Cara Cek NIK KTP Online Termudah 2019

Kartu Tanda Penduduk atau yang lazim dikenal dengan sebutan KTP merupakan suatu kartu ‘sakti’ yang menunjukan legalitas keberadaan dirimu di negara Indonesia. Khususnya bagi Anda yang telah berusia di atas 17 tahun.

Menariknya ada banyak inovasi dilakukan oleh pemerintahan RI sejak pertama kali merdeka dan kemudian menciptakan KTP. Mulai dari pemberlakuan KTP seumur hidup dan tentu saja yang paling fenomenal adalah penggunaan KTP elektronik sebagai alat yang sah.

Dengan penggunaan KTP elektronik ini Anda bisa melakukan pengecekan NIK KTP secara online, artinya memang inovasi yang dilakukan oleh pemerintah ini amatlah memudahkan. Tapi sebenarnya bagimana cara cek NIK KTP online itu?

Cara Cek NIK KTP Online via Website

Cara ini dahulu bisa Anda lakukan langsung di website dukcapil.kemendagri.go.id, namun sejak beberapa bulan yang lalu cara ini sudah tidak bisa dilakukan secara langsung melainkan harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Untuk bisa mendaftarkan diri Anda bisa langsung mendaftarkan NIK milikmu ke laman layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id. Tapi sayangnya lagi, untuk bisa mendaftarkan diri, Anda harus memasukkan NIK kepala keluarga pertama kali saat membuat akun.

Apabila Anda bukanlah seorang kepala keluarga, biasanya proses pendaftaran akun Kemendagri ini akan ditolak. Nah disinilah menurut kami hal yang cukup menyulitkan dan tentu saja tidak praktis sama sekali.

Akan tetapi bagi Anda yang tinggal di beberapa daerah, bisa melakukan pengecekan NIK KTP langsung di situs resmi dukcapil daerah Anda. Akan tetapi hal ini pun belum bisa dilakukan di semua daerah di Indonesia karena amat bergantung dengan kebijakan pemerintah daerah masing-masing.

Salah satu pemerintah daerah yang sudah menerapkan proses pengecekan NIK KTP Online misalnya adalah kota Tangerang Selatan. Anda bisa langsung masuk ke laman disdukcapil kota Tangerang selatan untuk bisa mengecek NIK milik Anda, khusus bagi yang berdomisili disana tentunya.

Cara Cek NIK KTP Online via Aplikasi

Salah satu cara yang sempat populer untuk melakukan pengecekan NIK KTP online adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara ini diklaim amat praktis, cukup memasukkan NIK milik Anda dan keluar lah seluruh data yang ada di KTP elektronik Anda.

Sayangnya cara cek NIK KTP online via aplikasi ini sudah dilarang oleh pihak Kemendagri sejak lama. Alasannya karena Kemendagri sebenarnya tidak pernah sekalipun merilis aplikasi pengecekan NIK KTP dalam platform apapun.

Ditengarai bahwa aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang ada bahkan bisa mencuri data-data KTP elektronik milik Anda loh. Oleh karena itulah kami tidak menyarankan untuk melakukan pengecekan NIK KTP online via aplikasi apapun.

Cara Cek NIK KTP selain Online

Karena pengecekan NIK KTP elektronik ini cukup terbatas bila dilakukan secara online, setidaknya ada dua cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memastikan apakah NIK yang tertera di dalam KTP eletronik Anda adalah valid atau tidak.

Langkah pertama adalah dengan memahami maksud kombinasi dari angka NIK yang tertera di dalam KTP elektronik yang Anda punya. Perlu Anda ketahui bahwa kombinasi angka ini merupakan kombinasi yang memiliki arti di dalamnya.

NIK KTP elektronik sendiri terdiri atas 16 digit unik yang memiliki arti sebagai berikut ini:

  • Dua digit pertama adalah kode provinsi domisili si pemilik KTP tersebut.
  • Dua digit setelahnya merupakan kode kota atau kabupaten domisili si pemilik KTP tersebut.
  • Dua digit setelahnya merupakan kode kecamatan dari domisili si pemilik KTP tersebut.
  • Enam digit setelahnya menunjukkan tanggal lahir si pemilik KTP yang ditulis dalam format HHBBTT, dengan catatan bagi seorang wanita angka tersebut ditambahkan dengan 40.
  • Empat digit terakhir merupakan nomor identifikasi dimana nomor tersebut merupakan nomor urut orang yang memiliki tanggal lahir yang sama di dalam satu wilayah kecamatan domisili si pemilik KTP.

Memang sulit sih  kalau hanya melakukan identifikasi berdasarkan angka-angka kombinasi ini, tapi tidak ada salahnya loh memahami arti dari angka-angka kombinasi ini. Nah tapi ada pula cara lain yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengecekan NIK KTP eletronik Anda.

Cara tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah dengan mendatangi langsung kantor Disdukcapil yang Anda punya. Mungkin banyak diantara Anda yang bertanya-tanya, untuk apa melakukan pengecekan NIK KTP, sampai harus jauh-jauh datang ke kantor disdukcapil?

Alasannya tentu saja karena NIK KTP yang Anda punya nantinya akan digunakan untuk mengurus berbagai macam keperluan, misalnya saja pengurusan BPJS, NPWP, KK baru, hingga akte kelahiran bagi anak.

Bisa saja suatu ketika di dalam proses pengurusan hal tersebut Anda ditolak karena NIK KTP yang Anda punya dianggap tidak valid. Nah bila sudah begini pasti Anda akan kelimpungan karena kemungkinan akan dilempar sana sini.

Untuk itulah menurut kami tidak ada salahnya bagi Anda untuk melaukan pengecekan NIK KTP baik secara online maupun secara offline. Tapi tetap saja sih, pada akhirnya semoga NIK yang Anda punya adalah valid sehingga tidak menyulitkan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *