Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Online biar Praktis

Layanan PDAM merupakan salah satu layanan rumah tangga yang saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang disamping layanan listrik dari PLN. Gak cuma di kota, tapi layanan PDAM sudah masuk ke desa-desa.

Kemudian gak seperti dulu, yang kalau mau bayar PDAM menurut kami cukup ribet. Karena nantinya aka nada petugas yang rutin mencatat pemakaian airmu melalui meteran air, dan kamu harus bayar PDAM ke loket-loket terdekat dari rumahmu.

Saat ini PDAM sudah mengembangkan cara praktis untuk melakukan cek dan bayar tagihan PDAM secara online, gimana sih caranya?


Cara Cek Tagihan PDAM

1. PAM Jaya (DKI Jakarta)

PAM JAYA

Masuklah ke laman resmi PAM Jaya dan klik perkiraan tagihan. Di dalam sana kamu akan dimintai keterangan kelompok tarif dan ukuran meter air. Isilah sesuai dengan yang tertera di meteran milikmu. Terakhir klik Jumlah Pemakaian Air dan Kalkulasi. Selesai deh, abis itu muncul perkiraan tagihan PDAM kamu!

2. PDAM Tirta Kerta Raharja (Tangerang)

PDAM Tirta Kerta Raharja

Masuklah ke laman resmi PDAM Tirta Kerta Raharja Kota Tangerang dan klik Informasi Tagihan Pelanggan. Di dalam laman tersebut kamu akan diminta ID Pelanggan, masukanlah ke dalam kolom yang tersedia.

Setelah itu masukkan Periode Tagihan kamu dan centang lah kolom Saya bukan robot dan klik Cek Tagihanku. Setelah itu secara otomatis laman website tersebut akan menampilkan jumlah tagihan PDAM kamu.

3. PDAM Tirta Pakuan (Bogor)

PDAM Tirta Pakuan

Masuklah ke laman resmi PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dan klik pelanggan dan klik kembali pilihan simulasi perhitungan rekening air. Setelah itu pilihlah golongan tarif, stand meter bulan lalu, dan stand meter bulan sekarang sesuai dengan kondisimu.

Setelah itu kamu bisa klik proses dan dalam waktu singkat laman website tersebut akan menampilkan rincian pemakaian kamu serta jumlah tagihan PDAM yang harus kamu bayarkan di bulan ini.

4. PDAM Tirta Bhagasasi (Bekasi)

PDAM Tirta Bhagasasi

Masuklah ke laman resmi PDAM Tirta Bhagasasi Kota Bekasi dan langsung klik Berapa Tagihan Pemakaian Air Anda Bulan Ini? Silahkan Cek Tagihan Air Anda. Setelah itu kamu diminta memasukkan nomor pelangganmu dan sudah deh!

5. PDAM Surya Sembada (Surabaya)

PDAM Surya Sembada

Masuklah ke laman resemi PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dan langsung deh masukin Nomor Pelanggan serta Tanggal Periode yang kamu ingin tahu biaya pembayarannya. Jangan lupa setelah itu masukkan captcha dan klik Lihat. Mudah kan?

6. PDAM Tirtawening (Kota Bandung)

PDAM Tirtawening

Khusus kamu yang ingin cek tagihan PDAM Tirtawening Bandung kamu bisa masuk ke laman loginnya terlebih dahulu ya. Setelah itu tinggal ikuti deh instruksi yang ada, berupa ID Pelanggan dan Periode, lalu jumlah tagihanmu akan muncul deh. Mudah juga ya, walaupun mesti login sih.

7. Cek Tagihan PDAM di Sepulsa

Cek Tagihan PDAM di Sepulsa

Cara ini adalah cara yang paling simpel guys! Silahkan kamu langsung download app Alphapay di Google Play untuk mengecek, membayar, dan sekaligus jadi agen pembayaran PDAM! (uang tambahan). Ketika sudah masuk ke app, input wilayah domisilimu, ID pelanggan, dan nomor handphone mu.

Setelah itu Alphapay secara otomatis akan melakukan pengecekan tagihan PDAM kamu deh. Kalau belum lunas maka akan muncul tagihannya, kalau sudah lunas maka akan muncul tulisan Tagihan kamu sudah lunas atau belum tersedia.

Jangan lupa Registrasi terlebih dahulu ya, karena simpel kok kalau sudah terdaftar di Alphapay.


Cara Bayar Tagihan PDAM

Untuk membayar tagihan PDAM secara mudah kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara, yakni:

  1. ATM di bank-bank tertentu. Datang saja ke ATM bank milikmu dan ikuti instruksi pembayaran sesuai dengan masing-masing bank mu.
  2. Indomaret dan Alfamart, khusus yang ini kamu juga harus datang ke sana. Kamu bisa langsung ke kasir dan memberikan ID pelangganmu. Kalau mau cepat kamu bisa membayar melalui iKios di Indomaret atau Albikios di Alfamart, masukkan nomor pelangganmu, dan voila! Tagihan mu akan muncul.
  3. PDAM dan Kantor Pos. Khusus untuk pembayaran langsung ke PDAM dan kantor pos, kamu bisa membayar langsung ke mobil layanan keliling PDAM ataupun kantor pos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *