Cara Cek Rekening Listrik PLN Tahun 2019

PLN merupakan salah satu BUMN yang tertua di Indonesia, didirikan sejak tahun 1965 PLN sudah memberikan banyak kontribusinya kepada negara ini. Salah satu kontribusi terbesar PLN tentu saja pemerataan listrik di Indonesia yang sampai saat ini semakin membaik.

Bicara soal listrik tentu erat kaitannya dengan rekening listrik alias tagihan listrik. Tidak peduli jenis listrik yang kamu pakai di rumah adalah listrik prabayar ataupun listrik pascabayar, setiap bulan kamu wajib membayarkan tagihan rekening listrik rumahmu.

Kalau tidak bayar bisa-bisa PLN mencabut listrik rumahmu deh. Wah enggak kebayang kan hidup tanpa listrik. Nah supaya kamu tidak lupa bayar mending kamu pahami cara cek rekening listrik PLN terbaru di tahun 2019 ini.

Baca Juga:

Cara Cek Rekening Listrik PLN via Telepon 123

Cara untuk melakukan pengecekan listrik yang cukup mudah adalah dengan menelpon nomor 123 atau (kode area)-123 apabila kamu melakukan panggilan telepon menggunakan telepon selulermu.

123 merupakan nomor resmi dari call center milik PLN, dari sana kamu tinggal mengikuti instruksi langsung yang diberikan oleh operator. Meski demikian untuk melakukan panggilan ini kamu akan dikenai tarif telepon normal ya.

Cara Cek Rekening Listrik PLN via SMS Gateway 8123

Masing menggunakan pulsa telepon seluler, kamu juga bisa melakukan pengecekan rekening listrik via SMS ke nomor resmi PLN atau SMS Gateway 8123. Untuk melakukan pengecekan bulanan kamu bisa ketik REK (spasi) ID Pelanggan dan kirimkan ke 8123.

Kamu juga bisa mengaktivasi layanan pemberitahuan rekening tagihan bulanan melalui SMS Gateway 8123. Caranya adalah dengan mengirimkan SMS langsung dengan format PLN (spasi) ON (spasi) ID Pelanggan dan kirimkan ke 8123.

Apabila kamu ingin berhenti langganan pemberitahuan rekening listrik bulananmu, kamu cukup mengirimkan SMS dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) ID Pelanggan dan kirimkan kembali ke nomor 8123.

Biaya yang dikenakan untuk SMS Gateway ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan tarif SMS reguler operator. Biayanya adalah Rp 500,- ditambah 10% ppn setiap kali kamu menerima SMS dari pihak PLN.

Cara Cek Rekening Listrik PLN via Laman Situs PLN

lamana website pln

Cara ketiga merupakan cara yang paling baru dan tentu saja paling praktis, karena di zaman seperti sekarang nyaris semua orang aktif secara online dengan menggunakan ponsel pintar mereka bukan?

Untuk melakukan cek rekening listrik di PLN kamu bisa langsung masuk ke situs resmi PLN di http://www.pln.co.id/info-rekening/tagihan.php dan langsung memasukkan ID pelanggan yang kamu punya.

Apabila laman tersebut sedang mengalami gangguan, kamu juga bisa memanfaatkan layanan pengecekan rekening listrik dari pihak ketiga. Salah satu yang paling banyak direkomendasikan adalah mengecek rekening listrik via cekbill.com.

Meski dari pihak ketiga, kami bisa pastikan bahwa laman tersebut “legit” dan cukup akurat kok. Caranya adalah buka laman cekbill dan kemudian klik cek tagihan listrik PLN dan masukkan ID Pelanggan dan Captcha. Terakhir klik cek tagihan.

Cara Cek Rekening Listrik PLN via Aplikasi Resmi PLN

pln mobile

Kalau di atas kamu butuh membukan laman website PLN, lain halnya dengan cara terakhir ini. Kamu cukup mengunduh aplikasi PLN Mobile di Appstore maupun Google Playstore dan daftarkan lah dirimu terlebih dahulu.

Setelah mendaftarkan diri dan menyimpan profile mu, kamu bisa langsung melakukan log in ke dalam aplikasi. Ketika kamu masuk ke laman utama, secara otomatis aplikasi tersebut akan menampilkan jumlah tagihan bulananmu di bagian teratas aplikasi.

Wah wah mudah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *