fbpx

Cara Buat dan Contoh Surat Keterangan Belum Menikah

Sebagai warga negara Indonesia yang sudah tinggal dan menetap lama di Indonesia, kamu pasti memahami salah satu ciri khas negara Indonesia merupakan birokrasinya yang boleh dibilang cukup panjang.

Meski demikian boleh dikatakan birokrasi di pemerintahan Indonesia saat ini sudah cukup baik loh, dan banyak keperluan pengurusan surat yang dahulunya dilakukan dalam waktu lama bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

Salah satunya adalah cara buat dan contoh surat keterangan belum menikah. Di era reformasi birokrasi seperti saat ini, pembuatan surat keterangan belum meikah amatlah mudah. Yuk perhatikan cara-caranya!

Apa itu Surat Keterangan Belum Menikah?

Surat keterangan belum menikah, sesuai dengan namanya merupakan surat resmi yang dikeluarkan dan diresmikan oleh pejabat kelurahan yang menerangkan bahwa pembuatnya merupakan orang lajang, yang belum menikah.

Perlu dibedakan bahwa surat keterangan belum menikah merupakan surat yang berbeda dengan surat keterangan sanggup tidak menikah. Dimana surat keterangan sanggup tidak menikah menjelaskan bahwa si pembuat surat berjanji untuk tidak menikah selama jangka waktu tertentu.

Biasanya kedua surat ini dibuat dalam rangka melamar pekerjaan, terutama surat keterangan sanggup tidak menikah. Namun surat keterangan belum menikah umumnya memiliki tujuan yang lebih luas, misalnya dalam perjanjian tertentu atau sebagai salah satu persyaratan pembuatan buku / akte nikah di KUA.

Selain itu perlu diingat pada awalnya pembuatan surat keterangan belum menikah bisa dilakukan di disdukcapil. Namun saat ini secara luas sudah diberlakukan dimana kamu bisa membuat surat keterangan belum menikah di Kelurahan.

Dengan catatan kamu pertama-tama harus mendatangi ketua RT di domisili tempat tinggalmu, kemudian mendatangi ketua RW, dan barulah terakhir kamu bisa langsung mendatangi kantor lurah di tempat tinggalmu.

Cara Buat Surat Keterangan Belum Menikah

Sebagai salah satu surat yang biasanya dibuat untuk melengkapi berbagai macam keperluan, terutama terkait masalah kependudukan. Ada baiknya kamu mengetahui bagaimana cara buat surat keterangan belom menikah.

Untuk bisa mendapatkan surat keterangan belum menikah, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Persiapkanlah persyaratan dokumen di bawah ini:
    • Kartu Keluarga yang asli beserta fotokopinya sejumlah 5 buah untuk berjaga-jaga.
    • KTP milikmu yang asli serta fotokopinya sejumlah 5 buah untuk berjaga-jaga.
    • Fotokopi KTP milik kedua orang tuamu sejumlah 5 buah untuk berjaga-jaga.
  2. Datang ke ketua RT tempatmu tinggal dan sampaikan maksudmu untuk membuat surat keterangan belum menikah. Berikanlah persyaratan yang diminta oleh ketua RT.
  3. Setelah itu kamu akan diberikan formulir kosong dari pihak RT, isilah formulir tersebut sesuai dengan data yang ada di KK dan KTP yang kamu berikan.
  4. Bila sudah berikan kepada ketua RT untuk kembali di tandatangan.
  5. Setelah itu kamu bisa langsung mendatangi ketua RW di rumahmu, untuk meminta tandatangan di formuilr yang telah kamu isi sebelumnya.
  6. Setelah itu kamu bisa langsung datang ke Kelurahan dan langsung serahkan seluruh berkas yang telah kamu siapkan tersebut kepada petugas loket.
  7. Biasanya sih petugas loket akan langsung membuatkan surat keterangan belum menikah yang kamu minta, sesuai dengan peruntukannya.
    • Untuk proses yang satu ini amat bergantung dari reformasi birokrasi dari kelurahan tempatmu tinggal.
    • Penulis sendiri pernah mengurus surat semacam ini, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja di kantor kelurahan.
    • Jangan lupa, jangan pernah memberikan uang apapun kepada petugas yang sedang bertugas. Karena bila iya tentu artinya kamu mendukung praktik korup yang ada di negara kita, bahaya!
  8. Selesai!

Setelah itu kamu bisa langsung mengambil surat keterangan belum menikah yang diminta, dan biasanya di dalamnya tertera peruntukannya. Misalnya kamu yang ingin melamar kerja, biasanya oleh pihak kelurahan akan ditambahkan keterangan “untuk melamar kerja” di dalam surat tersebut.

Setelah itu jangan lupa mem-fotokopi surat keterangan tersebut. Untuk berjaga-jaga kamu bisa langsung membuat fotokopinya sejumlah 3-5 buah, dan jangan lupa minta kembali tanda tangan pihak kelurahan sebagai bukti legalisir surat.

Oiya proses fotokopi ini penting loh, karena biasanya surat ini akan dipakai lebih dari satu kali. Bila kamu lupa memfotokopi surat ini, kamu harus mengulang pembuatannya dari awal. Kalau jarak lurahnya jauh kan melelahkan, jangan sampai seperti ini ya!

Contoh Surat Keterangan Belum Menikah

Pada dasarnya tidak ada format baku yang mengatur contoh surat keterangan belum menikah yang ada. Apalagi peruntukan dari surat keterangan belum menikah amat banyak dan cenderung tidak ada aturan yang baku.

Tapi setidaknya surat keterangan belum menikah merupakan surat resmi yang membutuhkan pengesahan. Nah dari sanalah kemudian memang ada format “tidak baku” yang perlu kamu perhatikan ketika membuat surat keterangan belum menikah.

Adapun format surat keterangan belum menikah yang lazim ditemukan adalah sebagai berikut:

  1. Terdapat kop surat dari kelurahan.
  2. Terdapat nomor surat resmi dari kelurahan tempatmu membuat surat.
  3. Terdapat keterangan bahwa Lurah dari wilayah kecamatan dan kabupaten domisilimu tinggal memberikan keterangan.
  4. Identitasmu, lengkap dengan NIK. Khusus untuk yang satu ini terkadang menyesuaikan dengan peruntukan surat keterangan yang dibuat.
  5. Keterangan peruntukan surat yang dibuat.
  6. Tanggal surat, beserta nama lurah, tanda tangan, dan NIP lurah yang mengesahkan suratmu.

Kira-kira begitulah format surat yang seharusnya kamu terima. Silahkan periksa surat keterangan belum menikah yang telah kamu terima dan semoga telah sesuai dengan format yang sudah ada ini ya.

Adapun contoh surat keterangan belum menikah yang bisa kamu buat, adalah sebagai berikut:

surat keterangan belum menikah


surat keterangan belum menikah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *