Cara Cek dan Bayar Tagihan Telkom Online

Di era kemajuan informasi dan teknologi saat ini, telepon rumah merupakan salah satu peralatan teknologi yang mulai ditinggalkan. Hal ini karena sifatnya yang enggak terlalu praktis dan tentu saja telepon seluler sudah mulai semakin “pintar”.

Coba saja kamu tanyakan kepada anak-anak kelahiran tahun 2000 ke atas, pasti enggak ada yang paham sama sekali cara cek dan bayar tagihan Telkom. Atau malah anak-anak yang lahir tahun 90an juga enggak paham?

Wah wah gawat ini, tapi tenang aja karena kami sudah coba rangkum mengenai cara cek dan bayar tagihan Telkom yang tentu saja amat mudah. Tapi sebelumnya kamu harus tahu juga kenapa sih telepon rumah masih merupakan pilihan yang oke.

Yuk mari!


Kenapa Masih Pakai Telepon Rumah?

telepon jadul putar

Sebagaimana janji kita, sebelum bahas cara cek dan bayar tagihan Telkom, kamu harus paham kenapa sih telepon rumah masih dipilih sebagai sarana telekomunikasi. Nah berikut ini adalah beberapa alasannya.

Alasan pertama tentu saja karena dengan memanfaatkan teknologi jadul kabel, maka suara panggilan masuk maupun suara keluar akan jauh lebih jernih. Bahkan mungkin bisa mengalahkan kualitas telepon seluler.

Selain itu kualitas suara ini juga enggak akan terbatas dengan kondisi-kondisi tertentu, misalnya cuaca yang bisa ganggu kualitas telekomunikasi nirkabel.

Alasan lainnya adalah pembayarannya yang masih menggunakan sistem pasca bayar membuatmu gak perlu repot-repot pusing soal pulsa yang harus dibayar. Nah biayanya pun relatif murah kok, dibandingkan dengan kartu-kartu pascabayar untuk telepon seluler.

Terakhir adalah terkait masalah legalitas, kamu yang memiliki kantor misalnya pasti akan tampak lebih profesional dan terpercaya. Karena pemasangan telepon rumah lebih sulit dibandingkan dengan membeli nomor ponsel baru, meski baru-baru ini ada aturan wajib daftar ID khusus untuk kartu perdana telpon seluler ya.

Nah kalau udah tau alasan kenapa telepon rumah masih layak untuk kamu gunakan, sekarang saatnya kamu baca cara cek tagihan telepon rumah di bawah ini.


Cek Tagihan Telkom Melalui Aplikasi MyTelkom

MyTelkom merupakan salah satu aplikasi yang dibuat oleh Telkom yang meliputi seluruh produk Telkom, jadi bukan hanya telepon rumah saja ya. Nah melalui aplikasi inilah kamu bisa melakukan pengecekan tagihan-tagihan tersebut.

Namun sebelum bisa menggunakan aplikasi MyTelkom, kamu terlebih dahulu harus mendaftarkan diri kamu di website MyTelkom.  Cara ini menurut kami adalah cara yang paling praktis, karena setelah mendaftarkan diri, kamu bisa langsung melakukan cek tagihan Telkom kapanpun kamu mau.


Cek Tagihan Telkom Melalui Layanan SMS

Selain lewat aplikasi MyTelkom, ternyata kamu juga bisa lho melakukan pengecekan tagihan Telkom melalui SMS. Dengan menggunakan layanan ini tentu saja ada pulsa yang harus dibayarkan untuk setiap SMS yang terkirim.

Untuk melakukan cek tagihan Telkom melalui layanan SMS kamu harus mengirimkan pesan ke 02170757147 dengan format ebs (spasi) email (spasi) no. telepon. Setelah mengirimkan pesan dengan format tersebut maka kamu akan langsung mendapatkan rincian tagihanmu.

Kekurangan pengecekan tagihan Telkom melalui layanan SMS ini adalah enggak terlalu praktis. Karena nomor SMS nya belum simpel, meningkatkan risiko kesalahan, dan formatnya pun cukup rumit. Selain itu untuk setiap pengecekan kamu harus mengeluarkan pulsa SMS, sesuai dengan tariff standar providermu tentunya.


Cek Tagihan Telkom Melalui Pihak Ketiga

Ada banyak perusahaan pihak ketiga yang menyediakan jasa pengecekan dan pembayaran tagihan Telkom, salah satunya adalah Alphapay.

Nah kami kasih contoh ya, kalau kamu mau cek tagihan Telkom melalui Alphapay pertama-tama kamu bisa instal aplikasi Alphapay di ponsel Android, lalu register, kemudian masuk ke menu PLN.

Kamu cukup masukkan nomor tagihan atau ID pelangganmu dan akan keluar tagihannya, disitu akan ada pilihan untuk langsung membayar tagihan tersebut, semua dari dalam satu aplikasi.


Cek Tagihan Telkom Melalui Kantor Pelayanan

Kantor telkom indonesia

Cara ini adalah cara konvensional yang sudah sejak jaman dahulu kala digunakan oleh orang tua kita semua. Yah tentu saja berhubung di zaman dahulu jaringan telekomunikasi belum sepraktis sekarang.

Meski begitu kami gak menyarankan kamu untuk mengetahui tagihan Telkom melalui kantor pelayanan ya. Karena memang gak praktis dan cenderung menyusahkan kalau letak kantor pelayanannya jauh dari tempat tinggal kamu.

Kalau mau pakai cara ini kamu tinggal datang ke kantor pelayanan, dan cari petugas customer service atau petugas khusus yang melayani tagihan Telkom. Kalau sudah ketemu petugas yang dimaksud langsung aja deh tanyakan tagihan kamu.


Cek Tagihan Telkom Melalui Call Center 147 TELKOM

Call center telkom

Cara terakhir ini juga merupakan cara yang terbilang semi konvensional. Meski gak perlu datang ke kantor pelayanan, cara ini masih manual dan belum otomatis. Selain itu cara ini juga sudah ada cukup lama loh.

Kamu yang mau tahu tagihan telepon kamu bisa langsung menghubungi call center 147 TELKOM baik menggunakan telepon rumah kamu ataupun menggunakan telepon selulermu, keduanya sama aja kok secara umum.

Bedanya kalau pakai telepon rumah kamu bisa langsung telpon 147, sementara kalau pakai telepon seluler, kamu harus pencet kode area kamu dulu sebelum tekan 147. Misalnya kamu yang tinggal di Bogor bisa menghubungi 0251-147.

Setelah itu teleponmu tentu akan tersambung dengan petugas yang sedang in charge. Nah silahkan kamu bertanya mengenai rincian tagihan Telkom kepada petugas yang berwenang. Kamu juga bisa loh tanya-tanya hal selin rincian tagihan kepada mereka.


Cara Bayar Tagihan Telkom Online

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membayar tagihan Telkom mu secara online. Semua cara ini tentu saja amat praktis dan kami sarankan, karena kamu gak perlu repot-repot menghadirkan dirimu untuk membayar tagihan Telkom mu.

Cara pertama adalah dengan autodebt atau secara langsung kamu memberikan otoritas khusus bagi bank untuk membayarkan tagihan Telkom bulananmu dengan mengurangi tabunganmu. Cara ini terbilang cukup praktis dan menghindarimu dari lupa, tapi kadang-kadang bikin kamu gak sadar sama penggunaan telponmu.

Cara kedua mirip sebenarnya dengan tagihan pertama, tapi cara kedua ini adalah dengan memanfaatkan kartu kreditmu. Kamu bisa memberikan kuasa kepada bank agar secara otomatis tagihan Telkom bulananmu masuk ke dalam kartu kreditmu.

Cara online ketiga adalah dengan pembayaran secara manual baik melalui ATM, mobile banking, internet banking, hingga SMS banking. Saat ini nyaris semua bank sudah memberikanmu layanan pembayaran Telkom loh. Kamu cukup masukkan nomor ID pelanggan dan secara otomatis tagihanmu muncul deh.

Adapula cara pembayaran dengan pihak ketiga, misalnya dengan memanfaatkan jasa yang ditawarkan oleh Sepulsa. Kamu bisa langsung buka laman Sepulsa seperti yang kami jelaskan di atas, masukkan ID pelangganmu, dan bayar deh.

Wah wah rupanya zaman sekarang emang cara cek dan bayar tagihan Telkom udah gak sesusah zaman dulu ya, harus banyak-banyak bersyukur deh kita!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *