Cara Membuat Visa Inggris yang Mudah

Inggris dalam beberapa tahun terakhir memang diketahui kerap kali membuat kontroversi-kontroversi yang menjadi headline di koran-koran besar di seluruh dunia. Salah satu yang cukup terkenal, fenomena Brexit misalnya.

Meski demikian Inggris tidak pernah kehilangan daya tariknya sebagai kota yang mengundang banyak orang asing untuk datang. Baik untuk berwisata, untuk bekerja, untuk mengenyam pendidikan, hingga untuk pengobatan.

Nah, apapun tujuan perjalanan Anda ke Inggris, baik itu untuk wisata, kerja, sekolah, ataupun pengobatan. Anda harus selalu membuat visa Inggris agar diizinkan untuk masuk ke dalam negara tersebut.

Tapi ternyata masih banyak loh yang belum memahami cara membuat visa Inggris. Agar Anda tidak kebingungan juga, kami akan coba rangkum cara membuat visa Inggris yang paling mudah ya!

Baca Juga

Mengajukan Aplikasi Permohonan Visa Inggris secara Online

visa inggris

Untuk bisa membuat permohonan visa Inggris, saat ini Anda bisa langsung memulainya tanpa harus bolak balik ke kedutaan besar Inggris. Anda bisa melakukannya dengan cara melengkapi dan mengirimkan formulir pengajuan visa secara online di laman resmi mereka.

Pengajuan visa melalui laman Visa4UK ini hanya bisa dilakukan bagi Anda yang ingin mengajukan permohonan untuk pembuatan visa kunjungan standar, visa kunjungan pernikahan, hingga visa 1 bulan permitted paid engagements.

Bila sudah masuk ke dalam laman resmi Visa4UK, Anda bisa langsung melakukan registrasi akun permohonan pembuatan visa pertama Anda. Untuk bisa registrasi, ada beberapa formulir yang perlu Anda isi dengan benar:

  1. Data diri – beberapa data yang perlu Anda isi diantaranya adalah nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, kebangsaan, alamat korespondensi, serta password yang nantinya akan Anda gunakan untuk melakukan login.
  2. Email konfirmasi – setelah mengisi data diri dengan benar dan jelas, nantinya Anda akan dikirimkan email konfirmasi oleh pihak Visa4UK. Bukalah email yang Anda daftarkan untuk membuat visa tersebut dan kemudian lakukan konfirmasi tersebut.
  3. Log In – setelah melakukan konfirmasi, secara otomatis laman pembuatan visa akan mengarahkan Anda untuk melakukan log in ke dalam akun pembuatan permohonan visa Inggris Anda.
  4. Apply for Myself – setelah itu Anda bisa memilih aplikasi untuk diri Anda sendiri (bila memang ingin membuat visa untuk diri Anda sendiri) atau klik Apply for Someone Else (bila Anda ingin membuat visa untuk orang lain). Setelah itu Anda bisa langsung klik Continue.
  5. Isi data diri kembali – setelah memilih, Anda akan kembali diminta untuk memasukkan data diri secara lengkap. Anda cukup mengisi beberapa data diri dasar, ditambahkan dengan nomor passport dan tanggal kedatangan di Inggris.
  6. Lanjut – setelah mengisi data diri dengan baik dan benar, Anda bisa langsung melanjutkan aplikasi dengan klik Confirm. Setelah itu Anda bisa langsung mengikuti instruksi yang ada di dalam laman situs tersebut.
  7. Email nomor referensi – bila sudah mengisi formulir pengajuan, nantinya Anda akan menerima pesan email yang berisi nomor aplikasi referensi GWF yang harus Anda catat untuk proses selanjutnya.
  8. Pembuatan janji online – setelah itu Anda akan diarahkan untuk membuat janji secara online untuk hadir di pusat pembuatan visa (sesuai dengan perjanjian). Khusus untuk pembuatan janji, waktu maksimal yang Anda punya adalah 90 hari setelah tanggal Anda melengkapi dan mengirimkan formulir permohonan visa online.

Biaya Permohonan Pembuatan Visa Inggris

kedubes inggris

Untuk biaya permohonan visa, sebenarnya Anda bisa langsung cek di laman resmi pembuatan visa Inggris. Namun untuk memudahkan Anda kami coba merangkum seluruh biaya permohonan visa yang harus Anda keluarkan untuk membuat visa Inggris.

Berikut ini adalah beberapa biaya pembuatan visa Inggris khusus bagi Warga Negara Indonesia yang ingin melakukan permohonan pembuatan visa:

  1. Visa Kunjungan Standar
    • Jangka pendek (izin masuk sekali/multipel, maksimal 6 bulan) US$ 122
    • Jangka panjang (valid hingga 2 tahun) US$ 464
    • Jangka panjang (valid hingga 5 tahun) US$ 841
    • Jangka panjang (valid hingga 10 tahun) US$ 1055
    • Kunjungan akademik dengan masa kunjungan antara 6 hingga 12 bulan US$ 244
    • Kunjungan pernikahan US$ 122
    • Permitted paid engagement US$ 122
    • Kunjungan penanganan medis dengan maksimal 11 bulan US$ 244
  2. Visa Kunjungan Belajar Jangka Pendek
    • Jangka pendek hingga 6 bulan US$ 125
    • Jangka pendek hingga 11 bulan US$ 239
  3. Visa transit
    • Direct Airside Transit (DATV) US$ 45
    • Visitor US$ 82
    • Visa transit khusus kru pesawat ataupun kapal US$ 82
  4. Visa khusus orang tua yang anaknya bersekolah di Inggris (usia kurang dari 18 tahun) US$ 663
  5. Visa anak
    • Jangka pendek maksimal 6 bulan, izin masuk sekali ataupun multipel US$ 122
    • Jangka panjang maksimal 2 tahun US$ 464
    • Jangka panjang maksimal 5 tahun US$ 841
    • Jangka panjang maksimal 10 tahun US$ 1055
  6. Visa khusus keluarga yang telah tinggal di Inggris
    • Visa keluarga, biasanya dibuat untuk tinggal bersama keluarga (pasangan, orang tua, atau anak) yang sebelumnya telah tinggal di Inggris US$ 1956
    • Visa yang ingin dibuat agar bisa tinggal dengan kerabat yang sebelumnya telah tinggal di Inggris US$ 4173
    • Visa yang ingin dibuat agar bisa tinggal dengan refugee dependant relative US$ 498
    • Visa khusus bagi orang dewasa yang harus diawasi kondisinya oleh kerabat US$ 4173
  7. Visa khusus diplomat gratis.
  8. Visa khusus bagi seseorang yang merupakan anggota angkatan bersenjata dan keluarganya US$ 663
  9. Visa khusus returning residents US$ 663

Selain dari 9 jenis visa di atas sebenarnya masih ada banyak jenis visa Inggris yang Anda buat. Sayangnya jumlahnya terlalu banyak dan kami rasa tidak mungkin untuk dimasukkan disini. Lagipula selain dari 9 jenis visa di atas, boleh dikatakan visa tersebut cukup jarang dibuat.

Melakukan Pembayaran Biaya Permohonan Visa

Saat ini pembayaran permohonan visa bisa Anda lakukan secara online, namun terbatas hanya dengan menggunakan kartu kredit Visa, Master Card, atau dengan menggunakan kartu debit. Selain itu belum ada metode pembayaran lain yang bisa digunakan.

Setelah melakukan pembayaran, pihak Visa4UK akan memberikan konfirmasi via email melalui provider pembayaran mereka yakni WorldPlay. Simpan bukti email tersebut dan cetaklah sebagai bukti pembayaran yang harus Anda berikan di pusat permohonan visa nantinya.

Khusus biaya pendaftaran ini, sebenarnya bisa Anda tarik lagi loh apabila Anda mengurungkan niat untuk membuat visa. Hanya saja ketika permohonan visa telah di proses dan/atau Anda telah melakukan perekaman informasibiometrik, proses penarikan visa ini ditolak.

Kemudian, bila Anda ternyata salah mengajukan kategori visa maka Anda harus menarik permohonan visa tersebut dan wajib melakukan permohonan ulang dari langkah awal. Hati-hati ya kawan!

Menghadiri Perjanjian yang Telah Dibuat

Setelah memproses pembayaran, nantinya Anda harus membuat perjanjian dengan pihak pusat pembuatan visa Inggris baik di Jakarta, Surabaya, ataupun Bali. Silahkan pilih lokasi terdekat dengan tempat tinggalmu.

Perjanjian ini wajib Anda hadiri yak arena nantinya Anda akan menyerahkan berkas permohonan visa serta melakukan foto wajah dan sidik jari yang akan direkam sebagai data informasi biometrik Anda.

Pembuatan informasi biometrik – pembuatan informasi biometrik merupakan salah satu persyaratan yang wajib Anda penuhi untuk bisa membuat visa Inggris Anda. Bila Anda tidak membuatnya maka secara otomatis permohonan visa Anda akan ditolak.

Selain itu bagi Anda yang masih berusia di bawah 16 tahun, sesuai dengan aturan yang ada, wajib ditemani oleh orang dewasa dan tidak boleh termasuk ke dalam anggota staf pembuatan visa Inggris Anda.

Pemindaian sidik jari – proses pemindaian sidik jari dilakukan dengan menggunakan scanner tanpa tinta, cairan, ataupun zat kimia apapun. Perlu diketahui bahwa sidik jari yang akan dipindai haruslah bersih.

Artinya ketika Anda melakukan pemindaian sidik jari, pastikan bahwa jari Anda tidak memiliki luka, ataupun tidak menggunakan riasan sementara seperti Henna. Bila jari Anda kurang lengkap, sidik jari akan tetap dipindai dari jari yang masih ada.

Pengambilan foto wajah – selain itu dalam pengambilan informasi biometrik, akan dilakukan pula pengambilan foto wajah. Dalam proses pengambilan foto wajah dilarang menggunakan kacamata apapun, serta rambut tidak boleh menutup wajah. Pengecualian hanya diberikan kepada pemeluk agama tertentu yang memakai penutup kepala.

Pengecualian pengambilan informasi biometrik – di dalam aturannya, ada beberapa orang yang dikecualikan untuk dilakukan pengambilan informasi biometriknya, bila Anda termasuk ke dalam golongan tersebut maka Anda tidak perlu melakukan pengambilan informasi biometrik.

Beberapa pengecualian tersebut diberikan kepada:

  1. Diplomat yang memang secara resmi bertugas di Inggris ataupun sedang melakukan perjalanan diplomatik melalui Inggris ke negara tujuan.
  2. Seorang menteri ataupun pejabat pemerintah negara asing yang berada di dalam delegasi perjalanan ke Inggris, dan sedang menjalankan tugas resmi pemerintahan negara bersangkutan.
  3. Pejabat Persatuan Bangsa Bangsa (BPP) yang memegang dokumen perjalanan resmi PBB dalam rangka tugas resmi dari PBB.
  4. Anak-anak yang berusia kurang dari 5 tahun.
  5. Semua orang yang mengajukan sertifikat hak tinggal atau right of abode di Inggris.
  6. Semua orang yang mengajukan visa untuk negara persemakmuran serta wilayah kekuasaan kerajaan Inggris yang berada di luar Britania Raya.
  7. Semua orang yang termasuk ke dalam organisasi tertentu yang dikenal luas di dunia, dan harus dalam rangka perjalanan tugas resmi.

Selain dari orang-orang yang disebutkan di atas, maka harus dan wajib hukumnya membuat perekaman data informasi biometrik di pusat pembuatan visa Inggris ya!

Menunggu Waktu Pemrosesan Visa

Setelah Anda memenuhi perjanjian dan membuat data biometrik, Anda bisa langsung menunggu hingga pemrosesan visa selesai dilakukan. Untuk pemrosesan ini tidak ada waktu baku yang spesifik, namun kedutaan besar Inggris memberikan pemohon patokan tertentu.

Standar permohonan visa kunjungan ke Inggris yang lazim adalah sebagai berikut:

  1. Setidaknya 90% pemohon visa non-settlement akan diproses dalam waktu 3 minggu, 98% dalam waktu 6 minggu, serta 100% dalam waktu 12 minggu semenjak tanggal pengajuan permohonan.
  2. Setidaknya 95% pemohon visa settlement akan diproses dalam waktu 12 minggu, serta 100% diproses dalam waktu 24 minggu semenjak tanggal pengajuan permohonan visa.

Perlu diingat bahwa satu minggu yang dimaksud disini merupakan 5 hari kerja saja sehingga yang dihitung adalah benar-benar setiap minggunya. Selain itu waktu pemrosesan visa pun akan terus diperbarui setiap bulannya.

Pengambilan Dokumen Visa Anda Kembali

Setelah melakukan perekaman informasi biometrik, Anda bisa langsung melakukan pengecekan di laman ini. Di sana Anda bisa mengecek apakah visa yang Anda ajukan sudah diproses atuapun belum.

Nantinya Anda akan diberitahu ketika dokumen yang Anda buat telah siap dan bisa segera diambil. Bila sudah Anda bisa langsung datang ke pusat permohonan visa tempat Anda membuat permohonan visa dengan membawa bukti pembayaran.

Anda bisa langsung mengambil dokumen secara langsung sendiri ataupun melalui orang lain sebagai perwakilan Anda. Namun, bila Anda menunjuk seseorang sebagai perwakilan, Anda wajib melampirkan surat kuasa yang Anda tandatangani, bukti pembayaran, serta bukti identitas yang diberi kuasa.

Bagaimana Hasil Akhir Permohonan Visa Inggris?

Sebagaimana proses pengajuan visa ke negara lainnya, permohonan visa Inggris Anda bisa saja ditolak ataupun dikabulkan. Lalu bagaimana selanjutnya?

Bila dikabulkan – maka Anda bisa langsung melihat informasi yang terdapat pada visa Anda, dan silahkan pastikan bahwa informasi yang ada adalah benar. Bila ada yang salah maka perjalanan Anda ke Inggris nantinya akan tertunda.

Selain itu di laman informasi, bila visa Anda dikabulkan Anda akan bisa melihat beberapa hal yang bisa dilakukan menggunakan visa tersebut, barang-barang bawaan yang diizinkan untuk dibawa ke Inggris, apa yang harus dilakukan bila sudah tiba di perbatasan Inggris, serta apa yang harus dilakukan bila Anda mengalami kehilangan atau kecurian paspor dan/atau visa.

Bila ditolak – maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan penolakan. Pemberitahuan penolakan visa Inggris ini biasanya akan dikirimkan bersamaan dengan dokumen yang menyatakan alasan penolakan dan Anda berhak untuk melakukan banding.

Pada dasarnya sih selama Anda melakukan proses permohonan visa dengan baik, benar, dan memenuhi seluruh persyaratan yang diminta. Proses permohonan visa Anda biasanya akan dikabulkan.

Intinya Anda memang harus menjalankan seluruh proses ini dengan benar, dan teliti. Seringkali penolakan visa terjadi karena si pemohon tidak teliti selama rangkaian proses permohonan visa mereka.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *