Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Terbaru!

Kamu yang bekerja untuk perusahaan tertentu pasti sudah mengerti bahwa gaji yang dibayarkan oleh perusahaan setiap bulannya sudah secara otomatis dipotong untuk pembayaran iuran BPJS ketenagakerjaan.

Nilainya cukup besar loh yakni mencapai 5,7% dari gaji total yang diterima oleh setiap pekerja tersebut. Dari 5,7% tersebut bebannya akan terbagi yakni pekerja menanggung 2% sementara pemberi kerja akan menanggung 3,7%.

Iuran yang dipotong ini gunanya adalah untuk kepesertaan Jaminan Hari Tua kamu nantinya ketika sudah pensiun, dan kamu gak rugi lho. Karena pada dasarnya iuran ini masuk kembali ke dalam kantongmu. (Baca cara dan syarat daftar BPJS ketenagakerjaan)

Uang ini juga sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang berhak diinvestasikan kembali oleh pihak BPJS. Sehingga nantinya bisa berkembang di atas nilai pokok yang sudah ada. BPJS menginvestasikan iuran tersebut ke deposito, surat utang, reksadana, hingga saham.

Nah kalau kamu udah kerja lumayan lama, pasti kamu penasaran dong berapa sih kira-kira nilai saldo kamu. Nih udah kita rangkum beberapa cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan yang paling baru.


1. Via SMS ke Nomor 2757

via sms ke 2757

Untuk melakukan pengecekan saldo BPJS ketenagakerjaan via SMS kamu bisa kirimkan SMS ke 2757 dengan mengetikkan DAFTAR. Setelah itu kamu akan diberikan SMS balasan yang berisi menu-menu tertentu. Pilihlah menu cek saldo, udah deh!

Cara lain cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS adalah dengan mengetikkan SALDO (spasi) NOMOR PERSERTA BPJS MU ke nomor 2757 juga. Nah nanti kamu akan langsung diberikan balasan SMS berisi informasi nilai upah, tanggal iuran terakhir, serta posisi saldo terakhir.

Kekurangan dari cara cek via SMS ini adalah keterbatasan provider, karena baru GSM Indosat serta GSM Telkomsel saja yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan ini. Tarif yang dibutuhkan untuk setiap pengecekan adalah Rp 165,- per kali SMS.


2. Via BPJSTK Mobile

BPJSTK Mobile

Salah satu terobosan baru yang dikeluarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah aplikasi BPJSTK Mobile, yang memiliki fitur pengecekan saldo. Nah kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Google Playstore maupun di Appstore bagi pengguna iOS.

Setelah mengunduh aplikasi ini, silahkan registrasi menggunakan nomor peserta BPJS Ketenagakerjaanmu, nomor e-KTP, tangal lahir, serta nama lengkapmu. Setelah itu kamu akan diberikan semacam PIN dan bisa langsung menikmati fitur-fitur yang ada di BPJSTK Mobile.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan menggunakan BPJSTK Mobile amatlah mudah. Kamu tinggal buka aplikasi ini dan klik cek saldo. Nanti kamu akan langsung diberikan informasi saldo terakhirmu saat itu juga.


3. Via E-Saldo JHT

E saldo JHT

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini mirip dengan penggunaan mobile apps, bedanya cara ini adalah kamu harus mengakses laman website BPJS terlebih dahulu. Jadi yah enggak sepraktis menggunakan apps sih.

Di laman tersebut kamu bisa klik E-Service dan kemudian klik kolom Tenaga Kerja. Jangan lupa sebelumnya mendaftarkan diri dengan user ID E-KTP ataupun alamat email kamu yang masih aktif. Karena kamu akan dimintai user ID E-KTP ataupun alamat email ini nantinya untuk melakukan login.

Setelah masuk ke dalam akunmu, klik cek saldo JHT dan kamu akan dikirimkan PIN via SMS. Setelah itu masukkan PIN Aktivasi sesuai dengan yang dikirimkan ke dalam ponselmu. Setelah itu kamu akan langsung deh diperlihatkan saldo BPJS Ketenagakerjaan terakhir kamu.


4. Datang Langsung Ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara yang terakhir ini merupakan cara yang paling tidak praktis, karena kamu harus datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Namun keuntungannya adalah kamu bisa banyak bertanya hal lain kepada petugas customer servicenya.

Nah kami sarankan kamu menggunakan cara ini kalau memang kamu punya keperluan lain, atau malah kalau kamu lagi enggak ada kerjaan. Selain ribet, kamu juga harus menunggu antrean yang cukup panjang loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *