Cara Cek Porsi Keberangkatan Haji Termudah

Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat muslim di seluruh dunia. Tentu saja dengan pengecualian, bahwa hanya yang mampu baik secara fisik, mental, maupun finansial saja yang diwajibkan.

Meski demikian beratnya persyaratan haji, banyak umat muslim di Indonesia yang tetap ingin menuntaskan rukun islam mereka yang terakhir yakni berhaji. Hal ini nampak dari peningkatan jumlah umat muslim yang ingin menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

Terbukti dari kuota jamaah haji Indonesia setiap tahunnya saat ini sudah mencapai 250 ribu orang. Dengan kuota yang begitu banyak saja antrean keberangkatan haji di Indonesia sudah mencapai belasan tahun lebih!

Nah untuk itulah kemudian setiap orang yang ingin berangkat haji akan diberikan nomor porsi haji untuk memperkirakan tanggal keberangkatannya masing-masing. Bagi Anda yang sudah dan ingin mendaftar, Anda harus tahu cara cek porsi keberangkatan haji termudah di tahun 2019 ini.

Baca Juga Cara Daftar Haji 2019

Nomor Porsi Haji

Sebelum mengecek porsi keberangkatan haji, Anda harus memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan nomor porsi haji. Nomor porsi haji merupakan nomor antrean yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI berisi perkiraan tanggal keberangkatan.

Adapun nomor porsi haji baru bisa Anda dapatkan apabila Anda sudah daftar sebagai calon jamaah haji, dan membayar sejumlah uang tertentu yang nilainya seringkali berubah. Bila tabungan haji Anda belum mencapai sejumlah tersebut Anda belum bisa mendapat nomor antrean.

Anda bisa saja membuat tabungan haji di beberapa bank yang telah ditunjuk Kementerian Agama RI, namun (misalnya) di tahun 2019 ini Anda baru akan mendapatkan nomor porsi haji bila tabungan Anda sudah mencapai angka 25 juta rupiah.

Bila sudah mencapai 25 juta rupiah, Anda bisa melakukan pengecekan porsi keberangkatan haji via online, ataupun melalui aplikasi yang sudah ada. Namun perlu diingat bahwa, menurut Kemenag perkiraan keberangkatan ini sifatnya dapat berubah.

Artinya Anda memang harus selalu memantau perkiraan keberangkatan haji melalui beberapa cara di bawah ini. Tidak perlu rutin setiap bulan sih, apalagi setiap minggu. Tapi saran kami setidaknya Anda lakukan pengecekan ini setiap tahunnya.

Cara Cek Porsi Keberangkatan Haji via Aplikasi di Ponsel

cek porsi haji

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bpertama-tama tentu saja harus mengunduhnya di Play Store ataupun Appstore. Aplikasi ini bernama Cek Porsi Haji yang memiliki logo kaca pembesar berwarna hijau.

Setelah itu Anda bisa melakukan instalasi aplikasi Cek Porsi Haji, dan bila sudah terinstall maka Anda bisa dengan mudah membuka aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi tersebut Anda bisa mencari menu Cek Porsi Haji, pilihlah menu tersebut.

Setelah itu Anda akan diminta untuk memasukkan nomor porsi haji yang Anda punya, yang terdiri dari 10 digit unik. Masukkan dan kemudian Anda bisa langsung klik Submit, dan secara otomatis informasi terkait porsi keberangkatan haji akan muncul.

Cara Cek Porsi Keberangkatan Haji Via Laman Website Kemenag RI

website kemenag ri

Bila Anda tidak ingin repot-repot mengunduh dan menginstall aplikasi cek porsi haji milik Kemenag RI, Anda juga bisa melakukan pengecekan porsi keberangkatan haji melalui laman website resmi Kemenag RI.

Pertama-tama tentu saja Anda harus membuka laman website resmi milik Kemenag RI. Setelah itu Anda bisa langsung memasukkan 10 digit nomor porsi haji unik yang Anda punya ke dalam kolom Nomor Porsi.

Di bagian bawah kolom Anda bisa langsung klik tombol Cari. Setelah itu Anda akan masuk atau di-redirect ke halaman informasi yang berisi perkiraan tanggal keberangkatan haji sesuai dengan nomor porsi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *