fbpx

Cara Buat dan Contoh Surat Keterangan Sehat

Dalam melamar pekerjaan, di bidang apapun, kamu pasti akan diminta untuk melengkapi berbagai macam persyaratan. Salah satu persyaratan yang wajib kamu lengkapi adalah persyaratan dokumen yang susah susah gampang.

Beberapa persyaratan yang relatif mudah untuk diberikan misalnya CV, hingga ijazah terakhir calon pelamar kerja. Sementara itu ada beberapa persyaratan dokumen yang seringkali menjadi momok bagi para pelamar.

Persyaratan tersebut misalnya adalah surat keterangan bebas narkoba, hingga surat keterangan sehat. Dianggap sulit karena tentu untuk memperoleh surat-surat ini kamu harus mengurusnya kepada pihak yang berwenang, dalam hal ini seorang dokter.

Padahal cara buat dan contoh surat keterangan sehat sebenarnya tidak sesulit itu loh. Daripada berlama-lama mending lanjut baca yuk!

Lihat: Cara Buat dan Contoh Surat Keterangan Lulus

Apa itu Surat Keterangan Sehat?

Surat keterangan sehat merupakan surat keterangan yang secara khusus dikeluarkan oleh dokter yang memiliki izin praktik tentang kondisi kesehatan dari orang yang bersangkutan, dalam hal ini sehat atau tidak.

Kemudian bila mengacu kepada Bab I Pasal 7 Kode Etik Kedokteran Indonesia (KODEKI), setiap dokter yang ingin mengeluarkan surat keterangan sehat maka wajib melakukan pemeriksaan sendiri atas keterangan yang akan diberikan.

Nah jadi sebisa mungkin lakukanlah dengan jujur ya apabila ingin membuat surat keterangan sehat kepada seorang dokter. Jangan hanya meminta formulir keterangan sehat untuk ditandatangani, tanpa diperiksa.

Di satu sisi, seringkali ada pasien yang memaksa dokter untuk membuat surat keterangan sehat sesuai dengan kehendaknya. Dengan tujuan supaya bisa diterima kerja, atau dalam beberapa konteks agar bisa membuat asuransi atau menabung di bank tertentu.

Biasanya pasien-pasien yang seperti ini akan ditolak oleh sang dokter, alasannya tentu saja demi keamanan dokter tersebut di mata hukum. Karena bila mengacu kepada KUHP, setiap surat keterangan palsu wajib dipertanggungjawabkan di pengadilan, dan diancam hukuman penjara.

Belum lagi ancaman pencabutan izin praktik yang bisa dilakukan oleh Majelis Etik Kedokteran. Oleh karena itulah banyak dokter yang tidak berkenan mengeluarkan surat keterangan sehat secara sembarangan. Nah sebagai pasien, pahamilah hal ini dan jangan marah bila isi surat keterangan sehatmu tidak sesuai ekspektasimu.

Berapa Lama Masa Berlaku Surat Keterangan Sehat?

Pada dasarnya tidak ada aturan khusus dan baku yang mengatur mengenai lamanya surat keterangan sehat berlaku. Apalagi keperluan dari surat keterangan sehat boleh dikatakan amat bervariasi.

Bagi orang-orang yang ingin melamar pekerjaan misalnya, sudah tentu surat keterangan sehat berlaku secara lebih lama dimana perusahaan umumnya ingin melakukan skrining terhadap penyakit para calon karyawannya. Sehingga dimungkinkan menggunakannya dalam jangka waktu 1-2 minggu sejak terbitnya surat tersebut.

Berbeda lagi misalnya bila surat keterangan sehat ingin digunakan untuk aktivitas fisik tertentu, katakanlah marathon dan pihak penyelenggara membutuhkan surat keterangan sehat. Sudah tentu surat keterangan sehat dalam kasus ini berlaku hanya dalam waktu 1-3 hari saja.

Lebih dari itu tentu saja pihak pantia berhak menolak surat keterangan sehat yang kamu berikan. Meski demikian tetap saja kembali ke aturan utama, dimana tidak ada aturan baku yang tertulis menjelaskan mengenai masa berlaku surat keterangan sehat di Indonesia.

Cara Buat Surat Keterangan Sehat

Bila sudah memahami dasar dan seluk beluk surat keterangan sehat, saatnya kita membahas cara buat surat keterangan sehat.

Untuk bisa membuat surat keterangan sehat, kamu perlu mendatangi dokter-dokter umum yang terdekat dengan tempat tinggalmu. Kamu bisa langsung mendatangi praktik pribadi dokter umum, klinik dokter umum, puskesmas, dan bahkan RS yang terdekat dengan rumahmu.

Seluruhnya, selama memiliki dokter yang berizin praktik, tentu saja diizinkan oleh undang-undang untuk membuat surat keterangan sehat. Selain itu surat keterangan sehat ini pun boleh dibuat sesuai dengan peruntukannya. Yuk bahas satu persatu!

Berikut ini adalah cara buat surat keterangan sehat di Rumah Sakit:

  1. Datanglah ke rumah sakit terdekat dengan rumahmu, saran kami sih datang saja ke RSUD karena umumnya biaya yang diminta akan lebih murah.
  2. Kemudian pergilah ke bagian customer service dan sampaikan maksudmu untuk membuat surat keterangan sehat. Nantinya kamu akan diarahkan ke divisi yang membuat surat keterangan sehat.
  3. Kemudian daftar sebagai pasien di rumah sakit tersebut. Bila belum pernah ke sana sebelumnya, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai pasien baru. Bila sudah, kamu cukup memberikan nama dan tanggal lahirmu untuk kemudian diverifikasi.
  4. Setelah itu datang ke bagian yang membuat surat keterangan sehat, sampaikanlah maksudmu untuk membuat surat keterangan sehat.
  5. Setelah itu kamu akan diarahkan ke bagian umum yang akan mengecek tekanan darah (tensi), tinggi badan, serta berat badanmu.
  6. Kemudian nantinya akan ada pula dokter yang bertanya mengenai kondisi kesehatanmu secara umum.
  7. Bila dinyatakan sehat, surat sehatmu akan keluar lengkap dengan tanda tangan dari dokter pemeriksa.

Sementara itu bagi kamu yang ingin membuat surat keterangan sehat di klinik swasta, puskesmas, ataupun tempat praktik pribadi dokter, ini dia caranya:

  1. Datang langsung ke tempat praktik dokter ataupun puskesmas yang paling dekat dengan rumahmu.
  2. Ambil nomor antrean di lokasi praktik.
  3. Setelah sampai kepada giliranmu, kamu bisa langsung memasuki ruang praktik dokter umum tersebut.
  4. Di dalam sana, sampaikanlah maksudmu untuk membuat surat keterangan sehat.
  5. Setelah itu dokter akan menanyakan riwayat kesehatanmu secara umum, berikanlah keterangan mengenai riwayat kesehatan ini secara jujur.
  6. Bila sudah, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan tensi darah dan pemeriksaan fisik secara singkat. Nah yang sedikit berbeda untuk surat keterangan sehat ini, biasanya kamu akan diminta untuk mengukur berat badan serta tinggi badan.
  7. Bila memang berada dalam kondisi yang sehat, dokter akan langsung menuliskannya di dalam surat keterangan sehat.
  8. Selesai! Jangan lupa bayarlah biaya pembuatan surat keterangan sehat tersebut, nominalnya sih bervariasi mulai dari Rp 5.000,- hingga Rp 50.000,- tergantung dari tempatmu membuat surat keterangan sehat.

Pada dasarnya sih prosesnya akan sama, seputar pertanyaan singkat mengenai riwayat kesehatan disertai pemeriksaan fisik yang bisa menggambarkan kondisi kesehatanmu secara umum.

Mudah bukan? Dimanapun tempatnya, prosesnya pasti akan “gitu gitu aja”. Yang perlu dipastikan adalah bahwa kamu memberikan keterangan dengan jujur, dan tentu saja di dalam surat keterangan sehat tersebut sudah tercantum cap institusi dan tanda tangan dokter yang bersangkutan.

Contoh Surat Keterangan Sehat

Bila sudah paham mengenai apa itu surat keterangan sehat, serta cara pembuatannya, saatnya kamu melihat beberapa contoh surat keterangan sehat yang bisa didapatkan.

Namun perlu diingat, karena surat keterangan sehat merupakan surat yang berisi keterangan medis seseorang, maka kami menghapus/menghitamkan beberapa informasi sensitif yang mungkin terkandung dalam beberapa contoh di bawah ini.

Surat Keterangan Sehat


Surat Keterangan Sehat


Surat Keterangan Sehat


Surat Keterangan Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *