Cara Ubah PDF ke Word yang Paling Mudah

PDF merupakan salah satu format yang cukup digemari, terutama untuk urusan-urusan format. Karena format PDF diketahui sifatnya yang lebih sulit diedit, sehingga seringkali menjadi format pilihan tersebut.

Tapi sebaliknya, bagaimana bila kamu karena keperluan tertentu harus mengedit file PDF yang kamu punya. Di sisi lain kamu tidak memiliki aplikasi khusus untuk mengedit PDF alias PDF editor di laptopmu.

Nah untuk urusan yang satu ini kamu bisa dengan mudah mengubah file PDF yang kamu punya ke word dengan beberapa cara mudah di bawah ini, sehingga kamu bisa mengedit isinya terlebih dahulu untuk kemudian dikembalikan menjadi file PDF.

Baca Juga Membuat Kuisioner dengan Google Form, Aplikasi Edit Foto Terbaik 2020, Cara Menggunakan WhatsApp Web

Menggunakan Fitur Bawaan di Adobe Acrobat DC

adobe word

Adobe Acrobat DC diketahui merupakan salah satu program pembaca PDF yang paling digemari saat ini. Selain karena merk nya yang memang sudah dikenal secara luas, adobe PDF diketahui memiliki fitur yang ringkas dan aplikasi yang cukup ringan.

Salah satu fitur bawaan yang dimiliki oleh Adobe Acrobat DC adalah fitur pengubahan format PDF menjadi format word. Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengubah PDF menjadi word menggunakan Adobe Acrobat DC adalah sebagai berikut ini:

Sayangnya fitur ini hanya ada pada Acrobat Reader yang berbayar, padahal kami tahu bahwa orang-orang yang menggunakan Adobe Acrobat Reader yang berbayar karena memang harganya cukup mahal bukan.

Satu-satunya cara untuk bisa menikmati fitur ini tentu saja dengan membeli Adobe Acrobat Reader secara resmi. Kami sama sekali tidak menyarankan kamu untuk menggunakan Adobe Acrobat Reader bajakan yang abal-abal.

Meski demikian kamu yang sedang terdesak dan ingin menggunakan Adobe Acrobat Reader secara cepat untuk mengubah file PDF kamu menjadi file word, maka kami sarankan kamu untuk mengunduh free trial Adobe Acrobat Reader.

Yah akan tetapi cara ini memang hanya bisa digunakan apabila sedang dalam kondisi darurat dan tentu saja hanya dalam jangka pendek, karena free trial tentu saja memiliki batas waktu pemakaian.

Tenang saja karena kami memiliki beberapa alternatif solusi pemecahan masalah bagi kamu yang ingin mengubah PDF ke word secara gratis.

Cara Ubah PDF ke Word Menggunakan Google Drive

pdf word

Di era serba digital seperti sekarang ini siapa sih orang yang tidak memiliki account Google, tentu saja orang-orang yang sering menggunakan laptop dan koneksi ke internet memiliki akun Google.

Google sendiri memiliki banyak fitur serta layanan yang menurut kami cukup bermanfaat untuk digunakan dalam keseharian bagi kamu yang sedang bekerja ataupun bagi kamu yang masih berstatus sebagai pelajar.

Salah satu fitur yang sangat bermanfaat Menurut kami adalah mengubah file PDF menjadi file word, barangkali fitur ini merupakan salah satu fitur rahasia yang belum banyak diketahui oleh orang.

Cara untuk menggunakan fitur ini adalah sebagai berikut:

  1. Bagi kamu sudah memiliki account Google tentu saja kamu bisa langsung masuk ke dalam akun mu tersebut akan tetapi bagi kamu yang belum memiliki akun Google kami sarankan untuk membuat akun Google secara gratis.
  2. Setelah itu kami langsung login ke dalam akun Googlemu tersebut.
  3. Setelah masuk ke dalam akun Google kamu bisa langsung membuka Google Drive via browser ataupun aplikasi di laptop yang kamu punya.
  4. Kemudian kamu bisa mencari tombol yang bertanda plus (+), Jangan klik tombol ini kamu akan membuat file yang baru, lanjutkan dengan klik file upload.
  5. Setelah itu kamu bisa mencari file PDF yang ingin kamu ubah format nya menjadi word. Bila sudah menemukan file tersebut kamu bisa langsung klik 2 kali untuk import file tersebut ke Google Drive.
  6. Tunggulah hingga file tersebut selesai di upload.
  7. Kemudian di kolom ke atas nantinya secara otomatis Google akan membiarkanmu untuk membuka file tersebut dengan menggunakan Google Docs, pilihlah pilihan tersebut.
  8. Secara otomatis pada periode tersebut akan terbuka dengan format word namun dengan cara ini kamu harus tetap melakukan beberapa kali penyuntingan karena format yang ada biasanya akan berubah secara otomatis.
  9. Bila kamu sudah selesai membenarkan beberapa kesalahan yang ada, kamu bisa langsung klik menu dan langsung mengunduhnya sebagai Microsoft Word.

Cara Ubah PDF ke Word dengan Menggunakan Software Berbayar

Permasalahan ini ternyata bukan hanya dialami oleh masyarakat Indonesia kok. Buktinya banyak perusahaan perusahaan pengembang aplikasi di luar sana yang membuat aplikasi Converter PDF menjadi Word.

Sayangnya pasti kamu cukup takut untuk menggunakan beberapa aplikasi yang tidak jelas, karena biasanya memang aplikasi yang tidak jelas tersebut ditanam dengan pishing ataupun malware yang bisa merusak komputer.

Agar kamu tidak khawatir kami telah mencoba mengumpulkan beberapa aplikasi yang boleh kamu unduh dan bayar sehingga kamu bisa convert PDF menjadi file Word. Berapa aplikasi yang cukup aman untuk kamu gunakan di antaranya adalah:

  1. WPS PDF to Word Converter
  2. Wondershare PDFElement
  3. Free Online OCR
  4. Nitro PDF to Word Converter
  5. UniPDF

Diantara kelima potensi tersebut menurut kamu yang paling baik adalah WPS PDF to Word Converter. Aplikasi gak cukup mudah menurut kami kamu tidak perlu banyak mengubah format Karena aplikasi ini sudah cukup pintar.

Selain itu ada beberapa aplikasi di atas yang tidak cocok apabila kamu mengunduh file PDF dengan banyak gambar berukuran besar, untuk itulah bila kamu memiliki uang lebih kami sarankan kamu untuk mengunduh dan beli WPS PDF to Word Converter.

Pada akhirnya sih terserah kamu sesuai dengan kemampuan uangmu, aplikasi mana yang menurut kamu cocok untuk kamu beli dan untuk kamu unduh dan kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Cara Ubah PDF ke Word dengan Menggunakan Layanan Online

Nah terakhir cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah PDF ke format word adalah dengan menggunakan layanan online yang saat ini bertebaran di dunia maya dan bahkan harganya pun gratis.

Sayangnya kamu tentu saja harus memilih layanan online tersebut tersebut secara cermat karena dikhawatirkan terdapat virus apa atau malah Malware dan pishing yang bisa mengganggu performa komputer kamu nantinya.

Beberapa layanan online pengubah file PDF menjadi file word yang cukup direkomendasikan baik oleh kami maupun beberapa reviewer lainnya adalah PDFtoWord.com, PDFonline.com, pdf2doc.com, PDF Pro atau bahkan PDF converter.

Kami tidak mungkin membahas seluruhnya karena memang masing-masing memiliki kelebihan maupun kekurangannya sendiri-sendiri. Saran kami sih ada baiknya kamu mencoba masing-masing secara pribadi dan tentukan layanan online mana yang menurut kamu cukup menarik dan tidak ribet.

Meski demikian secara umum cara menggunakan layanan online pengubah PDF menjadi word ini menurut kami cukup sama yakni kamu cukup mengupload file yang ingin kamu ubah dan biarkan layanan tersebut mengubahnya secara otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *