Cara Cek dan Bayar Tagihan Listrik PLN 2019

Salah satu pengeluaran bulanan yang tidak boleh dilupakan olehmu adalah tagihan listrik! Apapun bentuknya, listrik prabayar kah, listrik pasca bayar kah, keduanya haram hukumnya untuk lewat bayar.

Karena alasan inilah kemudian PLN mengembangkan berbagai cara yang dapat mempermudah pelanggan PLN untuk membayar listrik. Nah pada akhirnya diharapkan kejadian lupa bayar atau lupa beli voucher listrik bisa dihindari deh.

Lalu bagaimana sebenarnya cara cek dan bayar tagihan listrik? Tenang saja karena kami punya caranya!

Listrik Apa yang Kamu Gunakan di Rumah?

Saat ini PLN sudah meluncurkan dua layanan khusus bagi pelanggannya, yakni listrik prabayar serta listrik pascabayar yang sudah lazim digunakan oleh banyak masyarakat di Indonesia dari dulu hingga saat ini.

Sama seperti ponselmu, listrik prabayar bekerja dengan cara menyimpan “pulsa” listrik untuk kamu habiskan dalam jangka waktu tertentu. Bila pulsa listrikmu habis, dan kamu belum sempat mengisi ulang listrikmu maka secara otomatis listrik rumahmu akan mati.

Sementara listrik pascabayar memiliki sistem pembayaran listrik di akhir bulan, dengan jumlah sesuai dengan pemakaian si pelanggan tersebut di dalam bulan yang bersesuaian. Berhubung listrik jenis ini sudah ada lama, kami rasa kami tak perlu panjang lebar membahasnya.

Lalu baik listrik prabayar ataupun listrik pascabayar, kamu harus rajin-rajin melakukan cek tagihan listrik, atau sisa pulsa di listri prabayar. Setelah itu kamu pun tidak boleh kelupaan untuk membayar tagihan listrikmu.

Tapi bagaimana caranya sebenarnya? Yuk!

Cek Tagihan Listrik Melalui Call Center PLN

Cara cek tagihan listrik yang pertama adalah dengan menghubungi saluran resmi milik PLN yakni di nomor 123. Kamu bisa melakukan panggilan langsung ke 123 melalui telepon rumahmu, atau (kode area)-123 bila kamu melakukan panggilan melalui ponselmu.

Nah nantinya kamu akan dihubungkan dengan operator resmi PLN dan silahkan kamu langsung bertanya tagihan listrik rumahmu. Dengan cara ini kamu akan dikenai biaya panggilan dengan tarif normal saja kok.

Cek Tagihan Listrik Melalui SMS PLN

Bila kamu adalah orang yang pemalu maka kamu tidak cocok menanyakan tagihan listrik kepada mbak mbak dan mas mas operator. Tapi tenang saja karena kamu bisa menanyakan tagihan listrikmu langsung loh via SMS.

Untuk mengecek tagihan listrik via SMS kamu bisa mengetikkan REK (spasi) Nomor ID Pelanggan dan kamu langsung mengirimkan ke nomor 8123. Selain itu kamu juga bisa langganan info tagihan listrik dengan mengetik PLN (spasi) ON (spasi) Nomor ID Pelanggan dan kembali kirim ke nomor 8123.

Kalau kamu berlangganan operator PLN maka secara otomatis kamu akan diberitahu jumlah tagihan listrikmu setiap bulan. Bila ingin berhenti berlangganan kamu bisa langsung ketik PLN (spasi) OFF (spasi) Nomor ID Pelanggan dan kirimkan ke 8123.

Untuk seluruh layanan ini kamu harus mengeluarkan pulsa sebesar Rp 500,- ditambah PPN 10% setiap kali mengirimkan SMS kepada PLN.

Cek Tagihan Listrik Melalui Laman Web Resmi PLN

Cara terakhir ini adalah cara yang paling ‘mudah’apabila dibandingkan dengan cara-cara lainnya di atas. Kamu bisa melakukan pengecekan tagihan listrik via laman website PLN di http://www.pln.co.id/info-rekening/tagihan.php dan masukkan ID pelangganmu.

Meski demikian beberapa kali kami lakukan pengecekan seringkali laman website tersebut mengalami down. Nah untuk itu kamu bisa membuka laman cekbill dan klik cek tagihan listrik lalu masukkan ID Pelanggan dan klik cek tagihan.

Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile

Selain via website kamu juga bisa melakukan pengecekan tagihan listrik via aplikasi resmi dari PLN. Kamu bisa melakukan pengunduhan di Appstore ataupun Google Play Store tergantung ponsel yang kamu gunakan.

Setelah mengunduh aplikasi tersebut pilihlah informasi dan kembali pilih informasi tagihan lalu token listrik. Terakhir masukkan ID Pelanggan dan klik Cari. Maka secara otomatis aplikasi akan menampilkan tagihan listrik rumahmu.

Cara Bayar Tagihan Listrik

Untuk melakukan pembayaran listrik, pada dasarnya ada beberapa cara mudah, dan kami tahu caranya.

  1. Melalui Kantor Pos; cara pertama adalah melakukan kantor pos ataupun kantor pos keliling yang sudah terdaftar. Kamu tinggal datang dan sampaikan maksudmu untuk melakukan pembayaran tagihan listrikmu.
  2. Melalui mitra bank, ATM, Internet Banking, SMS Banking, dan loket pembayaran; cara kedua adalah melalui layanan yang dikeluarkan oleh bank yang telah bekerja sama dengan PLN. Nah yuk kita bahas satu persatu!

Bayar Tagihan Listrik Via SMS Banking

Untuk SMS Banking secara umum kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Message dan ketiklah SMS mu.
  2. Ketiklah BYR (spasi) PLN (spasi) (KODE REKENING)(12 DIGIT ID PELANGGAN).
  3. Kirim SMS tersebut ke nomor 3355. Tunggulah konfirmasi transaksi.
  4. Kemudian masukkan kombinasi PIN yang diminta dan kirimlah ke 3355.

Untuk layanan SMS Banking, sementara ini baru kamu yang menggunakan Bank Mandiri, BNI, dan BRI sajalah yang bisa. Kalau kamu tidak punya salah satu dari ketiga bank tersebut, kamu bisa memanfaatkan layanan M Banking.

Bayar Tagihan Listrik Via M Banking

token bank mandiri

Untuk pembayaran tagihan listrik melalui M Banking kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama-tama masukkanlah ID dan password M Banking milikmu.
  2. Masuk ke halaman Pembayaran dan klik menu Pembayaran Listrik bagi kamu yang menggunakan listrik pascabayar.
  3. Masuk ke halaman Pembelian dan klik menu Pembelian Token Listrik bagi kamu yang menggunakan listrik prabayar.
  4. Setelah itu masukkan ID Pelangganmu, dan masukkan kembali PIN transaksi.

Pada beberapa bank, barangkali ada perbedaan mengenai langkah-langkah di atas. Meski demikian secara umum langkah di atas berlaku untuk pembayaran tagihan di beberapa bank yang telah bekerja sama dengan PLN.

Langkah-langkah di atas secara umum mirip dengan langkah cara bayar tagihan listrik via ATM. Nah kamu yang belum mengaktivasi mobile banking milikmu, bisa dengan mudah datang ke ATM terdekat dan langsung melakukan pembayaran listrik dengan langkah-langkah di atas deh.

Bayar Tagihan Listrik Via Internet Banking

internet banking bayar listrik

Pembayaran listrik via internet banking secara umum serupa dengan cara pembayaran listrik via m banking. Secara umum langkah-langkah yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah laman situs bank sesuai dengan bank yang kamu punya.
  2. Masukkan username dan password
  3. Masuklah ke dalam menu Pembayaran Tagihan Listrik dan klik Pembayaran Tagihan.
  4. Masukkanlah ID Pelanggan dari listrik rumahmu.
  5. Kemudian masukkan m-Token yang kamu punya dan klik kirim.

Penutup

Nah itulah tadi beberapa cara untuk cek dan bayar tagihan listrik rumahmu. Mungkin ada beberapa langkah yang tidak dapat kami jelaskan disini satu persatu. Meski demikian secara umum caranya sama kok seperti langkah-langkah yang ada di atas.

Semoga cara cek dan bayar tagihan listrik yang kami bagikan di atas bisa bermanfaat untukmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *