fbpx

Cara Irit Pulsa dan Kuota di Game Online!

Di zaman dengan internet yang cepat seperti saat ini, bermain game online boleh jadi sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat yang tidak terpisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Lihat saja jumlah pemain game online yang meningkat setiap waktu.

Selain dari faktor internet, nampaknya harga ponsel dan laptop dengan spesifikasi tinggi yang semakin turun juga membuat banyak orang dari berbagai kalangan memutuskan untuk bermain game online.

Mulai dari para pegawai paruh baya, remaja, hingga anak-anak SD dan SMP dengan berbagai game nya masing-masing.

Meski demikian ada satu permasalahan yang seringkali dialami para pemain game online ini. Terutama bagi anak-anak SD dan SMP yang kuota internetnya seringkali dijatah oleh orang tua mereka dari uang jajan.

Seringkali orang-orang ini mengalami habis kuota, padahal baru tengah bulan. Nah kalau sudah gini kan repot.

Tapi tenang saja, buat kamu yang fakir kuota, kita punya kok tips mengenai cara irit pulsa dan kuota di online game. Biar besok-besok kamu bisa tetap bermain deh walaupun habis kuota di tengah bulan.


Matikan Fitur Auto Update App

Matikan fitur auto update app

Auto update adalah salah satu fitur umum yang terdapat di dalam ponsel pintar kita. Fitur ini merupakan fitur yang pasti ada di ponsel jenis maupun sistem operasi apapun, karena memang berfungsi untuk memastikan aplikasi di ponsel kalian selalu terbarui.

Meski terdengar bermanfaat (dan memang bermanfaat), fitur auto update app nyatanya merupakan salah satu fitur yang paling banyak menyedot pulsa milik si pengguna ponsel cerdas. Apalagi fitur ini terkadang muncul tanpa sepengetahuan si pengguna.

Untuk menonaktifkan fitur auto update app ini kamu bisa langsung mematikannya di pengaturan Play Store bagi pengguna Android ataupun App Store bagi kamu yang saat ini menggunakan Apple.

Ketika kamu membuka bagian pengaturan, harusnya kamu bisa langsung menemukan pilihan update otomatis yang hanya aktif apabila kalian tersambung dengan WiFi. Pilihlah pilihan tersebut, dan ponsel kalian sekarang pasti akan langsung aman dari penyedot kuota ini.


Matikan Push Notification pada Aplikasi Media Sosialmu

Matikan push notif pada sosmed

Pernahkah kamu gagal Chicken Dinner hanya karena mendadak muncul notifikasi Whats App di saat kamu bermain PUBG? Atau kamu malah tewas mengenaskan saat bermain Mobile Legends karena muncul notifikasi LINE?

Nah hal ini bisa dikatakan sebagai salah satu penyebab kuota menjadi boros. Meski sejujurnya memang hal ini tidak banyak berpengaruh terhadap pemakaian kuota internetmu, karena notifikasi hanya memakan sebagian kecil dari kuotamu.

Meski demikian kami tetap menyarankan kamu mematikan push notification dari aplikasi-aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting dan tidak terlalu berpengaruh terhadap game yang rajin kamu mainkan.

Caranya amat mudah, kamu tinggal membuka menu settings dan carilah submenu notifications. Di dalam submenu tersebut kamu bisa langsung pilih untuk membatasi notifikasi atau bahkan mematikan notifikasi dari aplikasi tertentu.

Dengan cara ini, aktivitas bermain game mu tidak akan terganggu deh. Tapi ingat ya, kalau kalian sering menerima pesan-pesan penting bijaklah dalam memilih notifikasi mana yang harus dimatikan 100%.


Manfaatkan Data Manager

Data manager

Salah satu aplikasi pembatas kuota yang banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia saat in iadalah data manager. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur batas penggunaan internet dari setiap aplikasi per bulannya.

Misalnya kamu bisa mengatur batas data Instagram sebesar 500 MB dan Youtube sebesar 1,5 GB per bulannya. Apabila kamu menganggap kedua aplikasi ini merupakan aplikasi penyedot kuota di ponselmu.

Dengan cara ini, kamu bisa lebih bijak dalam menggunakan paket datamu. Tentu saja implikasinya adalah kamu bisa lebih hemat dalam menggunakan paket data, dan pastinya kamu akan irit pulsa deh.

Kamu bisa langsung mengunduh aplikasi data manager di Play Store maupun App Store. Beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan kalian untuk unduh misalnya Opera Max, Onavo, Internet Speed Meter Lite, My Data Manager, dan Data Usage Monitor.


Bermainlah Ketika Sinyal Ponselmu Sedang ‘Sehat’

Salah satu penyebab kuotamu lebih cepat habis adalah internet yang tidak sehat. Mengapa demikian? Karena apabila kamu memainkan game online dengan kondisi internet yang putus-putus, kemungkinan besar kamu akan mengalami log out mendadak bukan?

Mau tidak mau kamu harus melakukan log in kembali ke dalam permainan. Nah proses log out – log in yang terus-terusan berulang inilah yang kemudian akan menyedot kotamu, dan juga tentu saja menyulut amarahmu.

Selain boros kuota, koneksi yang tidak stabil ini juga akan membuat ponselmu bekerja keras dalam mencari sinyal. Akibatnya baterai ponsel yang kamu gunakan bermain pun akan cepat sekali terkuras.

Solusinya tentu saja dengan bermain game online hanya ketika sinyal ponselmu sedang baik. Yah walaupun kami tahu juga sih terkadang dorongan untuk bermain game memang sedemikian kuatnya sehingga kamu sulit melawannya.


Carilah WiFi Gratisan

Konferensi pers peluncuran wifi gratis

Sebagai fakir kuota, mencari-cari WiFi gratis barangkali sudah ada di dalam manual book mereka, dan saya juga tentunya. Dengan WiFi gratisan ini tentu saja kamu akan bisa menghemat kuota ponselmu.

Meski demikian berhati-hatilah, jangan sampai kamu salah masuk tempat WiFi gratisan. Kalau kamu pergi ke kafe hanya untuk mencari WiFi gratis, artinya kamu gagal paham. Justru kamu akan rugi, apalagi kalau standar harga di kafe tersebut terlalu tinggi.

Saran kami, kamu bisa mencari WiFi gratis di berbagai tempat umum. Di beberapa tempat di DKI Jakarta misalnya bahkan sudah terpasang WiFi gratis dari Pemerintah Provinsi. Selain itu kamu juga bisa mencari WiFi gratis di stasiun, sekolah, hingga kampus tempatmu belajar.

Tapi tentu saja WiFi gratis yang paling nikmat adalah di rumah teman. Karena WiFi rumahan di zaman sekarang sudah pasti memiliki kecepatan yang amat tinggi, sehingga membuat pengalaman bermain game online menjadi luar biasa.


Gunakan Modem WiFi MiFi atau Kartu Ganda

Modem WiFi MiFi

Sebelumnya kami minta maaf dulu, karena judul yang kami tulis adalah cara irit pulsa dan kuota di online game. Tapi kok kami malah suruh kamu untuk beli modem dan kartu sim baru.

Eits, jangan salah paham dulu. Saran terakhir ini bisa digunakan buat kamu yang menggunakan kartu lama dengan nomor yang sudah diketahui banyak orang. Tapi kamu ingin paket internet yang murah.

Kamu bisa loh membeli modem baru dengan berbagai macam operator yang bertebaran saat ini. Meski terdengar mahal, kalau penggunaan internetmu cukup besar cara ini justru akan membuatmu berhemat lebih banyak.

Kebiasaan buruk pengguna kuota internet yang besar adalah dengan membeli paket tambahan harian atau mingguan dengan harga relatif mahal. Seringkali tanpa sadar mereka “meneruskan” paket-paket harian tersebut karena hasrat bermain atau menonton online nya tidak terpenuhi.

Daripada kebiasaan buruk macam itu diteruskan (apalagi banyak operator yang menawarkan kuota harian saat ini), lebih baik kamu membeli satu lagi SIM dengan operator internet yang murah dan menawarkan kuota yang lebih besar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *