Drama Korea Terbaik yang Sayang Dilewatkan (No Spoiler)!

Korea dengan selalu kulturnya memang saat ini tengah menjadi buah bibir. Karena memang dalam beberapa tahun terakhir kultur-kultur negeri ginseng ini sukses merambah benua Asia, hingga ke Amerika.

Mulai dari K-Pop dengan segala musiknya yang berbeda dengan musik-musik yang pernah ada saat ini, hingga dengan drama nya yang sukses mendapatkan penonoton dari seluruh dunia. Bahkan tidak jarang loh selebriti mancanegara yang mengagumi drama dan musik korea.

Bicara soal drama Korea barangkali kurang rasanya bila kami tidak menyebutkan beberapa judul yang terbaik dan layak untuk ditonton, apalagi bagi Anda yang sedang gandrung tapi bingung harus menonton drama Korea apa, benar begitu?

Nah kami telah coba merangkum 19 judul drama korea terbaik di tahun 2019 yang layak Anda tonton, baik Anda penggemar drama kasual hingga Anda yang menggemari drama dengan jalan cerita njelimet!

Nah tapi biar Anda tidak tekor cari tahu dulu yuk kuota Videomax dan Maxstream, khusus bagi Anda yang menggunakan Telkomsel. Karena Anda bisa loh nonton drama-drama ini di VIU menggunakan kuota tersebut!

#1 Hotel del Luna

IU, Yeo Jin Goo, Jung Dong Hwan

hotel del luna

Drama supernatural yang dibintangi oleh IU dan Yeo Jin Goo ini sukses menjadi salah satu drama korea yang cukup meledak. Kesuksesan drama Korea ini tidak terlepas dari peran Hong Sister yang memang sudah jago perihal Drama Korea.

Hotel del Luna menceritakan mengenai Jang Man Wol (IU) si pemilik hotel dan Goo Chan Sung (Yeo Jin Goo) yang direkrut sebagai manajer hotel. Menariknya Goo Chan Sung yang merupakan seorang manusia ini direkrut untuk mengurus hotel hantu, ya hotel hantu!

Hotel del Luna sendiri merupakan hotel khusus arwah manusia yang sudah meninggal dan ingin beristirahat sejenak sebelum mereka melanjutkan perjalannya ke alam baka. Nah Goo Chan Sung ini lah yang diutus Jang Man Wol mengurus manajemen hingga keuangan hotel ini.

Justru dari para hantu inilah Anda akan disuguhkan kisah-kisah yang menarik. Karena toh nyatanya rupa hingga perilaku mereka saat menjadi arwah ditentukan berdasarkan bagaimana selama mereka hidup dan bagaimana cara mereka mati.

Setiap hantu yang membawa ceritanya masing-masing inilah yang membuat drama Hotel del Luna ini menurut kami layak untuk ditonton. Selain menarik, jalan cerita yang ringan, tentu saja dengan banyaknya hantu-hantu ini Anda tidak akan bosan di dalam melahap setiap episodenya.

#2 Vagabond

Lee Seung Gi, Bae Suzy, Shin Sung Rok

suzy vagabond

Bertemakan action dan romance yang nampaknya masih memiliki porsi pasar terbesar diantara tema-tema lainnya di dalam pasar drama korea. Vagabond sukses pula menjadi salah satu favorit bagi banyak orang.

Meski demikian menurut kami memang ada peran Lee Seung Gi dan Bae Suzy disini yang sebelumnya sukses membintangi Gu Family’s Book. Hal ini ditengarai membuat Vagabond menjadi salah satu drama yang paling diantisipasi di awal kemunculannya, dan syukurnya mereka sukses memenuhi ekspektasi orang banyak saat itu!

Vagabond pada awalnya menceritakan mengenai kecelakaan yang dialami Go Hae Ri (Suzy) yang merupakan seorang agen Kedubes Korea di Maroko yang kemudian membuatnya bertemu dengan Cha Dal Gun (Lee  Seung Gi) tanpa sengaja.

Nah di dalam serial ini diceritakan bahwa Dal Gun dan Hae Ri memiliki misi untuk memecahkan kasus kecelakaan pesawat yang dialami keponakan Dal Gun sendiri. Menariknya di tengah-tengah kasus tersebut mereka berdua justru menemukan informasi penting terkait kasus korupsi petinggi-petinggi yang mereka kenal.

Jalan cerita yang menurut kami cukup berat bisa diatasi dengan sukses berkat akting Lee Seung Gi yang penuh aksi serta sempilan-sempilan kisah cinta yang seolah memberikan Anda napas sejenak sebelum kembali berpikir saat menonton drama aksi ini.

#3 He is Psychometric

Park Jin Young, Shin Ye Eun, Kim Da Son, Kim Kwon

he is psychometric

Drama bergenre fantasi, komedi, misteri dan romance yang dibintangi oleh Park Jin Young ini menceritakan tentang Lee An (Park Jin Young) dengan kemampuan psikometri dimana ia mampu melihat ingatan manusia ataupun benda bila ia menyentuhnya.

Di dalam cerita ini Anda akan disajikan kisah yang menurut kami menarik, dimana cerita mengenai penyidikan kasus yang dilakukan oleh Lee An bersama Jae In (Shin Ye Eun) namun dikombinasikan dengan kemampuan fiksi berupa pasikometri.

Meski terdengar seperti drama misteri pada umumnya yang banyak berkutat di lingkungan kantor polisi, detektif, kasus-kasus, dan pemecahan kasusoleh detektif, He is Psychometric sebenarnya banyak pula menceritakan kasus sehari-hari.

Menariknya meski Lee An memiliki kemampuan supranatural yang biasanya digambarkan dengan keren di film-film kebanyakan, sang penulis justru menggambarkan Lee An sebagai manusia yang ceroboh, kekanakan, dan konyol.

Disinilah letak daya tarik film ini, karena menurut kami cukup jarang ada film atau drama apapun yang meng-kombinasikan genre misteri, komedi, dengan fiksi atau dalam hal ini supranatural. Wajib ditonton!

#4 Doctor Prisoner

Namgoong Min, Kwon Nara, Kim Byung Chul

doctor prisoner review

Kalau ada cerita drama yang disukai banyak orang, kebanyakan pasti lah berlatar belakang medis ataupun hukum. Nah Doctor Prisoner justru dengan ‘nekat’ menggabungkan kedua tema ini sehingga sukses menyajikan drama yang segar dan baru.

Doctor Prisoner menceritakan mengenai Na Yi Je (Namgoong Min) yang berprofesi sebagai dokter bedah jenius yang karirnya dihancurkan oleh Lee Jae Hwan (Park Eun Seok) sehingga ia dituduh melakukan malapraktik dan dipaksa keluar rumah sakit.

Na Yi Je kemudian mulai bekerja di tempatnya yang baru di rumah sakit penjara dan berambisi untuk menjadi kepala rumah sakit di penjara. Sayangnya, layaknya dunia nyata bila Anda ingin memimpin tentu banyak rintangan yang ada.

Hal menarik di dalam drama ini adalah bagaimana para tahanan ternyata memiliki ‘hobi’ membuat-buat penyakit sehingga bisa keluar dari penjara. Menariknya cara membuat sakit ini digambarkan dengan baik, misalnya bagaimana cara membuat diri menjadi benar-benar demam sehingga bisa sakit dan keluar dari penjara.

Menarik karena selain tema yang diusung, menurut kami kisah ini cukup related apalagi di negara seperti Indonesia dimana kita masih sering mendengar cerita-cerita orang terkenal yang pura-pura sakit untuk keluar dari penjara. 9/10!

Baca Juga Gaji Dokter di Indonesia

#5 Strangers from Hell

Im Si Wan, Lee Dong Wook, Lee Jung Eun

strangers from hell review

Drama Strangers from Hell atau yang juga dikenal dengan judul Hell is Other People ini mengangkat genre thriller yang tentu saja memiliki penggemar setianya sendiri. Menariknya drama ini pun sukses mendapatkan rating yang tinggi untuk episode perdananya di Korea.

Meski bergenre thriller, drama ini mengangkat cerita Yoon Jong Woo (Im Si Wan) yang merantau dari kampong ke Korea, mencari kost dengan harga terjangkau. Hingga akhirnya Yoon Jong Woo terdampar di kost-kost an yang cukup murah yakni Kost Eden.

Dari sinilah jalan cerita Strangers from Hell mulai berkembang. Mulai dari tetangga Yoon Jong Woo yang aneh, galak, mesum. Yah intinya sih dari sinilah semuanya akan berawal, sehingga cerita yang ada menjadi menarik.

Karena kisahnya yang cukup ringan inilah, dibantu dengan kehadiran Im Si Wan dan Lee Dong Wook, tidak heran kalau drama Strangers from Hell yang diangkat dari webtoon series ini sukses mendapatkan tempat di hati penggemarnya.

Strangers from Hell menurut kami merupakan salah satu film bergenre thriller yang layak ditonton sebagai film casual. Mengingat jalan cerita yang ringkas, serta adanya komedi-komedi yang diselipkan membuatnya semakin layak di tonton.

#6 The Great Show

Song Seung Heon, Lee Sun Bin, Lim Ju Hwan

review the great show

Sama seperti beberapa drama Korea terbaru, The Great Show merupakan salah satu drama Korea yang sukses memadukan genre-genre yang terbilang unik. The Great Show sendiri memadukan genre komedi, romance, dan politik sebagai tulang punggung ceritanya.

Wi Dae Han (Song Seung Heon) merupakan seseorang yang tumbuh dengan latar belakang keluarga yang menyedihkan, mulai dari ayahnya yang berselingkuh dan meninggalkan ibunya hingga kisahnya yang terancam digusur oleh Kang Kyung Hoon sang anggota dewan.

Lucunya di masa depan ketika dewasa Wi Dae Han justru menjadi anggota dewan yang juga seperti Kang Kyung Hoon, bermuka dua dan licik. Nah tapi karena Dae Han ingin menjadi pejabat kembali, maka ia melakukan banyak pencitraan untuk meraih popularitas.

Cerita di dalam The Great Show bisa jadi menarik karena sukses mengangkat masalah sosial yang seringkali dibahas di masyarakat. Mulai dari masalah kesehatan mental, eksploitasi anak, hingga masalah aborsi.

Namun drama yang cukup sukses di Korea ini nyatanya masih mengundang berbagai kritikan. Hal ini lantaran jalan ceritanya yang dianggap mengambang di akhir-akhir episode nya dan kurangnya riset terkait isu-isu sosial yang di angkat di dalam cerita.

Tapi pada akhirnya sih kami tetap merekomendasikan The Great Show untuk Anda para penonton drama Korea casual yang ingin film dengan genre yang unik!

#7 Designated Survivor: 60 Days

Ji Jin Hee, Heo Jun Ho, Kang Han Na

review designated survivor

Designated Survivor merupakan salah satu drama Korea yang menurut kami menangkat tema politik (yang sudah biasa), namun menyajikan jalan cerita yang cukup segar dan baru ditengah drama dan film politik yang begitu-begitu saja.

Designated survivor sendiri merupakan orang yang ditunjuk oleh negara (dalam hal ini AS dan Korea) untuk menjadi kepala negara sesuai konstitusi. Intinya bila terjadi huru-hara dan kemudian presiden meninggal dunia, maka penggantinya adalah wakilnya.

Bila wakilnya meninggal dunia maka akan digantikan oleh menterinya, dan seterusnya. Hingga urutan tertentu negara harus menentukan seseorang untuk menjadi presiden bila para pejabatnya meninggal dunia.

Designated Survivor: 60 Days ini merupakan drama yang diangkat dari serial berjudul sama di Amerika Serikat. Nah tapi bayangkan bila Park Mu Jin (Ji Jin Hee) yang seorang awam justru ditugaskan menjadi presiden?

Bisa diperkirakan akan banyak tentangan dan cemoohan, mulai dari para Jenderal yang tidak percaya dengan kepemimpinannya hingga rakyatnya sendiri yang tidak ‘mengakui’ pengangkatan Park Mu Jin karena toh tidak dipilih langsung, melainkan melalui mekanisme khusus.

Lucunya Park Mu Jin justru menyelesaikan berbagai masalah kenegaraan dengan cara-cara yang aneh, unik, penuh risiko. Tapi toh nyatanya banyak masalah yang diselesaikan oleh Park Mu Jin. Segala aksi dan manuver politik yang ada di drama inilah yang membuatnya layak ditonton.

Tapi memang sih menurut kami drama ini tergolong sebagai drama yang memiliki cerita cukup berat dengan latar belakang politik yang sebenarnya tidak terlalu banyak memiliki penggemar, apalagi politik yang serius! Tapi secara keseluruhan menurut kami sih: 9/10!

Baca Juga Gaji Presiden Seluruh Dunia

#8 My Fellow Citizens

Choi Si Won, Lee Yoo Young, Kim Min Jung

my fellow citizen review

Dibintangi oleh sederet nama beken drama dengan genre political, crime, dan comedy ini sukses menjebol pasar drama korea dengan ratingnya yang bisa dibilang cukup tinggi. My Fellow Citizens sendiri menceritakan kisah tentang Yang Jung Gook (Choi Si Won) yang merupakan seorang penipu.

Yang Jung Gook yang merupakan seorang penipu ini menariknya justru ditipu oleh sang pacar yang mengambil uang yang ia punya. Untuk mengobati luka hatinya tersebut ia pergi untuk minum dan bertemu dengan Kim Mi Young (Lee Yoo Young) yang merupakan seorang detektif namun mengaku berprofesi sebagai pegawai di perusahaan kecil.

Dari sinilah kemudian banyak cerita menarik berasal. Kisah-kisah romantis, lucu, yang diselipkan di dalam drama politik ini menjadikan kisahnya sangat ringan dan renyah untuk dilahap sekaligus. Maraton? Boleh!

Meski cenderung ringan dan mudah untuk ditonton, My Fellow Citizens tidak kehilangan nyawanya sebagai drama politik, crime, yang lazimnya menampilkan isu-isu dan permasalahan sosial yang ada.

Pada akhirnya menurut kami My Fellow Citizens sukses merebut hati penggemarnya dengan mengangkat tema yang juga tidak lazim yakni politik berbalut komedi. Meski bertema politik pad akhirnya My Fellow Citizens merupakan drama ringan yang amat sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga Gaji Polisi di Indonesia

#9 Confession

Lee Jun Ho, Shin Hyun Bin, Yoo Jae Myung

drama korea confession

Choi Do Hyun (Lee Jun Ho) yang di dalam drama berprofesi sebagai seorang pengacara handal sedang bertugas menangani kasus pembunuhan dari seorang terdakwa yang terancam dijatuhkan hukuman mati.

Menariknya sang terdakwa justru adalah ayahnya sendiri dan Do Hyun yakin bahwa ayahnya tidak bersalah dan layak untuk dibebaskan. Di tengah-tengah pemecahan kasus yang pelik tersebut Do Hyun menemukan fakta-fakta menarik yang menjadi daya tarik drama ini.

Kisah ini cukup menarik terutama bagi Anda yang doyan film-film bertema hukum dan cenderung berat. Karena apa yang disajikan di dalam drama ini menurut kami cukup relate dan penuh dengan riset pendukung yang baik sehingga cukup sesuai dengan dunia nyata.

Sayangnya jalan cerita yang diberikan di dalam film ini cenderung terlambat sehingga dalam 2 atau 3 episode awal barangkali Anda belum bisa meraba inti dari cerita yang ada. Tapi setelahnya sih, jangan ditanya, ceritanya menjadi semakin panas dan menarik!

Pada akhirnya sih memang Confession serupa dan cukup tipikal dengan sederet film-film bertema hukum yang ada saat ini. Tapi toh memang layaknya film bertema medis, film bertema hukum menurut kami cukup awet dan akan selalu menarik.

Alasannya menurut kami adalah karena di dunia nyata memang kebanyakan orang awam jauh dari dunia medis dan hukum. Sehingga semakin akurat kisah dan aturan yang ada di dalam film bertema medis dan hukum dengan dunia nyata, semakin menarik lah film tersebut. Begitu pula dengan film ini!

#10 Diary of a Prosecutor

Lee Sun Kyun, Jung Ryeo Won, Lee Sung Jae

drama korea diary of prosecutor

Pernah terbayang ‘gak’ sih oleh Anda bagaimana kehidupan sehari-hari para penegak hukum? Di tengah-tengah penyelesaian kasus hukum, sidang-sidang yang menunggu di depan untuk dipimpin, hingga kehidupan personal mereka.

Di film inilah Anda bisa menyaksikan Lee Sun Woong (Lee Sun Kyun) yang beradu akting bersama Cha Myung Joo (Jung Ryeo Won). Sun Woong sendiri merupakan seorang jaksa penuntut di kantor distrik Jinyoung yang digambarkan memiliki karakter santai dan tampak tanpa ambisi.

Lain hal nya Myung Joo yang awalnya merupakan seorang Jaksa elit yang bekerja di kantor kejaksaan distrik tengah di Seoul. Keadaan mulai berubah ketika Myung Joo harus dipindah ke kantor distrik Jinyoung.

Drama yang tergolong serius ini tampak digarap dengan amat baik dan tentu saja dengan niat sehingga Anda tidak cepat bosan dan akan terus tertarik untuk mengikuti jalan ceritanya. Selain itu tetap dengan sempilan humor khas negeri ginseng di dalamnya.

Berbagai kasus yang akan ditangani inilah kemudian akan membuat cerita ini semakin berwarna dan seolah-olah tidak akan ada habisnya. Karena seolah-olah Anda disajikan banyak cerita-cerita ‘kecil’ di tengah cerita besar drama ini secara keseluruhan.

Pada akhirnya Diary of Prosecutor yang dikatakan sebagai film yang cukup serius ini toh nyatanya masih layak ditonton sebagai film casual. Menurut kami pun Anda masih bisa menonton film ini secara marathon tanpa harus kelelahan berpikir di dalam mengikuti jalan cerita yang ada.

Baca Juga Berapa sih Gaji dan Tunjangan Hakim di Indonesia?

#11 Best Chicken

Park Sun Ho, Kim So Hye, Joo Woo Jae

best chicken review

Mengangkat tema romansa komedi, drama Best Chicken sukses melawan drama-drama lain dengan cerita yang tidak selalu relatable dengan dunia nyata. Best Chicken justru mengangkat kisah yang menarik namun amat ‘sehari-hari’ dan tidak tampak dibuat-buat.

Tapi memang sih sudah jadi rahasia umum para penggemar K-Pop, dimana jika ada film yang bertema komedi romance sudah hampir pasti akan menjadi drama-drama terbaik di masanya. Nah hanya tinggal penggarapannya saja deh!

Best Chicken menceritakan Bo-A (Kim So Hye) yang bergelora di dalam mencapai mimpinya untuk menjadi penulis webtoon. Di dalam drama ini Bo-A bekerja sebagai pengelola pemandian umum yang dimilikioleh sang kakek, ia sendiri tinggal di lantai dua pemandian tersebut.

Di satu sisi ada pula karakter Choi Go (Park Sun Ho) yang dikisahkan nekat berhenti bekerja dari perusahaan besar demi membuka restoran ayamnya sendiri. Hingga kemudian Choi Go mendapatkan tempat yang murah untuk membuka restoran ayamnya, di pemandian Bo-A!

Dari sinilah drama ini bermulai, dengan kisah-kisa komedi, cinta, dan perjuangan yang ringan namun penuh makna. Park Chan Young sang penulis sukses mengangkat kisah seputar anak muda dengan mimpinya yang besar, kepercayaan diri yang bergelora, serta pertemanan yang kental.

Park Chan Young juga menunjukkan di dalam drama ini kalau kesuksesan itu harus diraih dengan kerja keras, dan dengan menghadapi banyaknya rintangan yang menghadang di depan. Intinya sih kami yakin kalau Anda yang masih remaja menonton film ini pasti Anda akan bahagia.

Semangat muda di dalam diri Anda pasti akan bergelora, karena memang film ini “amat-sangat-sekali” relate dengan kehidupan masa muda kebanyakan orang. Meski memang ada satu dua hal yang justru tampak hiperbola alias berlebihan.

Tapi toh nyatanya drama yang sangat ringan ini memiliki banyak penggemar loh. Jadi menurut kami sangat sayang apabila Anda sia-siakan dan tidak menonton drama yang sarat makna ini!

Baca Juga: Pilihan pekerjaan untuk mahasiswa

#12 My Lawyer Mr. Jo

Park Shin Yang, Park Sol Mi, Heo Jung Eun

my lawyer my jo review

Diperankan oleh Park Shin Yang, yang merupakan aktor tampan kharismatik, Jo Deul Hoo sang pengacara sukses membolak balikkan emosi para penontonnya melalui tingkah polahnya yang konyol namun amat cerdas.

Jo Deul Hoo awalnya digambarkan sebagai seorang jaksa yang terampil namun harus dijebak karena tidak mau bekerja sama dengan penguasa yang anaknya terlibat dalam kasus pembunuhan, hingga akhirnya ia dipecat, dipenjara dan kemudian diceraikan oleh istrinya.

Menariknya di dalam film ini kemudian Jo Deul Hoo justru dipaksa berhadapan dengan Jang Hae Kyung (Park Sol Mi) yang merupakan mantan istrinya sendiri. Dari sini justru Jo Deul Hoo menemui beragam masalah serius.

Lebih jauh lagi setelah bebas ia menangani beragam kasus hukum yang amat menarik terkait profesinya sebagai pengacara, hingga kemudian ia memutuskan untuk menangani klien yang dijadikan kambing hitam dalam kasus pembunuhan yang dilakukan anak pejabat sebelumnya.

Nah konflik-konflik serta tingkah Jo Deul Hoo inilah yang membuat cerita My Lawyer  Mr. Jo ini justru menarik dan layak ditonton. Karena meski bertema hukum, dengan alur yang lumayan simpel, penulis sukses menyampaikan plot twist yang relatif mudah dicerna penonton.

Pada akhirnya menurut kami film ini meski tergolong film yang tidak ringan, tapi tetap bisa ditonton oleh semua orang dan tentu bisa ditonton secara marathon tanpa harus pusing memikirkan jalan ceritanya!

Baca Juga Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Pengacara Nomor Berapa Ya?

#13 Angel’s Last Mission: Love

Shin Hye Sun, Kim Myung Soo, Lee Dong Gun

angels last mission review

Drama bergenre fantasi, romantis, dan komedi ini merupakan salah satu yang terbaik di tahun 2019. Bila umumnya drama romansa menceritakan kisah dua orang manusia, Angle’s Last Mission: Love justru nekat menyajikan cerita cinta antara malaikat dengan manusia.

Drama ini pada mulanya menceritakan Lee Yeon Seo (Shin Hye Sun) yang merupakan seorang penari balet serta sesosok malaikat berwajah tampan yang bernama Kim Dan (Lee Yeon Seo alias L Infinite).

Yeon Seo dikisahkan sebagai penari balet yang buta akibat kecelakaan namun perlahan bangkit setelah mendapatkan penglihatannya kembali berkat donor mata dari kerabat dekatnya. Selain masalah kebutaan, tekanan, dan berbagai masalah lain yang dihadapi Yeon Seo membuat ia menjadi pribadi yang dingin dan kaku.

Menariknya disinilah Kim Dan muncul sebagai malaikan yang memiliki misi khusus untuk membuat Yeon Seo jatuh cinta, yang harus diselesaikan selama 100 hari agar Kim Dan diperkenankan masuk ke surge dengan tenang.

Alih-alih membuat Yeon Seo jatuh cinta, penulis Choi Yoon Kyo justru mengambil langkah menarik dimana ia justru membuat cerita dimana Kim Dan jatuh cinta kepada Yeon Seo. Disinilah letak daya tarik drama ini.

Salah satu drama cinta fiksi yang menurut kami layak untuk ditonton karena jalan ceritanya yang sepintas terdengar absurd, namun jusru membuatnya menjadi menarik. Sayang sekali bila kamu lewatkan.

#14 Touch Your Heart

Yoo In Na, Lee Dong Wook, Lee Sang Woo

review touch your heart

Satu lagi drama komedi romantis terbaik yang ada di dalam daftar ini, yang sayang apabila Anda lewatkan. Apalagi melihat cast dari film ini yang diisi oleh nama-nama beken, khususnya aktor tampan kharismatik Lee Dong Wook.

Touch Your Heart ini bercerita mengenai Kwon Jung Rok (Lee Dong Wook) yang akan memerankan karakter sebagai pengacara piawai. Di dalam cerita Jung Rok dipaksa bekerja untuk Oh Yoon Seo (Yoo In Na) yang merupakan selebritis yang penuh skandal.

Yoon Seo yang merupakan seorang selebritis ini sebenarnya akan memerankan peran di dalam drama terbarunya dengan karakter pengacara. Oleh karena itulah Yoon Seo kemudian magang di firma hukum tempat Jung Rok bekerja selama tiga bulan.

Meski awalnya menolak karena memang sifatnya yang perfeksionis, bos dari firma hukum tempatnya bekerja justru mengancam Jung Rok sehingga pada akhirnya pun ia terpaksa menerima Yoon Seo magang untuk Jung Rok.

Sayangnya Jung Rok yang dingin dan serius ini memang tampak tidak nyambung dengan Yoon Seo yang lebih ceria. Nah justru dari sinilah kemudian cerita di dalam drama ini mulai berkembang dan menjadi menarik.

Pokoknya cerita di dalam drama ini meski tema-nya ringan dan amat tipikal, tapi justru lengkap dan sukses digarap dengan baik oleh sang sutradara. Menariknya pula ada banyak adegan parodi iklan-iklan di Korea yang diselipkan di dalam drama ini.

Hal-hal semacam itulah yang membuat kami amat merekomendasikan film yang ringan dan menyenangkat ini untuk menjadi santapan marathon bagi Anda yang sedang mencari drama Korea untuk ditonton!

#15 Her Private Life

Park Min Young, Kim Jae Wook, Ahn Bo Hyun

her private life review

Masuk ke dalam salah satu kategori terfavorit, yakni drama komedi romantis, Her Private Life sukses membius banyak mudi-mudi untuk melahap drama ini sampai habis. Lebih spesifik lagi menurut kami Her Private Life bisa jadi merupakan salah satu drama menarik bagi Anda para Fan Girl K Pop.

Her Private Life yang sebenarnya diangkat dari serial webtoon berjudul Noona Fan Dot Com ini bercerita tentang Sung Duk Mi (Park Min Young) yang merupakan fangirl hardcore dari seorang anggota boyband ternama White Ocean, Si An (Jung Jae Won).

Sebenarnya cerita ini bisa begitu populer di Korea sendiri mengingat, selain temanya memang tema komedi romantis, tapi jalan ceritanya yang memang relate-lah dengan kehidupan fangril dan idolanya yang dikemas begitu apik sehingga begitu menarik untuk ditonton.

Lucunya Duk Mi yang bekerja sebagai kurator galeri ini justru memiliki pembawaan yang serius di dalam kesehariannya dan tidak ingin diketahui oleh rekan sejawatnya bahwa ia adalah seorang fangirl K Pop yang fanatik.

Meski tidak terlalu relate dengan kehidupan fangirl K Pop yang berada di Indonesia, jalan cerita yang ringan renyah dan diselipkan dengan humor-humor khas drama romantis komedi inilah yang membuat drama ini cocok ditonton oleh semua orang.

#16 Doctor John

Ji Sung, Lee Se Young, Lee kyu Hyung

doctor john review

Bila kebanyakan drama korea dan serial medis kebanyakan mengangkat tema dokter bedah dan dokter bedah jantung, drama Doctor John mencoba mengangkat tema dari sisi yang lain, yakni mengenai kisah hidup Chi Yo Han (Ji Sung) yang merupakan seorang dokter anestesi alias dokter bius.

Lebih jauh lagi kehidupan dokter anestesi yang memang amat dekat dengan hidup mati pasien (bila dibandingkan dengan dokter spesialis lainnya) justru diangkat sebagai cerita dari sisi-sisi yang tabu dan cenderung ekstreme.

Bila kebanyakan drama kedokteran menceritakan betapa heroiknya dokter-dokter menyelamatkan nyawa pasiennya, Doctor John justru berani mengangkat cerita dokter yang ‘hobi’ menabrak kode etik kedokteran.

Misalnya di dalam drama ini diceritakan bagaimana seorang dokter bisa ‘membunuh’ pasien secara halus dengan cara memutus peralatan medis ketika sedang dilakukan tindakan medis tertentu.

Wah dengan jumlah 32 episode yang ada, dipastikan Doctor John bisa memberikan Anda pengalaman yang jauh lebih seru dibandingkan dengan menonton drama-drama bertemakan kedokeran yang sudah ada selama ini!

Baca Juga Gaji Dokter di Indonesia

#17 At Eighteen

Ong Seong Wu, Kim Hyang Gi, Shin Seung Ho

at eighteen review

Bercerita tentang kisah kehidupan SMA  Choi Joon Woo (Ong Seong Wu), Soo Bin (Kim Hyang Gi) dan Ma Whi Young (Shing Seung Ho) yang memiliki latar belakang berbeda namun sama-sama dipenuhi tekanan dari lingkungannya.

Drama ini menurut kami akan sangat menarik terutama bila ditonton oleh remaja yang juga relate dengan cerita yang di angkat di dalamnya. Mengenai masa muda yang penuh ambisi namun ditekan tuntutan orang tua dan bagaiamana mimpi-mimpinya justru dimatikan.

Secara garis besar sih kalau kamu seorang penggemar dari drama Sky Castle pasti bisa membaca jalan cerita dari At Eighteen karena memang drama ini mengangkat tema dan nyawa yang sama, mengenai kehidupan anak-anak Korea yang dipaksa masuk ke universitas unggulan demi orang tua.

Nah meski terdengar biasa saja, dengan tema yang umum, dan jalan cerita yang mirip seperti Sky Castle, mengapa kami tetap merekomendasikan drama ini untuk kamu tonton?

Alasannya karena kepiawaian akting para pemain menjalankan naskah yang ditulis secara cantik dengan cerita-cerita yang bisa diresapi oleh para penontonnya inilah yang membuat drama ini layak untuk ditonton.

#18 Abyss

Ahn Hyo Seop, Ahn Se Ha, Kim Sa Rang

abyss review

Bila Anda menggemari kisah-kisah fiksi, barangkali kamu akan menyukai pula kisah ‘absurd’ yang di angkat di dalam drama Abyss ini. Drama Abyss menceritakan Ko Se Yeon (Kim Sa Rang) yang merupakan jaksa cantik yang meninggal dunia setelah terlibat kasus, namun bangkit berkat Abyss.

Di sisi lain diceritakan pula Cha Min (An Se Ha) yang merupakan penerus perusahaan kosmetik yang cerdas namun rendah hati dan berhati baik. Ia pun meninggal dunia setelah kecelakan, dan lagi-lagi bangkit kembali berkat Abyss

Abyss sendiri merupakan bola misterius yang mampu membangkitkan seseorang dari kematian. Menariknya Abyss membangkitkan seseorang dari kematian dengan penampilan yang berbeda dengan sebelumnya, bergantung dari bagaimana hidupnya dahulu.

Cha Min dan Se Yeon bangkit dengan penapilan yang berbeda, dan kini Se Yeon bekerja sebagai pengacara di firma hukum untuk Se Yeon. Meski layak ditonton, tapi memang ada beberapa kritikan miring terkait film ini.

Terutama karena cerita pilot episode nya yang cenderung mengambang sehingga membuat penontonnya bingung mengenai jalan cerita dari Abyss ini. Meski demikian menurut kami film ini tetap layak ditonton bagi Anda yang ingin mencari cerita yang mudah dan ringan, tanpa ekspektasi tinggi tentunya.

#19 Class of Lies

Yoon Kyun Sang, Geum Sae Rok, Choi Yu Hwa

drama korea class of lies review

Jang Hong Cheol melalui drama Class of Lies menurut kami sukses mengangkat drama bertema crime dan sekolah sebagai penulis. Sama seperti genre komedi romantis bahwa drama ber-genre ini bukanlah barang baru bagi para penggemar drama korea.

Meski demikian berbeda dengan kebanyakan drama korea yang selalu menyelipkan humor-humor khas Korea walaupun hanya seuprit, dan walaupun berada dalam drama bergenre serius, Class of Lies justru sukses membius penontonnya melalui ceritanya yang penuh ketegangan.

Sekali lagi Jang Hong Cheol sebagai penulis naskah dan Sung Yong Il sebagai sutradara sukses menggarap film ini secara cantik. Plot yang begitu pas dengan ketegangan yang juga diletakkan di tempat-tempat yang pas membuat film ini anti bosan.

Class of Lies sendiri bercerita mengenai Ki Moo Hyeok (Yoon Gyun Sang) yang merupakan pengacara handal yang sedang menangani kasus pembunuhan oleh seorang siswa SMA, yang juga membuat reputasinya redup.

Meski demikian Moo Hyeok tetap berusaha mengembalikan reputasinya tersebut dengan cara bekerja sebagai guru di SMA tempat siswa pembunuh tersebut berasal dan ia pun berusaha mengungkap segala rahasia yang ada di dalam sana.

Nah sepertinya satu paragraf di atas cukup untuk memancing Anda menonton, kalau kami ceritakan lebih jauh lagi kami rasa sih terlalu sayang karena pasti akan banyak spoiler bertebaran dan bisa-bisa Class of Lies akan kehilangan nyawanya.

Khusus untuk yang satu ini menurut kami Anda wajib menontonnya, apalagi bagi Anda yang menggemari film-film bertema serius, dengan sempilan plot twist disana sini, yang tentunya bisa memicu otakmu untuk berpikir sepanjang film ini diputar.

Nah, tunggu apa lagi? jangan lupa nonton di VIU ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *