fbpx

Cara Daftar Grab Bike

Di era modern yang serba digital seperti sekarang, ada banyak profesi baru bermunculan di Indonesia. Salah satu yang cukup fenomenal adalah profesi sebagai supir taksi dan supir ojek online.

Menariknya bila dahulu ojek dipandang sebelah mata, karena penghasilannya yang tergolong kecil, apalagi bila dibandingkan dengan para pekerja kantoran dengan setelah kemeja dan jas menterengnya.

Saat ini profesi ojek (online) disebut-sebut mampu mengubah kondisi ekonomi seseorang. Di awal-awal kemunculannya bahkan banyak supir ojek online yang memiliki penghasilan di atas rata-rata pegawai swasta.

Karena iming-iming itulah kemudian banyak orang yang melakukan alih profesi, dan sebagian memutuskan untuk bekerja sambilan sebagai supir ojek online. Di Indonesia sendiri kamu bisa menjadi supir ojek online Grab ataupun Gojek.

Nah tapi di artikel ini kami akan coba membahas cara daftar grab bike untuk kamu menambah penghasilan!

Baca Juga Daftar Go Ride, Daftar Go Car,

Cara Daftar Grab Bike

daftar grabbike

Untuk bisa mendaftarkan diri menjadi mitra pengemudi Grab Bike kamu bisa langsung masuk ke laman situs pendaftaran milik Grab, ataupun mengunjungi Grab Driver Center yang paling dekat dengan tempat tinggalmu.

Bila kamu mendaftarkan diri melalui situs pendaftaran, nantinya kamu akan diminta untuk melengkapi beberapa data diri. Utamanya kamu akan diminta untuk memasukkan domisili, jenis layanan (pilih Grab Bike), nama lengkap, nomor ponsel, serta kode referensi bila ada.

Nah proses ini sebenarnya sekaligus membuatkan akun grab driver untuk kamu. Jadi lakukan saja yah, toh proses yang harus dilakukan cukup mudah dan menurut kami cukup cepat alias tidak membuang-buang waktu.

Setelah mengajukan proses pendaftaran nantinya kamu diminta untuk menunggu beberapa waktu. Proses ini ditujukan bagi pihak perusahaan untuk mereview para pendaftar, berhubung jumlah orang yang ingin menjadi mitra driver Grab Bike cukup banyak.

Setelah formulir tersebut kamu isi, dan telah diterima oleh pihak Grab. Kamu akan diberitahu progress pengajuannya via SMS dan email yang kamu daftarkan di dalam formulir tersebut. Bila sudah di-ACC saatnya menyiapkan dokumen.

Setelah mengisi formulir yang diminta dengan benar, ada beberapa dokumen persyaratan yang harus kamu persiapkan. Berikut ini adalah dokumen yang harus kamu siapkan:

  1. Formulir yang telah diisi.
  2. Fotokopi KTP yang masih berlaku saat pendaftaran.
  3. Fotokopi KK yang masih berlaku pada saat pendaftaran.
  4. Fotokopi SIM C yang masih berlaku pada saat pendaftaran.
  5. Fotokopi STNK yang masih berlaku pada saat pendaftaran.
  6. Bila tempat tinggalmu berbeda dengan kota dimana kamu ingin menjadi driver, kamu harus menyertakan surat keterangan domisili.
  7. Surat keterangan sehat dari dokter apabila kamu berusia 50 tahun ke atas.
  8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang masih berlaku.

Selain itu ada beberapa persyaratan lain yang harus kamu penuhi bila ingin mendaftarkan diri menjadi mitra Grab Bike. Persyaratan tersebut adalah:

  1. Seorang WNI, yang tentu saja bisa dibuktikan melalui KTP yang kamu berikan kepada pihak Grab.
  2. Usia maksimal 55 tahun pada 31 Desember 2015.
  3. Tidak memiliki kekurangan fisik, serta sehat secara rohani. Untuk poin ini seharusnya bisa dibuktikan melalui surat keterangan sehat dari dokter.
  4. Memiliki kemampuan baca dan tulis.
  5. Menguasai area tempat kamu akan menjadi driver.
  6. Membayar uang top up awal Rp 150.000,- bila belum memiliki HP, atau Rp 100.000,- bila sudah memiliki HP.
    • HP yang diminta minimal merupakan HP Android dengan kapasitas RAM minimal 1 MB.
  7. Memiliki sepeda motor tipe non-trekking dengan bodi motor yang tergolong layak untuk dikendarai dan ditumpangi. Selain itu motor yang kamu punya diharapkan memiliki mesin yang layak untuk dioperasikan dengan baik.

Setelah mengajukan seluruh formulir tersebut, nantinya kamu akan menerima link online training ke Grab Academy. Nantinya kamu akan menerima pelatihan yang harus diselesaikan, dan mungkin akan diberikan tambahan bergantung dari jenis layanan transportasi yang kamu daftarkan.

Training akan dilakukan secara online, kamu cukup menonton semua video yang diberikan oleh pihak Grab dan langsung menyelesaikan kuis yang diberikan pula. Selesaikan kuis dengan jawaban benar. Bila sudah barulah kemudian pihak perusahaan akan mengaktivasi akun GrabDriver kamu.

Selesai!

Baca Juga Penghasilan Grab Bike, Penghasilan Grab Car

Kapan Akun Teraktivasi?

Sebagaimana yang telah kami tulis di awal, akun yang kamu punya akan diaktivasi setelah kamu mampu menyelesaikan seluruh training online yang diberikan perusahaan. Nah Grab memberikan waktu paling lambat 1 x 24 jam untuk mengaktivasi akunmu.

Apabila dalam waktu 1×24 jam akun yang kamu punya belum diaktivasi, kamu bisa mengajukan permohonan pengaktivan secara online di dalam laman situs milik Grab. Nantinya kamu harus mengisi formulir tertentu.

Di dalam formulir tersebut kamu diminta untuk mengisi nama lengkap, nomor HP, email yang didaftarkan, kota yang kamu daftarkan, jenis layanan, nomor KTP, tanggal training, nomor SIM, serta nomor plat kendaraan bermotormu. Klik Kirim dan tunggu masalahmu diselesaikan.

Nah sekarang saatnya memahami cara kerja akun DriverGrab, supaya kamu tidak kebingungan nantinya bila sudah mulai kerja.

Panduan Penggunaan Akun GrabDriver

akun grab driver

Bila sudah memiliki akun GrabDriver, kamu bisa langsung masuk ke dalam aplikasi GrabDriver untuk memulai pesanan. Kamu cukup menunggu penumpang di tempat-tempat tertentu agar bisa langsung narik!

Tunggu orderan masuk – bila sudah ada order yang masuk, kamu bisa klik tombol Terima yang terletak di bawah aplikasi, ataupun tombol silang (X) yang terletak di pojok kanan aplikasi bila menolak untuk mengambil orderan tersebut.

Hubungi penumpangmu – bila kamu berkenan menerima orderan yang masuk, maka tampilan di dalam aplikasi berubah sehingga kemudian kamu memiliki pilihan untuk menghubungi penumpang tersebut via GrabChat atau pilihan obrolan.

Di dalam GrabChat sendiri kamu bisa memilih untuk langsung mengirim pesan chat kepada penumpang, mengirimkan pesan gambar kepada penumpang, hingga mengirimkan pesan suara kepada penumpang.

Bila penumpanmu kurang responsif kamu juga bisa loh langsung menghubungi penumpang tersebut dengan klik pilihan Hubungi yang terletak di kiri bawah aplikasi. Hanya saja dengan pilihan ini tentu saja kamu harus siap pulsa.

Temui penumpang sesuai dengan perjanjian di chat atau telepon, lalu antarkanlah penumpangmu hingga sampai tujuan. Jangan lupa, keselamatan diri dan penumpang adalah yang utama!

Aktifkan fitur otomatis supaya gacor – salah satu fitur menarik di GrabBike adalah fitur terima otomatis, yang memungkinkan kamu untuk terus menerus mendapatkan orderan, alias diprioritaskan.

Hanya saja dengan mengaktivasi fitur otomatis, artinya kamu tidak bisa menolak orderan yang masuk. Risikonya tentu saja ada kemungkinan penumpang ingin bepergian ke tempat yang jauh atau bahkan ke tempat yang kurang kamu hafal lokasinya.

Untuk bisa mengaktivasi fitur otomatis kamu bisa klik menu dan langsung klik pilihan Profil Saya. Lalu masuklah ke dalam Pengaturan Umum dan aktifkan pilihan Terima pekerjaan secara otomatis. Mudah bukan?

Lebih mudah lagi, kamu sebenarnya bisa langsung mengaktivasi fitur ini dengan cara klik tombol berbentuk kilatan petir di pojok kanan atas.

Aktifkan fitur booking marathon – bila masih merasa kurang gacor, kamu yang memiliki tenaga kuda dalam bekerja boleh mengaktivasi fitur booking marathon. Dengan fitur ini Grab memastikan kamu untuk mendapatkan order selanjutnya dalam 5-10 menit sebelum penumpang yang sedang diantar sampai.

Kamu bisa mengaktivasi fitur ini dengan menggeser tombol online setelah menerima order, menjadi warna hijau. Bila ingin mematikannya cukup geser tombol ini kembali sehingga menjadi warna putih.

Hal yang perlu diingat adalah pembayaran yang dilakukan nilainya sama saja baik kamu yang menggunakan fitur ini atau tidak. Hanya saja kemungkinan kamu akan mencapai target lebih cepat bila mengaktivasi fitur ini, tapi hati-hati ya jangan sampai kamu kelelahan sendiri!

Penutup

Nah itulah tadi langkah-langkah mudah terkait cara daftar Grab Bike yang bisa kamu lakukan sehingga bisa menambah penghasilan bulananmu. Bila sudah mendaftar jangan lupa camkan bahwa GrabBike merupakan perusahaan jasa.

Maka amat mungkin dalam keseharianmu nantinya kamu akan menemui penumpang dengan sifat yang bermacam-macam, dan tentunya mungkin saja kamu akan menemui penumpang yang menyebalkan.

Bila sudah demikian, saran kami, sabar saja. Karena memang begitulah sifatnya layanan publik. Tetap semangat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *