fbpx

Cara Cek dan Bayar Tagihan BPJS Kesehatan

Saat ini peserta BPJS Kesehatan diketahui sudah mencapai angka 75% dari seluruh penduduk Indonesia loh! Besar kemungkinannya, kamu yang sedang membaca artikel ini juga pastinya sudah mendaftar BPJS Kesehatan dan menjadi pengguna.

Kamu yang telah menikmati program BPJS Kesehatan ini pasti paham bahwa BPJS menjamin biaya rawat jalan hingga rawat inap. Khusus rawat inap fasilitas rumah sakit yang kamu terima akan bergantung dengan kelas iuran yang kamu bayarkan.

Nah berbicara soal iuran, hal ini tentu saja merupakan kewajiban bagi para peserta BPJS kesehatan setelah mereka menerima hak mereka sehari-hari dalam mendapat layanan kesehatan yang layak.

Namun belom banyak orang nih paham gimana sih sebenernya cara cek dan bayar tagihan BPJS Kesehatan? Untuk itulah kami buat tulisan ini!


2 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

1. Via Website BPJS

Saat ini BPJS Kesehatan sudah menyediakan layanan pengecekan tagihan peserta BPJS Kesehatan di dalam website mereka. Cara ini menurut kami cukup mudah loh karena hanya membutuhkan laptop ataupun ponsel yang terkoneksi dengan internet.

Cek tagihan via website bpjs kesehatan

Pertama-tama kamu bisa membuka laman pengecekan tagihan iuran kesehatan milik BPJS. Setelah itu silahkan isi 13 digit nomor kartu kepesertaan BPJS khusus bagi kamu peserta bukan penerima upah alias peserta mandiri.

Jangan lupa isi tanggal lahir, captcha, dan terakhir tinggal klik tombol cek yang memiliki logo buku tulis berwarna biru di sampingnya deh. Setelah itu total tagihan seluruh peserta di Kartu Keluargamu akan muncul di bawah.

Selain itu kamu juga bisa loh melihat denda, tanggal pembayaran terakhir, nominal pembayaran masing-masing anggota keluargamu, hingga saldo masing-masing angota keluargamu. Praktis bukan?

2. Via SMS Gateway

Cara ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu pilih kalau kamu gak mau buka website milik BPJS Kesehatan. Cara ini adalah dengan mengirimkan SMS ke nomor 08777 5500 400 yang merupakan nomor seluler BPJS.

SMS gateway bpjs kesehatan

Untuk mencari tahu data pribadi PBJS via SMS Gateway, kamu bisa memanfaatkan nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu BPJS Kesehatan (NOKA), hingga memanfaatkan nomor induk pegawai (NIP).

Kamu cukup mengirimkan pesan dengan format NIK/NOKA/NIP (spasi) Nomor yang terdaftar dan langsung kirimkan ke nomor 087775500400.

Kalau kamu pengen tau tagihan BPJS kamu, maka kamu bisa langsung mengirimkan SMS ke nomor 087775500400 dengan format TAGIHAN (spasi) Nomor kartu BPJS Kesehatanmu yang terdaftar.


Cara Bayar Tagihan BPJS Kesehatan

Bayar BPJS kesehatan di ATM

Untuk melakukan pembayaran tagihan BPJS mandiri, kamu bisa menggunakan beberapa layanan diantaranya:

  1. ATM BRI, BNI, BCA, Mandiri, dan BTN. Masing-masing bank memiliki cara pembayaran yang berbeda. Kamu cukup mengikuti instruksi yang ada di masing-masing bank, dan instruksinya cukup mudah kok.
  2. Autodebet, yang bisa kamu daftarkan kepada bank tempat kamu menabung.
  3. Selain melalui ATM dan autodebet, kamu juga bisa memanfaatkan layanan SMS Banking hingga Internet Banking yang disediakan oleh masing-masing bank tempat kamu membayarkan BPJS loh.
  4. Melalui kantor pos, indomaret, dan teller bank. Khusus cara keempat ini, kamu bisa melakukannya dengan mendatangi kantor pos, indomaret, dan teller bank yang telah ditunjuk secara langsung.
  5. Sementara bagi peserta PPU maka iuran bulanan BPJS Kesehatannya akan dibayarkan secara langsung oleh perusahaan masing-masing tempatnya bekerja.

Itulah beberapa cara bayar tagihan BPJS yang bisa kalian lakukan sendiri. Nah karena udah tau jadi jangan sampai lupa yah untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan secara rutin setiap bulannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *