Cara dan Syarat Membuat Visa Amerika, Lengkap!

Amerika Serikat atau yang seringkali disebut dengan Negeri Paman Sam merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan wisata banyak orang. Banyak orang-orang yang ingin pergi ke Amerika Serikat dan mengejar American Dream mereka.

Tidak terkecuali dengan orang-orang di Indonesia. Banyak yang menjadikan Amerika Serikat sebagai salah satu negara yang ingin dikunjungi. Baik dengan tujuan berwisata saja, mengenyam pendidikan tinggi, hingga ingin menjadi warga permanen Negeri Paman Sam.

Tapi sebelum kamu bisa mengunjungi Amerika Serikat, tentu saja pertama kali kamu harus mendapatkan visa. Meski demikian visa bukanlah semata-mata tanda bukti bahwa kamu pasti bisa masuk ke Amerika Serikat.

Otoritas yang berwenang di Amerika Serikat bahkan secara terang-terangan berkata bahwa visa bukan merupakan jaminan bahwa orang asing bisa masuk ke Amerika Serikat. Visa hanya menandakan bahwa konsuler AS memberikanmu hak untuk mengajukan permohonan masuk ke Amerika Serikat dengan tujuan tertentu.

Ternyata memang agak ketat ya negara yang satu ini. Meski demikian kami telah merangkum cara dan syarat membuat visa Amerika yang bisa kamu lakukan kalau kamu ingin berkunjung ke Negeri Paman Sam ini. Yuk disimak aja!

Baca:


Jenis-Jenis Visa di Amerika Serikat

Jenis visa amerika

Secara garis besar Amerika Serikat mengeluarkan dua jenis visa yang bisa kamu ajukan kepada konsuler AS di Indonesia. Jenis yang pertama adalah visa non-imigran, dan jenis yang kedua adalah visa imigran.

Visa non-imigran dibuat oleh orang-orang yang hanya ingin tinggal selama periode waktu tertentu di AS untuk tujuannya masing-masing. Jenis visa non-imigran yang bisa kamu ajukan kepada konsuler AS diantaranya adalah:

  1. Visa Bisnis atau Wisatawan
  2. Visa Kerja
  3. Visa Pelajar
  4. Visa Pertukaran Pengunjung
  5. Visa Transit dan Kru Kapal
  6. Visa Agama
  7. Visa Pekerja Domestik
  8. Visa Wartawan dan Media

Sementara Visa Imigran merupakan visa yang secara khusus bisa kamu mohon untuk buat di konsuler AS dengan tujuan menjadi warga permanen AS. Visa Imigran ini merupakan salah satu langkah awal bagi seseorang yang ingin memperoleh kewarganegaraan AS.

Biar kamu tidak terlalu bingung lebih baik kita bahas saja yuk jenis-jenis visa dengan lebih dalam dan lebih mendetil.

Baca:


Membuat Visa Amerika untuk Bisnis/Wisatawan

visa amerika bisnis atau wisatawan

Visa Bisnis (B-1) atau Visa Wisatawan (B-2) merupakan jenis visa yang ingin melakukan perjalanan bisnis, berlibur, ataupun melakukan perawatan medis dalam jangka waktu tertentu yang telah ditentukan otoritas AS.

Kamu yang ingin berkonsultasi dengan rekan bisnis, menghadiri pertemuan ilmiah, pertemuan pendidikan, seminar profesi, ataupun bisnis, serta melakukan negosiasi kontrak bisa membuat visa tipe B-1.

Sementara kamu yang ingin melakukan perjalanan yang bersifat rekreasi, kunjungan teman ataupun kerabat, melakukan perawatan medis, ataupun segala jenis kegiatan yang sifatnya kegiatan sosial kekerabatan dan jasa bisa membuat visa B-2.

Untuk bisa mendapatkan visa B-1/B-2 ini, kamu harus bisa menunjukkan beberapa hal di bawah ini kepada petugas konsuler AS:

  1. Bahwa kamu merupakan seseorang yang hanya ingin melakukan kunjungan sementara.
  2. Bahwa kamu memiliki rencana tinggal hanya dalam jangka waktu yang sebentar dan terbatas.
  3. Bahwa kamu memiliki dana yang cukup untuk memenuhi biaya hidup mu kelak ketika berada di AS.
  4. Bahwa kamu memang memiliki tempat tinggal di luar negara AS dan kamu memiliki hubungan sosial atau ekonomi kepada orang-orang tersebut yang sifatnya mengikat. Intinya sih kamu harus meyakinkan mereka kalau kamu benar-benar akan kembali pulang ke Indonesia di akhir masa kunjunganmu ke AS.

Syarat Membuat Visa Amerika untuk Tujuan Bisnis/Wisatawan

syarat visa amerika bisnis/wisatawan

Syarat pertama yang harus kamu siapkan sebelum mengajukan permohonan pembuatan visa Amerika untuk tujuan ini adalah dengan menyiapkan beberapa dokumen di bawah ini:

  1. Permohonan elektronik Visa Non-Imigran dengan menggunakan formulir DS-160 yang bisa kamuunduh langsung di laman ini.
  2. Paspor asli milikmu dengan masa berlaku maksimal 6 bulan dari saat kamu tinggal di AS. (baca cara perpanjang paspor)
  3. Satu buah pasfoto berukuran 2 inchi x 2 inchi atau sekitar 5 cm x 5 cm dengan kriteria sebagai berikut:
    • Foto digital berukuran 600 px. x 600 px dengan ukuran maksimal 1200 px. x 1200 px. Foto ini ketika dicetak harus berukuran 2 inchi x 2 inchi atau sekitar 5 cm x 5 cm.
    • Ukuran wajah kira-kira memenuhi 50%-70% dari tinggi foto (2/3 bagian) dengan seluruh wajah dari ujung rambut hingga dagu terlihat jelas.
    • Tidak memakai topi dan penutup kepala lain, kecuali alasan agama misalnya hijab. Meski demikian seluruh wajah harus tetap terlihat, dengan kata lain kamu yang menggunakan burka harus membuka penutup wajahnya tanpa membuka jilbabnya. Selain itu bagi yang menggunakan hijab, usahakan agar garis rambut tetap terlihat.
    • Mata harus terlihat dengan jelas dan kepala terpusat di garis tengah foto.
    • Latar belakang rapi dan berwarna putih.
    • Jangan sampai ada bayangan yang menutupi bagian dari wajah ataupun latar belakang fotomu.
    • Foto harus tampak natural dan tidak diedit dengan menggunakan aplikasi pengedit gambar apapun.
  4. Tanda terima pembayaran yang menunjukkan proses permohonan visa non-imigran tidak bisa di refund sejumlah US$ 160 dan akan dibayarkan dalam rupiah.
  5. Dokumen pendukung lainnya yang sekiranya bisa membantu kamu mendapatkan visa AS pertamamu! Pastikan bahwa dokumen pendukung yang kamu bawa bukan dokumen palsu ya. Berikut ini adalah dokumen pendukung yang bisa kamu bawa untuk pembuatan visa Amerika:
    • Bukti pendapatan yang telah dilegalisir oleh perusahaan, bukti pembayaran pajak, bukti kepemilikan properti atau bisnis dan aset lainnya.
    • Jadwal perjalanan kamu selama di AS atau dokumen apapun yang bisa menjelaskan rencana perjalananmu selama di AS (itinerary)
    • Surat izin dari pemberi kerja apabila kamu merupakan karyawan. Di dalam surat tersebut harus tercantum posisi/jabatan, honor, berapa lama bekerja, dan tujuan bisnis (kalau ada)
    • Apabila pernah berurusan dengan hukum, lampirkanlah catatan pidana ataupun pengadilan.
  1. Bagi beberapa orang di bawah ini, sertakan pula dokumen pendukungmu
    • Bagi pelajar sertakan transkrip nilai terakhir, dan/atau ijazah terakhirmu. Sertakan pula bukti dukungan keuanganmu baik berupa rekening koran tiga bulan terakhir, slip deposito, dan bukti lain.
    • Bagi pekerja sertakan surat kerja terlegalisir dan slip gaji tiga bulan terakhir.
    • Bagi direktur dan pengunjung bisnis sertakan surat keterangan resmi yang menjelaskan posisimu, serta gajimu.
    • Bagi anak kurang dari 14 tahun sertakan akta kelahiran anak.
    • Bagi kamu yang ingin mengunjungi kerabat sertakan fotokopi bukti hubungan kamu dengan kerabatmu tersebut. Kamu bisa menyertakan greencard, sertifikat naturalisasi, visa kerabatmu, dan beberapa dokumen lain.
    • Bagi kamu yang pernah ke AS sebelumnya maka sertakan dokumen buktinya.
  2. Bagi orang yang ingin melakukan perawatan medis di AS, maka sertakan dokumen di bawah ini:
    • Surat keterangan berisi diagnosis medis dari dokter di Indonesia, sifat penyakit serta alasan mengapa pasien butuh dirawat di AS.
    • Surat dari fasilitas layanan kesehatan di AS yang telah bersedia mengobati penyakit pasien dengan rincian waktu serta biaya pengobatan secara penuh.
    • Surat pernyataan resmi mengenai keuangan individu tersebut dengan menyertakan bukti kesanggupan ekonomi dari penanggung jawab keuangan.

Membuat Visa Amerika untuk Keperluan Kerja

pekerja industri

Sebagaimana namanya, Visa Amerika untuk tujuan Kerja (Visa Tipe H, L, O, P, dan Q) merupakan visa yang dikeluarkan bagi pekerja-pekerja dengan kualifikasi khusus. Selain itu perbedaan utama pemegang visa kerja adalah mereka diperkenankan mendapatkan uang dari bekerja di AS.

Berikut adalah rincian berdasarkan jenis pekerjaan yang bisa mengajukan Visa Kerja:

  1. Pekerja Khusus (H-1B), yakni visa yang dibutuhkan bagi seseorang yang memiliki pekerjaan profesional tertentu dengan dasar gelar sarjana atau yang lebih tinggi. Selain itu orang-orang tersebut wajib memiliki keahlian khusus yang memang sedang dicari, dan ditentukan oleh USCIS (Keimigrasian AS).
  2. Pekerja Pertanian Musiman (H-2A) yang mengizinkan pengusaha AS membawa karyawan pertanian asing dalam jangka waktu sementara, dalam hal ini sesuai dengan musim tani yang sedang berlangsung.
  3. Pekerja Terampil dan Tidak Terampil (H-2B) diberikan kepada pekerja untuk melakukan pekerjaan sementara, dengan syarat sedang terjadi kekurangan jumlah tenaga kerja di AS. Kekurangan tenaga kerja dibuktikan oleh sertifikasi Departemen Tenaga Kerja yang diajukan oleh perusahaan di AS.
  4. Peserta Pelathian (H-3) yang diberikan kepada peserta pelatihan yang pelatihannya tidak bisa dilakukan di Indonesia selama jangka waktu maksimal dua tahun. Orang dengan visa H-3 diperkenankan untuk dibayar dan menangani pekerjaan resmi.
  5. Tanggungan (H-4) merupakan pasangan atau anak-anak (belum menikah, usia kurang dari 21 tahun) yang menemani pemegang visa kerja. Pemegang visa H-4 tidak diperkenankan bekerja di AS.
  6. Tranfer Perusahaan (L-1) yang diberikan kepada karyawan perusahaan multinasional yang ditransfer dari perusahaan yang sama di Indonesia ke AS. Karyawan yang berhak menerima visa L-1 adalah manajer, eksekutif, atau memiliki keahlian khusus yang diperlukan. Selain itu mereka juga wajib pernah bekerja di perusahaan yang sama di luar AS minimal selama 1 tahun dan dalam 3 tahun sebelum permohonan pembuatan visa L-1 ini. Perusahaan tempatmu bekerja juga diwajibkan memiliki petisi yang telah disetujui USCIS.
  7. Tanggungan (L-2) sama seperti visa H-4 namun khusus bagi tanggungan perseorangan pemegang visa L-1. Pasangan dari pemegang visa L-1 diperkenankan mencari kerja dengan syarat mengisi formulir I-765 dan biaya permohonan. Sementara anak-anak mereka tak diperkenankan untuk bekerja di AS.
  8. Kemampuan Luar Biasa (O) merupakan visa bagi orang-orang luar biasa di bidang ilmu pengetahuan, seni, pendidikan, bisnis, atletik, atau prestasi luar biasa di bidang perfilman, produksi TV serta personil pendukungnya.
  9. Seniman dan Entertainer (P) merupakan visa khusus bagi para atlet, entertainer, serta personil pendukungnya.
  10. Peserta program pertukaran budaya (Q) yang diberikan kepada orang-orang tersebut.

Seluruh pemohon di atas dapat mengurus permohonan pembuatan visa Amerika maksimal dalam waktu 90 hari.

Syarat Membuat Visa Amerika untuk Keperluan Kerja

visa amerika keperluan kerja

Berikut ini adalah dokumen yang wajib kamu siapkan untuk membuat visa Amerika untuk keperluan bekerja:

  1. Permohonan elektronik Visa Non-Imigran dengan menggunakan formulir DS-160 yang bisa kamu unduh langsung di laman ini.
  2. Paspor asli milikmu dengan masa berlaku maksimal 6 bulan dari saat kamu tinggal di AS.
  3. Satu buah pasfoto dengan kriteria khusus (lihat di bagian syarat membuat visa amerika untuk keperluan bisnis atau wisata di atas)
  4. Tanda terima pembayaran yang menunjukkan proses permohonan visa non-imigran tidak bisa di refund sejumlah US$ 160 dan akan dibayarkan dalam rupiah.
  5. Bagi pemohon visa kerja pertama kali, siapkanlah dokumen pendukung di bawah ini:
    • Bukti kualifikasi pekerjaan yang juga mencakup ijazah terakhir universitas
    • Surat keterangan bekerja dari perusahaan tempatmu bekerja. Mencakup posisi, proyek yang pernah dikerjakan, dan riwayat lamanya kerja.
    • Bagi pemohon yang masih memegang visa H-1B kirimkan slip gaji di tahun yang sama dan pengembalian pajak federalmu selama bekerja di AS (Formulir 1040 IRS dan W-2). Sertakan pula nama serta kontak personil manajer di divisimu saat ini dan sebelumnya serta CV yang kamu punya.
  6. Dokumen bagi tanggungan
    • Sertifikat pernikahan dan/atau akta kelahiran.
    • Fotokopi paspor apabila permohonan visa waktunya berbeda dengan penanggung.
    • Surat dari perusahaan pasangan bahwa pekerjaan ini berlanjut.
    • Bila pasanganmu bekerja di AS menggunakan visa H1-B silahkan lihat dokumen poin (5c) di atas.

Membuat Visa Amerika untuk Pelajar

pelajar harvard pendatang

Sementara kamu yang ingin belajar ke AS, kamu juga bisa membuat visa khusus bagi pelajar. Syarat utama pembuatan visa ini adalah telah lebih dulu diterima dan disetujui oleh institusi pendidikan di AS.

Jenis Visa Pelajar yang bisa kamu buat di Konsuler AS adalah sebagai berikut:

  1. Visa F-1 yang merupakan visa pelajar paling umum. Kamu yang ingin kuliah, sekolah SMA, atau menjalankan program bahasa inggris di AS bisa mengajukan visa F-1. Poin penting dari pengajuan visa F-1 adalah, bila jam belajarmu lebih dari 18 jam per minggu maka kamu wajib mengajukan visa jenis ini.
  2. Visa M-1 yang merupakan visa khusus bagi para peneliti non akademis ataupun kejuruan serta pelatihan di institusi pelatihan di AS.

Alasan tidak adanya visa pelajar bagi anak-anak usia TK-SMP adalah karena AS tidak mengizinkan pelajar asing untuk ikut serta di dalam pendidikan sekolah dasar umum mulai dari TK hingga kelas 8, namun bisa diberikan pada anak kelas 9 hingga kelas 12 dengan jangka waktu maksimal 12 bulan di sekolah tersebut.

Selain itu para pelajar ini juga tidak diperkenankan untuk mengikuti pendidikan bagi orang dewasa dimana lembaga pendidikannya didanai oleh masyarakat.

Poin penting bagi pemilik visa F-1 atau M-1 adalah mereka wajib mengikuti studi dan bila keluar dari studi selama lebih dari 5 bulan, visa mreka akan dicabut. Kecuali selama 5 bulan mereka pergi ke luar AS dalam program yang masih mencakup studi.

Syarat Visa Amerika untuk Pelajar

visa amerika pelajar

Sama seperti syarat pembuatan beberapa jenis visa di atas, kamu membutuhkan formulir permohonan, paspor, pasfoto, dan tanda terima. Beberapa dokumen pendukung tambahan yang perlu kamu siapkan adalah:

  1. Formulir I-20 yang telah disetujui oleh program pendidikan di AS.
  2. Dokumen yang mampu menunjukkan kemampuan finansial, sosial, serta ikatan keluarga di Indonesia
    1. Bukti pojong pajak penanggung, slip gaji penanggung, rekening koran penanggung
    2. Kartu keluarga
    3. Dokumen serupa lainnya.
  3. Dokumen akademik yang berhubungan dengan persiapan pendidikan
    1. Salinan asli transkrip terlegalisir
    2. Sertifikat EBTA (A-Level, O-Level, dan sejenisnya)
    3. Nilai tes standar bahasa (SAT, TOEFL, dan sejenisnya)
    4. Ijazah terakhir

Membuat Visa Amerika untuk Pertukaran Pengunjung

pertukaran pengunjung amerika

Pertukaran pengunjung yang dimaksudkan disini dalah seesorang yang memiliki pengetahuan ataupun keterampilan di bidang pendidikan maupun seni dengan tujuan promosi. Kamu yang memiliki kualifikasi tersebut, berhak mendapatkan visa J.

Syarat Visa Amerika untuk Pertukaran Pengunjung

Persyaratan yang dibutuhkan bagi pemohon Visa J adalah sama dengan syarat yang dibutuhkan bagi pemohon Visa Amerika untuk Pelajar (Visa F-1 dan Visa M-1). Yuk ditengok lagi persyaratan di bagian sebelum ini.


Membuat Visa Amerika untuk Transit dan Kru Kapal

Kru kapal

Kedua visa ini bisa dibuat bagi kamu yang hanya singgah sebentar saja di Amerika Serikat. Kamu yang ingin membuat visa transit bisa mengajukan pembuatan Visa C, sementara kamu yang merupakan seorang kru kapal bisa mengajukan pembuatan Visa D.

Untuk pembuatan Visa C kamu harus bisa membuktikan maksud transit di Amerika Serikat, bukti tiket pesawat atau moda transportasi lain ke tempat tujuanmu selain Amerika, dana yang cukup untuk transit, serta izin masuk negara tujuan.

Sementara bagi anggota kru kapal (dalam hal ini kru pesawat terbang) bisa mengajukan Visa D. Pada beberapa kasus kru tersebut diizinkan untuk membuat Visa C-1 sekaligus Visa D, namun di beberapa kasus justru mereka juga tidak diperbolehkan otoritas membuat keduanya sekaligus.

Untuk pembuatan Visa D kamu harus bisa membuktikan tujuanmu ke AS benar-benar hanya sebagai kru perjalanan, kamu tidak dibayar oleh pihak yang berada di AS kecuali memiliki persetujuan untuk membuat visa kerja sementara, kamu memiliki rencana tinggal sementara dan bisa membuktikan kalau secara finansial mampu membiayai waktu tinggal tersebut.

Syarat Membuat Visa Amerika untuk Transit dan Kru Kapal

visa transit / kru kapal

Khusus bagi kamu yang ingin membuat Visa C-1 ataupun Visa D, bisa melampirkan beberapa dokumen umum serupa dengan syarat umum di atas yakni formulir, paspor, pasfoto, dan tanda terima pembayaran. Sementara dokumen tambahan yang perlu kamu bawa adalah:

  1. Buku pelaut dengan masa berlaku di luar tanggal berakhir masa kontrak pekerjaan serta buku-buku pelaut sebelumnya. Jika kamu tidak bisa menunjukkan buku pelaut tersesbut, kamu perlu menyerahkan laporan resmi kehilangan buku tersebut.
  2. Bukti kesangupan finansial.
  3. Surat keterangan perusahaan.
  4. Rencana perjalanan.
  5. Tujuan dari perjalanan.
  6. Surat dari kantor pusat perusahaan atau (lagi-lagi) buku pelaut bagi kru pesawat ataupun kru kapal.

Membuat Visa Amerika bagi Pekerja Agama

pekerja agama

Pekerja bidang Keagamaan yang dimaksud di dalam peraturan yang dibuat oleh pihak AS adalah orang-orang yang secara legal bekerja di dalam organisasi yang memang dikenal memberikan pelayanan keagamaan, ataupun pekerja yang terlatih dan bekerja di dalam bidang keagamaan. Visa ini dikenal dengan Visa kategori R.

Kriteria khusus yang diberikan oleh pihak imigrasi AS untuk pembuatan visa jenis ini adalah:

  1. Harus merupakan anggota denominasi/aliran agama yang telah dikenal sebagai organisasi agama nonprofit di AS.
  2. Denominasi atau aliran tersebut merupakan pengecualian pajak atau memiliki statu pengecualian pajak.
  3. Orang tersebut haruslah:
    1. Menjadi anggota denominasi minimal dua tahun
    2. Memiliki rencana bekerja sebagai minister denominasi, atau terlibat dalam kerja keagamaan dan/atau pelatihan organisasi ternama nonprofit
    3. Telah tinggal dan berada di AS di tahun sebelumnya jika sudah tinggal lima tahun sebagai kategori ini.

Selain itu ada catatan khusus bagi organisasi keagamaan yang ingin mengirimkan orangnya, yakni mereka wajib mengajukan formulir I-129 dan harus disetujui USCIS sebelum orangnya bisa mengajukan Visa ini.

Syarat Mengajukan Visa Amerika untuk Pekerja Agama

religious worker visa application

Khusus bagi kamu yang ingin membuat Visa Pekerja Agama, bisa melampirkan beberapa dokumen umum serupa dengan syarat umum di atas yakni formulir, paspor, pasfoto, dan tanda terima pembayaran. Sementara dokumen tambahan yang perlu kamu bawa adalah:

  1. Nomor bukti penerimaan yang telah dicetak pada formulir petisi I-129 yaang sudah disetujui oleh pihak USCIS.
  2. Surat keterangan dari unit khusus yang berwenang melegalisasi organisasi pekerja agama tersebut.
  3. Remunerasi yang mencakup jumlah dan sumber gaji serta kompensasi danbonus-bonus tambahan yang didapatkan.
  4. Nama serta lokasi unit organisasi dari orang yang ingin mengerjakan pelayanan keagamaannya.
  5. Bukti aset dan pengelolaan organisasi keagamaan tersebut.
  6. Dokumen legal dan resmi terkait organisasi keagamaan tersebut yang dikeluargaan oleh kementerian terkait di Indonesia.

Membuat Visa Amerika untuk Pekerja Domestik

pekerja domestik

Pekerja domestik atau yang lebih lazim dikenal sebagai pekerja atau asisten rumah tangga yang menemani majikannya ke AS bisa memperoleh visa B-1 sesuai dengan visa yang dimiliki majikannya.

Dengan kata lain apabila majikannya merupakan diplomat ataupun petugas resmi, maka asisten rumah tangga tersebut berhak mengajukan visa A-3 ataupun G-5 bergantung dari status visa yang dimiliki oleh majikannya.

Perbedaan dengan pengajuan visa lain adalah, kamu wajib memperlihatkan kontrak kerja dalam bahasa Inggris dan Indonesia yang telah disepakati olehmu dan majikanmu. Isinya adalah:

  1. Rincian kerjaan sebagai asisten rumah tangga di AS.
  2. Jam kerja dalam satu minggu.
  3. Jumlah pembayaran setiap hari libur resmi, cuti, serta cuti sakit per tahun.
  4. Hari libur per minggu.
  5. Gaji per jam yang harus mengacu kepada yang berlaku, lokasi pekerjaan, serta jam kerja.
  6. Ketentuan yang menyebutkan bahwa honor dibayarkan per minggu atau per dua minggu.
  7. Pemotongan gaji diperbolehkan namun dengan ketentuan khusus.
    • Seorang diplomat boleh memotong 20% upah untuk biaya makan tiga kali per hari.
    • Asisten rumah tangga yang menginap wajib mendapatkan makan dan tempat tinggal yang layak secara cuma-cuma dan tidak boleh dipotong dari upah.
  8. Pernyataan bahwa kamu tidak akan menjadi beban masyarakat, tidak akan menerima tawaran kerja dari pihak manapun selama masih terikat kontrak, dan akan mendapat akomodasi dan makan secara cuma-cuma.
  9. Pernyataan bahwa majikanmu tidak akan menahan paspormu atas alasan apapun, akan membiayai perjalanan awalmu ke AS hingga tempat-tempat berikutnya selama kamu masih dipekerjakan, dan akan memetuhi segala aturan Federal, Negara Bagian, dan Undang-Undang Lokal.
  10. Pernyataan bahwa baik dirimu ataupun majikanmu telah mengerti bahwa kamu tidak bisa dipaksa bekerja diluar jam kerja tanpa kompensasi.

Wah kalau dilihat disini memang ya tenga kerja apapun di AS sangatlah dihargai. Terlihat dari butir-butir template kontrak yang telah dibuat oleh pemerintah negara ini.

Syarat Membuat Visa Amerika untuk Pekerja Domestik

Khusus bagi kamu yang ingin membuat Visa Pekerja Domestik (B-1, A-3, atau G-5), bisa melampirkan beberapa dokumen umum serupa dengan syarat umum di atas yakni formulir, paspor, pasfoto, dan tanda terima pembayaran.

Dokumen tambahan yang dibawa khusus bagi pemohon visa A-3 dan G-5 adalah catatan verbal mengenai status kerja pada majikan, urutan perjalanan lengkap, hingga waktu masa tinggal di AS. Sertakan pula pemberi kerja dan jabatan serta status resmi majikan.

Selain itu pastikan bawa beberapa persyaratan tambahan di bawah ini:

  1. Bukti kemampuan majikan untuk membayarkan honor pekerja domestic.
  2. Bukti bahwa kamu hanya akan tinggal sementara, memiliki kehidupan personal di luar AS dan tidak akan meninggalkan kehidupannya tersebut.
  3. Memiilki pengalaman bekerja sebagai pekerja domestik minimal 6 bulan pada Warga Negara AS, 1 tahun pada warga negara asing, atau telah bekerja pada majikan sebelumnya yang dapat dibuktikan dengan dokumen surat keterangan.
  4. Bukti bahwa kamu hanya akan bekerja dengan orang yang mensponsori akomodasimu di AS.
  5. Fotokopi paspor majikan dengan visa dan formulir permohonan visamu.
  6. Majikan harus mendampingi pekerja domestik bagi yang pertama kali akan membuat visa. Sementara pada permohonan berikutnya, majikan harus menunjukkan bukti pembayaran langsung ke nomor rekening bank milik pekerja domestic tersebut.

Catatan khusus bagi majikan yang memiliki izin tinggal permanen di AS alias greencard. Orang-orang ini tidak diperkenankan untuk membawa pekerja rumah tangga asing ke dalam AS dengan alasan apapun.

Membuat Visa Amerika untuk Wartawan dan Media

wartawan dan media amerika

Visa jenis ini biasa dikenal dengan Visa I dan khusus dibuat bagi perwakilan media asing dari negara tertentu. Perwakilan media tertentu ini mencakup anggota pers, radio, film, penerbitan, reporter, kru film, redaktur, dan pekerjaan sejenisnya yang pergi ke AS untuk pekerjaannya.

Bagi wartawan paruh waktu (freelancer) hanya akan bisa membuat Visa I apabila memang ia memegang mandate dari organisasi jurnalistik profesional, memiliki kontrak dengan organisasi media, memberi informasi yang bukan merupakan iklan ataupun hiburan komersil.

Sementara khusus visa untuk fotografer, mereka tidak perlu membuat visa I ini. Mereka diizinkan masuk ke AS hanya dengan menggunakan visa B-1 walaupun memiliki tujuan pemotretan di Amerika Serikat.

Selain itu seluruh profesi yang berhubungan dengan media tetap bisa membuat Visa B-1/B-2 apabila pergi ke AS dengan tujuan konfrensi atau pertemuan, pemberi ceramah, pemberi kuliah dan kegiatan akademik lain, keperluan pembelian alat-alat media, dan liburan.

Sementara itu seluruh profesi ini juga diizinkan membuat Visa Kerja (H, O, atau P) jika pergi ke AS dengan sebagai korektor, pustakawan, perancang perangkat, membuat materi komersil atau iklan, liputan yang bernilai hiburan atau peristiwa yang diatur (reality show) dan kuis, produksi konten artistik.

Adapun tanggungan yang ikut menemani pemohon visa I ini diperkenankan untuk membuat visa kunjungan B-2 atau Visa turunan I. Tanggungan tidak diperkenankan untuk bekerja walaupun memiliki kedua jenis visa di atas.

Syarat Membuat Visa Amerika untuk Wartawan dan Media

Khusus bagi kamu yang ingin membuat Visa I, bisa melampirkan beberapa dokumen umum serupa dengan syarat umum di atas yakni formulir, paspor, pasfoto, dan tanda terima pembayaran. Dokumen wajib lainnya adalah:

  1. Bagi staf wartawan membawa surat dari atasan dengan rincian surat keterangan kerja (nama, jabatan, tujuan tinggal di AS).
  2. Bagi wartawan lepas sertakan fotokopi kontrak dengan surat keterangan kerja seperti pada poin (1).
  3. Kru film media membawa surat keterangan kerja seperti poin (1) ditambah detail singkat dari program atau acara yang dibuat serta lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek tersebut.
  4. Kru produksi independen, membawa surat layaknya dokumen-dokumen di poin (3).
  5. Bagi pewawancara bawalah kartu pers atau kartu identitas resmi.
  6. Surat dari atasan yang memberikan gambaran tujuan perjalanan ke AS, lamanya waktu proyek, riwayat lama kerja dengan atasan tersebut, serta riwayat pengalaman jurnalistikmu.

Menyiapkan Biaya Pembayaran Visa Amerika

Setelah kamu mengetahui visa jenis apa yang ingin kamu buat, jangan lupa siapkan seluruh dokumen yang wajib kamu persiapkan. Kalau sudah jangan lupa lakukanlah pembayaran sesuai dengan jenis visa yang ingin kamu buat. Berikut daftarnya.

  1. Visa Tipe B, C-1, D, F, I, J, M, T (korban human trafficking), TN/TD (NAFTA), U (korban kejahatan kriminal) membayarkan sejumlah US$ 160.
  2. Visa Tipe H, L, O, P, Q, R, CW (transitional workers CNMI) membayarkan biaya pembuatan visa sejumlah US$ 190.
  3. Visa tipe E (treaty trader, investor, profesional Australia) membayarkan biaya pembuatan visa sejumlah US$ 205.
  4. Visa Tipe K (tunangan atau pasangan sah dari Warga Negara AS) membayarkan biaya pembuatan visa sejumlah US$ 265.

Selain itu ada beberapa biaya tambahan bagi pemohon visa jenis tertentu, biaya tambahan tersebut adalah:

  1. Biaya pencegahan dan pendeteksi penipuan bagi pemohon Visa L sejumlah US$ 500
  2. Biaya sistem informasi pelajar dan pengunjung pertukaran sejumlah US$ 200 bagi pemilik formulir I-20 dan US$ 180 pagi pemilik formulir DS-2019.

Biaya ini harus langsung kamubayarkan dengan menggunakan mata uang Rupiah. Oleh karena itulah kamu harus rajin-rajin mengecek biaya tukar dihari yang bersesuaian pada saat kamu ingin membayarkan.

Kamu bisa membayarkan menggunakan dua cara umum, yakni:

  1. Electronic Funds Transfer (EFT) yakni dengan cara membuat profil di dalam laman ini. Kemudian klik Schedule My Appointment dan ikuti langkah pengisian yang ada. Nah di bagian pembayaran pilihlah opsi EFT dan kamu akan diberikan nomor akun virtual. Cetaklah deposit tersebut. Lakukan pembayaran melalui m-banking yang kamu punya dengan tujuan di bawah. Kemudian tunggulah aktivasi pembayaran dan jadwalkan janji temu menggunakan nomor virtual akunmu.
    • Nama Penerima BANA RE CGI FED INC VISACOL
    • Bank Penerima Bank of America, N.A. – Cabang Jakarta, Indonesia
    • Kode Bank 0330301
    • Rekening masukkan 16 digit nomor akun virtualmu
    • Jumlah sesuai dengan biaya masing-masing Visa
  2. Pembayaran tunai di CIMB Niaga, dengan cara yang serupa dengan cara di atas. Hanya saja bayarkan secara langsung di salah satu cabang CIMB Niaga. Waktu pembayaran di CIMB Niaga adalah pukul 9.00 hingga 15.00.

pembayaran tunai visa cimb niaga

Catatan penting yang perlu kamu ketahui adalah apabila kamu membayar menggunakan EFT kamu diperkenankan menjadwalkan wawancara kapanpun di atas pukul 15.00 di hari kerja, sementara jika membayar via CIMB niaga kamu bisa melakukan wawancara kapanpun di atas pukul 12.00 di hari kerja.

Untuk membuat janji temu kami sarankan kamu membuatnya paling tidak 3 bulan sebelum perjalanan. Semakin cepat kamu membuat janji temu tentu saja semakin baik proses ini akan berlangsung.

Untuk informasi lebih lanjut terkait waktu tunggu janji temu hingga ketersediaan jadwal wawancara, kamu bisa langsung membuka laman resmi ini.

Pada saat wawancara kamu juga akan diambil sidik jarinya. Proses ini akan dilakukan secara cepat kepada seluruh pemohon kecuali bagi pemohon yang pergi dalam rangka perjalanan dinas, pemohon anak usia kurang dari 14 tahun, dan pemohon dengan usia di atas 80 tahun.

Nah itulah informasi mengenai cara dan syarat membuat visa Amerika yang bisa kami bagikan kepada kamu. Kami jamin deh ‘enggak ada lagi tempat lain yang menyajikan cara dan syarat membuat visa AS dengan lebih lengkap dan ringkas seperti kami.

Oh iya selamat membuat visa ya. Walaupun terkenal sulit, semoga visa AS mu bisa segera dikeluarkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *