fbpx

Cara Daftar Grab Car Untuk Tambah Penghasilan

Grab merupakan salah satu perusahaan taksi online yang boleh dibilang cukup menggurita, terutama di Asia Tenggara. Tidak terkecuali di Indonesia, karena memang Grab pun merupakan pemain lama di sini.

Sesuai dengan core bisnis mereka di awal, Grab dengan Grab Car nya saat ini memiliki pelanggannya yang cukup banyak dan terus bersaing dengan salah satu aplikasi serupa karya anak bangsa yakni Gojek.

Meski demikian kami tidak akan repot-repot membahas soal itu, melainkan kami akan membahas cara daftar Grab Car yang tentunya sudah terjamin bisa menambah penghasilan kamu sebelumnya.

Lebih dari itu bahkan banyak orang-orang yang menjadikan Grab Car sebagai mata pencaharian utama mereka, baik sebagai driver atau malah sebagai pemilik rental Grab Car. Keduanya cukup memberikan uang yang menjanjikan loh!

Langsung saja yuk kita bahas cara daftar Grab Car untuk tambahan penghasilan!

Baca Juga Penghasilan Driver Grab Car, Penghasilan Driver Go Car

Cara Daftar Grab Car

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendaftarkan diri sebagai mitra pengemudi Grab Car adalah dengan mendaftar baik melalui laman pendaftaran Grab Car ataupun dengan mengunjungi Grab Driver Center yang terdekat dengan tempat tinggalmu.

daftar grabbike

Kami sarankan sih kamu langsung mendaftar secara online, karena memang selain membutuhkan waktu, tidak semua kota memiliki Grab Driver Center yang bisa kamu datangi ketika kamu ingin mendaftar.

Di dalam laman tersebut kamu akan diminta untuk mengisi beberapa data dasar seperti nama lengkap, domisili tempat kamu ingin bekerja sebagai driver (bukan domisili tempat tinggal), jenis layanan yang ingin dipilih, nomor ponsel, hingga kode referensi bila memang kamu punya.

Dengan mengisi seluruh data dasar ini, secara otomatis kamu akan memiliki akun Grab Driver yang nantinya bisa digunakan untuk login aplikasi. Sehingga perlu diingat bahwa email dan nomor ponsel yang kamu masukkan pun nantinya akan menjadi email dan nomor ponsel yang akan digunakan di dalam aplikasi Grab Driver.

Setelah itu kamu akan diminta untuk menunggu sementara waktu karena memang kami yakin ada banyak orang yang mendaftarkan diri sebagai mitra driver Grab Car. Nah kamu bisa mengecek proses ini via email, bila dirasa terlalu lama tidak ada kabar.

Bila sudah diterima oleh pihak perusahaan, biasanya kamu akan diminta untuk mengisi formulir yang lebih lengkap dan kamu pun akan diminta untuk menyiapkan beberapa berkas tertentu terkait pendaftaran.

Adapun dokumen yang perlu kamu siapkan tersebut adalah:

  1. Formulir yang telah kamu isi sebelumnya.
  2. Fotokopi KK yang masih berlaku ketika kamu mendaftarkan diri.
  3. Fotkopi KTP yang masih berlaku ketika kamu mendaftarkan diri.
  4. Fotokopi SIM A yang masih berlaku ketika kamu mendaftarkan diri.
  5. Fotokopi STNK mobil yang masih berlaku ketika kamu mendaftarkan diri.
  6. Apabila tempat tinggal yang tercantum di KTP berbeda dengan lokasi tempat kamu ingin menjadi driver, kamu akan diminta untuk menyertakan surat keterangan domisili. Tidak ada format khusus dan kamu bisa mencarinya dengan mudah di mesin pencari Google.
  7. Surat keterangan sehat yang dibuat oleh dokter jika kamu berusia 50 tahun ke atas ketika mendaftarkan diri.
  8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku ketika kamu mendaftarkan diri.

Selain dari delapan persyaratan dokumen yang harus dipenuhi, ada beberapa persyaratan lain yang perlu kamu penuhi pula sebelum bisa menjadi driver Grab Car. Adapun beberapa persyaratan tersebut adalah:

  1. Kamu merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang bisa dibuktikan dengan KTP yang kamu berikan kepada pihak Grab.
  2. Berusia paling tua 55 tahun pada tanggal 31 Desember 2015.
  3. Tidak memiliki kekurangan fisik maupun mental, yang bisa dibuktikan melalui surat keterangan sehat yang kamu berikan dari dokter.
  4. Memiliki kemampuan baca dan tulis.
  5. Menguasai area dimana kamu akan menjadi driver Grab Car.
  6. Membayar uang top up awal Rp 150.000,- bila belum memiliki HP, atau Rp 100.000,- bila sudah memiliki HP.
    • HP yang diminta minimal merupakan HP Android dengan kapasitas RAM minimal 1 MB.
  7. Memiliki mobil sendiri dan diutamakan merupakan mobil MPV atau mobil yang tergolong ke dalam Family Car. Selain itu Grab Car juga memberikan ketentuan khusus dimana usia mobil yang ingin didaftarkan maksimal adalah 5 tahun ketika kamu mendaftarkan diri.

Setelah itu bila seluruh persyaratan di atas telah kamu penuhi, di-acc oleh perusahaan, saatnya kamu melanjutkan ke tahap selanjutnya yakni uji KIR. Sedikit berbeda dengan Grab Bike yang tidak mengharuskan pemilik motor melakukan uji KIR.

Selain itu sembari melakukan uji KIR kamu akan diberikan link video pelatihan yang wajib kamu selesaikan. Di akhir video biasanya akan terdapat kuis yang juga harus kamu jawab secara baik dan benar. Karena pelatihan online ini merupakan salah satu syarat diaktifkannya akun Grab Drivermu.

KIR sendiri merupakan uji yang diatur di dalam Peraturan Pemerintah Kementerian Perhubungan sebagai persyaratan wajib apabila kamu memiliki kendaraan yang sehari-hari digunakan untuk kendaraan sewa atau pengangkutan penumpang.

Prosesnya wajib dilakukan oleh mitra pengemudi Grab Car dan dilakukan setiap 6 bulan sekali. Kamu wajib loh mengikuti uji KIR, selain mematuhi aturan tentu saja uji KIR dilakukan sebagai bentuk keamanan Grab Car bagi para konsumen (penumpangnya).

Adapun proses uji KIR yang wajib kamu lakukan sebagai mitra Grab Car adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama-tama kamu harus bergabung dengan Koperasi PPRI ataupun Inkoppol sebelum bisa melakukan uji KIR. Bila belum maka kamu harus datang langsung ke PPRI ataupun Inkoppol di Maspion Plaza Lt. Dasar.
  2. Setelah menjadi anggota koperasi tersebut kamu harus mengambil paket formulir KIR di Maspion Plaza, ataupun kantor Grab dan bahkan melalui laman website resmi milik Grab.
  3. Lengkapilah dokumen di bawah ini
    • Fotokopi STNK yang masih berlaku ketika kamu ingin melakukan uji KIR.
    • Fotokopi KTP milik pengemudi dan fotokopi KTP pemilik mobil sesuai dengan yang tertera di STNK.
    • Fotokopi SIP milik pengemudi yang masih berlaku ketika kamu ingin melakukan uji KIR.
    • Surat pernyataan yang dibuat oleh pengemudi yang mencakup kesanggupan menjadi anggota koperasi serta perubahan jenis SIM yang dimiliki menjadi SIM UMUM.
    • Surat pernyataan yang dibuat pemilik kendaraan yang mencakup persetujuan kendaraan untuk digunakan sebagai angkutan sewa khusus oleh koperasi dan kesanggupan untuk mengikuti uji KIR.
    • Surat keterangan kesediaan fasilitas penyimpanan kendaraan angkutan sewa yang ditandatangani oleh ketua RT sesuai domisili.
  4. Untuk ketiga poin terakhir di atas, merupakan paket formulir uji KIR yang bisa kamu ambil langsung di Maspion Plaza Lt. Dasar ataupun Bekasi Town Square. Bila kamu tidak bisa hadir langsung maka kamu bisa mengunduh di laman situs resmi milik Grab.
  5. Datang ke lokasi uji KIR di PKB KEUR Pulo Gadung, Jl. Raya Bekasi Timur KM 18,5 Pulo Gadung, Jakarta Timur (021 478 61617).
  6. Biaya yang akan dikenai untuk melakukan uji KIR adalah Rp 92.000,- yang akan ditanggung sepenuhnya oleh Grab jika kamu melakukan uji KIR perdana dan sesuai dengan jadwal yang ditentukan koperasi.
  7. Bila sudah lulus uji KIR maka kamu akan diberikan buku KEUR kepada penanggung jawab koperasi dan kamu harus mengambilnya kembali di kantor koperasi di H+1. Buku ini wajib kamu miliki dan simpan di dalam kendaraan ya.
    • Selain itu nantinya pihak Dishub akan memberikan plat uji KEUR yang diletakkan di dalam ruang mesin.
    • Kamu juga akan diberikan stiker masa berlaku uji KIR yang diletakkan di kaca belakang samping di dalam mobil.

syarat uji kir grab

Oh iya sebelum melakukan uji KIR ada baiknya kamu melakukan pengecekan kendaraanmu sendiri terlebih dahulu. Ada beberapa indikator yang perlu kamu penuhi supaya mobilmu bisa lulus kir:

  1. Keadaan mobil ketika dilakukan uji KIR harus berada di dalam kondisi mekanik yang baik, ditandai dengan performa mobil yang baik.
  2. Pastikan bodi mobil kamu dalam keadaan yang baik tidak ada baret dan penyok.
  3. Bila mobilmu menggunakan tanduk, maka lepaslah tanduk tambahan tersebut.
  4. Pastikan mobilmu tidak menggunakan velg non-standar alias velg modifikasi.
  5. Selain itu pastikan pula bahwa roda penggunaannya tidak melebihi pemakaian 60%.
  6. Pastikan rem berfungsi dengan baik.
  7. Pastikan komponen kemudi mobil seluruhnya berfungsi dengan baik.
  8. Pastikan lampu mobilmu dalam keadaan menyala dan tidak pecah seluruhnya.
  9. Pastikan asap knalpot tidak tebal dan tidak berbau oli. Bila menggunakan knalpot racing kami sarankan kamu untuk menggantinya menjadi knalpot standar.
  10. Pastikan speedometer berjalan normal.
  11. Pastikan klakson berfungsi.
  12. Pastikan terdapat alat-atal keamanan tambahan di dalam mobil seperti P3K, dongkrak, hingga segitiga pengaman.
  13. Bila di mobilmu terdapat tempelan iklan maka kamu harus menyertakan bukti pembayaran pajaknya.

Bila kamu sudah memenuhi seluruh 13 poin di atas, kami jamin deh kamu pasti akan lulus uji KIR dan bisa segera bekerja sebagai driver Grab Car.

Baca Juga Cara Daftar Grab Bike, Penghasilan Grab Bike

Apakah Akun Akan Langsung Terverifikasi?

Sebagaimana yang telah kami jelaskan di awal bahwa akunmu baru bisa teraktivasi setelah kamu menyelesaikan seluruh rangkaian video dan kuis pelatihan driver online yang diberikan oleh pihak Grab.

Ketika kamu menyelesaikan pelatihan tersebut, dalam waktu paling lama 1×24 jam seharusnya pihak Grab akan secara otomatis mengaktivasi akun Grab yang kamu punya. Namun bagaimana bila belum teraktivasi juga?

Tenang saja, kamu bisa langsung mengakses laman situs bantuan resmi milik Grab dan di dalamnya kamu akan diminta untuk mengisi formulir khusus terkait masalah aktivasi akun Grab Driver mu.

Kamu nantinya akan diminta untuk mengeisi nama lengkap, nomor HP yang terdaftar, email yang terdaftar, kota tempat kamu terdaftar, jenis layanan yang kamu pilih (Grab Car), nomor KTP, tanggal pelatihan selesai, nomor SIM, nomor plat mobil, dan kirim formulir tersebut.

Mudah bukan? Bila sudah yuk pahami sedikit cara-cara mendasar dalam menggunakan akun Grab Driver yang telah kamu punya.

Cara Menggunakan Akun Grab Driver

akun grab driver

Untuk bisa menggunakan grab driver pertama-tama tentu saja kamu harus melakukan login ke dalam aplikasi yang telah kamu unduh sebelumnya. Kemudian kamu bisa langsung mengaktivasi sehingga penumpang bisa order.

Tunggu orderan masuk – setelah itu kamu tinggal bersabar deh sampai ada konsumen yang melakukan order grab car. Bila sudah ada order yang masuk kamu bisa langsung melihat tempat penjemputan dan tujuan dari si konsumen.

Bila kamu berkenan untuk mengambil order tersebut kamu bisa langsung klik jalankan, atau bila kamu tidak ingin mengambil orderan tersebut kamu juga bisa langsung klik tombol silang (x) di pojok kanan atas aplikasi.

Hubungi penumpang – bila kamu menerima orderan dari penumpang tersebut, tampilan dari aplikasi Grab Driver akan langsung berubah. Di sana kamu bisa memilih pilihan chat ataupun telepon peneumpang untuk menghubungi konsumen yang bersangkutan.

Di aplikasi Grab Chat sendiri kamu bahkan bisa melakukan pengiriman pesan chat langsung, mengirimkan pesan gambar kepada konsumen, hingga mengirimkan pesan suara kepada konsumen.

Bila memang penumpang tersebut tidak responsif saat berkomunikasi denganmu via chat, kamu bisa langsung memilih pilihan hubungi sehingga kamu bisa menghubunginya via telepon. Hanya saja tentu saja untuk menelpon penumpang tersebut kamu membutuhkan pulsa terisi di HP mu.

Setelah itu kamu bisa langsung janjian dengan penumpang terkait lokasi penjemputan. Jemput penumpang dan kemudian antarkanlah penumpang tersebut hingga sampai di tempat tujuan. Selalu ingat bahwa keselamatan diri dan penumpang adalah yang nomor satu ya!

Fitur terima orderan otomatis – salah satu fitur yang bisa kamu manfaatkan di dalam Grab Car yang menurut kami cukup menarik adalah fitur penerimaan orderan secara otomatis. Dengan fitur ini kamu akan diprioritaskan untuk mendapatkan orderan.

Hanya saja apabila kamu mengaktivasi fitur terima orderan otomatis ini, kamu tidak akan bisa menolak orderan yang masuk ke dalam aplikasimu. Artinya terlepas dari tujuan penumpang yang mungkin jauh atau tidak kamu kenal, kamu tidak akan bisa menolaknya.

Untuk bisa mengaktivasi fitur ini kamu cukup klik logo kilatan petir yang terdapat di pojok kanan atas aplikasi. Atau kamu pun bisa mengaktivasi ini di pilihan pengaturan umum dengan klik pilihan terima pekerjaan secara otomatis. Mudah ya!

Fitur booking marathon – bila dengan adanya fitur terima otomatis ini kamu masih merasa kurang gacor, kamu bisa mengaktivasi fitur booking marathon yang ditawarkan oleh Grab, yang lagi-lagi menurut kami cukup unik.

Karena bila kamu mengaktivasi fitur booking marathon ini, secara otomatis sistem akan mencarikanmu penumpang kira-kira 5-10 menit sebelum penumpang yang sedang kamu antarkan sampai di tujuan.

Memang sih kamu akan jauh lebih gacor dan bisa mendapatkan jauh lebih banyak uang bila mengaktivasi fitur ini. Tapi saran kami kamu tetap harus memperhatikan kesehatan tubuhmu sendiri ya, tentu saja karena dengan mengaktivasi fitur ini jumlah orderan bisa meningkat dan mungkin menyebabkan dirimu kelelahan.

Untuk bisa mengaktivasi fitur ini kamu cukup klik tombol online setelah menerima order dan mengubahnya menjadi warna hijau. Bila sudah capek klik tombol tersebut lagi sehingga berubah menjadi warna putih.

Baca Juga Cara Daftar Go Ride, Penghasilan Go Ride

Penutup

Itulah tadi cara daftar Grab Car yang cukup mudah, sehingga tentu saja kamu bisa menambah penghasilanmu. Meski demikian jangan pernah lupa bahwa kesehatan, serta keselamatan diri dan penumpang adalah yang utama.

Jangan sampai kamu tergiur uang yang banyak sehingga terus-terusan membawa mobil untuk mencari penumpang seharian. Tapi apapun itu, semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *