Cara Tarik Tunai ATM Danamon

Bank Danamon merupakan salah satu Bank tertua di Indonesia yang didirikan pada tanggal 16 Juli 1956 sebagai PT Bank Kopra Indonesia. Barulah pada tahun 1976 nama Bank Kopra Indonesia ini diubah menjadi PT Bank Danamon Indonesia.

Meski tidak sebesar Bank Mandiri, BCA, atau BNI, Bank Danamon boleh dibilang termasuk salah satu bank terbesar dengan cakupan yang cukup luas di seluruh Indonesia. Mulai dari Aceh hingga ke Papua.

Dari seluruh wilayah ini Bank Danamon meng-klaim bahwa mereka memiliki sekitar 1.300 jaringan ATM serta 70 jaringan Cash Deposit Machine (CDM). Selain itu mereka pun mengembangkan akses ke ATM Bersama, Alto, serta Prima.

Salah satu layanan yang dimiliki oleh Bank Danamon sebagaimana bank lainnya di Indonesia adalah layanan ATM. Nah salah satu layanannya secara lebih detil adalah layanan tarik tunai ATM Danamon. Bagaimana langkah-langkahnya?

Baca:


1. Cari Mesin ATM Terdekat

Untuk melakukan tarik tunai, tentu saja pertama-tama kamu harus mencari mesin ATM yang sesuai. Meski demikian apabila kamu tidak bisa menemukan ATM Bank Danamon, kamu tetap bisa kok mencari ATM Bank lain, terutama yang termasuk ke dalam jaringan ATM Bersama, Alto, hingga Prima.

Meski demikian tentu saja kamu akan dikenai biaya tarik tunai di ATM bank lainnya sejumlah Rp 5.500,- per kali penarikan tunai. Kalau sesekali sih tidak masalah, tapi kalau terlalu sering lumayan juga kan?

Kartu ATM Danamon

Nah meski demikian kamu tetap bisa kok melakukan tarik tunai tanpa biaya tambahan di seluruh jaringan bank. Caranya adalah menukarkan kartu debit Danamon lama mu dengan kartu debit Danamon GPN (Gerbang Pembayaran Nasional).

Baca:


2. Masukkan Kartu Debit Danamon

Kalau sudah menemukan ATM yang dimaksud, kamu bisa langsung memasukkan kartu debit Danamon yang kamu punya. Masukkanlah kartu tersebut dalam posisi dan arah yang tepat, atau kartu debit tersebut tidak bisa masuk ke dalam mesin ATM.

Pastikan kartu masuk dalam posisi yang tepat, karena apabila tidak tepat ATM akan menolak kartu tersebut. Meski demikian ada saja kemungkinan kartu masuk dalam posisi yang salah, dan kartumu bisa-bisa tertelan deh.

Baca:


3. Masukkan PIN

Setelah kamu memasukkan kartu debit dengan benar, kamu akan diminta preferensi bahasa. Gunakan saja Bahasa Indonesia untuk menghindari kekeliruan dalam bertransaksi menggunakan ATM tersebut.

Setelah itu masukkanlah 6-digit PIN ATM yang kamu miliki. Nah dalam memasukkan PIN ATM, pastikan tidak ada yang mengintip dan tutuplah tangan yang kamu gunakan untuk memasukkan PIN menggunakan tangan yang satu lagi.

Baca: Cara tarik tunai ATM Bukopin


4. Pilih Menu Tarik Tunai dan Pilih Nominal

Mengambil uang di atm danamon

Setelah kamu memasukkan PIN dengan benar, kamu akan masuk ke dalam menu utama di mesin ATM tersebut. Pilihlah pillihan Tarik Tunai apabila kamu ingin melakukan tarik tunai di ATM tersebut.

Setelah itu biasanya kamu akan diberikan beberapa pilihan nominal default tarik tunai, sesuai dengan pecahan yang ada di dalam mesin ATM. Kalau kamu ingin mengambil uang dalam jumlah lain silahkan pilih Jumlah Lain dan masukkan nominal yang kamu kehendaki.

Pastikan pecahan uang dalam ATM tersebut sesuai dengan nominal yang kamu masukkan. Konfirmasi dan kemudian tekan Ya atau Ok.


5. Tarik Tunai, Ambil Resi dan Kartu Debit

Terakhir kamu tinggal tunggu selama beberapa detik untuk melakukan tarik tunai, dan tunggu pula sampai kartu debitmu keluar. Terakhir kamu bisa ambil resi atau struk bukti pembayaran keluar dari mesin ATM.

Meski demikian kami perlu ingatkan, pada beberapa mesin ATM barangkali urutannya tidak seperti di atas. Bahkan di beberapa mesin ATM, mereka tidak akan mengeluarkan resi karena transaksi hanya akan ditampilkan di layar ATM saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *