fbpx

Cara Buat dan Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba

Di masa sekarang, mencari pekerjaan boleh dibilang merupakan hal yang “susah susah gampang”. Susah seiring dengan meningkatnya angkatan kerja yang tidak dibarengi dengan terbukanya lapangan kerja.

Namun dikatakan gampang karena seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak jenis pekerjaan yang dibuka. Apalagi pekerjaan yang erat kaitannya dengan teknologi informasi.

Meski demikian, apapun jenis pekerjaan yang Anda cari seluruhnya pasti memiliki persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut bisa jadi persyaratan identitas hingga persyaratan dokumen yang harus dibawa.

Salah satu persyaratan dokumen yang seringkali menjadi hambatan bagi banyak para pelamar kerja adalah surat keterangan bebas narkoba (SKBN). Banyak orang yang tidak paham dan bahkan tidak mengetahui cara buat dan contoh surat keterangan bebas narkoba ini.

Tapi jangan sampai Anda menjadi salah satunya, yuk cari tahu cara buat dan contoh surat keterangan bebas narkoba yang paling mudah!

Mengapa Surat Keterangan Bebas Narkoba Wajib Dibuat?

Meski prosesnya rumit, ternyata SKBN wajib dibuat loh berdasarkan peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.02/Men/1980 Tahun 1980 tentang Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Kerja dalam Penyelenggaraan Keselamatan Kerja.

Di dalamnya dikatakan bahwa setiap perusahaan wajib secara aktif melakukan upaya pencegahan serta penanggulangan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika, serta zat adiktif lainnya di tempat kerja.

Oleh karena itulah kemudian setiap perusahaan tentu memiliki hak untuk mempersyaratkan pemeriksaan narkoba bagi para calon karyawannya.

Jadi jangan bingung lagi ya bila Anda terus-terusan diminta membuat surat keterangan bebas narkoba setiap melamar kerja! (kecuali anda tidak bisa dapat surat bebas narkoba, cek 5 pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan darimanapun)

Persyaratan Pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba

Sebagaimana pengurusan dokumen-dokumen resmi lainnya, tentu saja ada beberapa hal yang harus Anda siapkan. Pertama-tama ada persyaratan dokumen yang harus Anda lengkapi, berkas-berkas tersebut adalah:

  1. Pas foto dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Berwarna sesuai dengan tahun kelahiran (genap = biru), (ganjil = merah).
    2. Jumlah 3 lembar.
    3. Ukuran 4 cm x 6 cm.
  2. Fotokopi E-KTP sejumlah 3 lembar, beserta E-KTP yang asli.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga sejumlah 3 lembar, beserta yang asli.

Cara Buat Surat Keterangan Bebas Narkoba

Untuk bisa membuat SKBN, Anda bisa langsung datang ke rumah sakit terdekat dengan rumah Anda. Selain itu Anda juga bisa membuatnya di klinik ataupun puskesmas yang terdekat dengan rumah Anda, selama mereka memberikan layanan SKBN.

Di rumah sakit – Meski demikian Anda tetap harus memeriksa tujuan pembuatan SKBN ini. Biasanya SKBN diperlukan sebagai persyaratan lamaran kerja, dan bisa saja beberapa pemberi kerja mensyaratkan agar SKBN yang dikeluarkan harus dari rumah sakit tertentu.

Setelah itu Anda bisa langsung mendaftarkan diri dengan menyerahkan berkas identitas yang Anda punya di rumah sakit tersebut. Setelah data terinput Anda bisa langsung menyampaikan maksud Anda di front office bahwa Anda ingin melakukan pemeriksaan narkoba.

Ikuti arahan pihak front office, di beberapa rumah sakit pemeriksaan ini dilakukan di bawah departemen psikiatri namun ada pula yang melakukan pemeriksaan ini di bawah departemen Forensik. Oleh karena itu ikutilah instruksi front office dengan benar.

Setelah sampai di lokasi yang dituju, Anda biasanya akan diberikan tabung dengan tutup berwarna kuning. Tabung tersebut digunakan untuk Anda menampung air seni, dan sesuai fungsinya tampunglah air seni Anda di dalam tabung tersebut.

Setelah itu air seni yang Anda tampung akan diperiksa oleh dokter menggunakan alat rapid test, bentuknya mirip seperti alat yang digunakan untuk pemeriksaan kehamilan. Untuk saat ini rata-rata pemeriksaan narkoba menyediakan 6 indikator yang mencakup:

  1. Pemeriksaan Amphetamin (AMP)
  2. Pemeriksaan Benzodiazephine (BZO)
  3. Pemeriksaan Cocaine (COC)
  4. Pemeriksaan Metamphetamine (MET)
  5. Pemeriksaan Morphin (MOP)
  6. Pemeriksaan Marijuana (THC)

Sama seperti pemeriksaan kehamilan, di alat tersebut terdapat strip garis yang bila positif berjumlah dua garis, sementara bila hasilnya negatif strip yang muncul hanya berjumlah satu buah garis saja.

Setelah itu dokter akan membuatkan surat keterangan apakah kamu bebas dari seluruh narkoba tersebut, atau malah dinyatakan sebagai pengguna narkoba berdasarkan pemeriksaan 6 jenis narkoba di atas.

Untuk biaya pemeriksaan ini Anda bisa dikenai antara Rp100.000,- hingga Rp500.000,- tergantung dengan rumah sakit atau klinik yang Anda tuju. Saran kami sih buatlah di tempat yang sekiranya memiliki harga terjangkau, karena toh peralatan yang digunakan sama saja.

Anda bisa menggunakan surat ini untuk keperluan melamar kerja dan yang lainnya, namun Anda juga bisa membawa surat ini ke kantor polisi untuk kemudian difotokopi dan dilegalisir apabila memang dipersyaratkan oleh pemberi kerja.

Di kantor polisi – Kemudian, boleh di hari yang sama ataupun di hari yang berbeda, bawalah surat tersebut ke kantor polisi terdekat dengan rumah Anda. Serahkan persyaratan berkas yang telah kami jelaskan langsung kepada petugas sambil menyampaikan maksudmu membuat SKBN.

Jangan lupa untuk menyerahkan hasil pemeriksaan yang dibuat oleh dokter di rumah sakit sebagai salah satu persyaratan tambahan. Tunggu beberapa saat hingga proses pembuatan SKBN dilakukan.

Setelah SKBN selesai dibuat Anda bisa langsung mem-fotokopi surat tersebut dengan tujuan melegalisir fotokopiannya. Sehingga bila di kemudian hari Anda membutuhkan SKBN kamu tidak perlu lagi membuat yang baru.

Nah perlu diingat bahwa proses pembuatan SKBN di kantor polisi ini tidak memakan biaya sepeserpun loh. Jadi jangan sampai Anda melakukan praktik suap ya hanya demi keluarnya SKBN tersebut.

Selain di rumah sakti dan kantor polisi, Anda juga bisa membuat surat keterangan bebas narkoba di laboratorium swasta seperti Prodia ataupun Cito. Hanya saja tarif pemeriksaan di lab swasta pada umumnya lebih mahal daripada di RS Daerah ataupun di Rumah Sakit Polri.

Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba

Adapun di bawah ini adalah beberapa contoh surat keterangan bebas narkoba yang bisa didapatkan baik di klinik, kepolisian, ataupun di laboratorium.

SKBN polisi

SKBN RSUD

SKBN BNN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *