fbpx

Fungsi, Tujuan, dan Contoh Surat Keterangan Kerja

Di Indonesia yang birokrasinya kadang-kadang bikin esmosi, penggunaan surat keterangan kerja untuk melancarkan berbagai urusan udah bukan jadi hal yang aneh lagi. Urusan resmi, perbankan, hingga beasiswa akademik seringnya meminta surat keterangan kerja sebagai syarat.

Surat keterangan kerja sendiri adalah surat yang isinya adalah penjelasan kalau kamu adalah seorang pekerja di suatu perusahaan ataupun institusi dan organisasi resmi. Dari sini kamu harus paham kalau yang mengeluarkan surat keterangan kerja hanyalah institusi tersebut.

Sementara kalau kamu sebagai perorangan mengeluarkan “surat keterangan kerja” namanya berubah jadi surat pernyataan yang sifatnya enggak resmi nih. Wah jadi jangan sampai salah loh ya.

Biar kamu gak bingung lagi yuk coba kita bahas pelan-pelan mengenai surat keterangan kerja, mulai dari tujuan hingga yang paling penting yakni contoh surat keterangan kerja yang bisa kamu tiru.

Baca: Cara buat surat keterangan kerja


Kenapa Namanya Surat Keterangan?

Surat keterangan

Surat keterangan dinamai surat keterangan karena surat ini berisi mengenai hal yang bertujuan untuk menjelaskan sesuatu. Dalam hal ini surat keterangan kerja adalah surat yang dibuat dengan maksud menjelaskan kalau kamu bekerja di suatu perusahaan.

Surat keterangan kerja secara lebih sempit memiliki definisi sebagai surat yang dikeluarkan oleh institusi dan sifatnya menerangkan bahwa kamu adalah pegawai atau pekerja yang bekerja di institusi tersebut.

Surat keterangan ini bisa bersifat biasa ataupun penting. Meski demikian surat keterangan kerja lebih lazim digolongkan sebagai surat keterangan yang bersifat penting. Hal ini amat terkait dengan kegunaan dari surat keterangan kerja.

Karena seringkali surat keterangan kerja kemudian digunakan sebagai referensi untuk mengajukan aplikasi beasiswa, aplikasi visa, hingga untuk mengajukan pinjaman di institusi perbankan.


Manfaat Surat Keterangan Kerja

surat keterangan kerja

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari pembuatan surat keterangan kerja, yang pertama tentu saja untuk menunjukkan bahwa kamu adalah benar-benar karyawan di suatu perusahaan yang menerangkan surat keterangan kerja tersebut.

Bisa juga loh surat ini digunakan kalau kamu ingin resign dan pindah kerja. Apalagi kalau kamu aset yang berharga, surat-surat semacam ini bisa menambah nilaimu. Asal di dalamnya diterangkan bahwa kamu adalah pekerja di perusahaan XXX, bekerja dengan baik, dan karena suatu hal (jelaskan bila mungkin) hubungan kerja antara kedua belah pihak harus berakhir.

Surat keterangan kerja juga bisa loh menunjukkan perilaku positif serta bukti pengalaman kerja kamu. Hal ini bermanfaat kalau kamu mau bermaksud untuk mengajukan lamaran beasiswa ataupun lamaran kuliah S2 dan S3.

Selain itu surat keterangan kerja juga bisa loh bermanfaat sebagai salah satu pelengkap persyaratan administratif. Misalnya kalau kamu mau melamar pekerjaan, maka surat keterangan kerja bisa menjadi bukti pengalaman kerja.

Terakhir surat keterangan kerja juga bisa dibuat untuk memenuhi syarat bagi lembaga ketenagakerjaan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan jaminan hari tua dan berbagai macam tunjangan sosial. Seringkali tunjangan-tunjangan ini mencantumkan surat keterangan kerja sebagai persyaratan loh.


Apa Saja Isi Dasar Surat Keterangan Kerja?

Sebenarnya komponen yang akan kami tuliskan ini merupakan komponen surat keterangan apapun, jadi gak cuma mencakup surat keterangan kerja saja. Nah komponen-komponen dasar ini adalah:

  1. Data pribadi mengenai pihak yang menerangkan
  2. Data pribadi mengenai pihak yang diterangkan oleh surat tersebut
  3. Isi surat, dalam hal ini menjelaskan bahwa kamu benar seorang pekerja di suatu institusi.
  4. Tujuan surat keterangan kerja dibuat
  5. Penutup

Selain komponen-komponen tersebut, ada aturan dasar yang mesti kamu ikuti nih dalam membuat surat keterangan kerja yang baik. Jangan sampai, komponennya lengkap tapi kamu gak menuliskan surat keterangan kerja yang baik, surat tersebut dianggap surat abal-abal dan jadi gak bernilai.

Gak ada sih aturan baku yang menjelaskan surat keterangan kerja yang baik. Tapi kami menyimpulkan beberapa panduan yang bisa kamu ikutin nih terkait surat keterangan kerja yang baik, yakni:

  1. Ketiklah surat keterangan kerja dengan format resmi standar, gunakan font yang wajar dengan ukuran yang tidak terlalu kecil dan besar, serta warna tulisan hitam.
  2. Untuk tanda-tangan gunakan tinta warna hitam
  3. Kalau atasanmu lupa membubuhkan cap perusahaan, kop perusahaan, atau materai, jangan segan-segan untuk bertanya atau mengingatkan mereka. Mengingat surat keterangan ini kadang-kadang dibuat oleh manajer personalia suatu perusahaan secara langsung, bisa aja dong ada kealpaan dalam pembuatannya. Kecuali kalau kamu yang disuruh buat untuk kemudian ditandatangani atasan mu, pastikan formatnya benar.
  4. Pastikan bahasa yang digunakan adalah bahasa resmi.
  5. Jangan bertele-tele dan menggunakan banyak narasi-narasi yang dirasa tidak perlu serta gak sesuai dengan tujuan dibuatnya surat tersebut.
  6. Jangan lupa sertakan tujuan dibuatnya surat tersebut.
  7. Sampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf. Sebenarnya ucapan macam ini gak lazim di kalangan bule. Tapi mengingat kita menjunjung tinggi budaya ketimuran, dengan mencantumkan ucapan terima kasih dan permohonan maaf kita dianggap menghargai pihak yang diterangkan. Harapannya tentu saja agar urusanmu bisa dimudahkan.

Contoh Format Surat Keterangan Kerja

Nah kita akan kasih contoh format surat keterangan kerja, silahkan kamu copas dengan tentu saja mengganti beberapa bagiannya sesuai dengan identitas perusahaan, identitas diri, dan tentu saja peruntukannya.

PT ABCDE Maju Sejahtera Tbk

Jl. Jalan Santai, No 123, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jakarta, Kode Pos 14045

————————————————————————–

SURAT KETERANGAN KERJA

No : 123/Feb-IV/AMS/2019

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda-tangan di bawah ini :

Nama : Alfa Aditya
Jabatan : HRD PT ABCDE Maju Sejahtera TBK
Alamat : Jl. Jalan Santai, No 123, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jakarta, Kode Pos 14045

 

Dengan ini menerangkan bahwa :
Nama: Agus
Jenis kelamin: Laki-laki
Jabatan: Staff Bagian Keuangan
Alamat: Jl. Jalan Gak Santai, No 12, Rawamangun, Jakarta Timur

Adalah benar merupakan karyawan yang bekerja di perusahaan Pt. ABCDE Maju Sejahtera terhitung sejaki tanggal 02 Januari 2015 hingga saat ini.

Demikian surat keterangan kerja ini kami buat agar dapat dipergunakan dengan semestinya, Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Jakarta, 24 Februari 2019
Hormat Kami,

Alfa Aditya
Manajer HRD

Nah kamu bisa lihat kan, secara umum surat tersebut memiliki identitas perusahaan yang ditunjukkan oleh kop surat. Sebisa mungkin sih minta kop surat yang memiliki logo perusahaan yah.

Selain itu di dalamnya tercantum nama tuan Alfa Aditya sebagai manajer HRD yang dalam hal ini menerangkan bahwa kamu adalah karyawan perusahaan tersebut. Selain itu terakhir dituliskan bahwa surat keterangan kerja tersebut agar dipergunakan dengan semestinya.

Khusus bagian terakhir kamu bisa modifikasi sesuai dengan peruntukannya, misalnya kalau kamu ingin mengajukan KPR ya silahkan kamu tulis tujuan itu, kalau kamu ingin mengajukan visa ataupun beasiswa ya ajukan juga tujuan itu, dan seterusnya.

Penutup

Nah itulah contoh surat keterangan kerja, yang kami persilahkan kamu untuk copas dan dibuat dengan tujuan tertentu. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *