Cara Membuat Rekening Baru Bank Mandiri

Bank Mandiri adalah bank miliki pemerintah yang terdapat di Indonesia dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya untuk rekening pribadi, beberapa karyawan yang bekerja di perusahaan pemerintahan atau swasta biasanya membutuhkan rekening untuk menerima gaji. Bila kamu ingin membuat rekening Mandiri, berikut ini adalah syarat-syarat, cara, dan biaya pembukaan rekening yang wajib kamu ketahui:

Langkah-langkah membuka Rekening Mandiri 

Untuk membuka rekening, pastinya kamu harus datang sendiri ke kantor Mandiri. Kamu bisa langsung memilih dan mendatangi cabang bank Mandiri di sekitar tempat tinggal kamu. Bagi kamu yang ingin membuat rekening Syariah Mandiri, datang langsung ke kantor cabang Bank Syariah Mandiri, bukan di cabang bank Mandiri biasa.

Jadi setelah sampai ke bank, kamu akan bertemu dengan penjaga keamanan yang biasanya berjaga di pintu masuk dan beri tahu mereka kalau bahwa kamu ingin membuka rekening baru. Mereka akan menanyakan kelengkapan dokumen sebagai syarat untuk pembukaan rekening yang baru. Tetapi kamu akan langsung diberi nomor antrean ke bagian customer service. Tunggulah sampai nomor antreanmu disebut, kemudian temuilah petugas jika giliranmu sudah tiba.

Setelah itu begini cara buka rekening Mandiri :

  • Kamu harus menyampaikan tujuanmu dengan jelas. Katakan ke petugas bahwa kamu berniat membuka rekening baru, maka petugas bank yang ramah akan menjelaskan caranya dengan sabar.
  • Pilihlah jenis rekening yang sesuai kebutuhan kamu, karena rekening Mandiri mempunyai beberapa tipe. Berikut tipe rekening Mandiri :
  1. Rekening tabungan perorangan untuk kamu yang menggunakan rekening untuk keperluan pribadi. Rekening untuk keperluan pribadi. Rekening tersebut tersedia di Mandiri biasa maupun Syariah Mandiri.
  2. Rekening tabungan bisnis bisa atas namamu sebagai pemilik usaha atau nama badan usaha kamu.
  3. Rekening tabungan rencana untuk kamu yang ingin menabung dalam jangka panjang. Jenis rekening ini memiliki bunga yang sedikit lebih tinggi dan perlindungan gratis menggunakan asuransi.
  4. Rekening tabungan investor untuk perseorangan atau badan usaha yang ingin berinvestasi di pasar modal.
  5. Rekening tabungan valas cocok untuk kamu yang menyimpan dana dalam mata uang asing.
  6. Rekening tabungan haji untuk kamu yang ingin menabung biaya beribadah ke Tanah Suci.
  7. Rekening tabungan TKI untuk kamu yang berencana bekerja di luar negeri sebagai buruh migran.
  8. Rekening tabunganKu rekening untuk kamu yang tidak berniat menabung dalam jumlah yang banyak. Saldo minimal rekening ini hanya Rp. 20.000 dan tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.
  9. Rekening tabunganMU- jenis rekening untuk mitra usaha mikro dan menengah. Tidak dikenakan biaya administrasi bulanan untuk rekening ini.

Ternyata banyak pilihan jenis rekening Mandiri, maka itu pada saat kamu buka rekening Mandiri, kamu harus tahu jenis rekening mana yang ingin kamu pilih. Berikut adalah tahapan pembukaan rekening Mandiri :Registrasi rekening bank mandiri

  • Pada saat kamu sampai di kantor cabang terdekat, akan ada penjaga satpam yang akan membuka pintu dan menanyakan keperluan kamu apa, lalu akan di kasih nomor antrian dan formulir untuk pengisian data untuk pembukaan rekening, lalu menunggu untuk antrian Customer Service.
  • Saat nomor antrian kamu terpanggil, Isi semua formulir secara teliti kamu akan diminta mengisi beberapa formulir yang menanyakan identitas pribadimu. Isilah dengan lengkap dan tanyakan kepada petugas Customer Service kalau ada yang kamu tidak pahami.nomor antrian saat registrasi
  • Lalu CS akan meminta KTP dan NPWP kamu untuk difotokopi, kalau kamu sudah membawa fotokopian KTP dan NPWP, jangan lupa tunujukkan aslinya kepada petugas. Setelah selesai, tunggu sampai buku tabungan dan kartu ATM barumu jadi. Petugas akan memberikan kertas nama dan jumlah nominal yang akan di setor.formulir pembuatan rekening bank mandiri
  • Serahkan setoran awal kepada petugas teller, sambil menunggu buku tabungan dan ATM diproses oleh petugas, kamu harus membayar setoran awal ke petugas teller. Jumlah setoran awal berbeda-beda, tergantung jenis rekening yang akan kamu ambil.Customer service saat membuat rekening mandiri
  • Tanda tangani buku tabungan dan kartu ATM, Setelah buku dan kartu ATM jadi, kamu harus menandatangani keduanya. Petugas bank akan membantumu bagaimana menandatangani buku tabungan secara tepat.
  • Urus pelayanan perbankan yang kamu butuhkan, Setelah selesai, kamu bisa langsung mengurus pelayanan perbankan yang dibutuhkan, seperti mobile banking, SMS banking, internet banking.

Baca juga

2 Comments

  1. Sarjali imronn

    October 23, 2018 at 2:51 pm

    Bos, bank mandiri yakin swasta ?

    Reply
  2. Zulfa

    December 4, 2018 at 3:58 pm

    Klo tidak mempunyai npwp gmn?…saya g kerja cm ibu rumah tangga jd g punya npwp, bisa g klo pake npwp suami,?…terimaksih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *