fbpx

Cari Tahu Apa itu Kuota Videomax, Biar Kantong Gak Cekak!

Telkomsel merupakan salah satu provider telekomunikasi yang cukup besar di Indonesia, boleh dibilang mungkin termasuk salah satu yang terbaik. Hal ini dapat dibuktikan dari jumlah penggunanya yang semakin hari semakin meningkat.

Hal ini bisa didapatkan oleh Telkomsel berkat kualitas pelayanannya yang patut diacungi jempol, serta konsistensinya yang tinggi. Sayangnya kualitas pelayanan yang tinggi dan konsisten saja ternyata belum cukup menarik minat orang untuk menggunakan Telkomsel.

Dari sanalah kemudian Telkomsel berani membuat inovasi-inovasi baru terkait layanan telekomunikasi yang mereka berikan di Indonesia. Inovasi yang diberikan pun ‘enggak melulu persoalan telepon, SMS, internet, dan soal komunikasi lainnya.

Tapi misalnya Telkomsel sukses dengan inovasinya yakni layanan MAXstream dimana kamu bisa menonton film, serial, documenter, hingga tayangan olahraga berbayar secara lebih praktis dan tentu lebih murah dengan kuota videomax.

Akan tetapi kami yakin pasti masih banyak diantara kamu yang belum familiar dengan MAXstream dan kuota videoMAX yang ditawarkan oleh pihak Telkomsel. Tapi tenang saja karena kami punya informasi seputar apa itu kuota videomax yang paling lengkap di internet!

Apa itu Kuota Videomax

Sebelum membahas apa itu kuota videomax, kamu perlu tahu bahwa di tahun lalu Telkomsel telah meluncurkan layanan khusus bagi pelanggannya agar bisa menonton film, serial TV, documenter, hingga siaran olahraga berbayar.

Layanan tersebut diberi nama MAXstream oleh telkomsel, yang terdiri atas beberapa layanan third party seperti HOOQ, Nickelodeon Play, VIU, hingga Bein Sports. Dengan mengaktivasi layanan ini kamu bisa mengakses tontontan berbayar tersebut langsung melalui ponselmu.

Menariknya selain menyediakan layanan berbayar lokal dan mancanegara, MAXstream juga memberikan pelanggannya pilihan untuk menonton channel TB lokal seperti tvOne, Kompas TV, Metro TV, dan berbagai channel mancanegara.

Sebut saja Discovery Channel, Warner, hingga BeIN Sports 1, 2, dan 3 yang bisa kamu akses semuanya langsung dari genggaman tanganmu. Seolah-olah kamu memiliki layanan TV kabel pribadimu sendiri yang bisa diakses menggunakan ponsel.

Menarik? Bagi kami sih tentu saja amat menarik. Nah tapi untuk bisa mengakses layanan ini, kamu harus membeli kuota khusus, dan kuota itulah yang diberikan nama kuota Videomax oleh Telkomsel.

Cara Menggunakan Kuota Videomax

Untuk bisa menggunakan kuota Videomax, kamu harus mengunduh aplikasi-aplikasi pemutar film yang bekerja sama dengan Telkomsel terlebih dahulu tentu saja, bila tidak kamu tidak akan bisa menggunakan kuota videomax tersebut.

Beberapa aplikasi yang bisa kamu jalankan dengan kuota videomax saat ini misalnya Tribe, VIU, HOOQ, Catchplay, Nickelodeon Play, hingga BeIN Sports. Sayangnya memang ada beberapa layanan yang ternyata mulai dihentikan.

Nah agar tidak bingung, kami sarankan kamu mengunduh saja layanan MAXstream yang juga disediakan oleh Telkomsel. MAXstream sendiri merupakan salah satu jenis aplikasi all in one yang mencakup seluruh aplikasi pemutar film di atas. Jadi kamu tidak perlu mengunduh banyak-banyak aplikasi untuk memutar video.

Oke langsung saja, pertama-tama kamu bisa langsung mengunduh aplikasi MAXstream di Google Playstore bagi kamu pengguna Android ataupun mengunduhnya di Appstore bagi kamu pengguna iOS.

Perlu diingat bahwa aplikasi MAXstream saat ini hanya bisa diunduh bagi kamu yang menggunakan OS Android Kitkat 4.4 ke atas ataupun menggunakan iOS 9.0 ke atas bagi pengguna produk Apple.

Meski produk ini diperuntukkan bagi kamu yang memiliki ponsel cerdas, kamu yang mau menonton lebih puas bisa mengunduh aplikasi MAXstream ini secara langsung melalui tablet yang kamu punya.

Bila sudah mengunduh aplikasi MAXstream, kamu bisa langsung memasuki layanan MAXstream dengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi MAXstream yang sudah kamu install ke dalam ponsel cerdasmu sebelumnya.
  2. Setelah itu kamu harus langsung melakukan log in di dalam aplikasi MAXstream tersebut. Apabila belum memiliki akun, kamu bisa langsung melakukan sign up dengan cara memasukkan nomor ponsel untuk proses verifikasi. Saran kami, gunakanlah nomor yang sama dengan nomor ponsel yang kamu gunakan untuk mendaftar tersebut.
  3. Tujuannya adalah karena setelah mengirimkan nomor ponsel tersebut, operator akan secara otomatis mengirimkan nomor unik OTP ataupun SMS verifikasi untuk kamu masukkan di dalam aplikasi MAXstream.
  4. Setelah itu masukkan nomor tersebut dan klik verifikasi.
  5. Setelah kamu klik pilihan verifikasi kamu secara otomatis akan dialihkan ke halaman utama aplikasi MAXstream.

Selain menggunakan nomor ponsel, kamu juga bisa mendaftarkan diri dengan cara lain. Adapun cara yang bisa kamu tempuh adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi MAXstream yang sudah kamu install ke dalam ponsel cerdasmu sebelumnya.
  2. Bila sebelumnya kamu memilih log in dengan nomor ponsel, kali ini kamubisa langsung klik log in dengan menggunakan akun media sosial yang kamu punya. Dalam hal ini kamu bisa log in dengan menggunakan akun Facebook, Twitter, hingga Google yang kamu punya.
  3. Setelah itu secara otomatis operator akan mengirimkan email, ataupun meminta izin kepada kamu untuk bisa mengakses dan menghubungkan layanan MAXsteram dengan akun media sosialmu tersebut, kamu bisa langsung memberikan izin tersebut.
  4. Setelah itu secara otomatis kamu akan dialihkan ke laman sign up. Kamu akan diminta untuk memasukkan username serta password.
  5. Setelah itu secara otomatis akan dialihkan ke halaman utama aplikasi MAXstream.

Intinya sih kedua cara tersebut sama-sama praktis. Kamu bisa langsung memilih salah satu cara yang menurut kamu paling mudah ya.

Layanan yang Bisa Kamu Nikmati dengan Kuota Videomax

Bagi kamu yang telah mengunduh aplikasi MAXstream yang diluncurkan oleh Telkomsel, kamu bisa langsung menikmati beberapa channel gratis yang dibuka oleh aplikasi. Meski demikian tetap saja kamu tidak bisa menikmati layanan channel berbayar lebih banyak dari layanan yang ada di TV kabel umumnya.

Meski demikian hal ini wajar karena memang menurut kami layanan utama dari MAXstream bukanlah layanan channel TV berbayar, namun layanan video berbayar seperti film, serial, dokumentasi, hingga layanan siaran olahraga.

Beberapa Channel yang bisa kamu nikmati (berbayar) adalah sebagai berikut ini:

  1. Channel Gratis
    • NET TV.
    • tvOne
    • Kompas TV.
    • Metro TV.
    • JakTV
    • ANTV
  2. Channel pilihan dasar
    • Cartoon Network.
    • Warner Bros TV.
    • Oh!K.
    • Discovery Channel.
    • Discovery Asia.
    • Eurosport
    • Animal Planet.
    • TLC
    • Zoo Moo (NEW).
    • Blue Ant Entertainment (NEW).
  3. Channel Premium
    • beIN SPORTS 1 Channel (NEW).
    • beIN SPORTS 2 Channel (NEW).
    • beIN SPORTS 3 Channel (NEW).
    • Viacom (Nick Jr.).

Hingga saat ini ada sekitar 20 channel yang bisa kamu nikmati, baik channel berbayar ataupun channel gratis. Semoga saja di masa depan Telkomsel bisa mengembangkan layanannya dengan menambah channel-channel ini.

Selain dari channel-channel tersebut, kamu bisa menonton berbagai macam serial TV dan Film melalui layanan VIU, HOOQ, serta Nickelodeon Play yang sudah ada di dalam MAXstream. Khusus untuk layanan BeIN Sports kamu perlu mengunduh aplikasinya lagi ya!

Layanan VIU dan Cara Aktivasi VIU

viu

Salah satu layanan yang berada di dalam MAXstream adalah VIU. VIU sendiri merupakan layanan pemutar video yang bisa kamu unduh apabila kamu ingin menonton serial Korea, Indonesia, hingga film-film lokal dan salah satu yang istimewa yakni film India.

Nah adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan apabila kamu ingin mengaktivasi layanan VIU adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama-tama kamu bisa langsung menghubungi nomor USSD *363# di dalam menu dial up ponselmu. Kamu juga bisa langsung membuka aplikasi MyTelkomsel yang kamu punya sebelumnya.
  2. Apabila sudah melakukan pendaftaran sebelumnya, kamu akan langsung dikirimkan notifikasi SMS serta diberikan tautan yang akan diberikan oleh operator layanan VIU.
  3. Bila kamu belum memiliki aplikasi VIU sebelumnya kamu juga akan diberikan pilihan untuk mengunduh aplikasi VIU baik di Google Playstore ataupun Appstore.
  4. Setelah itu lakukanlah registrasi secara umumnya dengan menggunakan emailmu yang valid, Facebook, hingga akun Google yang kamu punya.
    • Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendaftarkan diri menggunakan nomor ponsel yang kamu punya. Nantinya kamu akan dikirimkan nomor OTP via SMS yang bisa langsung kamu input di dalam aplikasi.
  5. Selesai, layanan VIU sudah kamu bisa nikmati.

Layanan HOOQ dan Cara Aktivasi HOOQ

HOOQ

Selain VIU ada layanan HOOQ yang merupakan layanan serupa yang menyediakan berbagai macam film, yang berasal dari Korea, Indonesia, hingga India. Memang sih kebanyakan video yang ditawarkan oleh HOOQ serupa dengan video yang ditawarkan oleh VIU.

Sama seperti VIU, untuk bisa langsung mengakses layanan HOOQ berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Pertama-tama kamu bisa langsung menghubungi nomor USSD *363# di dalam menu dial up ponselmu. Kamu juga bisa langsung membuka aplikasi MyTelkomsel yang kamu punya sebelumnya.
  2. Apabila sudah melakukan pendaftaran sebelumnya, kamu akan langsung dikirimkan notifikasi SMS serta diberikan tautan yang akan diberikan oleh operator layanan VIU.
  3. Bila kamu belum memiliki aplikasi HOOQ sebelumnya kamu juga akan diberikan pilihan untuk mengunduh aplikasi HOOQ baik di Google Playstore ataupun Appstore.
  4. Setelah itu lakukanlah registrasi secara umumnya dengan menggunakan emailmu yang valid, Facebook, hingga akun Google yang kamu punya.
    • Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendaftarkan diri menggunakan nomor ponsel yang kamu punya. Nantinya kamu akan dikirimkan nomor OTP via SMS yang bisa langsung kamu input di dalam aplikasi.
  5. Selesai, layanan HOOQ sudah kamu bisa nikmati.

Nah bila kamu kurang puas, karena video yang ditawarkan VIU dan HOOQ serupa. Maka kamu bisa coba mengunduh layanan yang diberikan oleh Nickelodeon Play. Siapa tahu ada acara-acara masa kecilmu yang bisa kamu tonton lagi nantinya.

Layanan Nickelodeon Play dan Cara Aktivasinya

Nickelodeon Play

Berbeda dengan VIU dan HOOQ yang bisa dinikmati oleh semua orang yang memiliki akses internet, layanan Nickelodeon Play boleh dibilang merupakan salah satu layanan eksklusif yang ditawarkan oleh Telkomsel kepada para penggunanya sehingga bisa menikmati serial kartun dan games khusus dari Nickelodeon.

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan apabila ingin berlangganan Nickelodeon Play adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama-tama kamu bisa langsung menghubungi nomor USSD *363# di dalam menu dial up ponselmu. Kamu juga bisa langsung membuka aplikasi MyTelkomsel yang kamu punya sebelumnya.
  2. Apabila sudah melakukan pendaftaran sebelumnya, kamu akan langsung dikirimkan notifikasi SMS serta diberikan tautan yang akan diberikan oleh operator layanan VIU.
  3. Bila kamu belum memiliki aplikasi Nickelodeon Play sebelumnya kamu juga akan diberikan pilihan untuk mengunduh aplikasi Nickelodeon Play baik di Google Playstore ataupun Appstore.
  4. Setelah itu lakukanlah registrasi secara umumnya dengan menggunakan emailmu yang valid, Facebook, hingga akun Google yang kamu punya.
    • Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendaftarkan diri menggunakan nomor ponsel yang kamu punya. Nantinya kamu akan dikirimkan nomor OTP via SMS yang bisa langsung kamu input di dalam aplikasi.
  5. Selesai, layanan Nickelodeon Play sudah kamu bisa nikmati.

Nah sesuai dengan namanya, Nickelodeon Play memiliki layanan yang berbeda dengan video yang ditawarkan oleh VIU maupun HOOQ. Bila VIU dan HOOQ menawarkan film dan serial Korea, Indonesia, dan India, Nickelodeon menawarkanmu kartun-kartun dan film anak.

Berapa Paket Kuota Videomax

Intinya dengan semua aplikasi yang ada, kamu bisa menonton berbagai macam video langsung di dalam aplikasi MAXstream ataupun di masing-masing aplikasi dengan menggunakan tarif internet reguler.

Nah tapi dengan cara ini tentu saja pulsa dan kuotamu akan cepat habis, apalagi kalau kamu selalu menonton video dengan kualitas HD. Untuk itulah kamu membutuhkan kuota nonton Videomax biar lebih hemat.

Berikut ini adalah beberapa pilihan kuota Videomax yang bisa kamu pilih untuk menonton tayangan di MAXstream:

  1. Layanan VideoMAX beIN 1 Hari
    • Layanan untuk pelanggan prabayar.
    • Harga paket Rp 10.000,-
    • Kuota internet reguler tidak ada.
    • Kuota eksklusif beIN Sports Connect App 1 GB.
    • Biaya langganan beIN Sports Connect App 1 hari.
    • Masa berlaku 30 hari.
  2. Layanan VideoMAX beIN 3 Hari
    • Layanan untuk pelanggan prabayar.
    • Harga paket Rp 20.000,-
    • Kuota internet reguler tidak ada.
    • Kuota eksklusif beIN Sports Connect App 2 GB.
    • Biaya langganan beIN Sports Connect App 3 hari.
    • Masa berlaku 30 hari.
  3. Layanan VideoMAX beIN 30 Hari (Promo)
    • Harga paket Rp 100.000,-
    • Kuota internet reguler 2 GB.
    • Kuota eksklusif beIN Sports Connect App 10 GB.
    • Biaya langganan beIN Sports Connect App 30 hari.
    • Masa berlaku 30 hari.
  4. Layanan VideoMAX beIN 30 Hari
    • Layanan untuk pelanggan prabayar.
    • Harga paket Rp 75.000,-
    • Kuota internet reguler tidak ada.
    • Kuota eksklusif beIN Sports Connect App 5 GB.
    • Biaya langganan beIN Sports Connect App 30 hari.
    • Masa berlaku 30 hari.
  5. Layanan VideoMAX Nickelodeon Play 30 hari
    • Harga paket Rp 29.000,-
    • Kuota internet reguler tidak ada.
    • Kuota eksklusif Nickelodeon Play 1,5 GB.
    • Biaya langganan Nickelodeon Play 30 hari.
    • Masa berlaku 30 hari.
  6. Layanan VideoMAX Nickelodeon Play 30 hari
    • Harga paket Rp 9.900,-
    • Kuota internet reguler tidak ada.
    • Kuota eksklusif Nickelodeon Play 1,5 GB.
    • Biaya langganan Nickelodeon Play tidak ada.
    • Masa berlaku 30 hari.
  7. Layanan Ekstra Kuota VideoMAX 2 GB 30 Hari
    • Harga paket Rp 10.000,-
    • Kuota internet reguler tidak ada.
    • Kuota eksklusif MAXstream, HOOQ, CATCHPLAY, Nickelodeon Play, dan Tribe 2 GB.
    • Akses semua live channel di MAXstream.
    • Tidak termasuk biaya langganan HOOQ, CATCHPLAY, Nickelodeon Play, dan Tribe.
    • Masa berlaku 30 hari.
  8. Layanan Ekstra Kuota VideoMAX 5 GB 30 Hari
    • Harga paket Rp 20.000,-
    • Kuota internet reguler tidak ada.
    • Kuota eksklusif MAXstream, HOOQ, CATCHPLAY, Nickelodeon Play, dan Tribe 5 GB.
    • Akses semua live channel di MAXstream.
    • Tidak termasuk biaya langganan HOOQ, CATCHPLAY, Nickelodeon Play, dan Tribe.
    • Masa berlaku 30 hari.
  9. Layanan Ekstra Kuota VideoMAX 12 GB 30 Hari
    • Harga paket Rp 50.000,-
    • Kuota internet reguler tidak ada.
    • Kuota eksklusif MAXstream, HOOQ, CATCHPLAY, Nickelodeon Play, dan Tribe 12 GB.
    • Akses semua live channel di MAXstream.
    • Tidak termasuk biaya langganan HOOQ, CATCHPLAY, Nickelodeon Play, dan Tribe.
    • Masa berlaku 30 hari.
  10. Layanan Ekstra Kuota VideoMAX 20 GB 30 Hari
    • Harga paket Rp 80.000,-
    • Kuota internet reguler tidak ada.
    • Kuota eksklusif MAXstream, HOOQ, CATCHPLAY, Nickelodeon Play, dan Tribe 20 GB.
    • Akses semua live channel di MAXstream.
    • Tidak termasuk biaya langganan HOOQ, CATCHPLAY, Nickelodeon Play, dan Tribe.
    • Masa berlaku 30 hari.

Nantinya kamu bisa menonton video di aplikasi yang sesuai dengan kuota Videomax yang kamu pilih. Sebagaimana namanya, seluruh kuota yang bisa kamu pilih ini berlaku baik bagi pengguna prabayar ataupun penguna pascabayar.

Bila sudah menggunakan salah satu dari 10 kuota videomax di atas, kamu bisa melakukan pengecekan kuota dengan cara menghubungi USSD *363# di menu dial up. Selain itu kamu pun bisa melakukan pengecekan kuota melalui aplikasi My Telkomsel yang kamu punya.

Bila kamu ingin berlangganan masing-masing layanan saja, berikut ini adalah tarif yang harus kamu bayarkan:

  1. HOOQ
    • 500,- per 30 hari
  2. VIU
    • Rp 30.000,- per 30 hari.
    • Rp 75.000,- per 3 bulan.
    • Rp 100.000,- per 6 bulan.
    • Rp 200.000,- per 1 tahun.
  3. beIN Sports Connect
    • Rp 20.000,- per 1 minggu.
    • Rp 45.000,- per 1 bulan.
  4. Nickelodeon Play; sudah termasuk kuota MAXstream.

Apabila kamu ingin menonaktivasi seluruh paket MAXstream / kuota videomax sebelum masa berlakunya habis adalah dengan mengirimkan SMS ke nomor 3636 berisi UNREG.

Bisakah Kuota Videomax Diubah Menjadi Kuota Reguler

Ternyata kamu bisa loh mengubah kuota videomax menjadi kuota reguler. Caranya adalah dengan mengakali pengaturan APN dengan menggunakan spartphone yang kamu punya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Masuk ke dalam menu pengaturan, dan ke dalam submenu berikut:
    • Jaringan seluler
    • Lainnya
    • Access Point Name (Nama Titik Akses)
    • Tambah APN
  2. Ubah konfigurasi APN menjadi di bawah ini
    • Namaco
    • APN Internet
    • Nama Pengguna Wap
    • Kata Sandi Wap123
    • Jenis Autentikasi PAP atau CHAP
    • Jenis APN Default,supl
    • Kosongkan isi lainnya.
  3. Setelah itu klik pilihan Simpan dan aktivasi APN yang baru kamu ubah pengaturannya.

Cara lainya untuk mengubah kuota videomax menjadi kuota reguler adalah dengan memanfaatkan aplikasi Psiphon Pro. Pertama-tama tentu saja kamu harus mengunduh Psiphon Pro versi 211 (unlimited).

Setelah menguduh aplikasi tersebut, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Psiphon Pro dan kemudian klik stop, karena biasanya versi unlimited ini akan start secara otomatis ketika dibuka.
  2. Setelah itu kamu bisa pilih Server Japan atau United States di bagian Select Region.
  3. Kemudian klik More Options, dan ubah konfigurasi menjadi seperti ini:
    • Pilihlah pilihan Sound (Check)
    • Pilihlah pilihan Connect through an HTTP Proxy (Check)
  4. Setelah itu scroll ke laman bawah dan klik Custom HTTP headers, ubah konfigurasinya menjadi seperti ini:
    • Header 1; Nama X-Online-Host, Value cdn.tribenow.tv
    • Header 2; Nama keep-alive, Value api-nightly.hooq.tv
    • Header 3; Nama Connection, Value hooq.tv
  5. Setelah itu kamu bisakembali ke halaman utama Psiphon Pro, dan klik Start. Tunggulah hingga aplikasi tersebut terkoneksi langsung ke jaringan yang ada.

Terakhir jangan lupa untuk melakukan tes jaringan setelah mengubah konfigurasi ini. Cara ceknya mudah kok, kamu cukup melihat sisa kuota VideoMax yang kamu punya via aplikasi My Telkomsel ataupun USSD *363#.

Setelah itu lakukan browsing, menonton video, atau aktivitas apapun yang memanfaatkan internet. Bila sudah lakukan pengecekan sisa kuota VideoMax yang kamu punya kembali. Bila berkurang, berarti pengaturanmu sudah tepat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *