya karena syaratnya kurang lengkap ya. Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian adalah sebagai berikut:

  1. Kamu harus melengkapi salah satu persyaratan dokumen berupa surat pengantar kelurahan atau desa di tempat kamu merasa kehilangan kartu debit Mandirimu. Akan tetapi, bila proses ini cukup ribet, dan kamu memilih untuk pergi ke Polsek dekat rumah maka kamu bisa dengan mudah membuat surat pengantar dari kelurahan atau desa tempat tinggalmu saja. Nanti kamu cukup mengaku bahwa kamu mengalami kehilangan kartu debit Mandiri di sekitar rumahmu deh!
  2. Setelah itu kamu bisa mencatat barang-barang lain yang turut serta hilang bersama kartu debit Mandirimu. Biasanya sih hal ini dilakukan bila yang hilang berupa dompet, tas kecil, atau tas tempatmu menyimpan kartu debit Mandiri bersama barang-barang lainnya.
  3. Sertakan dokumen identitas di bawah ini:
    • Bagi warga negara Indonesia, sertakanlah KTP ataupun passport.
    • Bagi warga negara asing diizinkan untuk menyertakan KITAS ataupun KITAP.
    • Terakhir jangan lupa bawalah buku tabungan Bank Mandiri yang kamu punya, tentunya dengan nama yang sesuai dengan dokumen identitas yang kamu bawa saat itu.
  4. Datanglah ke kantor polisi, ambil antrean, tunggu hingga dipanggil ke loket yang sesuai dengan petugas yang akan membuatkanmu surat keterangan kehilangan. Jangan lupa bersiap-siap karena setelah di loket biasanya petugas akan menanyakan beberapa pertanyaan seperti:
    • Nama lengkap yang harus sesuai dengan identitas diri yang kamu bawa.
    • Alamat tempat tinggal yang juga harus sesuai dengan dokumen identitas diri yang kamu bawa.
    • Jenis pelaporan yakni berupa pelaporan kehilangan kartu debit Mandiri.
    • Kronologi kejadian.
    • Serta beberapa pertanyaan tambahan yang mungkin ditanyakan oleh petugas apabila petugas tersebut merasa jawabanmu belum memuaskan. Tapi pertanyaan tambahan ini cukup jarang kok, selama kamu tenang dan tidak bergelagat mencurigakan pasti tidak akan muncul pertanyaan-pertanyaan tambahan.
  5. Setelah itu petugas yang berwenang akan segera memproses permohonan pembuatan surat kehilangan ini. Jangan lupa mintalah kepada petugas untuk menyertakan beberapa lembar salinan surat keterangan kehilangan yang telah dilegalisir ya.

Setelah membuat surat keterangan kehilangan di kantor polisi, kami sarankan kamu untuk langsung jalan ke kantor cabang Mandiri yang terdekat. Alasannya adalah karena surat yang kamu buat tersebut hanya memiliki masa berlaku 14 hari, jangan ditunda-tunda ya!

Lalu apa yang harus dilakukan di kantor cabang Mandiri terdekat?

Cara Membuat Kartu ATM Mandiri yang Baru

teller bank Mandiri

Berhubung kartu ATM Mandiri lama mu telah kamu blokir, saatnya kamu membuat kartu debit Mandiri yang baru supaya kamu tetap bisa melakukan transaksi. Akan tetapi sebelum jalan ke kantor cabang Mandiri, siapkanlah beberapa hal di bawah ini:

  1. Buku rekening tabungan Mandiri yang masih berlaku saat itu.
  2. Sertakan kartu identitas.
    • Bagi warga negara Indonesia bisa menyertakan KTP dan Pasport.
    • Bagi warga negara asing boleh menyertakan KITAS ataupun KITAP.
  3. Sertakan pula surat keterangan kehilangan yang telah kamu buat di kantor polisi sebelumnya.

Sama seperti langkah sebelumnya, kamu bisa langsung datang ke kantor polisi dan mengambil nomor antrean. Setelah itu kamu bisa menunggu hingga nomor antreanmu dipanggil, dan datanglah ke loket yang sesuai.

Setelah itu sampaikan maksud kedatanganmu, untuk membuat kartu debit ATM Mandiri yang baru, dan kemudian berikanlah seluruh persyaratan dokumen yang telah kamu persiapkan sebelumnya.

Setelah itu petugas biasanya akan melakukan konfirmasi serta verifikasi data, dan bila sudah selesai petugas akan langsung melakukan proses pembuatan kartu yang baru deh. Biasanya sih proses ini memakan waktu sekitar 15 menitan saja kok!

Tips Lain Bila Kehilangan Kartu Debit Mandirimu

Tentu saja pemblokiran, pelaporan dan pembuatan surat keterangan kehilangan di Kepolisian, hingga penggantian kartu debit Mandiri yang baru merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan. Tapi ada beberapa tips tambahan yang mungkin berguna bagi kamu!

Tips pertama, apabila kamu merasa kehilangan kartu debit Mandirimu adalah tetap tenang dan (setidaknya) jangan terlihat panik. Karena kamu yang tampak panik, apalagi di sekitaran ATM, bisa menjadi sasaran empuk bagi para pelaku kejahatan.

Selain itu berhubung bank Mandiri sudah memiliki fitur mobile banking, maka kami sarankan kamu untuk memanfaatkannya dengan baik. Dalam situasi kehilangan seperti saat ini, kamu bisa memantau terus saldo yang ada di dalam rekening Mandirimu!

Terakhir apabila memungkinkan kamu bisa langsung memindahkan seluruh saldo yang ada di dalam rekening Bank Mandiri yang kamu punya, ke rekening lain yang kamu punya. Tujuannya tentu saja agar uangmu menjadi lebih aman.

Lagipula dengan memindahkan saldo seperti itu, biasanya kamu yang tadinya panik akan menjadi jauh lebih tenang loh.

Hanya saja perlu diingat, bahwa bank Mandiri pun memiliki batasan nilai transfer yang bisa dilakukan dalam satu hari bergantung dari jenis kartu debit yang kamu gunakan. Tapi setidaknya pindahkanlah uang yang mungkin kamu pindahkan demi alasan keamanan!

Semoga artikel ini bermanfaat, dan berhati-hatilah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *