fbpx

Cara Jualan Tiket Kereta Api yang Legal

Kereta api saat ini merupakan salah satu moda transportasi massal yang memiliki banyak penggemar. Selain praktis, tentu saja kereta api memiliki jangkauan yang amat luas namun dengan harga yang relatif terjangkau.

Selain itu berbagai pembaruan yang dilakukan oleh PT KAI membuat semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba naik kereta api. Apakah itu kereta api jarak jauh ataupun kereta api commuter yang menguhungkan kota-kota di Jabodetabek.

Hal ini tentu bisa dilihat sebagai salah satu peluang bisnis yang luar biasa “basah”. Karena meningkatnya permintaan penjual tiket, tentu kamu bisa mendapatkan banyak uang dari berjualan tiket kereta api.

Meski demikian tidak mungkin dong kamu berjualan sebagai calo tiket. Selain ilegal, berbagai perbaikan sistem yang dilakukan PT KAI membuat sulitnya calo-calo tiket beroperasi. Nah lalu bagaimana cara jualan tiket kereta api yang legal?

Baca Juga Seputar Bisnis Franchise

Menjadi Agen Penjualan Tiket Kereta Api Online

Sebenarnya sistem agensi online saat ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan baik rintisan maupun perusahaan besar. Sebut saja beberapa perusahaan agensi pulsa misalnya Alphapay hingga Sepulsa.

Demikian pula hal nya terkait penjualan tiket, banyak perusahaan yang menawarkan jasa agen tiket. Meski demikian kamu bisa memilih yang terpercaya misalnya seperti Traveloka, Trivago, hingga Tiket.com.

Salah satu model yang bisa kamu coba adalah menjadi Affiliate Partner penjualan tiket. Dengan sistem ini kamu berhak memiliki suatu aplikasi travel versi mobile ataupun website sesuai dengan kehendakmu.

Kemudian salah satu dari startup penjualan tiket di atas akan menjadi partnermu. Metode pembayaran yang diterima bisa dengan cara regular payment dimana kamu harus membayar langsung kepada pemilik jasa ketika konsumenmu memesan tiket melalui kamu.

Cara lain yang ditawarkan beberapa perusahaan penyedia tiket adalah dengan deposit payment dimana kamu harus mendepositkan sejumlah uang ke penyedia tiket. Ketika konsumen memesan tiket kepadamu maka secara otomastis depositmu akan terpotong.

Kamu biasanya akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah booking tiket kereta api yang masuk. Nilai komisi ini biasanya bermacam-macam, dan salah satu contohnya bila kamu menjadi agen tiket kereta api di Tiket.com maka kamu mendapat komisi sebesar Rp 2.500,- per booking.

Beberapa agensi yang membuka jasa afiliasi misalnya Tiket.com dan birotiket.com. Saat ini memang cukup sulit mencari perusahaan yang membuka afiliasi agen tiket kereta, namun kami cukup menyarankan tiket.com bila kamu ingin mencoba jualan tiket kereta api.

Menjadi Agen Penjualan Tiket Kereta Api Offline

Cara kedua ini nampaknya lebih mudah, dan sepertinya lebih banyak disediakan oleh beberapa perusahaan. Beberapa yang menyediakan misalnya (lagi-lagi) tiket.com yang menawarkan komisi Rp 4.000,- per booking, agentiket.net, hingga pointer.

Secara umum sistem yang digunakan akan mirip dengan sistem agensi offline, dan pada akhirnya kami akan tetap menyarankan kalian untuk menjadi agen dari perusahaan-perusahaan yang sudah jelas reputasinya.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *