Cara Migrasi Kartu Askes Ke JKN-KIS Terbaru!

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang dimiliki masimg-masing manusia di seluruh dunia. Setiap manusia pasti menginginkan kesehatannya selalu terjaga, karena dengan tubuh dan jiwa yang sehat Anda bisa melakukan segala aktivitas sehari-hari.

Zaman dahulu orang yang sakit serta harus dirawat di rumah sakit dengan kondisi finansial yang kurang mampu, pasti akan merasa bingung karena tidak memiliki kartu askes. Pasalnya kartu Askes ini hanya dimiliki oleh kalangan Pegawai Pemerintah dan anggota TNI/Polri

kartu askes

Selain Pegawai Pemerintah dan anggota TNI/Polri. Pensiunan pejabat negara, veteran dan perintis kemerdekaan juga mendapat kartu Askes tersebut, sehingga hanya pegawai pemerintahan yang bisa mendapatkan manfaatnya. Tetapi saat ini kartu ASKES sudah tidak bisa digunakan, karena fungsi dari kartu Askes sudah berubah dan berganti nama menjadi BPJS.

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan mulai beroperasi pada tanggal 1 Januari 2014, dan tidak hanya pegawai pemerintah serta anggota TNI/Polri saja yang mendapatkan manfaatnya. Tetapi semua masyarakat di Indonesia akan mendapatkan fasilitas ini.

Lalu bagaimana untuk para pegawai pemerintah serta anggota TNI/Polri yang masih menggunakan kartu Askes? Apakah mereka tidak bisa merasakan manfaatnya? Semua pengguna kartu Askes masih bisa menikmati manfaat kesehatannya. Tetapi dengan syarat, kartu Askes yang Anda gunakan harus Anda tukar dengan kartu BPJS.

kartu BPJS

Cara Menukar Kartu ASKES menjadi BPJS

1. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Sebelum datang ke kantor BPJS, Anda harus menyiapkan semua data yang diperlukan untuk proses perubahan kartu Askes Anda dan keluarga menjadi kartu BPJS. Syarat yang dibutuhkan adalah kartu Askes asli dan fotokopi kartu keluarga. Anda juga bisa menukarkan secara kolektif untuk keluarga yang terdaftar dalam kartu keluarga Anda.

2. Datang ke Kantor BPJS

Setelah menyiapkan seluruh data yang diperlukan sekarang saatnya Anda untuk datang langsung ke kantor BPJS yang ada di kota Anda masing-masing. Ambil nomor antria yang sudah tersedia dan silakan menunggu panggilan sesuai nomor yang Anda dapatkan.

3. Melakukan Perubahan di Customer Service

Jika nomor Anda sudah dipanggil saatnya Anda untuk maju ke customer service, silakan Anda katakan jika ingin melakukan perubahan kartu Askes menjadi kartu BPJS. Serahkan semua data yang sudah dipersiapkan sebelumnya (kartu Askes dan fotokopi kartu keluarga). Maka dengan cekatan pegawai customer service BPJS akan menginput semua data yang ada dalam kartu keluarga Anda dan kartu akan tercetak sesuai dengan jumlah yang ada di kartu keluarga Anda.

Nah itulah prosedur dan cara migrasi kartu Askes ke BPJS, cukup mudah bukan?

Artikel Rekomendasi:

Jika sudah memiliki kartu BPJS Anda cukup membayar biaya perbulannya, dan biaya yang dibayar pun sesuai dengan faskes (Fasilitas Kesehatan) yang Anda ambil.

  • Kelas I     Rp. 80.000 / Bulan
  • kelas II    Rp. 51.000  / Bulan
  • Kelas III  Rp. 25.500 / Bulan

Untuk melakukan pembayaran, Anda tidak usa repot-repot untuk datang langsung ke kantor BPJS ataupun ke minimarket, kini Anda bisa membayarnya melalui aplikasi online AlphaPay, prosesnya mudah dan cepat tidak perlu mengantre.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *