Cara Isi Ulang Token Listrik PLN Paling Benar!

Pada tahun 2008 PLN sukses membuat terobosan baru dengan meluncurkan listrik pascabayar pertama di Indonesia. Program tersebut boleh dikatakan sukses, apalagi melihat penyebaran program yang saat ini sudah merata di kota-kota besar di Indonesia.

Penggunaan token listrik di kota besar mulai digemari karena memang dianggap mempermudah pelanggan dalam mengatur listrik bulanan mereka. Bisa dikatakan sama seperti sistem pulsa bulanan pada telepon seluler mereka.

Mengingat luasnya perkembangan listrik prabayar ini, PLN pun mengembangkan berbagai cara isi ulang token listrik PLN tersebut. Hal ini tentu saja untuk memudahkan para pelanggan listrik prabayar mereka.

Sebelumnya kamu bisa cek cara hitung besaran kWh listrikmu disini!

Cara Isi Ulang Token Listrik

listrik pintar

Apapun merk dari meteran listrik prabayar yang kamu punya, pada dasarnya cara mengisi ulang voucher listriknya akan sama saja. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Pastikan kamu sudah memiliki 20 digit token listrik yang sudah kamu beli sebelumnya. Pastikan juga 20 digit tersebut memang sesuai dengan ID pelanggan PLN yang kamu punya.
  2. Masukkan 20 digit tersebut ke dalam meteran listrik, sekali lagi apapun merk meteran listriknya kamu tinggal tekan seluruh 20 digit tersebut tanpa perlu menekan apapun sebelumnya.
  3. Kemudian tekan tombol Enter yang biasanya berada di pojok kanan bawah tombol angka di meteran. Jika kamu memasukkan 20 digit tersebut dengan benar, di layar LED meteran akan muncul tulisan BENAR dan kemudian pulsa listrikmu akan bertambah secara otomatis.

Cara Isi Ulang Token Listrik PLN Via ATM

token listrik atm

Cara ini merupakan salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh para pelanggan listrik prabayar PLN. Baik pelanggan usia tua maupun usia muda, tentu saja terkait dengan kemudahannya. Apalagi kebanyakan pelanggan usia tua belum familiar dengan m-banking.

Selain itu cara isi ulang via ATM ini pun sudah dimiliki oleh PLN sejak awal kemunculan Listrik Pintar di Indonesia. Secara umum, untuk melakukan pembelian token listrik via ATM adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan kartu ATM yang kamu punya, dan masuklah ke dalam gerai ATM sesuai dengan kartu ATM tersebut.
  2. Masukkan PIN dan pilih bahasa indonesia agar lebih mudah.
  3. Setelah itu kamu bisa pilih menu pembayaran PLN yang berbeda-beda untuk setiap bank. Mudahnya kamu bisa lihat di bawah:
    1. ATM Mandiri pilih Pembayaran lalu Multi Payment.
    2. ATM BNI pilih Pembayaran lalu Pembelian Token PLN.
    3. ATM BCA pilih Voucher Isi Ulang lalu Lainnya dan PLN Prepaid.
    4. ATM BRI pilih Pembelian lalu PLN dan kemudian Pra Bayar.
    5. Untuk lebih lengkapnya, kami sarankan kamu tengok artikel kami yang satu ini: Cara Beli Token Listrik Via ATM.
  4. Setelah itu (bank apapun yang kamu gunakan) pasti akan memintamu untuk mengisi 11 digit nomor ID Pelangganmu. Khusus Bank BNI jangan lupa tambahkan angka nol (0) di depan 11 digit tersebut.
  5. Kemudian pilihlah nominal token yang ingin kamu beli. Kamu bisa memilih mulai dari Rp 20.000,- Rp 50.000,- Rp 100.000,- Rp 250.000,- Rp 500.000,- hingga Rp 1.000.000,- untuk token yang bisa dipilih.
  6. Terakhir tekan Ya atau Ok atau Benar. Kemudian tunggulah hingga ATM tersebut mengeluarkan struk yang berisi 20 digit yang harus kamu input ke dalam meteran listrik.

Cara Isi Ulang Token Listrik PLN via Konter Pulsa

konter pulsa listrik

Umumnya orang-orang yang menjadi agen penjualan pulsa telepon seluler juga melayani pembelian token listrik. Tapi kami tidak terlalu menganjurkan sih, karena biasanya harga “agak” lebih mahal dibandingkan membeli voucher listrik dengan cara lain.

Tapi kira-kira begini caranya:

  1. Jangan lupa catat 11 nomor ID pelanggan yang kamu punya sebelumnya, dan kemudian tunjukkan nomor tersebut ke penjaga konter pulsa.
  2. Lalu berikan nominal token listrik PLN yang ingin kamu beli, dan tunggu penjaga konter memasukkannya ke sistem mereka.
  3. Sama seperti sistem pembelian melalui ATM, penjaga konter pulsa tersebut nantinya akan memberikanmu 20 digit angka yang harus kamu input ke dalam meteran listrik di rumahmu.

Cara Isi Ulang Token Listrik PLN via Gerai Alfamart dan Indomaret

gerai indomaret alfamart

Sebagai dua gerai minimarket terbesar di Indonesia (dengan persaingan yang luar biasa ketat, tentu saja), Alfamart dan Indomaret sudah sejak lama berpartisipasi dalam penjualan pulsa token listrik prabayar PLN.

Sebenarnya cara membeli voucher pulsa listrik di Alfamart dan Indomaret kira-kira serupa dengan cara pembelian di konter pulsa, yakni:

  1. Sama seperti di atas, sebelum datang ke Indomaret maupun Alfamart catatlah 11 digit nomor ID Pelanggan dari meteran listrik yang ada di rumahmu.
  2. Berikan 11 digit tersebut kepada kasir dari Indomaret maupun Alfamart yang kamu datangi dan jangan lupa sebutkan nominal dari voucher token listrik yang ingin kamu beli.
  3. Setelah itu berikan uang pembayaran sesuai nominal voucher ditambahkan dengan biaya administrasi sejumlah Rp 2.000,-
  4. Setelah itu tunggu kasir menginput ID Pelangganmu ke dalam sistem mereka. Kalau sudah selesai kamu akan diberikan 20 digit nomor yang seperti biasa, harus kamu input ke dalam meteran listrik yang ada di rumahmu.

Cara Isi Ulang Token Listrik Melalui Pihak Ketiga (Online)

Saat ini ada banyak start up maupun bisnis pengisian pulsa token listrik yang bisa kamu manfaatkan. Bahkan kamu juga bisa loh kalau ingin membuka bisnis pengisian pulsa token listrikmu sendiri, cek saja disini!

Nah salah satu perusahaan yang menyediakan jasa penjualan pulsa token listrik adalah Sepulsa, maka dari itu untuk membeli pulsa listrik pertama-tama kamu bisa buka laman resmi milik Sepulsa.

Setelah itu pilihlah tab token listrik dan masukkanlah 11 digit ID pelanggan yang kamu punya, sesuai dengan yang tertera pada meteranmu. Jangan lupa pula pilih nominal pulsa token PLN yang kamu ingin beli.

Terakhir kamu bisa langsung melakukan pembayaran via e-banking yang kamu punya. Kalau sudah maka 20 digit angka untuk diinput ke dalam meteran akan dikirimkan via SMS oleh Sepulsa ke ponselmu.

Cara Isi Ulang Token Listrik PLN via Mobile Banking

Sama seperti cara pembelian pulsa via ATM, pada dasarnya kamu bisa melakukan pengisian di m-banking milik bank apapun. Selain itu caranya pun hampir mirip satu sama lain, jadi kalau ada sedikit perbedaan kamu terlalu bingung ya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Buka aplikasi mobile banking yang kamu miliki, lalu masukkanlah ID dan kode akses mobile banking tersebut.
  2. Kemudian pilihlah menu selanjutnya sesuai dengan bank yang kamu punya:
    1. BCA masuk ke dalam menu m-Commerce dan PLN Prabayar
    2. BNI masuk ke dalam menu Pembelian dan Token Listrik
    3. Mandiri masuk ke dalam menu Beli lalu Buat Pembelian Baru dan PLN Prabayar.
    4. BRI masuk ke dalam menu Isi Ulang dan pilih PLN lalu PLN Prabayar.
  3. Kemudian pada kolom No Meter atau ID Pelanggan atau IDPel silahkan isi dengan 11 digit nomor ID Pelanggan yang kamu punya. Tekan Ok atau Ya atau Benar.
  4. Setelah itu seperti biasa kembali masukkan kode akses dan kamu akan segera dikirimkan notifikasi pembelian token. Di dalam notifikasi tersebut terdapat 20 digit yang harus kamu input ke dalam meteran listrikmu.

Penutup

Nah itulah beberapa cara isi ulang token listrik PLN yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *