fbpx

Cara Buat dan Contoh Surat Pengalaman Kerja

Bagi kamu yang telah bekerja dan ingin melamar di kantor baru, kamu pasti tidak asing dengan surat pengalaman kerja. Surat pengalaman kerja boleh dibilang merupakan surat sakti yang bisa membantumu nantinya ketika melamar kerja.

Nah tapi seringkali banyak juga para pekerja yang tidak tahu caranya membuat surat pengalaman kerja, kendati sifatnya yang penting. Berikut ini cara buat dan contoh surat pengalaman kerja yang bermanfaat buat kamu!

Apa itu Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja atau surat keterangan kerja merupakan surat pernyataan yang berkaitan dengan berakhirnya hubungan kerja seorang karyawan yang memuat keterangan berupa:

  1. Sifat pekerjaan yang dilakukan misalnya jobdesc dan seputar pekerjaan dari karyawannya tersebut.
  2. Lamanya hubungan kerja antara perusahaan dan karyawan tersebut berlangsung.
  3. Bagaimana karyawan melakukan segala pekerjaannya, mencakup perilaku hingga sikap dan integritas terhadap pekerjaannya.
  4. Penyebab terjadinya pengakhiran hubungan kerja antara pemberi kerja dan karyawan.

Karena saat ini sudah tidak di atur secara gamblang, maka surat pengalaman kerja seharusnya sudah diperjanjikan di awal ketika bekerja. Sehingga ketika terjadi PHK kamu memiliki hak untuk meminta surat pengalaman kerja.

Surat pengalaman kerja sifatnya berbeda dengan surat pemutusan hubungan kerja. Surat PHK sifatnya wajib diberikan oleh setiap pengusaha yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada para karyawannya.

Kamu yang PHK dengan empat alasan di bawah ini, berhak menerima surat PHK:

  1. Hubungan kerja yang diputus demi hukum.
  2. Hubungan kerja yang diputus oleh pihak pekerja.
  3. Hubungan kerja yang diputus oleh pihak pemberi kerjab.
  4. Hubungan kerja yang diputus pengadilan.

Selama permohonan diri dibuat maksimal 30 hari sebelum tanggal pengunduran diri, tidak terikat di dalam ikatan dinas, serta selama karyawan yang bersangkutan tetap melaksanakan kewajibannya hingga tanggal pengunduran diri.

Cara Buat Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja bisa kamu minta kepada pihak yang terkait, dalam hal ini umumnya bisa diminta kepada pihak HRD untuk kemudian dibuatkan oleh sekretaris perusahaan sehingga bisa mendapatkan tanda tangan dari petinggi perusahaan.

Kamu harus mendapatkannya dengan cara yang resmi dan benar, sehingga surat pengalaman kerja ini tetap bersifat otentik dan bisa digunakan untuk mengurus berbagai macam keperluan nantinya.

Selain itu saran kami jagalah selalu hubungan baik antara kamu dengan pemberi kerja, karena memang dalam pemberian surat pengalaman kerja pihak pengusaha atau pemberi kerja boleh menolak memberikannya dengan alasan tertentu.

Meski demikian ketika terjadi penolakan pembuatan surat pengalaman kerja oleh perusahaan, kamu sebagai karyawan tetap memiliki hak untuk menggugat perusahaan ke Pengadilan Perdata setingkat Pengadilan Negeri di tempatmu.

Sayangnya bila kamu harus mengakhiri hubungan kerja dengan seburuk ini, tentu saja akan merepotkan kamu sendiri nantinya. Selain repot dan mahal harus menggugat sana sini, tentu calon perusahaanmu yang baru akan ragu untuk menerima pekerja yang pernah menggugat perusahaannya sendiri.

Mengapa Harus Membuat Surat Pengalaman Kerja?

Surat pengalaman kerja, atau yang seringkali disebut sebagai surat referensi merupakan salah satu surat  keterangan yang bisa jadi bermanfaat, terutama ketika kamu sudah bekerja dan ingin melamar di perusahaan yang baru.

Menunjukkan kinerja pegawai – manfaat paling penting yang bisa kamu dapatkan ketika membuat surat keterangan kerja adalah agar kamu bisa menunjukkan kinerjamu selama di perusahaan yang lama.

Tentu saja harapannya adalah kinerja baik dan perilaku kerjamu yang positif bisa tergambarkan di dalam surat keterangan ini.

Selain itu biasanya bila kamu memang pekerja yang penting, dan perusahaan bersedia memberikan surat ini maka artinya kamu memang dianggap sebagai aset terbaik perusahaan dan harus mengalami PHK karena beberapa hal.

Perlu digarisbawahi dimana surat keterangan kerja wajib diberikan oleh setiap perusahaan apabila PHK yang terjadi merupakan kesepakatan antara pemberi kerja dan kamu sebagai karyawan mereka.

Bentuk apresiasi perusahaan – karena surat keterangan kerja ini merupakan hal yang bernilai positif, tentu saja seharusnya di dalam surat keterangan kerja ini tercantum banyak hal positif mengenai dirimu.

Nah dengan adanya surat ini artinya perusahaan telah mengapresiasi segala kinerjamu selama kamu bekerja di perusahaan tersebut. Karena perusahaan tidak memiliki alasan apapun untuk tidak mengeluarkan surat keterangan kerja ini apabila kinerjamu memang baik.

Intinya sih jarang sekali, atau malah nyaris tidak ada, perusahaan yang mengeluarkan surat pengalaman kerja apabila pegawai yang bersangkutan tidak memiliki kinerja yang baik, attitude yang buruk, dan segudang perilaku negatif lainnya.

Bukti pengalaman kerja yang sah – ketika kamu melamar ke perusahaan yang baru, CV memang bisa dijadikan sebagai salah satu acuan bagi pihak HRD untuk menilai pengalaman kerja dan portfoliomu.

Akan tetapi, karena CV dibuat oleh karyawan yang bersangkutan itu sendiri terkadang nilai keasliannya menjadi diragukan. Mungkin tidak dipalsukan, tapi para HRD pasti sering menemukan CV yang terkesan berlebihan.

Disinilah surat pengalaman kerja menjadi bermanfaat, bila isinya memang sesuai dengan CV yang kamu kirimkan tentu saja nilai dirimu akan menjadi lebih baik lagi. Selain kinerja yang baik, maka pihak HRD akan menganggapmu sebagai karyawan yang jujur dan tidak melebih-lebihkan prestasimu.

Pencairan Jaminan Hari Tua – sebagai salah satu surat resmi yang memiliki bukti otentisitas maka surat pengalaman kerja bisa kamu gunakan untuk melakukan pencairan tunjangan sosial di lembaga ketenagakerjaan.

Persyaratan administratif untuk pendaftaran berbagai hal – mirip dengan beberapa manfaat di atas, banyak proses pendaftaran baik itu pekerjaan, beasiswa, hingga pendidikan lanjut yang mempersyaratkan surat pengalaman kerja bagi pelamarnya.

Apalagi bagi kamu yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, barangkali surat pengalaman kerja bisa dianalogikan sebagai ijazah dari perusahaan tempatmu bekerja. Bila isinya positif tentu akan memberikan nilai tambah bagimu.

Dengan adanya surat pengalaman kerja, para penerima lamaranmu bisa ‘berasumsi’ bahwa kamu telah bekerja dan telah memiliki modal berbagai macam pengalaman di perusahaan sebelumnya. Sehingga kamu dianggap bukan beban yang lagi harus di training dengan keras di perusahaan baru.

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Sebenarnya bagi kamu yang merupakan seorang karyawan, tidak perlu repot-repot memahami contoh-contoh surat pengalaman kerja. Toh yang membuatkanmu surat pengalaman kerja kan memang perusahaanmu sendiri.

Meskipun demikian ada beberapa komponen yang wajib tercantum di dalam surat pengalaman kerja yang diberikan oleh perusahaanmu tersebut. Cermati baik-baik ya agar surat pengalaman kerjamu tidak bermasalah!

Identitas karyawan – surat pengalaman kerja harus mencakup identitas karyawan berupa nama lengkap karyawan beserta nomor induk karyawan. Selain itu perusahaan juga boleh menambahkan identitas tambahan di luar itu.

Jabatan karyawan – selain itu penting juga tertulis jabatan terakhirmu kerja di perusahaan beserta penempatan lokasi kerjanya. Hal ini tentu saja penting agar ketika melamar di perusahaan yang baru kamu tidak perlu mulai dari awal lagi.

Masa kerja – merupakan lamanya kamu bekerja di perusahaan tersebut. Di dalamnya harus dijelaskan kapan pertama kali kamu masuk hingga waktu pensiunmu. Nantinya masa kerja digunakan oleh HRD di kantormu yang baru untuk menilai loyalitas karyawanmu.

Tanda tangan – sebagai salah satu surat resmi yang memiliki berbagai kegunaan, sudah tentu di dalam surat pengalaman kerja harus tercantum tanda tangan dari para pejabat di kantormu. Biasanya sih surat pengalaman kerja akan ditandatangani oleh pejabat HRD sesuai dengan jabatan terakhirmu (memiliki jabatan di atas jabatan terakhirmu).

Nah berikut ini adalah beberapa contoh surat pengalaman kerja yang bisa kamu lihat dan bandingkan dengan yang kamu punya.

surat pengalaman kerja


surat pengalaman kerja


surat keterangan kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *