Cara Upgrade 3G ke 4G Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata

Kecepatan penyebaran informasi saat ini tampaknya sudah menjadi sesuatu yang tidak terbentung dan pastinya terjadi dengan sangat cepat. Hal ini tidak lepas kaitannya dengan perkembangan teknologi komunikasi.

Salah satunya adalah dengan penemuan 4G LTE dalam beberapa tahun belakangan. Internet yang awalnya tampak tersendat-sendat, saat ini bisa diakses dengan begitu mudah dan cepatnya dengan penggunaan 4G LTE ini.

Meski demikian teknologi ini di Indonesia baru saja berkembang, sehingga saat ini masih banyak pengguna ponsel cerdas yang masih mempertahankan kartu lamanya. Padahal kartu tersebut hanya mendukung jaringan 3G loh!

Nah jangan kaget buat kamu yang baru tahu, karena kami punya cara upgrade 3G ke 4G terlengkap dari beberapa operator telepon di Indonesia! Dengan cara ini kamu pun tidak perlu membeli nomor baru kok, menarik bukan?

Baca Juga 

Cara Upgrade 3G ke 4G Telkomsel

telkomsel

Untuk melakukan cara ini tentu saja kamu harus datang ke gerai Telkomsel yang paling dekat dengan tempat tinggalmu. Setelah itu datanglah ke lokasi smarphone corner yang berada di sana untuk membeli kartu USIM 4G Telkomsel.

Setelah berhasil membeli kartu USIM 4G Telkomsel kamu bisa melakukan aktivasi dengan dua langkah berikut ini:

  1. Dapatkan token dari kartu SIM lama milikmu
    • Hubungi nomor *888*46# melalui ponsel yang berisi kartu SIM Telkomsel lama milikmu.
    • Pilih menu nomor 1 dan kemudian masukkan nomor 4G Upgrade Card yang baru saja kamu beli. Ketuk yes.
    • Setelah itu catatlah nomer token atau PIN yang muncul di ponselmu.
    • Keluarkanlah kartu SIM Telkomsel mu yang lama dari ponselmu.
  2. Lakukan upgrade kartu SIM Telkomsel 3G menjadi kartu USIM Telkomsel 4G.
    • Masukkan kartu USIM 4G Telkomsel yang sebelumnya telah kamu beli.
    • Hubungi nomor *888*46# dengan menggunakan ponsel yang telah berisi kartu baru milikmu.
    • Pilih menu nomor 2 dan kemudian masukkan nomor kartu lama yang kamu punya dan terakhir tekan yes.
    • Kemudian masukkan PIN atau token yang telah kamu catat sebelumnya, dan kembali tekan yes.
    • Kamu telah berhasil melakukan upgrade 3G ke 4G kartu telkomselmu. Tunggulah SMS konfirmasi dalam waktu 15 menit. Bila kamu tidak menerima SMS konfirmasi tersebut kamu bisa lakukan restart

Jika kamu tidak bisa menemukan smartphone corner di lokasi tempat tinggalmu, kamu bisa memanfaatkan MyGraPARI Machine untuk melakukan upgrade kartu 3G ke 4G Telkomselmu. Cara ini bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pastikanlah bahwa kamu memiliki perangkat yang sudah mendukung teknologi 4G.
  2. Bawalah KTP asli beserta fotokopi KTP sejumlah 1 buah. Bagi kamu yang warga negara asing (foreigner), kamu bisa menyertakan KITAS atau KITAP ataupun paspor yang masih berlaku.
  3. Datanglah ke grapari terdekat yang memiliki mesin MyGraPARI. Setelah itu kamu bisa langsung datangi mesin tersebut untuk melakukan upgrade kartu SIM sesuai dengan instruksi yang ada.
  4. Apabila di tempatmu belum ada mesin MyGraPARI, kamu juga bisa langsung datangi customer service untuk meminta upgrade kartu 3G ke 4G Telkomsel yang kamu punya. Khusus untuk langkah ini, Telkomsel tidak mengizinkanmu diwakilkan oleh orang lain kecuali kamu termasuk ke dalam golongan VIP dan VVIP.

Cara Upgrade 3G ke 4G Indosat Ooredo

Indosat Ooredoo

Sama seperti cara upgrade kartu SIM Telkomsel, kamu harus mendatangi gerai-gerai Indosat resmi terdekat dari tempat tinggalmu. Nah kamu bisa mencari gerai Indosat terdekat dengan membuka laman informasi resmi gerai Indosat.

Sebelum itu jangan lupa pula untuk selalu menyertakan KTP dan Kartu SIM lama Indosat yang kamu punya untuk diupgrade. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Datanglah ke Gerai Indosat dan langsung ambil antrian, datanglah dari pagi karena umumnya antrean akan membludak terutama di hari-hari setelah hari libur.
  2. Kemudian sampaikanlah kepada Customer Service bahwa kamu ingin melakukan upgrade 3G ke 4G kartu SIM Indosat Ooredo yang kamu punya.
  3. Customer Service kemudian akan meminta identitas diri yang kamu punya, nah serahkanlah KTP yang telah kamu bawa. Bagi kamu yang warga negara asing, kamu bisa menyertakan KITAS, KITAP, ataupun paspormu yang masih berlaku tentunya.
  4. Setelah itu biasanya kamu akan ditanya sisa pulsa terakhir serta nomor telepon yang terakhir berkontak denganmu.
  5. Setelah itu kamu akan diberikan USIM 4G Indosat untuk langsung ditukar dengan kartu 3G lama milikmu.

Setelah ini jangan lupa lakukan aktivasi sendiri. Kamu juga bisa sebenarnya meminta tolong mbak-mbak dan mas-mas customer service untuk melakukan aktivasi kartu USIM 4G LTE Indosatmu yang baru.

Bagi kamu yang ingin melakukan aktivasi sendiri, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Gunakanlah kartu SIM 3G kamu yang lama dan kirimkan SMS berisi pesan GANTI ke nomor
  2. Tunggulah sampai operator memberikan balasan yang terdiri atas nomor token atau PIN sejumlah 6 digit. Catatlah nomor tersebut supaya kamu tidak kelupaan!
  3. Setelah itu tukarlah kartu lama anda dengan kartu USIM 4G anda yang baru, dan segera nyalakan ponsel anda.
  4. Setelah itu lakukanlah panggilan ke nomor *4949# dan kamu akan diminta untuk memasukkan 6 digit PIN yang sebelumynya diberikan.
  5. Kalau kamu memasukkan nomor dengan benar, kamu akan segera mendapatkan balasan dari operator bahwa permintaan upgrade kartu 3G ke 4G mu telah berhasil.

Cara Upgrade 3G ke 4G Kartu XL Axiata

logo xl axiata

Sama seperti cara upgrade 3G ke 4G dua kartu di atas, kamu harus memastikan bahwa perangkat yang kamu punya sudah mendukung teknologi 4G LTE. Selain itu jangan lupa sisakan sedikit paket data atau pulsa di kartu lamamu.

Kamu bisa melakukan upgrade kartu SIM dengan cara di bawah ini:

  1. Datanglah ke gerai-gerai XL terdekat dengan tempat tinggalmu.
  2. Kemudian datang ke bagian customer service dan buatlah permohonan untuk upgrade kartu SIM 3G ke kartu SIM 4G mu.
  3. Setelah mendapatkan kartu barumu lakukanlah aktivasi.

Langkah-langkah aktivasi kartu USIM 4G XL bisa kamu ikuti sesuai dengan langkah di bawah ini:

  1. Dengan menggunakan kartu XL mu yang lama, kamu bisa langsung menghubungi nomor *123*46# dan tunggulah sampai kamu dapat balasan dari operator.
  2. Setelah mendapatkan balasan kamu bisa pilih nomor 1.
  3. Setelah itu tunggulah balasan SMS dari nomor 3646 yang merupakan nomor operator dari XL. Jangan lupa baca dan catat SMS tersebut dengan detil, karena di dalamnya berisi instruksi penggantian kartu baru.
  4. Lakukanlah instruksi di dalam SMS tersebut.
  5. Cabut SIM lama kamu dan gantilah dengan kartu USIM 4G XL mu yang baru.
  6. Setelah kamu menjalankan instruksi tersebut dengan baik dan benar, kamu bisa lakukan restart pada ponselmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *