Ini Dia Cara Cek Plat Nomor Kendaraan yang Mudah!

Sebagai seseorang yang memiliki kendaraan bermotor, pasti kamu sudah tidak asing dengan kepemilikan STNK hingga plat nomor kendaraan. Keduanya merupakan tanda ‘identitas’ kendaraan bermotor layaknya KTP yang kamu punya.

Bila STNK merupakan KTP dari kendaraan bermotor yang kamu punya, plat nomor kendaraan merupakan identitas unik dari kendaraan bermotormu. Bila dianalogikan, kombinasi angka dan huruf di plan nomor kendaraan merupakan nama yang tertulis di KTP (STNK).

Selain itu plat nomor kendaraan juga bisa menjadi penanda dari masa berlaku pajak kendaraan bermotormu. Oleh karena itulah pengecekan plat nomor kendaraan juga berfungsi sebagai informasi berkaitan dengan pajak kendaraan bermotor yang kamu miliki.

Cara cek plat nomor kendaraan saat ini sudah tidak ribet loh seperti beberapa tahun lalu. Karena saat ini Samsat di beberapa daerah sudah memiliki fitur yang memungkinkan kamu cek plat nomor kendaraan via SMS hingga online.

Lalu bagaimana cara cek plat nomor kendaraan via SMS dan online itu? Yuk disimak baik-baik!


Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Via SMS

SMS cek plat nomor kendaraan

Cara cek plat nomor kendaraan yang pertama ini merupakan cara yang cukup simpel, meski memakan biaya SMS reguler. Selain itu perlu kami beri tahu bahwa cara cek via SMS ini belum bisa diaplikasikan di seluruh Samsat di Indonesia, melainkan baru sebagian saja.

Selain itu untuk setiap Samsat yang sudah mengadopsi sistem ini pun, memiliki formatnya sendiri-sendiri. Untuk lebih mudahnya kami membagi beberapa Samsat daerah dengan masing-masing formatnya di bawah ini ya!

1. Polda Metro Jaya (DKI Jakarta)

Ketik METRO (spasi) Plat Nomor Kendaraanmu dan kemudian kirimkan pesan tersebut ke 1717. Biaya SMS Samsat Polda Metro Jaya adalah Rp 1.000,- per kali SMS. Contoh: METRO B6666GG kirim ke 1717.

Nantinya kamu akan menerima balasan berupa jenis kendaraan, tahun pajak, jumlah pajak yang harus dibayarkan, hingga masa berlaku nomor kendaraan bermotormu.

2. Polda Jawa Barat

Kamu yang tinggal di daerah Jawa barat bisa mengetik poldajbr (spasi) Plat Nomor Kendaraanmu dan kemudian kirimkan pesan tersebut ke 3977 untuk melakukan cek plat nomor kendaraanmu. Contoh: poldajbr F6666GG kirimkan ke nomor 3977.

Selain format SMS di atas, kamu juga bisa mengirimkan SMS dengan dormat Kode Plat / Nomor Plat / Huruf Plat (spasi) Warna Kendaraan bermotormu dan kirimkan ke 0811 211 9211. Contoh: F/6666/GG merah muda dan kirimkan ke nomor 0811 211 9211.

Nantinya kamu akan menerima balasan berupa jenis kendaraan, tahun pajak, jumlah pajak yang harus dibayarkan, hingga masa berlaku nomor kendaraan bermotormu.

3. Polda Jawa Timur

Ketik JATIM (spasi) Plat Nomor Kendaraanmu dan kemudian kirimkan pesan tersebut ke 7070. Contoh: JATIM L6666GG kirimkan ke nomor 7070.

Nantinya kamu akan menerima balasan berupa jenis kendaraan, tahun pajak, jumlah pajak yang harus dibayarkan, hingga masa berlaku nomor kendaraan bermotormu.

4. Polda Jawa Tengah

Untuk melakukan pengecekan plat nomor kendaraan Polda Jawa Tengah, kamu bisa mengirimkan SMS dengan format JATENG (spasi) Plat Nomor Kendaraanmu dan kirimikan ke nomor 9600.

Contohnya adalah JATENG H6666GG dan kirimkan ke nomor 9600. Nantinya kamu akan dikirmkan pesan balasa berisi jenis kendaraan, tahun pajak, jumlah pajak yang harus dibayar, hingga masa berlaku nomor plat kendaraan bermotormu.

5. Polda Daerah Istimewa Yogyakarta

Untuk mengecek plat nomor kendaraan Polda DI Yogyakarta kamu bisa mengirimkan pesan DIY (spasi) Plat Nomor Kendaraanmu dan kirimkan ke nomor 9600. Contoh: DIY AB6666 dan kirimkan ke nomor 9600.

Nah sama seperti cara cek plat nomor kendaraan di Polda Jateng, nantinya kamu akan menerima pesan balasan berisi jenis kendaraan, tahun pajak, jumlah pajak yang harus dibayarkan, hingga masa berlaku nomor plat kendaraan tersebut.

6. Polda Kepulauan Riau

Untuk kamu yang tinggal di Kepulauan Riau, kamu bisa mengetik SMS ke 9969 dengan format Kepri (spasi) Nomor Plat Kendaraan Bermotormu. Contoh Kepri BP6666GG dan kirimkan ke nomor 9969.

Nantinya kamu juga akan mendapatkan pesan balasan berisi jenis kendaraan, nomor polisi kendaraan, tahun pajak, hingga jumlah pajak yang harus dibayarkan dan tahun maksimal pembayaran pajak kendaraan bermotormu.

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Via Samsat Online

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Via Samsat Online

Sama seperti cara cek plat nomor kendaraan via SMS, saat ini baru beberapa Samsat saja yang sudah mendukung fitur cek plat nomor kendaraan online ini. Kemudian untuk memudahkan lagi, kami akan membaginya satu persatu sesuai dengan lokasi samsatnya.

1. Polda Metro Jaya (DKI Jakarta)

Untuk melakukan cek plat nomor kendaraan bermotor di DKI Jakarta via online, kamu bisa langsung mengakses laman situs resmi e-samsat DKI Jakarta. Setelah itu kamu bisa langsung mengisi formulir sesuai dengan identitas kendaraan bermotor yang kamu punya.

Masukkan kode Captcha yang tertera lalu klik Proses. Setelah itu situs tersebut secara otomatis akan menampilkan informasi pajak kendaraan bermotormu.

2. Polda Jawa Barat

Sama seperti Polda Metro Jaya, untuk mengecek plat nomor kendaraan bermotor di Polda Jawa Barat via online, pertama-tama kamu bisa langsung mengakses laman situs resmi e-samsat Polda Jawa Barat.

Cara lain adalah dengan mengunduh aplikasi Samsat Online Jawa Barat (SAMBARA) di Appstore maupun Google Playstore. Karena menurut info terakhir yang kami dapatkan, kamu belum bisa memanfaatkan laman e-samsat Jabar untuk mengecek plat nomor kendaraanmu.

Untuk menggunakan SAMBARA ini kamu bisa langsung klik menu Info PKB, lalu masukkan nomor plat kendaraan bermotor yang kamu punya, dan klik Cari. Kemudian aplikasi secara otomatis akan menampilkan informasi kendaraanmu.

3. Polda Jawa Tengah

Untuk melakukan cek plat nomor kendaraan bermotor di area Polda Jawa Tengah, kamu bisa langsung mengakses laman situs resmi e-samsat Jawa Tengah. Setelah itu kamu bisa langsung melakukan pengisian nomor plat kendaraan bermotormu, dan klik Submit.

Setelah itu secara otomatis e-samsat Polda Jawa Tengah tersebut akan menampilkan nominal pajak kendaraan bermotormu.

4. Polda Jawa Timur

Untuk melakukan cek plat nomor kendaraan bermotor di area Polda Jawa Timur, kamu bisa langsung mengakses laman situs resmi e-Samsat Polda Jawa Timur. Setelah itu kamu bisa langsung melakukan pengisian nomor plat kendaraan bermotormu, dan klik Submit.

Setelah itu secara otomatis e-samsat Polda Jawa Timur tersebut akan menampilkan nominal pajak kendaraan bermotormu beserta jenis kendaraan, tahun pajak hingga nominal pajak yang harus dibayarkan.

Selain via website, kamu yang berdomisili di Jawa Timur juga bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor via aplikasi resmi yang dinamakan E-Smart Samsat Jatim. Caranya kira-kira sama, informasi yang diberikan pun akan sama sesuai dengan yang tertulis di laman website.

5. Polda Kepulauan Riau

Untuk melakukan cek plat nomor kendaraan bermotor di area Polda Kepulauan Riau, kamu bisa langsung mengakses laman situs resmi e-samsat Kepulauan Riau. Setelah itu kamu bisa langsung melakukan pengisian nomor plat kendaraan bermotormu, dan klik Submit.

Setelah itu secara otomatis e-samsat Polda Kepulauan Riau tersebut akan menampilkan nominal pajak kendaraan bermotormu beserta beberapa data tambahan seperti jenis kendaraan hingga nominal pajak dan batas jatuh tempo pembayaran pajakmu.

6. Polda Provinsi Riau

Nah berbeda dengan Kepulauan Riau, untuk melakukan cek plat nomor kendaraanmu yang tinggal di Provinsi Riau, kamu bisa masuk ke laman e-Samsat Provinsi Riau yang resmi dan langsung memasukkan nomor plat kendaraan bermotor yang kamu punya.

Nantinya kamu akan diberikan informasi seputar jenis kendaraan, nomor plat kendaraan bermotormu, hingga jumlah pajak dan waktu periode pembayaran pajak kendaraan bermotor yang kamu punya.

7. Polda Provinsi Sumatera Barat

Khusus untuk Sumatera Barat, saat ini belum tersedia laman website untuk melakukan pengecekan plat nomor kendaraan di sana. Namun kamu bisa melakukan hal ini via aplikasi resmi mereka di Samsat mobile Prov. Sumbar 1.5.

Caranya kira-kira sama dengan cara pengecekan nomor plat kendaraan bermotor di provinsi lain. Kamu tinggal memasukkan nomor plat kendaraan bermotor yang kamu punya, dan segera kamu langsung diberikan informasi detil mengenai kendaraanmu itu.

8. Polda Provinsi Aceh

Sama seperti langkah-langkah sebelumnya, untuk melakukan cek plat nomor kendaraan bagi kamu yang tinggal di Provinsi Aceh kamu bisa langsung mengakses laman e-Samsat Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Kemudian kamu bisa langsung memasukkan nomor plat kendaraan bermotor yang kamu punya. Nantinya sama seperti di atas, kamu akan langsung diberikan informasi seputar jenis kendaraan hingga detil pajak kendaaran bermotor yang kamu punya.

9. Polda Sulawesi Tengah

Terakhir untuk melakukan cek plat nomor kendaraan di Sulawesi Tengah, kamu bisa juga langsung mengakses laman resmi e-Samsat milik Polda Sulawesi Tengah. Lagi-lagi kamu tinggal memasukkan nomor plat kendaraan bermotor yang kamu punya.

Setelah itu kamu akan diberikan tampilan informasi yang berisi jenis hingga detil kendaraanmu secara lengkap. Selain itu kamu juga akan diberikan informasi mengenai detil pajak yang harus dibayar hingga waktu tempo pembayaran pajak kendaraan bermotormu.

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Langsung Ke Samsat

Cara ini merupakan cara tradisional dan boleh dibilang cukup ribet. Meski demikian dengan cara ini kamu bisa sekalian melakuakn cek pajak kendaraan bermotor yang kamu punya. Untuk bisa melakukan cek plat nomor kendaraan via Samsat, bawalah beberapa dokumen di bawah ini:

  1. KTP asli serta setidaknya satu lembar fotokopi KTP.
  2. BPKB asli serta setidaknya satu lembar pertama fotokopi BPKB.
  3. STNK yang asli serta setidaknya satu lembar fotokopi STNK yang masih berlaku.
  4. Bukti Pembayaran Kendaraan Bermotor (PKB) yang terakhir.

Setelah melengkapi seluruh persyaratan dokumen yang diminta, kamu bisa langsung melakukan pengecekan ke Samsat dengan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Datangi kantor Samsat setempat atau di loket mobil pelayanan Samsat Keliling. Untuk yang satu ini kamu harus cek di website Samsat tempat tinggalmu ya, karena biasanya mereka memiliki jadwalnya masing-masing.
  2. Setelah itu datang dan ambil formulir pembayaran pajak kendaraan yang telah disediakan di loket. Isilah formulir tersebut sesuai dengan data kendaraan bermotor yang kamu punya.
  3. Serahkanlah formulir serta dokumen yang telah kamu isi secara lengkap tersebut langsung ke loket yang sesuai. Nantinya kamu akan diberikan nomor antrean dan bersabarlah hingga nomor antreanmu dipanggil.
  4. Setelah itu jangan lupa ambil bukti pembayaran di loket dan lakukan konfirmasi mengenai data yang tercantum di dalam formulir tersebut. Bayarlah pajak sesuai dengan yang diminta.
  5. Datanglah ke loket pengambilan dan ambil STNK yang telah diperpanjang.

Nah itulah kira-kira beberapa langkah yang bisa kamu tempuh untuk cek plat nomor kendaraan yang paling mudah dan lengkap. Memang untuk saat ini baru beberapa provinsi saja yang sudah menunjang fitur ini, jumlah nya pun masih cukup dikit.

Kita doakan saja semoga kedepannya Samsat-Samsat di provinsi lain bisa meniru langkah inovatif dari beberapa Samsat yang kami tuliskan di atas. Semoga info ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *