Cara Buat dan Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Pernah dengar surat keterangan penghasilan? Surat keterangan penghasilan merupakan salah satu surat keterangan yang bersifat formal dan dibuat dengan tujuan (sebagaimana namanya) untuk menunjukkan penghasilan si pemilik surat.

Anda yang masih sekolah dan belum bekerja barangkali tidak cukup familiar dengan surat keterangan penghasilan ini. Akan tetapi percayalah di kemudian hari Anda pasti akan banyak berurusan dengan surat keterangan ini.

Meski terbilang sederhana, tetap saja ada beberapa aturan tidak baku yang perlu Anda ikuti ketika Anda ingin membuat surat keterangan penghasilan. Nah supaya Anda tidak bingung, lebih baik Anda langsung simak saja cara buat dan contoh surat keterangan penghasilan berikut ini!

Apa itu Surat Keterangan Penghasilan?

Surat keterangan penghasilan merupakan salah satu surat keterangan resmi yang didalamnya menerangkan secara detil mengenai jumlah gaji dan komponen penyusun gaji dari seorang karyawan.

Bagi Anda yang bekerja di perusahaan, surat keterangan penghasilan umumnya dibuat oleh perusahaan dan dalam hal ini oleh sekretaris perusahaan. Oleh karena itulah tidak ada cara baku dalam pembuatan surat ini, dan tiap perusahaan mungkin memiliki formatnya sendiri-sendiri.

Meski demikian setidaknya di dalam surat keterangan penghasilan haruslah tercantum beberapa komponen dibawah ini:

  1. Kop perusahaan, lengkap dengan logo dan alamat perusahaan.
  2. Nama surat
  3. Nomor surat sesuai dengan nomor surat perusahaan.
  4. Nama yang menerangkan (biasanya pihak HRD) lengkap dengan jabatannya.
  5. Nama yang diterangkan, merupakan orang yang penghasilannya diterangkan melalui surat tersebut.
  6. Komponen gaji yang diterima secara lengkap.
  7. Peruntukan surat keterangan penghasilan.
  8. Tanggal surat.
  9. Tanda tangan manager HRD, atau pejabat yang terkait di perusahaan tersebut.

Dengan tercantumnya kesembilan komponen tersebut, maka dapat dipastikan bahwa surat keterangan penghasilan yang dibuatkan oleh perusahaan untuk Anda adalah sah dan bisa digunakan untuk kepentingan tertentu.

Tujuan Pembuatan Surat Keterangan Penghasilan

Meski tidak selalu, ada beberapa alasan Anda membutuhkan surat keterangan penghasilan. Berikut ini adalah beberapa tujuan pembuatan surat keterangan penghasilan.

Melamar pekerjaan – untuk melamar pekerjaan tertentu biasanya ada beberapa perusahaan yang meminta persyaratan surat keterangan penghasilan. Hal ini tentu saja sebagai cara bagi para atasan untuk merevie rekam jejak karir Anda.

Selain itu dengan adanya surat keterangan penghasilan yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda sebelumnya, calon perusahaan baru yang akan merekrut Anda tentu saja bisa menentukan kemungkinan gaji Anda di perusahaan tersebut.

Mendaftar beasiswa – salah satu persyaratan khusus bagi Anda para profesional yang ingin melanjutkan pendidikan dengan beasiswa adalah dengan membuat surat keterangan penghasilan.

Ingat ya, kata kuncinya adalah beasiswa jalur profesional. Beasiswa semacam ini bisa Anda dapatkan dimana saja, mulai dari pihak pemerintah hingga berbagai macam institusi swasta yang memang rata-rata mempersyaratkan surat keterangan penghasilan.

Khusus untuk pendaftaran beasiswa dengan jalur profesional ini, selain surat keterangan penghasilan Anda biasanya akan diminta untuk membuat surat rekomendasi langsung dari atasan pelamar.

Pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan – nah bagi Anda yang telah menggunakan layanan BPJS Ketenagakerjaan, Anda harus tahu loh cara membuat surat keterangan penghasilan ini. Selain itu Anda juga harus paham bahwa pencairan dana JHT bisa dilakukan walaupun Anda masih berstatus pekerja aktif.

Bukan berarti Anda harus menunggu usia pensiun loh untuk melakukan pencairan ini. Nah dengan surat keterangan penghasilan Anda diizinkan untuk mencairkan dana JHT BPJS sejumlah maksimal 30% dengan beberapa ketentuan khusus ya.

Membuat Visa – selain beasiswa profesional, surat keterangan penghasilan biasanya juga diminta sebagai salah satu persyaratan pembuatan visa. Apalagi bila tujuannya adalah negara-negara maju.

Hal ini ditujukan agar para pelancong yang ingin bepergian ke negara mereka dipastikan memiliki uang serta tabungan yang bisa mencukupi hidup mereka selama berada di luar negeri. Selain itu tentu saja negara-negara tujuan tersebut tidak ingin menyimpan masalah warga yang tak mampu balik ke negara asalnya bukan?

Cara Buat dan Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Untuk bisa membuat surat keterangan penghasilan, Anda bisa melakukannya dengan permohonan langsung baik ke atasan langsung di perusahaan ataupun ke sekretaris umum perusahaan tempat Anda bekerja.

Nah bagi Anda yang merupakan seorang wiraswasta, Anda bisa langsung membuat surat keterangan penghasilan dengan format yang serupa surat keterangan penghasilan karyawan, namun dengan tanda tangan dari pihak kelurahan.

Untuk cara yang satu ini, lagi-lagi tidak ada petunjuk baku yang bisa digunakan sebagai panduan surat keterangan penghasilan. Nah tapi setidaknya kami akan coba memberikan beberapa contoh surat keterangan penghasilan yang bisa Anda tiru sendiri ya, terutama bagi Anda yang merupakan seorang wiraswasta.

Berikut ini adalah beberapa contoh surat keterangan penghasilan yang bisa ditiru, tentunya dengan beberapa perubahan dan penyesuaian ya!

surat keterangan penghasilan


surat keterangan penghasilan orang tua


surat keterangan penghasilan 2

Itulah dia contoh surat keterangan penghasilan yang bisa Anda tiru. Baik Anda bekerja sebagai PNS, driver grabbike, programmer, agen pulsa, barista, atau lainnya, penghasilan Anda perlu dicantumkan sebagai warga negara yang taat dan baik. Tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *