fbpx

Bikin Anda Kaget, Ternyata Segini Gaji Barista Di Indonesia!

Kopi sedang menjadi salah satu tren di belahan dunia termasuk di Indonesia. Sebetulnya sudah bukan menjadi tren lagi, tetapi sudah menjadi kebutuhan utama bagi orang-orang tertentu. Saat ini pecinta kopi semakin menjamur seiring semakin banyaknya jumlah coffe shop yang ada di Indonesia.

Tenaga-tenaga ahli peracik kopi juga sangat dibutuhkan untuk mengisi kekosongan posisi suatu barista di kedai kopi yang baru berdiri. Tetapi untuk mengisi kekosongan untuk menjadi barista, paling tidak Anda harus sudah memiliki pengalaman dalam meracik kopi paling tidak 1 tahun.

Untuk menjadi barista yang handal Anda harus belajar, waktunya pun tidak sebentar. Anda membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun untuk menjadi barista yang handal.

Seorang barista dalam meracik kopi harus menggunakan ilmu fisika dan ilmu kimia, kenapa bisa? ya, karena dalam meracik kopi barista harus memperhatikan suhu, kadar pH dalam air, beberapa takaran kopi, serta kehalusan dari gilingan kopi dan sebagainya.

Menjadi barista adalah suatu profesi yang membutuhkan ketekuan dan ketelitian, lalu berapa gaji yang diperoleh barista dalam satu bulan?

Inilah Gaji Barista!

Profesi menjadi peracik kopi hampir sama seperti profesi seorang Pilot. Kenapa bisa begitu? jika seorang Pilot semakin tinggi jam terbangnya, semakin kompleks pekerjaannya dan pengetahuannya, maka akan semakin tinggi juga gaji yang akan di dapatkan. Begitu juga dengan barista, semakin lama jam terbangnya dalam meracik kopi makan akan mendapatkan gaji yang tinggi.

Besaran gaji yang di dapatkan seorang barista yang masih pemula dalam meracik kopi masih di bawah 2 juta rupiah. Tapi jika Anda bekerja menjadi barista di sebuah coffe shop yang sudah ternama seperti Starbucks, Excelso dan lain lain Anda bisa mendapatkan gaji setara dengan UMR masing-masing daerah.

Jika jam terbang Anda dalam meracik kopi sudah sangat lama dan sudah memiliki sertifikat, Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari 7 juta sampai 10 juta. Bahkan untuk barista yang berpengalaman, terkadang sering di undang dalam acara talkshow untuk mengisi acara sebagaai pembicara seputar kopi dan mengajarkan cara basic dalam meracik kopi.

sekolah barista

Cara Mendapatkan Sertifikat Untuk Menjadi Barista

Di Indonesia kini sudah tersedia banyak tempat kursus untuk menjadi barista dan mendapatkan sertifikat, karena dengan sertifikat itulah Anda bisa menjadi Barista dengan bayaran yang cukup tinggi. Lalu lembaga apa saja yang menyediakan kursus dan sertifikat barista? berikut daftarnya.

  • Caswells’s Coffe Lab
  • Indonesian Coffe Academy
  • Esperto Barista Art
  • Anomali Coffe
  • Fulcaff Barista Training
  • ABCD School of Coffe

Bagi Anda yang tertarik dengan kursus ini, Anda bisa memilih kelas yang di inginkan. Tersedia beberapa kelas yang bisa Anda ikuti, mulai dari basic espresso, art latte, dan cupping.

Kenapa Banyak Orang Menjadi Barista? karena mereka memiliki passion dalam meracik kopi dan mengerti segala hal tentang kopi.

Baca Juga Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *